Surat Pembaca

Paket Berisi Makanan Dimakan Tikus

Pada tanggal 05 Mei 2023, saya melakukan pesanan di marketplace Shopee berupa makanan, dengan pengiriman menggunakan kargo JNE Trucking (JTR). Paket dikirim pada tanggal 06 Mei 2023, dengan nomor tracking: JT48359515078.

Setelah beberapa hari menunggu, pada tanggal 11 Mei 2023 saya menerima pesan WhatsApp dari JNE Purwokerto yang mengabarkan bahwa paket saya rusak alias bolong dimakan tikus.

Meski mereka meminta maaf, tapi mereka dengan mudahnya mengatakan saya disuruh mengajukan pengembalian dana ke marketplace. Tidak usah mengatakan seperti itu juga saya pasti komplain ke marketplace-nya. Namun hal itu kan membuang banyak waktu. Makanan belum bisa dimakan, karena menunggu proses komplain. Semua ini karena kecerobohan JNE sebagai kurir.

Yang ingin saya tanyakan, bagaimana paket bisa rusak dimakan tikus? Apakah berarti gudang JNE itu kotor sekali? Masalahnya kejadian ini bukan sekali dua kali. Kurir yang mengantar juga mengatakan bahwa banyak paket yang rusak karena dimakan tikus.

Untuk itu berhati-hatilah jika menggunakan JNE untuk mengirimkan paket berupa makanan. Mereka pasti akan lepas tanggung jawab dengan melempar kesalahan ke marketplace-nya, bukannya melakukan pembersihan pada gudangnya.

Andi Setiawan
Purwokerto, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Andi Setiawan

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen.com pada tanggal 22 Mei 2023 berjudul “Paket Berisi Makanan Dimakan...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • DM kemana ya? Saya tidak punya twitter, lebih baik dibuatkan surat tanggapannya, terima kasih.

  • Konsumen tidak tau diri, kurang bersyukur, gausah pakai jasa pengiriman kalau baper

    • trus mau dikirim menggunakan apa? apakah anda mau makan makanan yang digigit tikus?

      • Konsumennya cerewet padahal cowo
        Inget gue sm atasan gue dlu dikantor mulutnya cerewetnya kaya perempuan

        • @Boy kelahiran tahun berapa anda?
          Lembek amat dicerewetin bos pake curhat dimarih.
          Org komplain paket rusak karena tikus disamain sama bosmu.
          Boy boy.. minimal sekolah dulu yang lulus biar pinter boy baru komen.

    • @sol komenmu ini contoh komenan orang ******, jelas2 ada masalah, ada kesalahan, malah dibilang baper. Dimana sisi kurang bersyukur dan tidak tau dirinya? Hadehhh..

    • hhhh paket makanan di gigit tikus, trs cs komplen sama ekspedisi kog pd banyak orang yg ngamuk wkwkw lucu, ya wajarlah lah nih yg pd koment banyak orang JNE ky nya 🤣🤣

    • Ini pasti karyawan JNE nih,,,, lebih baik di benahi lgi, gausah kebanyakan *****...

    • Beghooo. Itu emg salah jne, makanya di minta pengembalian dana lewat MP. Sedangkan jne mengganti ke pengirim.

    • @Indro udah nyolot salah pula 😁. Semua ekspedisi yg terdaftar di MP itu ada kontrak kerjasamanya semua. Betul salah JNE tapi memang SOPnya MP yang ganti ke buyer/konsumen. Jadi konsumen ajukan refund, nah nanti MP Investigasi ke ekspedisi tuh.... Nanti Ekspedisi bayar ke MP baru MP teruskan ke Buyer.

  • Tikus itu bs jadi datang dari lingkungan sekitar gudang. Jne itu perusahaan besar, bisa membayar org tuk jd OB. Dan udah pasti akan di bersihkan. Kalau kotor, bs di pecat OB nya. Kok ada ya org yg komplain ky TS ini tp kelihatan beghonya

  • Mknya klo beli mknan pengin cepet pake expedisi itu yg express,klo pake JNE jgn yg jtr (tahukan jtr itu lama) ... Ngomng2 beli beras aja online? Npa nga beli langung am petaninya kan purwokerto banyak yg nanam padi ...

