Surat Pembaca

Apakah Begini SOP Cara Penagihan Kredivo?

Saya salah satu pelanggan Kredivo. Saya mempunyai keterlambatan pembayaran pada bulan Oktober tepatnya tanggal 3 Oktober jatuh tempo pembayaran dan saya belum bisa melakukan pembayaran tersebut dikarenakan saya membutuhkan biaya untuk pengobatan rawat jalan dengan dokter spesialis Onkologi yang terbilang tidak sedikit.

Pada hari Selasa tanggal 13 November tim debt collector Kredivo yang bernama De*** melakukan kunjungan ke kantor yang pada saat itu saya sedang cuti. Bpk De*** melakukan foto-foto untuk dokumentasi TANPA meminta izin terlebih dahulu kepada security yang sedang bertugas di sana sehingga menimbulkan keributan di kantor dan sampai terdengar oleh pimpinan saya. Bp De***mengatakan kalau saya tidak dapat dihubungi, padahal pada hari Sabtu sebelumnya Bp. De*** sudah menghubungi saya dan sudah saya katakan perihal permasalahan yang sedang saya hadapi dan saya akan bayarkan semampu saya.

Pada tanggal 9 dan 12 November saya sudah mencicil pembayaran semampu saya tetapi pihak debt collector tetap mendatangi kantor saya esoknya dan menimbulkan keributan. Parahnya Bpk. De*** tidak mau tahu mengenai permasalahan yang sedang saya hadapi dan terus menekan saya untuk melakukan pembayaran dan mengancam akan melakukan kunjungan kembali jika tidak ada pembayaran. Pemberitahuan dilakukan melalui pesan pukul 22.30, apa cara penagihan seperti ini termasuk SOP kah?!!

Ada 3 debt collector yang melakukan penekanan terhadap saya di sini. Saya infokan di sini kalo saya TIDAK ada niat untuk TIDAK melakukan kewajiban, tetapi memang kondisi saya yang lagi tidak ada uang karena habis untuk biaya berobat. Dan juga karena gajian saya pun hanya satu hari setiap bulan bukan setiap hari. Lagipula saya juga sudah usaha melakukan pembayaran walaupun tidak sesuai dengan yang dibebankan. Tolong hargailah itikad baik seseorang jangan malah menekan mereka dengan segala cara dan tidak memperdulikan kondisi seperti apa yang sedang mereka hadapi saat ini. Kita sama-sama manusia yang harusnya bisa lebih berperikemanusiaan.

Tolong Kredivo dipantau dan di-brief kembali para debt collector, apa sudah sesuai SOP kah cara penagihan yang dilakukan? Dan infokan saya juga biar saya tahu SOP penagihan yang diterapkan oleh Kredivo itu seperti apa, agar bisa saya info ke khalayak biar tidak terjadi kesalapahaman lagi. Dan mungkin team OJK nanti pun dapat membantu untuk mengoreksi jika terdapat kesalahan prosedur di dalamnya.

Bukankah begitu alur dan tugasnya masing-masing pihak? Mohon jika ada kesalahan kata dapat dikoreksi. Terima kasih.

Dwi Chandra
081135781**
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Dwi Chandra

Pada kesempatan kali ini, kami ingin memberi tanggapan atas surat yang ditulis oleh Ibu Dwi Chandra di Media Konsumen pada...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • saya pagi ini tanggal 6 Januari 2020, pukul 9.14 ditelp pihak kredivo telat 11 hari, saya sudah utarakan anak saya dirawat di RS, nanti saya lihat dananya dulu dirumah, kolektor yang mengaku Rey terus mendesak saya, intimidasi saya agar hari ini segera dibayarkan. Permasalahannya apa betul kolektor kredivo membicarakan hal jumlah gaji saya, saya pergunakan beli susu, pampers dll sampai dibahas dalam penagihan?
    kurang etis sekali. Apakah mereka sudah bersetifikasi?

