Surat Pembaca

Jasa SPX Sameday Shopee Tidak Aman, Kurir Sembrono dan Barang Hilang Cuma Diganti 10 Kali Ongkir

Kronologisnya pada tanggal 21 April saya mendapatkan orderan dari Shopee untuk barang HP Poco C65 6/128 dengan harga 1.479.000. Dengan jasa kurir SPX Sameday dari Shopee dan driver bernama Rinto.

Hari itu memang lagi banyak pesanan. Dan kita proses pengiriman secepatnya seperti biasa. Saat driver datang pick up barang, kita menginfokan barang yang dibawa adalah handphone, berharap driver bisa waspada dan lebih berhati-hati. Ternyata pas sampai malam barang tidak kunjung sampai.

Pembeli melakukan komplain dan ditinjau oleh pihak Shopee dan diharuskan menunggu selama 7 hari. Pembeli chat driver dan driver infokan barangnya hilang, alasannya karena pas pergi beli makan, ditinggal di motor, dan berujung dicuri orang (saya tidak tahu ini kejadiannya benar atau rekayasa). Yang jelas antara driver sembrono atau tidak jujur.

Lewat chat driver dengan pembeli, driver infokan akan bertanggung jawab dan mengganti kerugian pembeli, serta driver juga sudah laporkan hal tersebut ke pihak Shopee Food selaku penyelenggara jasa pengiriman Sameday dan Instant. Bukti chat direkam pembeli dan dijadikan bukti saat komplain, dan ditinjau pihak Shopee selama 7 hari.

Setelah menunggu 7 hari, pihak Shopee mengembalikan dana ke pembeli, dan komplain ditutup oleh Shopee (bukankah harusnya dimediasi antara driver jika benar driver mau bertanggung jawab dan ganti rugi?). Saya sebagai penjual tentunya menanyakan perihal barang yang dikirim tersebut, tapi pihak admin Shopee menginfokan bahwa di sistem barang belum dipick up. LHHHAAA… Saat itu juga saya heran, dan menanyakan emang tim yang tinjau bagaimana? Apakah tidak cek bukti yang dikirimkan saat pembeli komplain?

Akhirnya dijadikan laporan lagi dan disuruh nunggu 3-7 hari. Selang beberapa hari, tiba-tiba laporan saya ditutup dan saya membuat laporan lagi bahwa dana belum masuk. Dan setelah 7 hari saya tunggu dana yang dicairkan hanya sekitar 10x ongkos kirim dikarenakan tidak ada jasa asuransi.

Akhirnya saya komplain lagi dan menginfokan bahwa itu murni kelalaian driver dengan disertai bukti screenshot rekaman chat. Saya bisa terima apabila itu dikarenakan kecelakaan atau begal (disertai bukti laporan polisi) atau karena bencana. Tapi tidak bisa terima dengan kelalaian jasa kirim yang jelas-jelas teledor.

Sesuai undang-undang di Indonesia, saya berhak untuk mendapatkan ganti rugi atas kehilangan tersebut karena kelalaian jasa kirim. Dan jasa kirim harusnya wajib menjamin keamanan barang yang dikirim, dan bukan mengalihkan tanggung jawabnya dengan ketentuan 10x ongkir. Bagaimana SOP keamanannya dalam pengiriman? Dan tentunya hal tersebut bisa menjadi celah dan dapat dimanfaatkan oknum-oknum jahat.

Saat ini pihak Shopee bersikeras menyelesaikan laporan saya dengan ganti rugi 10x ongkir, tanpa menilai dan meninjau kelalaian kurir. Mengenai kurir yang saat chat dengan pembeli bersedia mengganti rugi tidak ada dibahas pihak Shopee. Dan dari awal kasus terjadi juga saya lihat tanggapannya aneh (soal tinjauan yang tanpa cek bukti dari pembeli sampai di sistem bisa berubah tidak melakukan pick up, juga sempat laporan saya tiba-tiba ditutup padahal belum ada penggantian dana masuk).

Semoga kejadian yang saya alami bisa memberikan pengalaman pada semua penjual Shopee untuk berhati-hati menggunakan jasa kirim Sameday Shopee. Karena berpotensi dimanipulasi oknum-oknum yang memanfaatkan ketentuan 10x ongkir tersebut. Tinggal bawa barang terus nanti bilang hilang di jalan, dan enaknya pihak kurir tinggal ganti 10x ongkir. Kalau tidak mau harus aktifkan asuransi. Di mana asuransi dibebankan ke penjual dan mempengaruhi harga jual barang.

