Surat Pembaca

Kecewa Pelayanan Panasonic

Saya membeli AC Panasonic inverter dengan tipe PU9XKJ. pada tanggal 20 November 2023 di toko PT Asri Lestari. Nomor seri: 29135209902, pembuatan AC di bulan 0923. Pada pemakaian bulan ke 3, tepatnya pada 14 Februari 2024, AC tidak dingin dan outdoor hidup mati (cut off). Setelah dicek muncul kode pada remote (Error F93).

Saya chat pihak Contact Center Panasonic melalui WhatsApp pada 16 Februari 2024, meminta untuk dilakukan perbaikan. Siang harinya teknisi rekanan Panasonic datang lalu melakukan pengecekan. Saat dilakukan pengecekan, menurut teknisi ada beberapa komponen PCB outdoor yang lemah dan dilakukan pengajuan penggantian PCB outdoor.

Pada tanggal 28 Februari 2024, teknisi datang kembali dilakukan penggantian PCB outdoor. Namun setelah diganti, error F93 tidak juga teratasi. Outdoor masih cut off dan muncul masalah baru pada bagian outdoor mengeluarkan vibrasi dan suara kencang pada saat putaran kompresor AC rendah.

Pada tanggal 25 Maret 2024, karena kondisi AC makin parah vibrasinya dan kali ini AC tidak dingin, bersamaan konsumsi listrik AC yang naik signifikan, akhirnya saya menghubungi kembali pihak Contact Center Panasonic melalui WhatsApp.

Pada tanggal 18 April 2024, teknisi rekanan melakukan pengecekan kembali. Lalu beliau berinisiatif melakukan pengencangan baut pada outdoor AC dan kompresor yang dicurigai jadi penyebab timbulnya vibrasi. Setelah AC dinyalakan, vibrasi tersebut tetap masih terdengar berikut didengar oleh teknisi rekanan sendiri. Lalu saya menunjukkan link serta buku petunjuk pengoperasian AC Panasonic kepada teknisi, bahwa kode error F93 terjadi dikarenakan putaran kompresor unit luar tidak normal.

Akhirnya setelah perbincangan, teknisi mengajukan pengantian kompresor dan saya menyetujuinya, dengan harapan masalah F93 pada AC bisa teratasi. Pada tanggal 30 April 2024 teknisi rekanan memberi kabar kalau kompresor telah ready untuk dilakukan pemasangan.

Singkatnya, pada tanggal 02 Mei 2024 sekitar pukul 03.00 sore, teknisi datang lalu melakukan penggantian kompresor. Setelah terpasang, AC dinyalakan dan teknisi melakukan laporan. Lalu teknisi pamit pulang sekitar pukul 07.00 malam. Suara yang dihasilkan outdoor pun agak halus, tidak begitu berisik seperti sebelumnya. Namun setelah beberapa jam, kecurigaan muncul karena suhu ruangan tetap tidak dingin seperti yang diharapkan.

Sekitar pukul 10 malam, masalah muncul kembali malah lebih sering dan vibrasi berulang-ulang. Setelah dicek kembali, ternyata Error F93 masih muncul pada remote AC. Dengan rasa kecewa, keesokan harinya saya mengirimkan video kondisi AC yang diperbaiki kemarin menunjukkan tidak ada perubahan.

Pada tanggal 04 Mei 2024, saya melaporkan keluhan saya kembali ke pihak Panasonic melalui WhatsApp. Namun mereka sampai saat ini belum memberikan tanggapan dan kepastian atas keluhan yang saya alami, seperti digantungkan. Padahal status AC masih bergaransi, tapi setiap dilakukan perbaikan hasilnya tetap tidak menyelesaikan masalahnya.

Dengan ini saya sangat kecewa buat pertama kalinya dengan kualitas produk Panasonic, yang saya beli belum sampai 1 tahun, tapi pemakaian AC sudah seperti ini kondisinya. Sebagaimana harapan konsumen dapat menikmati produk yang telah dibeli, apakah pelayanan Panasonic seperti ini?

Ricky Herdianto
Jakarta Pusat


Update via X:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal “Kecewa Pelayanan Panasonic”

Pertama kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Jvlnd atas informasi dan keluhan yang disampaikan melalui Rubrik Media Konsumen dengan judul...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Tergantung pak kalau di bilang ada harga ada kualitas,zaman sekarang tidak menjamin harga mahal tanpa ada kendala.

