Surat Pembaca

Sales KIA Siloam Motor Pasteur Bandung Belum Merespon Pengembalian Booking Fee

Pada tanggal 24 April 2023, saya mendapatkan nomor kontak sales di Google Pencarian karena berniat membeli 1 unit Kia Sonet 2023. Pihak sales pun dengan ramah memberitahukan semua informasi tentang kendaraan yang saya minta, beserta promonya. Jika saya melakukan booking fee pada bulan tersebut, saya dijanjikan untuk mendapatkan diskon atau promo untuk unit tersebut. Namun, unit yang tersedia adalah NIK 2022, bukan NIK 2023.

Awalnya, saya tidak keberatan dan melanjutkan proses yang diminta. Pada tanggal 26 April 2023, akhirnya saya mengikuti keinginan sales untuk membayar booking fee sebesar 2 juta rupiah guna mendapatkan diskon tersebut.

Pihak bank sudah melakukan survey ke rumah dan pada tanggal 5 Mei, saya masih belum mendapatkan kepastian apakah pengajuan kredit mobil saya disetujui atau tidak. Tidak ada kabar sama sekali, tidak sesuai dengan janji dari pihak bank dan sales bahwa pengajuan akan diproses paling lama dalam waktu 1 minggu.

Karena saya tidak ingin menunggu terlalu lama, dan pada saat itu ibu saya jatuh sakit, uang muka yang sebelumnya saya sediakan untuk DP mobil akhirnya saya gunakan untuk biaya pengobatan ibu saya. Akibatnya, saya tidak jadi mengambil unit KIA Sonet di KIA Siloam Motor Pasteur Bandung, dan sudah memberitahukan kepada pihak sales KIA Siloam Motor bahwa saya tidak akan mengambil unit tersebut dengan alasan di atas.

Pada tanggal 6 Mei 2023, saya memberitahukan kepada pihak sales KIA Siloam Motor Pasteur Bandung, namun tidak ada satu pun SMS atau pesan WhatsApp saya yang dibalas oleh pihak sales KIA Siloam Motor Pasteur Bandung.


Akhirnya saya menghubungi bagian administrasi Kia Siloam Motor Pasteur, tepatnya dengan Bapak Amir Ahmad, yang membantu saya dalam proses pengembalian booking fee saya sesuai kronologis di atas. Beliau sangat baik hati dan berusaha menghubungi pihak sales yang sebelumnya membantu saya, namun hingga saat ini belum ada hasilnya.

Beliau menyarankan agar saya meminta pembuatan formulir pembatalan kepada sales yang menghubungi saya. Namun, tampaknya pihak sales mengabaikan pesan WhatsApp saya.

Jika melihat pelayanan dealer Kia Siloam Motor Pasteur seperti ini, maka saya sangat kecewa dan trauma untuk membeli kembali produk Kia dari Siloam Motor Pasteur Bandung.

Semoga pihak Kia Indonesia maupun dealer Kia Siloam Motor Pasteur Bandung segera menyelesaikan masalah saya. Booking fee yang saya bayarkan adalah sebesar Rp 2.000.000,- yang ditransfer ke PT Siloam Motor Bandung pada tanggal 26 April 2023.

Siloam motor booking fee

Deni Mohamad Ramdhan
Cimahi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Jadi bertanya-tanya, syarat Booking Fee yang nggak guna ini sebetulnya permainan sales lapangan atau kebijakan ATPM? Tidak jadi soal kalau unitnya sedikit karena eksklusifitas atau produksi terbatas. Tapi kalau unit bejibun pakai booking kok seperti penjual lebih sombong dari pembeli.

  • Jadi bertanya2, ketika ibu anda sakit trs anda udh terlanjur bayar DP mobil, apa yg anda lakukan?

    • Untungnya saya belum bayar DP karena surat SPK belum keluar. Saya juga sudah hampir 2 Minggu tidak mendengar kabar di approve atau tidak.

  • Untuk type tertentu bahkan ada yg indent sampai 6 bulan, klo udah booking fee otomatis akan masuk antrian pemesanan dan dibuatkan yang namanya surat pemesanan kendaran.. nah klo kasus TS ini unit pasti terbatas karena sisaan kendaraan tahun 2022 yg tidak habis terjual..
    Saran saya untuk TS datangi ke dealer dan minta ketemu dengan Kepala Admin atau Kepala Cabang dengan membawa Surat Pemesanan Kendaran yang pernah di berikan salesman, tapi sebelum itu coba baca baik baik dan fahami S&K untuk pengembalian uang muka yang tertera di surat tersebut..
    Selama transfer ke rekening perusahaan pasti bisa di refund cuma memang butuh proses

  • Kalau sudah pesan unit, lalu dibatalkan, biasanya booking fee-nya hangus kan?
    CMIIW

    • SPK nya belum keluar. Dan unit survey belum memberikan hasil kurang lebih 2 Minggu apa di approve atau tidak