Surat Pembaca

Penipuan Pinjol Dana Cepat, Tidak Pernah Pinjam tapi Dana Dicairkan dan Diminta Kembali

Kemarin tanggal 10 Mei 2024, tiba-tiba saya mendapat dana masuk sebanyak 3 kali Rp1.170.000, dari rekening Mandiri yang tidak dikenal. Tidak lama kemudian, ada CS yang menelepon dan menginfokan dari pinjol Dana Cepat, bahwa telah terjadi sistem error dan meminta dana tersebut dikembalikan ke rekening BNI: 0776666681 atas nama PT Mitra Pedagang Indonesia.

Setelah saya mengembalikan, ternyata di aplikasi Dana Cepat ada pinjaman tanpa persetujuan saya dengan nama aplikasi vendor lain, yaitu Fortune Aman, Dompet Tajir, dan Dana Raja. Dengan tagihan yang harus saya bayar dalam 7 hari ke depan, masing-masing sebesar Rp1.800.000 dan total Rp5.400.000.

Setelah itu, saya langsung melaporkan ke aplikasi Dana Cepat, dan balasan yang saya dapat adalah “Dana yang Anda transfer bukan nomor rekening aplikasi kami.”. Saya diminta untuk membayar pinjaman sesuai dengan nominal dan nomor Virtual Account aplikasi kami.

Hal ini jelas penipuan, saya dipaksa untuk meminjam, dan dana diminta balik oleh oknum lain yang membuat saya tetap harus membayar hutang ke aplikasi Dana Cepat. Saya juga dikirimkan link APK melalui WhatsApp, yang meminta saya untuk klik agar segera dapat menghapus data sehingga tagihan saya akan lunas. Hal ini tentu saja tidak saya hiraukan.

Sampai hari ini, status saya di aplikasi Dana Cepat masih terhutang. Lalu mulai banyak pesan ancaman masuk dari berbagai macam aplikasi pinjol, yang menagih hutang dan mengancam ingin menyebarkan data ke seluruh kontak, media sosial, dan membuat grup untuk mempermalukan saya. Saya yakin data saya sudah disalahgunakan untuk penipuan online.

Semua percakapan dari CS Dana Cepat sudah saya rekam dan bukti-bukti chat untuk memperkuat laporan saya di Polres Jakarta Barat. Mohon kepada Tim CyberCrime Kepolisian Indonesia untuk menindaklanjuti hal ini, hapuskan seluruh pinjol ilegal yang merusak kehidupan bangsa Indonesia.

Terima kasih Media Konsumen, semoga masalah saya bisa segera diatasi.

Kevin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • jika kakak tidak pernah mengajukan pinjaman, tidak ada dasar mereka untuk menagih.

    karena tidak ada tanda tangan apapun dari kakak di kontrak peminjaman.

    perkara salah transfer pencairan, itu masalah si dana cepat. sistem mereka bobrok sehingga bisa mencairkan ke orang yang tidak pernah ttd kontrak peminjaman.

    jika kakak tidak pernah kasih izin aplikasinya akses data di hp kakak, ya jalan termudah ganti no hp. jadi mereka "menagih" ke nomor yang tidak aktif. dan karena tidak ada datanya (kakak juga tidak pernah ttd kontrak peminjaman), mereka tidak ada dasar lebih lanjut menagih.

    apa juga yang mau mereka tagih.

  • Terima kasih tanggapannya @indro, semoga jika terjadi manipulasi kata2, ancaman, dan pencemaran nama baik ke seluruh kontak saya, bisa cukup kuat untuk sy laporkan ke pihak berwajib, dan bisa sy naikan ke Laporan Polisi untuk bisa diusut tuntas.