    • Saya tidak butuh cepat mas tomy, saya butuhnya utuh sampai tujuan, lagian tidak ada pilihan pengirimannya, hanya ada jne saja. Tolong harap dibaca kembali tulisan saya, saya tidak membeli beras, saya membeli produk makanan (oleh-oleh).

    • Bisa nombok om KL pake express, blm lagi makanan ringan yg belinya berkilo²/ ukuran 1 kg-nya bisa berukuran besar, bisa kena volume. Saya sendiri kulakan makanan ringan via online dan pakai cargo, karena disini jarang ada makanannya.

      • kalo orang nya pegen cepat tentu nya langsung beli ke agen toko terdekat duit2 dia mau beli di manapun bebas ente harus pahami jaman sekarang serba di gital bro apa2 serba online lbh gampang,mungkin sibuk malas keluar trus ad promo lbh murah ya nama nya orang cari lah lbh murah dan gampang kenapa enggak.

      • Yang saya komplainkan adalah pembelian makanan oleh-oleh, saya pernah beli beras dan pernah kejadian tapi tidak saya komplain. Toh ya saya beli dengan uang saya sendiri, terserah mau belanja di mana saja, kenapa ya anda yang protes dan sewot? Heran dengan pemikiran anda

        • Yg anda pertanyakan itu yg ngaco. Kalau gudangnya kotor dan banyak tikusnya, bkn cm paket anda yg rusak.
          Dan kalau anda kalau ingin lihat secara lgsg kondisi gudangnya, knpa ga ksna?

          • Wajar dong komplain, karena saya bayar jasanya. Memang banyak kok paket yang rusak, dari jne aja mengakui, lha ngapain harus ke gudangnya?

    • Maaf bukan bela jne tapi saya heran sama penjualnya kenapa udah tau paketnya isi makanan cuma dikasih kardus dibagian luarnya seharusnya ditambah buble warp kalau kemahalan kasih lah isolasi bening atau kuning untuk menutupi bagian luar kardus paket tsb saya saja beli snacks kucing dari tulungagung ke bwi aja 6 hari (senin tgl 15 sampai sabtu tgl 20) aman aja selama pengirimannya pakai sicepat mpnya tokopedia gratis ongkir (kardusnya dilapisi isolasi kuning) berat 2 kg lebih dikit sampai kerumah utuh lain kali kalau beli produk makanan dionline shop manapun minta kepenjual kardusnya untuk diisolasi biar aman dari gangguan tikus 🙏

      • Nah sependapat. Saya juga penjual namun bukan di makanan. Kemasan kiriman full wrap walau isi bukan cairan, tapi harus jaga" jangan sampe dus kita yg kelimpahan cairan dr paket laen atau basah kena hujan selama pengantaran. Intinya pencegahan/minimalisir semaksimal kita agar sampe di pembeli utuh dan aman, jauh dr komplain. Yg lebih dituntut utk perbaikan itu dr sisi penjual, mau pake ekspedisi apapun itu. Kemasan lebih safety dan rapat juga akan lebih terhindar dari tangan jahil tikus bergaji.

    • @tomy,
      Bapaknya mainnya kurang jauh nih,
      Paket makanan,beras kalau beratnya 20kg-100kg an (MISAL) Yya tekor di ongkir kalau dikirim pakai expres, jangan makanan paket normal aja sekarang banyaknya org pilih cargo, selain kadang si seller cuma aktifin 1kurir alias tidak ada pilihan kurir lain.
      Satu lagi pak tomi, sekarang apa saja bisa di beli online, kalau beli beras online bukan berarti dikirim ke alamat pembeli. Saya sering beli online atw sembako online buat dikirim ke alamat rumah dhuafa yatim yang ada di kota saya dipulau jawa, sementara sy rantau di pulau lain(bukan pulau jawa).
      Yuk.pak belajar positif thingking.

