Surat Pembaca

Tokopedia Memaksa Mengaktifkan ID Express Tapi Kurir Tidak Pernah Datang Pickup Selama 2 Hari

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Mediakonsumen karena telah membantu menerbitkan surat ini. Dengan ini saya menyatakan apa yang saya tulis itu benar adanya.

Saya ingin menyampaikan keluhan saya terkait Tokopedia yang memaksakan kita untuk mengaktifkan kurir rekomendasi ID Express padahal ekspedisi ini sangat buruk sekali karena agen drop off-nya yang sangat sedikit dan pas di-request pickup sudah 2 hari kurir ID Express tidak kunjung datang.

Padahal sebelumnya untuk ekspedisi dari program bebas ongkir saya sudah mengaktifkan JNE dan berjalan dengan sangat baik. Menurut saya, Tokopedia sangat tidak profesional dan tidak bertanggung jawab sekali. Saya sudah meminta ekspedisi ID Express dimatikan tapi ditolak.

Nomor pesanan: INV/20240508/MPL/3894305608. Tertulis paket sudah dari tanggal 8 sampai hari ini tanggal 9 malam tidak ada kurir yang datang pickup sama sekali.

Dengan ini saya ingin mohon kepada Tokopedia untuk membantu mematikan ID Express di toko saya dan jangan berbuat ulah.

Terima kasih,

Eric
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Sekarang kurir rekomendasi dimatikan, tapi jika bebas ongkir aktif maka kurir rekomendasi tokopedia akan terpilih walau di setingan kurir rekomen dimatikan

        • Aturan baru. Baru mulai berlaku 3-4 hari ini. Jadi walaupun anda cuma nyalain JNE, kalo dapat pesanan Bebas Ongkir, bakal kemungkinan besar dapat Kurir Rekomendasi.

          • Iya tp tetap drop ke JNE selama kita gak aktifkan yg lain. Sy jg udh beberapa kali dpt kurir rekomendasi, drop ke JNE semua.

          • Cuma info tambahan. Toko saya cuma nyalain JNE, tapi pas dapat Kurir Rekomendasi ngak pernah lokasi drop off di JNE. Tebakan saya lokasi drop off itu pilihan terdekat dengan lokasi toko anda.

      • Saya pun mengalami demikian. Kebijakan kurir rekomendasi tumpang tindih dengan fitur bebas ongkir.

        Selama memakai fitur bebas ongkir akan tetap dilayani id expres walaupun di kolom kurir id express sudah di matikan.

        Admin toped bilang Solusinya jika tidak mau id expres aktif adalah mematikan fitur bebas ongkir.
        Sayangnya Tokopedia tidak mengimbangi peraturan tsb dengan layanan yg baik untuk penjual.

        Dengan bebas ongkir saja penjualan sangat jauh tertinggal dibanding toko orange. Apalagi bebas ongkir dimatikan?
        Semoga toped berbenah.

    • klo di matikan orderan turun,, pdhal selama ini bebas ongkir pakai jne dan sicepat lancar2 ja dan enak drop off nya karena gerainya sangat banyak.. kalau id express pada bangkrut

  • Peraturan Tokopedia sekarang nyusahin seller, mo komplain kaya gimana jg gx bakal di tanggepin, klo mo id ekspres di matiin jalan satu"nya free ongkirnya dimatiin,

    • Persis dengan apa yang saya alami, setelah saya amati..bebas ongkir nya ini ada 2 model...ada yang bebas ongkir 30rb..dan ini bebas ongkir yang dulu..yang sesuaj kita aktifkan...dan bebas ongkir 20rb..inilah yang akan dapat kurir rekomendasi walaupun kita non aktifkan...dan sepertinya tidak ada cara untuk mematikan bebas ongkir 20rb ini..apakah saat ini status seller pronya naik? Karena hal ini baru terjadi setelah status seller saya dinaikan jadi ultimate...kurir rekomendasi id express ini memang menyebalkan sekali..untungnya saya masih ada tempat drop off walaupun lumayan jauh..cuma memang tokopedia ini menyebalkan sekali semenjak kenaikan biaya admin per 1 mei ini..udah biaya admin naik(ga masalah sih ini) eh..malah ditambahin menyulitkan seller nya dengan masalah ekspedisi seperti ini..ckckck..

      • Saya baru cek. Saya cuma nyalain JNE. Sekedar info saja, saya ada pesanan Bebas Ongkir 30rb yang dapat Kurir Rekomendasi, dan ada yang dapat JNE. Jadi menurut saya ini bukan masalah jenis promo Bebas Ongkir 20rb vs 30rb yang lagi jalan yang mana.

        • Saya sebagai seller & buyer dah males jualan atau beli di Tokopedia cuma gara2 ID EXPRESS...

    • Saya jarang membiarkan kurir pick up sebisa mungkin saya drop diagen kebetulan semua ekspedisi dekat ditempat saya

  • Saya jualan di web sendiri, diatur sendiri. Terbebas dari penjajahan toped, shopee, lazada dll. Kalian juga bisa.