Surat Pembaca

Uang di Rekening Mandiri Saya Dipotong Tanpa Penjelasan

Hari ini saya cek histori mutasi rekening mandiri saya via ATM no rekening saya 126-00-066***** (nomor lengkap ada pada redaksi) atas nama Suci Mulyo. Saya kaget karena terdapat pendebetan di rekening saya pada tanggal 28 Desember 2017 sebesar Rp100.000,- dengan keterangan bill payment. Karena saya tidak pernah merasa mendaftarkan pendebetan otomatis untuk pembayaran apapun saya telepon ke 14000 call center Mandiri. Dan setelah menunggu lama dan dicek, saya malah diminta menghubungi Bank Mandiri cabang Mayestik karena yang melakukan pendebetan bank cabang tersebut.

Yang saya heran apa gunanya call center yang tidak bisa membantu laporan saya? Akhirnya saya telepon Bank Mandiri cabang Mayestik di no telepon 0217211466 diterima oleh mba Uli dan info mba Uli, karena di keterangan hanya ada bill payment jadi harus ditanyakan ke IT pusat dulu nanti kalau sudah ada jawaban baru bisa diinfokan ke saya.

Sangat lucu sekali, masa rekening nasabahnya didebet Rp100 ribu tapi di sistem tidak ada keterangan lebih lanjut didebit untuk bill payment apa. Sedangkan saya sama sekali dari mulai listrik, asuransi tidak ada yang saya daftarkan untuk debet melalui rekening.

Saya minta uang saya dikembalikan. Saya tidak percaya lagi dengan Bank Mandiri. Saya tarik semua uang saya di Mandiri. Kalau saya tidak kebetulan cek mutasi, pasti saya tidak akan tahu kalau rekening saya didebit tanpa sepengetahuan saya oleh Bank Mandiri dan tanpa kejelasan apapun.

Suci Mulyo Kurniasih
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Dalam hal ini sangat disayangkan memang pihak bank semena" melakukan pemotongan saldo tanpa seizin nasabah, kita sebagai nasabah pasti resah apabila terjadi hal spt ini. Mrk pasti nanti hanya minta maaf apabila pada akhirnya stlh dicheck kesalahan ada pada mrk, dgn alasan terjadi kesalahan pada sistem. Sy sarankan dlm hal ini kita bisa menggugat pihak bank, krn apapun cerita rekening pribadi kita hanya kita yg berhak utk mendebetnya. Kecuali apabila memang sdh ada izin kuasa dari kita utk dilakukan debet otomatis dlm pembayaran kepada pihak bank yg terkait. Sy sarankan utk semua kalangan masyarakat melakukan hal yg sama supaya kedepan nya bank tdk semena-mena dlm menjalankan kegiatan nya. Sdh byk kasus spt ini terjadi, jd kita sebagai nasabah sdh hrs pintar dlm mengambil sikap & tindak lanjut. Krn kita sebagai nasabah sdh ada perlindungan dlm undang" pasal hukum. Jd saran sy ke mbak Suci, digugat saja kasus ini ke jalur hukum. Sy yakin mbak Suci pasti bisa memenangkan kasus ini. Terima kasih

    • Terima kasih banyak untuk sarannya. Saya menunggu sampai hari Selasa, 2 Januari 2018 seperti yang diinformasikan Bank Mandiri Cabang Mayestik (mba Uli), kalau memang tidak ada penjelasan dan menelpon balik ke saya untuk memberikan penjelasan, saya akan ikuti saran pak Delli Akbar

    • Kepada pimp bank mandiri
      Saya peserta ansuransi secara online baru percakapan polis saya blm kelauar kok ansuran sdh terpotong sbs rp. 130.000 tgl 14 feb 2023 gmn ini tanpa ada pemberitahuan

    • Hi kak Kiki..saya mengalami hal serupa..lalu bagaimana dng punya suami kakak? Sudah bereskah?? Saya TDK tau apa yg harus saya lakukan..takutnya akan terus seperti ini setiap bulanya.

  • Saya adalah salah satu nasabah bank mandiri, dan tepat tanggal 20 feb 2019 jam 09:29 pagi saya melakukan penarikan tunai, setelah saya cetak mutasi ternyata ada debit rp. 278.600 kodenya D BILL PAYMENT DR saya bingung karena tdk merasa ada pembayaran apapun dengan nominal tersebut, penasaran saya google kode tersebut apa artinya dan sampailah saya ke media konsumen, apakah mungkin rekening saya sudah di debit oleh oknum bank mandiri, sementara belum saya tindak lanjuti dikarenakan kesibukan, tapi pasti akan saya tanyakan ke pihak bank mandiri.

    Terima kasih buat semua yg telah berbagi pengalaman semoga pihak bank mandiri segera bertanggung jawab jika memang salah.

  • Istri saya nasabah bank mandiri, dan tepat tanggal 26 Nov 2019 jam 16:14 pagi saya melakukan cetak mutasi, karena istri menyerahkan kartu dan no pin pada saya, setelah saya cetak mutasi ternyata ada debit rp. 500.000 kodenya D BILL PAYMENT DR saya tanyakan kepada istri, ini transaksi apa, istri pun tdk mengetahui. mohon pada pihak bank mandiri untuk menjelaskannya, sehingga seluruh konsumen merasa puas. demikian terima kasih.

    • Saya juga mengalami kejadian seperti itu, sampai saat ini bagaimana tanggapan bank mandiri terhadap hal itu pak?

  • Itu Tagihan Asuransi Axa Mandiri . Mungkin Pernah DiTLP, Asal Iya Iya , Tiba" Awal Bulan Kena aja Tagihan Auto debet .

    • Saya pernah ditlp sekali, sy tolak tawarannya, tp rekening sy sdh didebet 2x, sy tlp 14000 katanya sy didebet dr bank mandiri cabang, sdh ke bank mandiri cabang bilangnya sy ikut Axa Mandiri, lalu sy tlp Axa g diangkat2, sibuk trs kayaknya. Pdhal sy g pernah setuju buat ikut asuransi mereka. Parah ini mah.. Klo nasabah sibuk males kan urusin yg kya bgni.. Buang waktu dan energy.

      • Rekening sdh didebet 2x di waktu yg cukup jauh jaraknya, pdhal baru ditlp sekali, itupun sy tolak.

      • Assalamu'alaikum, suami saya juga mengalami hal serupa, dipotong tanpa ada kejelasan sebanyak 185.000 di bulan Juni dan Agustus, apakah ada yg komplen dan dikembalikan uangnya?

  • Maaf..
    Saya jg ada transaksi bill payment...saldo tiba2 berkurang Rp 170000..saya merasa tidak melakukan transaksi..
    Mohon penjelasan nya...pa manfaat nya...trmksh

  • Aduh tolong ditindaklanjuti banyak yang kena bill paymen tanpa keterangan yang jelas suami saya kena bill payment 260 ribu padahal suami saya gak ada bilang iya mau ikuti asuransi asal main tarik aja waduh gmn ya jadinya banyak yg jd korban nih dr marketing asuransi nya tiba2 aja dipotong tanpa persetujuan .. Tolong jaga kepercayaan customernya dong bank mandiri

Penulis
Suci Mulyo Kurniasih