Surat Pembaca

Pengalaman Terlilit Pinjol

Saya terjerat hutang puluhan pinjam online ilegal dan legal, selama ini gali lubang tutup lubang. Berawal ketika saya harus mengganti kerusakan barang teman saya, karena tidak cukup saya mencoba pinjol. Pertama 1 aplikasi, lalu lama-lama banyak aplikasi lain karena saya harus membayar cicilan lain sebelum ada kejadian ini. Bahkan saya sudah mencoba semua aplikasi.

Penagihan yang setiap hari membuat saya semakin stress. Karena setiap hari saya selalu harus mencari untuk bayar pinjaman hari ini dan besoknya, dan begitu seterusnya, ditambah lagi proses penagihan yang sangat kejam serta penuh ancaman.

Keluarga tidak tahu jika saya terlilit pinjol, karena kondisi keuangan keluarga yang sedang tidak baik juga. Saya sudah meminjam ke beberapa teman, untuk membayar tagihan/perpanjang, tapi lagi-lagi tidak bisa menutupi. Sampai akhirnya sekarang sudah tidak ada lagi pinjol yang bisa saya gunakan. Bahkan teman-teman juga sudah tidak bisa bantu.

Saya mencoba mengajukan KTA ke bank, tapi prosesnya lama dan belum tentu approved. Apa yang harus saya lakukan lagi? Karena saya benar-benar merasa putus asa dengan semua yang terjadi saat ini, hingga ingin mengakhiri hidup saya :((

Mohon bantuan dan pencerahannya teman-teman sekalian.

Lailla
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Saya Udah Galbay 3 Apk

    Dana Rupiah : 2.208.000 (Telat 9 Bulan, Bulan Pertama Galbay dan Kedua Di Teror Abis Tapi Saya Blokir2 Kontaknya Dan Apknya Di Uninstall)
    Tunai Kita : 2.200.000 (Telat 10 Bulan, Bulan Pertama dan Kedua Di Teror Abis Tapi Saya Blokir2 Kontaknya dan Apknya Di Uninstall)
    Tunaiku : 600.000 (Teror Email Aja Sama Telp Kantor)
    Saya Modalin : 1.250.000 (Otw Galbay)

    • Masnya sampe skg ud di dtgin sama DC tunaikita gak? Btw lokasi mana ya? Saya juga ada galbay Tunaikita seminggu, takut didtgin kerumah.

      • Bayarlah hutang semampu anda, jangan gali lubang tutup lubang. Terima saja DC yang datang. Jangan takut.

        Dc akan datang jika anda menantangnya datang.

        Jika anda terus berkata bahwa anda sama sekali tidak punya uang dan benar benar sedang miskin, itu malah membuat DC akan semangat mendatangi anda.

        DC tidak butuh penjelasan tentang ekonomi anda, karena DC sudah tahu bahwa semua orang ekonominya sulit.

        DC hanya perlu kepastian,

        1. Usaha apa yang sedang anda lakukan untuk melunasi hutang anda.?

        2. Kapan anda bisa membayar.?

        Namun walaupun anda sudah menjelaskan semua itu, Jika jawaban anda tidak sesuai dengan kenyataan, maka DC akan datang pada anda.

        Semua DC itu kejam, jika anda yakin akan di datangi DC, jangan anda hadapi sendiri, anda perlu pendampingan, ajaklah orang atau teman teman anda dengan jumlah yang lebih banyak dari jumlah DC yang datang.

        Jika DC datang seorang diri, hadapi ber 3 , jika DC datang semobil, hadapi sekampung.

        Anda harus siap melawan jika DC berbuat semena mena.

      • Kalau ini ada caranya spy data tdk bisa di sebar, tp bagi pemula pinjol ini akan sulit krn mereka tdk tau triknya..
        Ada cara membantai pinjol, khusus ilegal ya..ngebantai pinjol ilegal tanpa ampun,, satu hari 5 apk dlm hitungan menit uang msk ke rek, maaf ini cuman pengalaman saya saja..bukannya mengajarin yg gak baik ya..hehe

    • kak kalo tunaiku dateng gak dc nya kerumah? saya hampir semua galbay ini bingung banget

  • terus bagaimana kalau kita punya hutang tapi hp yang di pakai aplikasinya hilang?..ini kejadian sodara sy...dia punya 4 apk..dua hari setelah menerima dana hp nya hilang terjatuh di angkutan umum..sampai sekarang kesulitan untuk menginstal apk di hp lain karena kode verofikasinya ke no yang hilang itu.

