Surat Pembaca

Terjerat Pinjol Sampai Sekarang Belum Bisa Bayar

Assalamualaikum,

Saya Ibu Lia Nurlia, saya punya pinjaman 6 aplikasi pinjol. Yang 5 sudah jatuh tempo, tinggal 1 lagi akhir bulan ini jatuh tempo. Awalnya saya selalu terima telpon dan balas wa, tapi setelah saya dapat wa ancaman dari situ saya tidak pernah angkat telpon ataupun balas wa/sms karena saya belum mempunyai dananya untuk membayar mereka. Jangankan untuk bayar mereka untuk makan pun sekarang saya agak kesulitan.

Saya takut DC dari pinjol datang ke rumah mertua saya. Karena tak ada 1 pun yang tahu, bahkan anak-anak saya pun tak tahu. Tolong bantuannya untuk bisa menyelesaikan masalah ini. Saya sudah putus asa takut punya pikiran ingin bunuh diri lagi.

Hutang pasti akan saya bayar tapi untuk saat ini saya benar-benar tak punya apapun untuk bisa membayar hutang-hutang itu. Tolong kasih tahu saya yang tahu solusinya.

Lia Nurlia
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Saya adalah nasabah pinjol yang juga brp kali mengalami kebingungan menghadapi masalah pembayaran saat dan lewat jatuh tempo. ada bbrp pinjol yang masih belum bisa saya lunasi sampai skr.

    Namun pada dasarnya ada hal penting yang harus diakui dahulu oleh kita selaku debitur pinjol, agar supaya pikiran kita bisa lebih tenang dan jernih daripada merasa panik/takut:

    Pinjol janganlah dianggap sebagai musuh yang tiba2 menyerang kita tanpa sebab, harus diingat pada saat kita membutuhkan uang, betapa senangnya perasaan kita pada saat pinjaman masuk ke rek kita, dan dengan disadari jg, kita pun tau tanggal brp dan brp besarnya bunga yang harus dibayarkan. suka tidak suka pada saat itu pinjol adalah penolong kita. sportif saja kita memang tertolong oleh mereka, di mana kadang saudara dan teman2 dekat kita tidak dapat/sudi menolong kita.

    Skr apa saja yang dikhawatirkan oleh kita ketika berada di situasi seperti ini:
    1. Takut
    Dari takut mendapatkan kekerasan lisan, fisik atau penjara, di mana untuk kekerasan fisik, ini bisa dibilang nyaris tidak akan terjadi. dan untuk penjara karena ini bukan kasus pidana, tapi perdata, hal ini juga tidak akan terjadi.

    Kekerasan lisan adalah konsekwensi dari suatu kegagalan sebelah pihak, maksudnya adalah pinjol berhasil menjalankan kewajibannya meminjamkan uang sesuai dgn angka yg disepakati, dan di pihak kita, kita tidak dapat menjalankan kewajiban kita untuk membayar.

    Perusahaan pinjol sendiri pada awalnya sama seperti kita, merasa takut dan khawatir, kalau kita sebagai debitur tidak dapat menjalankan kewajiban bayar. mereka berani beresiko dan ketika resiko itu terjadi, dilampiaskan dalam bentuk penagihan lisan melalui bagian DC, dalam hal etika lisan, saya sarankan baik itu perkataan baik atau sangat kasar jangan di ambil hati, mereka tidak kenal kita secara pribadi, itu adalah standar tugas yang mereka jalankan. mereka pun sebenarnya tau kalo kita tertekan. tapi ada tekanan mencari nafkah yg lebih besar untuk keluarga mereka daripada simpati terhadap anda. ini sangat manusiawi.
    Bilamana kita memang belum punya dana, tetaplah bertahan dengan tetap menjawab bahwa "saya tidak dapat memastikan tapi saya akan membayar bisa dana sudah ada" sementara pihak DC secara berulang akan terus menanyakan "kapan?". itu hal biasa untuk memastikan secara psikologi bahwa kita akan memprioritaskan membayar kepada mereka bila nanti dana sudah tersedia, hal lainnya adalah untuk memancing para debitur yang tidak mempunyai itikad bayar padahal dana sebenarnya tersedia. DC akan menghentikan pengulangan pertanyaan bila memang mereka anggap kita benar2 tidak mempunyai dana bayar.

