Surat Pembaca

Terima Transfer dari Pinjol Tidak Dikenal Lalu Ditagih, Apa yang Harus Dilakukan?

Halo semuanya. Saya mau menceritakan pengalaman yang baru saya alami. Saya menerima pesan WhatsApp, bahwa saya meminjam uang di aplikasi pinjol Singa Berjaya dan mereka meminta saya mengembalikan uang senilai Rp1,8 juta.

Namun saat saya meminta mereka memberikan bukti mutasi ke rekening saya, mereka tidak memberikannya. Mereka hanya mengancam akan menyebarkan informasi saya, termasuk foto KTP dan foto diri saya.

Kemudian tiba-tiba saya mendapat transfer senilai Rp1,488 juta sebanyak 2 kali. Lalu tidak lama ada WhatsApp yang masuk ke saya, menyuruh saya mengembalikan uang ke aplikasi pinjol Cairin Pro dan Banyak Rupiah.

Bagaimana solusinya? Padahal saya tidak pernah meminjam pada aplikasi tersebut. Saya hanya mempunyai aplikasi Kredivo dan SPay saja. Apakah saya harus melapor ke pihak berwajib?

Terima kasih.

Anastasia
Kutai Barat, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Biasanya kalau mau mengajukan Pinjol harus disertai Foto selfie, kalau tidak merasa atau ada anggapan uang masuk darimana, sebaiknya lakukan BI checking, DC itu ngga bisa akses mutasi rekening karena dia pihak ke 3.? Yang dia terima hanya daftar kredit macet.

  • Coba di tanggal transferan masuk pernah instal apk apa ? Dari fotonya itu apk pinjol ilegal. Kamu begitu instal apk pinjol ilegal dan kasih akses ijinnya, ga perlu pengajuan pun langsung mereka transfer karena mereka punya akses ke galeri & kontak hp.

  • bantu jawab dari berbagai komen
    1. kalo ada dana salah transfer, mba gak wajib transfer balik, harus pihak bank yang menelepon mba utk minta ditransfer balik, jadi si pinjol harus hub bank , dan bank yang hub mba utk transfer balik , jadi jangan direct transfer yaa, gak ada kekuatan hukumnya kalo nanti ternyata ada penipuan.
    2. ganti nomor aja yang baru
    3. kalo ternayta data bocor akibat dari bansos, parah berarti, mba buka aja yang bansosnya terus push aplikasi tersebut tanya kenapa bisa bocor, atau gak laporin atas tindakan kebocoran data, contak aplikasi tersebut
    4. uangnya jangan dulu dipakai, simpan aja..pinjol juga gak bisa apa apa kalo dia gak buat laporan kebank dan mba juga gak merasa ajukan aplikasi jadi mba punya kekuatan hukum utk melawannya karena sudah buat laporan ke polisi.