      • Kak, apakah ada kemungkinan kalo sudah lunas pinjol ilegal akan ada yg nagih2 pake data2 pribadi kita, pdahal kita ga pernah pinjem dstu .. krna sy ngalamin, udah lunas.. eh tb2 ada yg nagih2 pake data2 kita trs katanya kita punya utang di apk itu, pdhal enggak sama sekali,

  • Kak, saya pusing karena banyak apk. pinjol yang saya gunakan.
    saya takut datang ke rumah dan takut orangtua saya tau hingga akhirnya orangtua saya jatuh sakit.
    saya ada apk. kredit pintar, tunaiku, kta kilat, cairin dan masih banyak lagi,
    saya benar2 mau stop pinjol karena benar2 sudah tidak tahan dan rasanya pengen nangis terus setiap di telpon.

    • Ga usah takut, ga usah gali lubang tutup lubang, malah bikin nambah masalah. Unistal applikasi pinjol. Gunakan duit buat keperluan yg lebih penting. Peraturan OJK 90 hari fintek sudah tidak boleh menagih. Ga ada DC yg dateng ke rumah. Karena banyak kasus DC digebukin massa. Tenang utang piutang hukumnya perdata bukan pidana. Sekarang jamannya sulit, semua orang pasti merasakannya

      • bneran kalo aplikasi ilegal galbay ga masalah kak? aplikasi uang pintar sama tunai cepat tapi udah ga ada d playstore

    • Setahu sy, apk pinjol yg punya dc lapangan itu HCI hampir di seluruh indo, Kredit Pintar, Akulaku, Tunaiku, Kredivo, itu menjangkau di JABODETABEK saja,

  • halo ada yg pernah pinjem di aplikasi uang pintar atau tunai cepat gak? dan galbay apa data kita akan di sebar ke org2 yg ada di kontak kita? padahal aplikasi nya udah hilang dari PlayStore tapi ngancem nyebar data ke kontak kita

  • Mau tanya ,, saya juga pernah pinjol sampek sekarang .. pinjol yang ilegal itu mana aja ya . Kira" kta kilat, kredit pintar sama ada kami itu semua ilegal apa legal sich... Soalny takut kalau sewaktu" galbay ... Apa bener bisa kabur dari pinjol yang ilegal?

    • Ga perlu kabur bu, biarin aja krg lbh 6 bulan bakalan otomatis hilang sendirinya...krn data paling lama utk yg galbay itu 6 bln. Klo ga salah ya, ni pengalaman pribadi sy pinjol mulai 2018..

      • Tp selmaa 6bulan diteror trs kan?saya juga takut 13aplikasi galbay tp legal semua...gimana solusinya?

        • Kita yg teror balik mba, dc malah kabur n blok no wa saya...bagi yg mau sharing blh ni 0821490174**

        • Mohon info terkini, saya saat ini sedang mengalami kesulitan dengan pembayaran pinjol dan kemungkinan akan Galbay di aplikasi maucash, klik kami, dan pinjam duit. Sebagian cicilan sudah masuk. Tinggal bebrapa cicilan lagi. Tapi saya sudah tidak sanggup bayar. Apa kah ada yang sudah pernah kedatangan dc dari app tsb??

    • Pinjol ilegal meminta banyak izin akses ke hp, sedangkan legal hanya lokasi, kamera..tp tdk sampai mengakses semua kontak hp kita.

