Surat Pembaca

Tidak Bisa Klaim Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)

Saya mau mengajukan banding mengenai klaim Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) saya. Pada tanggal 7 – 8 Mei 2023, saya melakukan pengajuan klaim Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), tetapi pada tahap 1 tersebut selalu gagal (screenshot dan email terlampir). Kemudian saya coba ulang terus pengajuan klaim tiap 2 jam, dengan hasil selalu ditolak dengan catatan: “Terjadi kesalahan, silakan hubungi support@kemnaker.go.id”. Saya sudah email ke support@kemnaker.go.id, tapi sampai saat ini belum ada balasan ataupun solusi.

Kemudian tanggal 9 Mei 2023, saya mendatangi BPJS Ketenagakerjaan terdekat, dengan maksud mengajukan manual. Namun ditolak karena sudah lewat 3 bulan dari tanggal PHK. Padahal sebelum lewat 3 bulan, saya terus mencoba mengajukan klaim lewat aplikasi, tetapi terus terjadi kesalahan di sistemnya. Hal ini dibenarkan pihak Kemnaker pada saat kantor saya mendatangi Kemnaker, bahwa aplikasi sedang error.

Mohon kebijakannya bahwa sebelum batas maksimal 3 bulan saya sudah mengajukan klaim, tapi selalu gagal. Saat ini saya mencoba mengajukan klaim, tapi ditolak pada saat verifikasi BPJS Ketenagakerjaan.

Riza Sofiawati Amrulloh
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • PHK tanggal 10 Februari lalu baru bulan mei ngurus yg mana udah mepet banget waktunya
    Emang dari 10 februari sampe 07 mei kaga diurus urus tuh jkp
    Senengnya ko nyusahin diri sendiri

    Padahal tinggal Dateng ke kantor dari tgl 11 February nanti dibantu diarahkan
    Kalo datengnya mepet mepet mah ya susah
    Waktu verifikasi nya aja makan waktu 3 hari kerja

    • Maaf ya kita juga nunggu pihak kantor untuk melaporkan phk..dan pihak kantor pun baru melaporkan tanggal 4 mei dan kita baru terima surat tanda terima phk dari kemenker itu tgl 8 mei.
      Ini pengalaman phk pertama kali dan tidak ada sosialisasi mengenai klaim jkp nya.

    • Oiya dan lagi semua perlu proses dan ada "masa tunggu" pelaporan phk di bpjs untuk klaim nya dan lain2...dan dibulan mei pula saya baru bisa klaim jkp dari aplikasi siap kerja. Jadi bukan saya menyusahkan diri sendiri.

      • Masa tunggu pelaporan PHK hanya 1 bulan dan setelah itu bisa dicairin saldo mau itu JHT atau jkp
        Kenapa perusahaan baru lapor 4 mei?berarti bukan salah BPJS tenaga kerja karena pihak BPJS tenaga kerja udah ngasi waktu Ampe 3 bulan dari tgl PHK

        Jadi kalo mau disalahkan ya bukan sistem BPJS tenaga kerja tapi sistem di PT lama mu kenapa lama banget dilaporin apa karena punya tunggakan BPJS tenaga kerja

        Kalo masalah sosialisasi udah lama program jkp ini sejak tahun lalu udah digencarkan ada di aplikasi JMO,siap kerja dan website BPJS tenaga kerja

        • Coba ke kantor ulang mbak, mungkin bisa ke petugas langsung atau supervisornya dan ceritakan masalahnya, bisa jadi ada solusi, ini cerita lain, kadang kalau sy ke kantor bpjs untuk ngurus sesuatu si security/ petugas yg mondar mandir yg mengarahkan kadang mereka sok tau bahwa ini tidak bisa dsb, mereka kadang tidak paham masalahnya. Bukan menjelekkan tapi security bank bca lebih pintar dari security kantor2 lain. (Hanya saran)

  • wkwkwkw si bully yang kena bully balik, bukan memberikan bantuan malah membully, tanpa tau akar masalahnya

  • @Riza
    Untuk pelaporan seperti ini harusnya dillayangkan ke lapor.go.id . Karena menyangkut 2 lembaga.
    Laporkan hari minggu sore, nanti senin pihak adminnya akan mendisposisikan keluhan anda ke 2 lembaga terkait. Semua laporan keluhan masyarakat dimonitor kantor staf presiden & ombudsman. Paling telat di respon 3 hr kerja.
    Semoga solusinya ada

    • hay gan,,
      update terbaru

      terima kasih ya sarannya,
      alhamdulillah klaim saya diterima dan sudah diproses.
      semoga keberkahan selalu untuk anda. amin.