    • Terima kasih gan atas sarannya.
      Kalau menurut saya setelah pengantian Modul PCB tidak memecahkan masalah oleh teknisi rekanan Panasonic,

      Harusnya Pihak Panasonic langsung mengutus teknisi ahli mereka yang menanggani permasalah pada produk yang mereka jual kepada konsumen,

      nyatanya saya sudah membuat laporan ke CS Panasonic seperti saran yang agan bilang, disitu saya meminta Pihak panasonic mengutus teknisi yang bisa memperbaiki dan memahami masalah yang saya Alami Error F93, andaikan komentar ini bisa kirim histori chat saya ke Cs panasonic sebagai bukti saya Screenshotkan langsung,

      Tapi tetap saja mereka mengirim teknisi yg sama, kita sebagai konsumen pasti selalu meminta pelayanan dan kualitas terbaik dari produk mereka tapi semua kembali mereka yang menentukan.

  • Jangan-jangan sensor termis minta ganti. Mungkin bisa pake teknisi non Panasonic untuk cari second opinion. Sistem inverter kalau sudah rusak part-nya bikin pusing, harganya mahal udah gitu belum tentu ready barangnya.

    • Kalau masalah termistor ane belum bisa mengambil kesimpulan seperti yang agan maksud, cuma masa iya pemakaian baru 3 bulan sudah bermasalah termistornya,

      Terima kasih sarannya gan, kalau ane selama masih ada masa garansi lebih baik pakai teknisi resmi yang mereka kirim, kalau kita coba”pakai pakai teknisi non resmi kebanyakan tangan malah lebih parah lagi ujung”nya Garansi tidak berlaku, ane denger dari cerita pengalaman teman ane soalnya gan, jadi ane pingin tau kebijakan dan tindakan dari panasonicnya mereka yang produksi harusnya tau cara menyelesaikan masalah produk mereka sendiri

  • 1. Outdoor AC sepertinya lebih tinggi posisi nya dr unit indoor (kalo diliat dr foto si teknisi sedang cek unit kompressor manjatnya tinggi mencapai plafon); Sehingga saat outdoor AC berada lebih tinggi dari indoor, sangat mungkin sekali jika Oli dari kompresor akan mengendap pada pipa saluran oli dan freon.
    2. Panjang pipa AC apa sudah sesuai minimal 3 meter?
    3. Suhu di remote 26 (coba yg lebih paham teknikal inverter, apakah ini jg pengaruh ke kinerja, jd keseringan mati kipasnya).

    • Ane coba jawab gan sesuai unit yang terpasang

      1. Tinggi plafon indoor kamar ane sama seperti plafon outdoor sekitar 3 meter,di pipa outdoor ada lekukan seperti huruf U jadi pipa outdoor harus naik sedikit sekitar 30 Cm menuju indoor, untuk ukuran tinggi indoor sekitar 2,5 meter dari lantai begitu juga tinggi outdoor 2,5 dari lantai cuma di outdoor terdapatan lekukan Huruf U sesuai yang ane jabarkan sebelumnya.

      2. Kalau panjang pipa 8 meter, cuma ane juga masih ada pertanyaan disini kalau ane liat di buku petunjuk Panasonic panjang pipa lebih dari 7,5 meter harus di tambah refrigeran sekitar 10g/m nah pertanyaan ane haruskah di tambah refrigeran untuk ukuran 8 meter?soalnya awal pemasangan tidak ada penambahan refrigeran,mungkin agan bisa kasih masukan kalau agan memahami hal ini

      3. Kenapa ane setting 26 gan soalnya boncos listrik kalau suhu di bawah itu ya semenjak kasus Error F93, masa pemakaian Ac dari jam 7 malam sampai jam 6 pagi bisa habis 3-5 kwh mode cool di suhu 26 dan suhu ruangan susah turun udah 4 jam aja suhu ruangan mentok di 27-27,8 kelembapan ruangan (RH 55-65%).

      beda sebelum error F93 dinginnya kerasa nusuk ke kulit biasanya ane setting 24,5 suhu awal ruangan sekitar 32-33 (RH 75-85%), cuma butuh 1,5-2 jam suhu ruangan sudah tercapai tercatat di hygrometer ruangan sekitar 24-24,5 untuk (RH 52-60%), paling selisi dari setingan remote dan tercatat di hygrometer cuma 0,2-0,5 konsumsi listrik juga habis antara 2,2 - 2,5 kWh 12 jam kalo suhu sudah melebihi target konsumsi listrik stabil sekitar 190-200-300 terus berulang”cutoff sekitar 1-5 menit itu juga posisi tengah malam, untuk luas ruangan ane 2,5x3,7 tinggi 3 meter

      Kalau awal muncul error f93 suhu belum tercapai outdoor udah cutoff

      Sengaja ane ambil 1 pk biar suhu mudah tercapai sama konsumsi listrik pasti turun otomatis irit, padahal bisa aja ambil yang 3/4 masih cukup buat BTU ruangan ane.

  • Mending pakai ac standar, inverter, part mahal dan pending, perawatan mahal...klo rewel biasanya merembet...