      • Halo semua,

        Mohon solusi nya sama kk yg galbay dengan pinjol namun saya kasusnya lain, jadi saat itu sy memang ada pinjaman pd aplikasi Shoppe, julo, kredivo, ada kami, easy cash tapi semuanya lancar sy byr tepat waktu, namun pd suatu ketika sy coba install aplikasi pinjol dgn nama cash pro - pinjaman wow (bodohnya sy gk tau klu itu ilegal) sy berniat pinjam y max 500rb setelah install dan ikuti pendaftaran pengisian data diri selesai dan sy keluar dr aplikasi tersebut krn pada saat itu sy lg sibuk krj, tiba2 ada SMS bangking masuk dan saya kaget uang apa ini..saya langsung berpikir coba cek aplikasi pinjol yg sy install tadi, ternyata betul dugaan saya padahal saya belum sempat mengaktifkan / sy klik permohonan pinjamam tiba2 secara otomatis aplikasi tsb dgn sendiri mengaktifkan beberapa nama jenis produk pinjaman dengan jumlah pinjam sekitar 1,1jt dengan tempo 7 hari sehingga menjadi 1,8jt (nominal sama dengan 3 produk) krn sy panik sy langsung uninstall. 1 hari kemudian saya akan install kembali karena saya akan hubungi CS aplikasi pinjol tsb untuk meminta penjelasan kenapa bisa begitu, namun sy cari di google Play Store ternyata sudah tidak ada nama aplikasi pinjol tsb dan sy pun binggung meminta penjelasan kemana dan akan dikembalikan kemana ini uang krn sy merasa tidak mengaktifkan pinjaman. 5 hari kemudian sy dihubungi DC aplikasi pinjol utk konfirmasi tagihan namun DC tsb menyebutkan
        1. Kok tagihan atas nama pinjol yg beda dgn nama pinjol yg sy install wktu itu,
        2. dari WA beberapa DC pinjol yg hubungi saya tsb kok menyebutkan jumlah pinjaman yg berbeda-beda jumlahnya.
        3. Setelah saya angkat dan balas tlp dan saya tanyakan kenapa aplikasi hilang dari google Play Store malah dijawab katanya sistem lg error jd hilang dan dr DC tsb kok tiba2 si DC bilang "sy akan bantu untuk proses pembayaran nya nanti tolong sebutkan kode jika ada SMS masuk ya pak"

        Dari itu semua saya semakin curiga akhirnya saya tutup tlpnya dan tidak sempat memberikan kode OTP tsb krn sy khwatir data saya digunakan untuk pinjaman yg lebih besar. Tiap hari saya di tlp terus dan diancam akan sebarkan data. Saya jawab ancaman dr di DC sy mau kembalikan tp lwt aplikasi krn sy dikirim jg dr aplikasi, tetep saja si DC kekeh dgn ancaman dan kata2 kotor, 3 hari kemudian sy dikirim WA dr si pihak DC dgn mengatakan "klu mau Bpk byr lwt aplikasi ini saya kirim aplikasi nya (namun berupa file APK) tidak melalui google Play Store"
        Saya tdk install file APK tsb krn takut semakin parah masalah.

        Yg ingin saya tanyakan kepada kk sekalian, kira2 saya harus bagaimana solusinya dengan kasus spt ini?

        Terima kasih.

  • Beneran bisa hilang sendiri... Pastikan di teror terus ya.. pas takutnya di datangin di rumahnya?

    • Hilang sndri maksudnya, di atas 90 hari tlp sms wa mulai tidak ada, tp tagihan catatan di apk msh tetap berjalan, kmrn sy buka apk pinjam yuk telat 712 hari, dana rupaiah telat 803 hari n lain2 blm buka...

  • Saran saya dari semua yg menjadi peminjam di pinjol entah itu legal atau ilegal. Sebelum meminjam alangkah lebih baik dipertimbangkan terlebih dahulu, bunga dan tenornya. Kesanggupan kita dalam membayar itu penting. Tidak ditagih bukan berarti tidak harus dibayar. Semua harus tetap dibayar, karena yang namanya hutang sekecil apapun wajib dibayar. Saya percaya yang namanya karma, jika kita tidak membayar hutang pasti ada saja rejeki yang hilang. Posisi saya saat ini juga ada hutang di beberapa pinjol, jika dinilai keseluruhan dengan bunga bisa mencapai 50-100 juta. Tadinya sy mau "menghilang", cm saya pikir lagi. Akhirnya sy usahakan negosiasi dengan beberapa pinjol yang mau dicicil. Yang tidak mau, sy diamkan dulu sampai mereka mau negosiasi. Beberapa bulan lalu saya didatangi oleh DC Amar Bank, sudah 1 tahun menunggak tidak bayar. Lalu mereka datang, berdua. Rasis pula. Awalnya ga mau dicicil, minta dibayar lunas. Tapi karena mereka rasis, saya ancam balik untuk tidak bayar karena rasisme dan saya bisa laporkan ke pihak berwajib. Akhirnya mereka mau dicicil setiap bulan sesuai kemampuan saya. Mungkin saat ini kondisi ekonomi memang sangat sulit, tapi jika kita membayar hutang sesuai kemampuan kita, ada perasaan lega dibanding tidak bayar (walaupun posisinya si DC sudah tidak lagi menagih) tapi tetap aja ada rasanya tidak enak dan tidak tenang secara psikologis. Ini cm saran saya saja. Silakan direnungi jika memang perkataan saya masuk akal, tapi abaikan jika perkataan saya kurang berkenan. Thankyou

    • Hai kak boleh sharing gmn cara mengatasi pinjol2 itu smpai skrng?
      Terima kasih

