Pertanyaan yang Sering Diajukan

Tentang Media Konsumen

Orang mungkin berpikir jika hanya untuk memublikasikan secara online, mereka bisa menuliskannya di blog atau media sosial sendiri, menyebarkannya melalui milis, dll. Tentu itu semua bisa.

Tetapi dengan tampilnya artikel di Media Konsumen artikel tsb berkesempatan untuk dibaca oleh lebih banyak orang. Sebab Media Konsumen memang mengkhususkan diri untuk menyuarakan suara konsumen, dibaca oleh banyak konsumen lainnya dan juga oleh produsen. Selain itu situs ini sudah terdaftar di Search Engine terkemuka seperti Google atau Yahoo, sehingga memperbesar kemungkinan orang untuk membaca surat anda secara tidak sengaja.

Tidak. Meski mungkin mempunyai kemiripan visi, Media Konsumen bukanlah lembaga advokasi atau mediasi konsumen dalam melakukan tuntutan terhadap produsen/pelaku usaha. Media Konsumen adalah media yang mewadahi aspirasi Konsumen Indonesia. Media Konsumen tidak memiliki hubungan organisatoris dengan YLKI atau LSM Konsumen atau BPSK.

Tidak! Media Konsumen didirikan secara independen dan didedikasikan sebagai jembatan komunikasi antara konsumen dan produsen, sekaligus sarana informasi dan edukasi.

Media Konsumen adalah sebuah situs web yang misi utamanya adalah untuk menampung dan memublikasikan aspirasi konsumen terhadap produk barang dan atau jasa yang dibelinya. Sebisa mungkin Media Konsumen juga mencoba menghubungi Produsen/Vendor/Toko/Penyedia Jasa terkait atas aspirasi konsumen yang dikirim ke Media Konsumen untuk mendapatkan tanggapan atau solusi. Walau demikian tidak ada jaminan bahwa Media Konsumen bisa menghubungi penyedia produk dan atau mendapatkan tanggapan dari mereka.

Media Konsumen juga merupakan portal Konsumen untuk memperoleh informasi, berkomunikasi dan edukasi dengan tujuan memberdayakan Konsumen khususnya di Indonesia, serta memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha sehingga bisa terus menerus meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka kepada Konsumen.

Jika dalam jangka waktu 2×24 jam surat Anda belum dimuat, berarti masih ada kekurangan yang harus Anda lengkapi. Kami akan memberi notifikasi melalui surel (e-mail), jika ada yang harus dilengkapi kembali. Mohon periksa inbox atau SPAM folder e-mail Anda.

Catatan penting: Surat yang tidak dilengkapi dengan data diri yang jelas dan benar, tidak akan kami muat. Dapatkan status pengguna terverifikasi Akun Terverifikasi dengan mengirimkan foto KTP / SIM / PASPOR Anda ke email: verifikasi[at]mediakonsumen.com.

Bagi kami, SEMUA SURAT ANDA PENTING!!

Kami tahu, sesuatu yang tampak tidak penting bagi seseorang mungkin SANGAT penting bagi orang lainnya. Karenanya kami memuat semua surat yang dikirim ke redaksi Media Konsumen. Pengecualian hanya bagi surat palsu, promosi terselubung atau surat kaleng yang bersifat agitatif. Karenanya, selama surat Anda jelas dan sesuai panduan di situs ini serta identitas data pengguna Anda lengkap, surat Anda pasti kami muat.

Anda tinggal mengklik tautan “KIRIM SURAT” dan langsung dibawa menuju halaman yang dilengkapi dengan formulir pengiriman surat.

Anda harus sudah terdaftar sebagai pengguna (user), jika belum Anda harus melakukan registrasi. Proses registrasi sangat sederhana, Anda bahkan bisa melakukan registrasi dengan sekali klik menggunakan akun media sosial milik Anda seperti Facebook atau Google, dll.

Berikut ini panduan untuk menulis surat dan artikel kepada kami:

* Apabila surat anda merupakan pengalaman anda sendiri, silahkan tuliskan kronologis peristiwanya secara rinci dengan didukung data-data yang mendukung. Hal ini penting sekali agar pihak produsen bisa memberi tanggapan secara spesifik atas pengalaman anda dalam menggunakan produk atau layanannya. Anda bisa melampirkan data pendukung seperti foto, dll

* Apabila surat anda merupakan berita, tips, opini atau himbauan, sebaiknya didukung dengan informasi yang jelas dan akurat (sebutkan sumbernya). Hal ini penting agar surat atau artikel anda bisa bermanfaat bagi ribuan pembaca lainnya.