Dan sampai hari ini, admin Shopee mengakui pihak kurir menyatakan barang hilang saat pengiriman. Dan karena tanpa asuransi jadi hanya diganti 10x ongkir. Terbukti jasa kirim Shopee ini tidak aman dan rentan dimanipulasi oknum-oknum tertentu. Apalagi dengan maraknya akun-akun driver Shopee yang disewa maupun dijual (bisa cek di Facebook).

Ditambah lagi pihak penyelenggara jasa kirim yang menghindari tanggung jawab dengan kebijakan asuransi. Asuransi dijadikan tameng untuk menghindar dari kewajiban pihak jasa kirim dalam menjaga keamanan barang yang dikirim maupun saat terjadi kendala seperti apapun.

Saat ini mau tidak mau saya harus nonaktifkan SPX Instant dan Sameday Shopee berharap kejadian tersebut tidak terulang kembali.

Nieky
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sopi dr dulu gudange maling. Kelemahan utama ya itu, penjual tidak dcover asuransi, mau brg kecil ratusan juta sekalipun hilang/rusak ya penjual cuma dganti 10x ongkir. Hanya penjual2 modal unlimited yg sanggup jualan di sopi..

    • TS baru tau kah klo kejadian kehilangan hp saat pengiriman? harap waspada....modus kayak gitu sdh byk makan korban...sering² saja nyimak media konsumen..

      • Klo mau beli elektronik di usahakan COD jangan bayar langsung. Tujuan untuk menghindari dari kemalingan. Karna maling mikir klo dia maling COD pasti dia akan di cari lebih dahulu. Saya juga pertama kali beli HP online poco c65 dan saya gunakan metode COD. Dan barang sampe dengan selamat. Dan HP nya baru 3 hari ghost touch
        Dan saya claim garansi ganti unit. Dan setelah nunggu 25 hari. Unit baru datang dan barang sampai dengan selamat.

        • Mau COD juga gak ada beda nya kalo gak pake asuransi karena yg nanggung 10x ongkir juga penjual, dan uang pembeli sama2 gak berkurang sama sekali

        • KALO SYSTEM SAMEDAY GINI UNTUK SHOPEE, GAK ADA PILIHAN PEMBAYARAN COD COK. 🗿

  • Pihak kurir sopi nya sudah punya niat jahat dari awal dpt pesanan instant.Modus begini biasa terjadi jika barang yg diantar seperti hp/elektronik berharga jutaan,apalagi pihak pembeli/penjuak tdk menambahkan asuransi.Kalopun pihak penjual lapor polisi,tdk bakal dilayani krn kerugian dibawah 2,5juta.

    • apapun jasa kirimnya klo paketnya mahal lebih baik di asuransikan. Krn dalam prakteknya, kurir banyak mengirim paket ke daerah yg dipenuhi gang2 sempit yg terkadang tidak muat motor.

      Ketika melewati gang tersebut banyak kurir meninggalkan paket-paketnya dan memilih berjalan kaki memasuki gang tersebut. Dan ini membuka kesempatan jika ada orang yg berniat jahat.

      Untuk itu asuransikan selalu paket anda jika paketnya mahal.
      Ketika kurir menghilangkan paket, kurir wajib mengganti secara full senilai paket yg dihilangkan dengan cara potong penghasilan. Pihak yg memotong full adalah perusahaan. Disamping dipotong gajinya kurir akan diberi peringatan ataupun poin pinalti dimana jika kembali menghilangkan paket akan diputus kemitraannya.

      Jadi disini ga ada untungnya untuk kurir sengaja menghilangkan paket. Kecuali dia kepepet dan sengaja mau putus mitra

      Mengenai penggantian paket hilang yg cm 10* ongkir.. Ya tanyakan saja kepada pihak aplikasi krn saya yakin kurirnya dipotong full.

      • boss itu shoppe lho, tidak semua seller dpat mengasuransikan orderan nya. shoppe milih milih mana aja seller yg bisa dikasih fitur asuransi.
        lagian kebijakan ganti 10x ongkir itu sudh semena mena sih. dri logika aja c4c4t

  • terlepas dari masalah tanggung jawab pengiriman terhadap paket yang mereka kirimkan. alangkah baiknya berjualan diecommerce manapun harus aktifkan asuransi..

    [Di mana asuransi dibebankan ke penjual dan mempengaruhi harga jual barang.]

    kebijakan setiap ecommerce memang berbeda ada yang dibebankan ke penjual ada yg ke pembeli. Pilihan ada di penjual...