    • Terima kasih gan atas masukannya, sebelumnya ane pengguna ac standar berikut ac low watt semenjak pakai Ac inverter konsumsi biaya listrik lumayan turun signifikan, untuk masalah mendinginkan ruangan selama pemakaian inverter ane puas suhu ruang tetap stabil terjaga sesuai settingan pada remote, asalkan Ukuran Ac pas sama BTU ruangan, memang resiko inverter lebih besar kalau perawatan atau pemasangan tidak sesuai SOP.

  • Error 93
    Permasalahan pada perputaran kompresor. Apakah teknisi sudah memastikan 3 kabel yg menuju kompresor sudah betul posisinya? Takutnya salah posisi ( kesalahan pabrik).
    1. Jika teknisi yg ahli pasti dia akan mengecek itu tuk memastikan sesuai kode error.
    2. Harusnya Outdoornya ganti baru krna garansi. Tak perlu di otak-atik teknisi.

    • Ane coba jawab gan sesuai yang dikerjakan teknisi sebelumnya.

      1. Seperti kata agan, teknisi langsung membuka unit outdoor beliau mengecek bagian kompresor setelahnya langsung cek indoor

      2. Saya setuju dengan agan untuk pemakaian unit 3 bulan harusnya seperti itu langsung ganti yang di takutkan kejadian seperti ane malah konsumen merasa di rugikan, karena termasuk lumayan lama perbaikan banyak waktu yang terbuang

  • F93 compressor rotation failure,
    Yaitu putaran kompresor tidak normal sesuai sepesifikasi atau range sehingga dibawah ataupun di atas ambang nilai yg di tentukan ataupun tidak mengacu pada nilai target yg di tentukan oleh modul kontrol.

    Penyebabnya, bisa dari beberapa hal di bawah ini
    Check wiring harnes
    Jika ok, lanjutkan ke pengukuran check inverter jika ok, ganti

    -ipm defective
    -kompresor yg abnormal

    Jika pengukuran inverter ok ganti modul outdoor pcb

    Punya ts modul outdoor sudah, kompresor sudah, tinggal modul indoor yg belum di ganti dan ipm.

    Jaman sekarang beli apapun dan merk apapun kalau apes ya apes, mau mahal ataupun murah.
    Tapi dari segi aftersales harusnya produk ini cepet tanggep sih,

    Silahkan push agar cepat terselesaikan.

    • Mantap ni gan komentarnya.

      Nah seharusnya seperti itu gan yang ane inginkan kalau teknisi ahli pasti mereka mengetahui apa yang harus di lakukan,

      Saya sebagai konsumen hanya berharap hasil terbaik dan masalah pada unit bisa terselesaikan oleh para teknisi ahli di bidangnya

      Andai ane seorang teknisi Ac pasti melakukan yang agan bilang kalau memang tidak terselesaikan dengan cara yang agan maksud, kemungkinan barang defect. Soalnya kita mikirin harapan konsumen setiap membeli produk pasti untuk dinikmati.

      Terima kasih gan sebelumnya jadi bertambah wawasan ilmu sistem pendingin

      Nanti insyaAllah bakalan di update di mari kalau masalah sudah terselesaikan.

  • UPDATE!

    Pada hari ini tepatnya pada tanggal 18 Mei 2024, Panasonic Gobel Indonesia (PGI) telah melakukan tindakan dan perbaikan atas keluhan saya selama ini, saya kasih bintang 5 buat Pak Arif H dan teamnya, mereka tidak sungkan”memberikan pelayanan yang melebihi ekspektasi saya,

    Selama saya memakai produk lain,
    Cuma Brand yang satu ini (Panasonic),
    Yang membuat saya merasa benar”terkesan dengan tindakan maupun pelayanannya,
    selain itu pada saat perbaikan maupun pengecekan tidak ada satupun yang terlewat,
    benar”Layak sebagai Brand ternama di Indonesia

    the best buat Panasonic enggak sia” saya selalu mengunggulkan produk kalian

    saya sebagai konsumen sangat puas setelah kejadian ini, walaupun awal saya sempat kecewa dan ragu tapi setelah pelayanan dan tindakannya semua terbayarkan,

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen dan Panasonic Gobel Indonesia

    Masalah produk yang ane hadapi telah terselesaikan dengan sangat baik.

    • Kalau boleh tau, penyelesaiannya spt apa ya om? Adakah pergantian part atau dapat unit baru??

  • Dan saya yakin, walaupun di perbaiki dan di ganti berulang2, tetap aja kondisi ac mu tidak dingin..
    Penyebabnya bukan masalah di ac mu, tapi tegangan listrikmu yg tidak stabil dan juga daya listrik di rumahmu tidak cukup untuk ac mu..
    Mungkin daya listrikmu besar, tapi penggunaannya banyak, di tambah ac pula..
    Mati hidup tadi ya itu tadi, listrikmu yg tidak sanggup ngangkat beban ac mu