  • DELIVERED TO [ANDI SETIAWAN | 11-05-2023 17:46 | PURWOKERTO, BANYUMAS ]

    Kenapa mesti diributkan di sini? Per hari itu langsung video unboxing mulai dr penampakan luar kardus, label/resi terlihat jelas, dan sampai detik terakhir pengecekan kemasan isinya 1 per 1. Yg korban tikus apa aja, nilai brp, langsung aja ajukan pengembalian dana via shopee. Kamu kan sebagai pembeli, taunya hanya terima barang utuh. Masalah mau paket digigit tikus, itu tanggung jawab ekspedisi dan juga tidak terlepas dr penjual (dia yg fokus jualan oleh", harus tingkatkan kemasan utk menghidari hal" yg ngga diinginkan selama di perjalanan). Dan shopee sudah terkenal lebih memihak pembeli dalam kasus apapun, jadi kamu sbg pembeli terima beresnya aja. Paket ada atau tidak ada asuransi bukan urusan kamu (kamu yg repot perjuangkan), sepenuhnya jika ada kerugian ya ditanggung penjual. Sesimple itu saya rasa. Side note sbg tambahan, dgn pengiriman via JTR, estimasi di resi kamu tercantum 6 hari, tentunya resiko seperti kasus ini juga lebih besar dibanding yg reguler ya.

    • @maxxwen1@gmail.com agar menjadi perhatian jne untuk kebersihan gudangnya, soalnya kurir jne sendiri mengakui banyak paket rusak digigit tikus, kasihan yang mengirimkan paket makanan mandiri (tanpa marketplace)

      • JNE terlebih service JTR bukan jalur kiriman khusus makanan loh... Jadi saya ragu akan di dengar, terlebih jika dr pihak penerima (utk klaim dll, berkas yg diminta oleh JNE itu dr pengirim). Dari sudut pandang sbg penjual/pengirim, yg saya bisa lihat, itu kemasan dus nya kurang aman, hanya dr karton mineral yg tipis, alias grade single wall... Tanpa ada dilapisi plastik lagi ataupun karung PE (segimana lah yg lebih maksimal lagi utk menyamarkan bau makanan tsb), sbg penjual, sy yakin dia bukan pertama kali nya isi kiriman digrogoti tikus. Tidak terlihat ada perbaikan kemasan dr foto paket kamu. Saya suka order bakcang dr medan, itu kemasan nya pake box styrofoam tebal 3cm.

        Diperkotaan, perumahan elite sekalipun ngga terlepas dr yg namanya tikus nyusup. Terlebih di daerah, yg mungkin saja masih ada persawahan di sekitar kantor gudang JNE nya.

        Kamu berhak layangkan surat ini. Namun inti penyelesaian kasus nya, apakah sudah kelar urusan komplain di shopee nya?

  • @maxxwen1@gmail.com komplain yang di shopee sudah selesai dan pihak jne juga sudah menghubungi saya tadi siang. Tinggal menunggu tanggapannya. Terima kasih untuk teman-teman media konsumen, case close yaaa.

  • Hampir semua expedisi kalo melakukan kesalahan sekalu mencari kambing hitam,dan selalu mencari alasasan untuk membela diri dan mencari kebenaran sendiri,ongkir sudah mahal tapi tanggung jawab ga ada,kepada keamanan paket,dan saya pernah liat kurir expedisi JNE lagi nglempar nglemparin paket dari agen ke dalam mobil,begitu pihak kurir tau ada yang melihat langsung berhenti,nglempar paketnya,kenapa tanggung jawab expedisi ga jelas karena Masing masing wilayah yang bertanggung jawab berbeda di tambah yang di pusat tidak bisa berbuat banyak,di pusatpun tidak bisa di mintai tanggung jawab,jadi penanggung jawab penuh expedisi tidak ada

  • ya balik lagi yang punya jasa berbentuk apapun harus punya tanggung jawab masing perusahaan dan perbaiki kinerja masing2 perusahaan kalo tdak mau terima resiko komplain, apa pun itu usaha kerjaan pasti ada resiko nya tergantung kinerja kita masing2 inti nya kita buka jasa di bayar kita memberikan yang terbaik.