  • @kreasi
    Tapi kl kejadian yg dulu2 itu beda. Itu barang dikirim lewat transit dr gudang satu ke yg laiñ.
    Kl ini , sameday , dgn kurir yg jelas siapa . Jadi jelas kurir/ perusahaan pengiriman tsb hrs bertanggung jawab. Tidak ada lg pihak lain yg hrs diselidiki .

  • Itu memang kurirnya yg maling. Disitu situ sajalah. Sy sering jg barang orderan saya bungkusn paketnya ada yg rusak, kebetulan BKN barang mahal jadi sampai. Coba barang elektronik/ hp kemungkinan hilang

  • Gausah bilang itu handphone pun barang akan di kirim dengan SOP, malah bagusnya kurir tidak perlu tahu isi paket nya apa karena kurir itu tugasnya mengantarkan. Jika dia pickup itu barang berarti dia akan profesional, selama itu bukan barang berbahaya kurir tidak perlu tahu itu barang berharga. jadilah orang yang bijaksana, karena kejahatan bisa datang tanpa niat tapi ada kesempatan. Saya sering order handphone lewat online shop dan selalu di catatan JANGAN CANTUMKAN NAMA PRODUK.

    • Iya seharusnya jgn bilang klo itu handphone. Tp saya pernah order jg lewat Shopee beli hp murah sih 2 jtan dikirim sameday ga dibungkus bubble wrap lho dikirim pake spunbondbag ada logo samsung nya cm dijepret nyampe jg. Pdhl jauhhh bgt jarak kirim nya. Itu kurir nya jujur, ya klo beli iPhone ga berani jg saya dikirim kurir ngeri pas apes dicolong

      • dari dlu layanan sameday itu g aman untuk barang macam hp dan laptop rawan hilang dan rusak,
        karena driver angkut barang g cuma 1 customer bisa 3,4 atau 8 barang itu pun beda beda tmpt ambil barangnya,
        minimal instan kalo mau pake walaupun mahal tapi ga seriskan layanan sameday.

    • Deskripsi barang yg dikirim khan kecantum otomatis di resi gak bisa dihapus

  • Pas input produk bukannya ada pilihan ya, produk yg kita jual mau dicover asuransi apa gak, ya memang asuransi jadinya seller yg nanggung tp lbh baik drpd resiko hilang gak diganti full

  • Kirim barang mahal pakai SPX sameday? Layanan ini sangat merugikan driver, ongkir murah, tanggung jawab tinggi, dicancel kena suspen, resiko tinggi. Driver harus mengambil beberapa barang di sejumlah titik dan mengantarkan barang kesejumlah titik. Misal ambil barang pertama dan alamat kedua pada alamat X. Barang ini cukup besar. Terus driver ambil barang ketiga ke mall. Tentu driver tidak mungkin membawa barang pertama dan kedua ke mall dan ditinggal di motor. Pada saat kondisi seperti inilah barang yang akan dikirim rentan dicuri oleh pihak lain. Shopee tidak mau tahu hal ini. Driver itu terpaksa menjalankan order. Jika tidak mau kena suspen dan akun ditahan 3 hari. Kalau barang anda tidak ingin hilang pesan SPX reguler yang hanya membawa satu barang. Dengan demikian driver bisa fokus membawa barang anda. Jangan demi ongkir murah anda memakai layanan SPX sameday yang resikonya anda bebankan ke driver.

  • Mau apapun jasa pengirimannya kalau yg di kirim barang elektronik hp atau laptop pada di maling semua rata2.bahaya jasa pengiriman sekarang karena emank uda mental orang indonesia maling dan korupsi

    • ini mah kurirnya aja..tinggal telpon kurir nya aja..selesaikan secara offline aja lah..cari kurirnya.minta gantiin klo gk mau gantiin gebukin dah fix maling...gk mungkin paket hilang dijalan,alasan aja..
      skrg asuransi dikenakan kepada 2 pihak..akalan2 shopee biar untung:) 0,5%

  • Ngeri masih saja barang yang selalu hilang HP ataupun Elektronik. Ya betul seharusnya tidak perlu terang terangan bilang itu isi HP. Dan bila perlu setiap barang elektronik yang dikirim selalu driver ataupun kurir ekspedisinya di foto orangnya dan paketnya. Jdi bila terjadi sesuatu bisa naikin di MedKom dengan foto dan paket tersebut tanpa di tutupin. Dan menurut saya sih bila barang diatas 2 - 3 jutaan hilang karena kelalaian entah di sengaja atau tidak dri pihak tersebut laporkan saja kurir atau driver ke pihak berwajib. Agar dikemudian hari tidak ada lagi, lagi dan lagi terulang kejadian seperti ini. Mohon untuk lebih berhati hati bila mengirimkan barang elektronik.