  • Sama saya juga gara-gara pinjol saya dipecat gara dc hub kantor sekarang saya pasrah dengan kenyataan yang ada, saya menjalani 3 episode dalam pinjol, 1 dan 2 saya lunasi semua hampir 28 apk total 38 jt dan selesai semua dan saya coba pinjol episode ke 3, dari 20 apk dan semua menuju gagal bayar yang terawat cuma 2 kredit pintar dan easycash yang lain luluh lantak terpapar di jurang yang sangat dalam dan sulit untuk dilunasi dengan ekonomi saat ini dan kini saya di PHK korban pinjol, sampai berat badan saya turun deratis hingga kolor melorot (maaf), sekarang tinggal kondor nya saja (maaf), saya taubat nasuha semua akan saya akhiri dengan doa bertobat kalaupun saya kerja lagi akan saya lunasi pokoknya saja, walaupun ini niatnya dulu tapi sudah ada etikat baik, STOP PINJOL bikin hidup terasa mati, lebih baik hidup susah dan apa adanya akan terasa hidup karena hidup itu perlu perjuangan dengan niat dan kerja yang halal, "TIDAK ADA SEJARAHNYA PINJOL BISA JADI HIDUP SUKSES yang ada menjadi HIDUP BAGAIKAN BURUNG TANPA SAYAP tidak bisa terbang tinggi hanya bisa ngesot dan terpuruk.

    • Sekedar teori untuk kasus ini.

      1. Ini kasus PinjoL iLegaL, setiap satu aplikasi PinjoL iLegal berisi turunan aplikasi sedikitnya 15 aplikasi.

      Dalam aplikasi PinjoL iLegaL, disitu ada turunan aplikasinya lagi. Seperti tampilan dalam screnshot itu. Walaupun terbaca nama aplikasi yang banyak dan seolah olah nasabah meminjam ke tempat yang berbeda, namun sebenarnya semua aplikasi yang banyak itu aplikasi induknya cuma 1.

      2. Tidak ada Nasabah yang sanggup membayar tagihan PinjoL ilegaL tepat waktu.

      PinjoL iLegaL tenornya ada yang cuma 5 hari saja. Pinjam 1 juta yang cair 600 ribu. Mustahil nasabah bisa membayar tagihan.

      3. PinjoL iLegaL dirancang agar Nasabahnya membayar Hutang dengan Hutang lagi.

      Nasabah memilih salah satu dari 15 aplikasi, dan disetujui. Tak mampu bayar, membuka aplikasi yang lain, pasti langsung disetujui.

      4. Nasabah dalam kasus ini masih pantas dikasihani, daripada nasabah di 1 aplikasi yang sudah bertahun tahun setia dengan aplikasinya hingga Limit Pinjamannya terus Meningkat.

      Contoh:
      Nasabah Akulaku/ Kredivo, yang setia hingga naik limit, Tak Pantas dikasihani.

      Mereka sudah pinjam berulang ulang, dan sudah sering Lunas berulang ulang.

      Hutang terpaksa karena masa masa sulit namun ketika hutang itu sudah bisa diLunasi, artinya masa masa sulitnya sudah berakhir, mereka sudah berada pada fase aman, namun mereka tidak kapok meminjam, malah setia hingga berambisi naik limit, hingga menjadi gaya hidup.

      Sedangkan,

      Nasabah yang terjerat PinjoL iLegaL sangat sulit untuk melunasi hutangnya kecuali melunasinya memakai pinjaman lain lagi.

      Mereka tidak diberi kesempatan untuk berada dalam fase aman. Mereka terus terdesak dengan Tenor yang hanya 5 hari.

      5. Dalam sebulan bisa saja Nasabah terjerat hingga 15 aplikasi.

      Setiap aplikasi menawarkan pinjaman 1 juta yang cair 600 ribu, dengan Tenor 5 hari.

      Contoh: Pertama dapat pinjaman 600 ribu harus dibayar 1 juta. Untuk mendapatkan dana 1 juta itu, tidak bisa di tutupi dengan pinjam di satu aplikasi lagi tapi harus di dua aplikasi lagi, karena satu aplikasi hanya mencairkan dana 600 ribu saja.

      Jika di dua aplikasi maka nasabah bisa pegang dana 1.2 Juta, sehingga mampu bayar aplikasi pertama [Masih ada sisa dana 200 ribu].

      Namun dengan diLunasinya aplikasi yang pertama, nasabah sudah memiliki hutang sebesar, 2 Juta rupiah dikurangi lebihnya 200 ribu menjadi 1.8 Juta.