      • aku pernah alami... dia ngakunya salah transfer dari app pinjaman dana tapi di rekening pribadi..kan aneh....trus dia nelpon aku ga mau angkat tapi aku nelpon pihak bank tuk menanyakan rincian dana masuk dan masuknya dari app apa. setelah aku cek mutasi ternyata itu mereka mencairkan dari app yg berbeda... mereka terus ngotot untuk segera di kembalikan... lalu saya cek di app pinjol yg bersangkutan dan benar ada tiga transaksi peminjaman.. saya lalu jelaskan bahwa itu bukan saya dan saya mau di tipu... lalu saya marah ke cs pinjolnya kenapa data saya bocor... mereka minta maaf dan meminta bukti mutasi rekening dan bukti percakapan denga si penipu... setelahnya saya di kasi no va pembayaran resmi atas nama saya ke app buat refund...dan si penipu terus dasak saya... kalau ga segera di balikan akan masuk ke data peminjaman... aku ga panik aku melakukan transaksi refund dana ke app pinjol yg mencairkan pinjaman tadi... dan di lunaskan oleh pihak app pinjolnya... dan si penipu terus teror dan saya kirim aja bukti chat refund dana saya... dia lgsg hilang tanpa kabar setelahnya... hhhhhhhhhh

  • Prihatin dengan kasus TS, semoga cepat selesai masalahnya. Semoga yg lain lebih waspada agar terhindar dari komplotan pinjol.

  • 1. kenapa di transfer balik semudah itu, apakah anda percaya 100 persen
    2. kalo udah kejadian seperti itu, ikuti komen yang diatas, karena tidak ada dasar persetujuan dari kedua belah pihak..
    3. gpp dipermalukan karena bukan karena anda niat galbay.. paling itu oknum mereka bekerja sama..hiraukan saja, dan jelas slik OJK anda akan aman, gak berpengaruh sama lintah darah kayak gitu
    4. kerja sama dengan orang situ, kalo ada yang tagih, balikan kita cecer mereka, kantornya dimana, baru kerjasama dengan polisi gerebek.. 1000 persen mereka satu komplotan

    • Kasus seperti ini (penyalahgunaan data diri untuk pengajuan pinjol dengan modus salah transfer) udah ada sejak 2020. Dari OJK, lembaga konsumen & banyak pihak sudah memberikan tips langkah2 yang harus dilakukan konsumen.
      Gak habis pikir anda sepolos itu atau kurang membaca banyak literasi di internet sehingga langkah2 yang anda lakukan salah.
      Secara logika aja, anda bilang transfernya dari Mandiri, tapi koq mau disuruh transfer balik ke rekening Bank lain yang berbeda dari bank asal transfer.

      Ini antara lain langkah2nya :
      1. Simpan uangnya. Jangan sekali-kali menggunakannya maupun ditransfer ke orang lain atau rekening lain.
      2. Saat ditagih, sampaikan bahwa kamu tidak pernah merasa meminjam dan siap mengembalikan uang sesuai nominal yang diterima. Kalau ngotot, tanya nama perusahaan pinjolnya, nama akun yang terdaftar, dan surat perjanjian pinjaman.
      3. Kembalikan uang langsung ke kantor perusahaan pinjol. Bukan ke rekening penagih atau debt collector maupun lewat aplikasi agar terhindar dari penipuan berikutnya.
      4. Blokir nomor kontak penagih bila tetap ditagih dengan kekerasan, seperti teror, intimidasi, blokir semua nomor kontak penagih.
      5. Beritahu semua kontak di HP agar mengabaikan pesan atau telepon dari penagih.
      6. Lapor polisi & minta bukti laporan untuk dilampirkan ke collector yang masih menagih.

  • Jika kronologinya bener seperti yg anda ceritakan, Suruh datang ke Rumah (itupun kalau berani, paling bisanya hanya mengancam aja lewat telepon). Nanti panggil RT, panggil kepala desa, panggil Polisi. Sekalian panggil warga.
    NB: itu Nomer rekening kan bukan nomer sembarangan. Mestinya kan bisa dg mudah dilacak.

  • Kemungkinan data anda telah bocor, dan disalahgunakan oleh orang yg tidak bertanggung jawab. Jadi modusnya pinjem pake nama anda, kirim k rekening anda, lalu pura2 salah transfer minta ditransfer balik dan anda transfer ke penipu. Semoga aja cepat selesai dan bisa jadi pembelajaran untuk pembaca MK yang lainnya.

  • Saya juga sama bro.. tgl 2 mei kmrn apply pinjol PINJAMAN FLASH.. 10 mnt kemudian masuk uang 1.170jt X 2 dr PT. Tri Usaha Berkah.. dengan nilai pelunasan 4.2 juta..
    Harusnya jatuh tempo tgl 8 mei..

    Tp tgl 6 mei mereka tagih dgn kasar dan memaki bahkan mengintimidasi..