    Bila mereka melakukan itu 1000x, dan bunga anda sudah mencapai miliaran, dan dana anda masih jg belum ada atau dana anda otomatis tidak akan pernah ada karena bunga yang terus meningkat, tetaplah layani mereka, karena pada kenyataannya semua ada akhirnya baik oleh sistem ataupun kewajaran hukum. anggap saja anda akhirnya terbiasa dan ketakutan anda juga akan hilang dengan sendirinya.

    2. Malu
    di jaman krisis ditambah wabah korona, lupakan sudah mengenai masalah malu, mengontak orang tua, anak, saudara, teman dll atau dengan sebar data, fitnah dll, skr bukanlah hal baru di masyarakat. seolah hal seperti ini sudah menjadi sarapan sehari hari, malah yang ada adalah timbulnya rasa simpati dari orang2 yang dikontak. dan tidak sedikit malah banyak yang ikut mengingatkan atau balas menegur DC. saya sendiri sering menerima sms fitnah ttng teman saya, yang mana membuat saya kesal pada DC dan prihatin terhadap teman saya.
    jadi bila anda sadar sudah tidak perlu lagi merasa malu, maka berkuranglah 1 hal yang anda khawatirkan.

    3. PHK
    Takut di PHK karena mengontak tempat anda bekerja, saya sendiri prihatin dengan hal ini, itu termasuk tekanan psikologis dari DC untuk imbas resiko gagal bayar yg terjadi, tapi tidak semua perusahaan melakukan hal itu, perusahaan seharusnya ikut membantu, karena kredibilatas perusahaan tidak terpengaruh oleh hal ini, coba pertahankan dulu dengan menceritakan duduk masalahnya ke personalia atau bos kita, tapi apa mau di kata, kalau memang pada ujungnya PHK, maka berkuranglah 1 lagi hal yang anda khawatirkan.

    Semoga ini dapat menjadi renungan untuk kita semua, Tuhan akan selalu menemani kita,
    Aamiin..

  • Saya juga mau dong masukin k grub Wa. 08111353690 Saya juga lgi deg2an ketakutan. Hp sampe saya matiin nada dering nya karena suami dan ank2 saya tdk tau.

  • Saya juga ada bberapa pinjol yg udah ada yg telat bayar juga dibbrpa pinjo ini, sudah jg di chat via wa dan sms,kadang tlpn keangkat, tolong masukin saya digroup wa jg,

  • Jgn bayar pinjol yg penting sehat dulu.wabah berlalu baru kita tata kembali.
    Group wa donk kaka 0819067293dua kosong

  • Masukin juga atuh 08953490689**, pusing dan bingung stress gaji 6 jt abis buat byr pinjol dmna mna,

  • Saya juga sedang pusing mikir 2 pinjol yang jatuh temponya tanggal 25 besok. Saat ini saya baru tidak bekerja karena pandemi covid 19.. saya baru bisa bekerja lagi selepas lebaran. Sudah usaha pinjam ke sana ke mari tapi tetap nihil.. tolong masukin grup wa nya donk... 0857862190** terimakasih

  • Saya juga mai donk mba masukin ke grup WA. 0877718991** Karena saya bingung awalnya saya coba 1 apk tp malah skrg jadi bumerang saya. Udah gitu skrg saya udah gak punya penghasilan. Uang buat bayar pinjaman APK pinjol. Pas mau pinjam lagi sudah tdk bisa jadi skrg saya bingung untuk menutupi semua apk pinjol yg udah saya pake ??

Penulis
Noerliea