      • Kemudian, setelah lapor ke mereka-mereka itu, ada sudah terlihat ada manfaat/faedah dari tindakan pelaporan tersebut? Apa kemudian ada tindakan perlindungan, atau peneguran terhadap perusahaan ybs?
        Atau cuma "ditampung" saja pelaporannya?

  • Semua ada aturan dan ada lembaganya masing2. Untuk hanya ditampung atau ada tindakan nya silakan tanyakan langsung kepada mereka.

    Kalo mau mengadukan ke polisi juga bisa kalo adanya ancaman, ke team cyber crime mereka.

    Yang saya infokan disini hanya lembaga pelayanan akan perihal penagihan yang tidak sesuai SOP, karena masih banyak juga orang2 yang belum tau akan lembaga tersebut.

    Terimakasih.

  • Saya Daftar Kredivo Dan Di Beri Limit 20 Juta Tahun 2018 Dan Belum Pernah Nyicil Sama Sekali Sampai Sekarang, Kalau Di Tagih Aku Selow Ga Pernah Terpancing Emosi Senjataku Cuman 1 (Saya Ga Punya Uang) Lama Lama Juga Capek Mereka Nagih Nya, Dari Yang Setiap Hari Nagih Sampe Setahun Ga Nagih Nagih, Mungkin Capek Kali Ya Ktemu Orang Seperti Saya Hahahhahahaha

  • Masa pendemi virus corona masih saja tiddak ikuti aturan ojk dan pemerintah. Debt kolektor makassar diperintah oleh bosnya dari kredivo jakarta untuk mendatangi rumah" yang orangnya pinjol sama kredivo tapi nunggak meskipun dikasi alasan baik juga mrk nda akan terima. Kredivo pro virus corona ..krn percuma saja kita dirumah tapi didatangi orang dari luar tdk pake masker dsb. Apakah itu tdk pro virus namanya?sayangnya kredivo belum dapat sanksi dari ojk. Tutup saja kalo membahayakan masyarakat dan tidak tunduk aturan pemerintah. Nama bosnya itu niko dari kredivo jakarta yg ngotot supaya menagih di makassar.

  • Masa saya baru telat 15 hari itu pun saya sudah cicil setengah , dan sisanya gak bisa cicil lagi karna posisi pandemi virus corona ini saya udah gak kerja lagi , tapi pihak kredivo gak mau tau dan mengancam akan ke rumah saya bila tidak di bayarkan hari ini juha

  • Saya juga telat bulan ini aja tiap hari di hubungi dan di wa bergantian orang. Padahal setahun ini jadi pelanggan setia dan tertib membayar. Bulan ini aja yang lagi ketimpa musibah, uangnya yg harusnya buat bayar tagihan teralihkan ke pengobatan anak. Jadi gak ada uang lagi. Pakai dipaksa buat pinjam keluarga pula. Ngancam mau datangi rumah saya. Memangnya di Kaltim ada kantornya kah.

  • Pagi ini saya juga ditagih oleh collector kredivo padahal saya baru terlambat 2 hari, selama ini pembayaran saya selalu tepat waktu bahkan kadang sebelum tgl jatuh tempo sudah saya bayar. Saya sudah menjelaskan awal bulan akan saya bayar disanakan juga ada denda yg berlaku untuk 30 hari.
    Saya bilang sudah tidak ada uang dikarenakan bulan ini uang sudah terpakai buat bayar sekolah 3 anak saya, dan collectornya bilang itu bebat bisa sekolahin 3 anak masa tagihan 1.4jt aja tidak mampu bayar emangnya tidak malu.
    Yg awalnya saya ngomong baik baik langsung saya bilang kamu kalau ngomong jangan kurang ajar saya kan sudah bilang akan saya bayar awal bulan kamu nagih punya aturan jangan seperti rentenir .dan kebetulan collectornya perempuan dan saya pun perempuan jadilah tutup ketemu botol , di nyerocos saya juga nyerocos dia bilang akun saya akan di blokir kedepan tidak bisa pinjam lagi dan saya jawab saya juga tidak mau minjam lagi ke kredivo blokir aja. Dia ancam dan saya bilang saya akan laporkan kamu ke polisi ini negara hukum, saya hutang akan saya bayar dan kalian membebankan bunga dan denda jika terlambat bayar kalau kamu berani datang kerumah saya sekarang , collectornya jawab buat apa saya datang kalau nggak ada uangnya. Intinya sama sama bertegang urat dan saya bilang jangan mau kurang ajar ngomong seenak congor kamu ,kalian mau ancam saya saya akan laporkan kalian ke polisi. sampai akhirnya telponnya ditutup.
    Saya langsung cari tau bagaimana cara melaporkan collector seperti ini yg melakukan penagihan seperti preman dan saya baca memang sudah banyak sekali yg mengalami hal yg sama dari kredivo.