    Saya mau bayar pake Virtual Account dr aplikasi gak bisa.. mereka balas dgn VA melalui WA dgn alesan aplikasi error..
    Setelah pembayaran saya lunasi ternyata mrk buat pengajuan sepihak lagi untuk pinjaman kali kedua tgl 6 mei hingga tgl 12 mei.. tenor 7 hari..

    Tapi saya langsung delete aplikasi mwncegah hal buruk dan tidak ada transfer di mutasi bank..

    Ternyata kembali mereka teror saya di tanggal 10 mei, alesannya terjadi pinjaman yg jelas tidak ada pencairan sama sekali..

    Mrk justru memaksa saya untuk download apk mereka.. jelas saya tidak mau dan jelas sudah melunasi 4.2 juta di tanggal 6 mei tsb..

    Dari jeda waktu pembayaran VA dgn pengajuan -/+ 2 menit kurang.. bagaimana mungkin, lagi shock karena ribut dgn DC kemudian saya pengajuan lagi??

    Kejadian ini saya laporkan ke polres jakarta barat dan cyber polri maupun satgas OJK..

    Ini aplikasi DANA CEPAT dan juga DANA KILAT..
    Semua data sudah saya kumpulkan dalan satu file,, yang jika diperlukan bisa saya share..

    Mohon bantuan spy pinjol ilegal macam begini bisa ditindak tegas..

    • satu satunya cara untuk membangkrutkan pinjol ilegal adalah dengan GALBAY, intimidasi pengancaman dsb paling hanya berlangsung 7-14hari setelah itu mereka hilang ditelan bumi, tidak akan berani untuk datang kerumah, SILAHKAN TANTANG SAJA DATANG KERUMAH kalo tidak percaya, cara membedakan nya mudah LEGAL dan ILEGAL, dilihat dari jumlah pencairannya ( jika terdapat potongan diawal yang besar, itu ilegal) , bunga pembayaran tinggi.. tenor itungan hari.. intimidasi dan pengancaman sebelum jatuh tempo..
      Dan pelajaran untuk yang data nya disalah gunakan di pinjol ilegal, jika tiba tiba ada TF an dengan alasan salah TF dsb dari aplikasi pinjol, jangan pernah di TF balik, atau dikembalikan, KARNA DATA anda sudah pasti digunakan untuk pencairan, entah di aplikasi apapun itu, JADI BIARKAN SAJA UANGNYA TETAP DI REKENING, ATAU ANDA GUNAKAN SENDIRI, ANGGAP SAJA REJEKI, masalah intimidasi pengancaman dsb, ganti no wa, atau buat status berkala hasil SS chat dengan si penipu, agar orang disekitar anda tau atas permasalahan itu, intimidasi dan pengancaman hanya bertahan 7-14hari, ga akan lebih..

      • Memang awalnya sedikit shock, pas mereka bilang mau pake data pribadi untuk ambil shoppe, lazada, ovo dan pinjol lainnya..

        Tapi pas gw cek satu2 cara kerja pinjol, mereka juga pasti riskan nerima pengajuan dgn No. Rek yg gak sesuai KTP.. atau juga mrk transf ke rekening pemilik tnp ada verifikasi..

        Mmg gw gak takut, krn data pelunasan lengkap dan dibuktikan dgn muncul tanda pelunasan dr aplikasi..

        Untungnya gw hapus aplikasi..
        Tapi gak terima karena udah lunas trus mereka paksa untuk pengajuan pinjaman dgn nominal yg sama.. Ternyata di tanggal 6 tsb gak ada transfer.. artinya memang TIDAK DISETUJUI..

        Paksaan mereka spy gw download lagi aplikasi mereka.. y ogah lah.. udah gak minat jg.. eeh itu yg bikin mereka beringas

  • Izin kan saya viralkan ini di kanal YouTube saya jika berkenan , nama identitasnya tetap saya privasi

  • laporkan saja ke polisi dan ojk dan gak usah kawatir, malu dgn ancaman pinjol2 setan tsb..
    share juga kasus/pengalaman anda ke group atau rekan dlm kontak anda supaya org2 juga tahu bahwa ada pinjol setan yg mendzalimi anda..
    era millenium itu tdk ada kata malu asal kita dlm posisi dizalimi.