  • bapak/ibu yg terhormat
    Saya merasa tidak nyaman dengan penagihan kredivo dengan nomor +62814301040** dia wanita.

    Saya ada keterlambatan pembayaran tapi dia menagih saya dengan cara tidak sopan dan tidak sesuai SOP.

    Saya memang ada kendala telat membayar 3 hari krna kendala di pekerjaaan, tapi saya tidak terima jika penagih memaki saya dengan kata2 yg tidak baik untuk diucapkan. Dia bilang “kenapa ibu harus pinjam kalau tau tidak bisa membayar” saya sungguh sakit hati dengan omongan seperti itu. Saya hari ini sudah membayar dan saya hanya telat 3 hari. TOLONG PECAT / BIMBING KARYAWAN SEPERTI ITU. Itu termasuk perbuatan yg MENGECEWAKAN CUSTOMER!!

  • Assalamu'alaikum
    Permisi
    Saya mau tanya sedikit perihal pinjaman di aplikasi kredivo.

    Ada yang menyalahgunakan data saya untk meminjam uang di kredivo dengan nominal (yang di maksud). Saya pun di hubungi oleh pihak kredivo dan dimintai untuk melunasi uang tersebut. Sementara sudah saya katakan bahwa ada yg menyalahgunakan data saya dan saya tidak pernah punya kebiasaan meminjam. Namun saya di paksa untuk tetap membayar. Saya pun meminta agar pihak kredivo mendatangi lokasi saya, namun saya cuma dikasih peringatan bahwa data saya akan di salah gunakan lagi oleh sistem dari kredivo.
    Apakah saya harus membayar uang yang tidak saya pakai?

    Terimakasih ???

    • Tidak usah dibayar pak, kan memang bukan bapak yang meminjam? Bapak merasa download aplikasinya ngak pak? Dan bapak ada merasa ada uang pinjaman yang dimaksud masuk ke rekening bapak? Kalo tidak ya tidak usah dibayar pak, minta bukti aja pinjaman kapan ditransfer dan ke rekening atas nama siapa, kan bisa dilacak pak.

  • Untuk permasalahan ini saya sudah selesai dengan pihak kredivo ya karena sudah saya selesaikan dan saya sudah tidak memakai kredivo lagi. Semoga yang lainnya juga dapat belajar dari banyaknya hal yang sudah terjadi terhadap pinjol2 selama ini. Terimakasih.

    • mba nya atau mas nya di datengi dept colect juga?
      saya telat sebulan tapi saya sudah bayar cicil walau masih kurang dengan yg seharusnya dibayar saya masih aja di wa dengan kasar..padahal selama ini selalu bayar tepat watu cuma karena pandemi jadi suka ngaret2 karena pendapatan tidak full..apakah saya tetep akan didatengin dc?karena saya takut kalo dc dateng kekantor karna saya bisa langsung di cut jika ada dc yg dtg kekantor..makanya saya bayarin walaupun saya gak ada uang lagi.
      mohon infonya kredivo datengin jika telat brp lama?

Penulis
DCP