      Dalam 5 hari saja, Nasabah PinjoL iLegaL sudah berhubungan dengan 3 aplikasi PinjoL iLegaL [1 sudah Lunas, sisa 2 aplikasi lagi] dengan nominal hutang 18 Juta.

      Sangat cepat untuk terjerat di banyak turunan aplikasi lagi.

      6. Walaupun Hutang tembus sampai 100 Juta, nyatanya nasabah ini hanya menikmati Dana sebesar 600 Ribu saja. Itu juga hanya pada pinjaman yang pertama kali.

      Nasabah PinjoL iLegal hanya menikmati dana pinjaman yang pertama saja. Untuk pinjaman yang kedua dan seterusnya hanya untuk menutupi pinjaman pertama itu.

      7. Terkesan kasus ini Salah Tempat dan Ingin Menipu. Jangan Suudzon dulu. Seharusnya kita semua memaklumi ini. Nasabah PinjoL iLegaL tidak sempat bernafas menjadikan pikirannya buntu dan bingung berbuat apa apalagi. Sehingga merasa tidak ada pilihan lain selain berharap ada orang baik yang ingin membantunya.

      8. Cara Meyelesaikan PinjoL iLegal.

      Hutang tetaplah hutang, wajib diBayar. Ada 2 pilihan untuk menyelesaikan kewajiban Hutang pada PinjoL ilegaL:

      – Stop Pinjam Lagi dan menyediakan Dana Langsung Full sejumlah terutang dan membayarnya Lunas disetiap Aplikasi [ini agar terbebas dari kejaran DC], tapi sangat mustahil untuk dilakukan. Jika tidak bisa dengan cara ini, maka kalian wajib melakukan cara kedua,

      – Stop Pinjam Lagi. Menghitung berapa uang yang anda Nikmati dalam hutang itu. Ingat, hitung uang yang anda nikmati saja. Lalu catat Berapapun itu. Jika sudah sedia uang, bayarkan hutang itu pada [baca teori yang direkomendasikan para ulama]. Ada sangat banyak tempat dimana kalian bisa membayar Hutang, pilih yang bisa anda lakukan saja.

      9. Pemerintah tidak Melayani kalian [Nasabah dan DC] yang MeLapor.

      Kalian berdua, Nasabah dan DC Fintech sudah melakukan sesuatu yang iLegaL. Yang melanggar hukum.

      Laporan Nasabah tentang kejamnya Fintech iLegaL tidak akan pernah di Tanggapi Pemerintah.

      Sama halnya Laporan DC tentang Larinya Nasabah juga tidak pernah di Tanggapi Pemerintah.

      10. Statement Pemerintah sudah sangat Jelas. Pinjamlah sebanyak banyaknya pada PinjoL iLegal namun Jangan di Bayar.

      Artinya bagi PinjoL iLegaL:
      PinjoL iLegaL yang masih Meminjamkan uang pada Nasabahnya, terima saja Resiko Tidak diBayar.

      Artinya bagi Nasabah:
      Pemerintah yakin bahwa kalian para Nasabah, pasti Tidak akan Mampu Membayar PinjoL iLegaL. Jika tak sanggup bayar Jangan Berhutang. Pemerintah Melarang aktivitas PinjoL iLegaL karena pasti sangat Merugikan semua orang.

      Jika kalian para Nasabah telah menyelekan Statement itu, maka tidak ada pilihan lain, kalian harus selesaikan apa yang telah kalian mulai [point 8 itu].

  • Gimana ya caranya supaya pinjol tidak menghubungi semua kontak karena saya masih pemula.
    Mohon bantuannya saya sudah mau galbay karena gak mampu dengan bunga yang tinggi

    • Saya sudah galbay di cashcashnow, bahkan dari sebagian mereka sudah menyebarkan data saya di sebagian kontak saya. Mereka bilang kontak tersebut saya jadikan Kontak darurat padahal tidak sama sekali.
      Menurut kalian saya harus gimana? Saya hapus WA dan mereka terus menghubungi no saya tp tidak saya angkat. Dan selalu mengirim pesan berantai sampai bilang saya anjing ke nomor darurat pinjaman saya. Apa yang harus saya lakukan kalau sudah begini?

      • Yg bisa di lakukan ya kuatkan mental, itu yg paling penting, karena dc itu nyerang psikis dan terornya lagipula sudah tidak bisa lagi di cegah kalau terlanjur di sebar data kan.

    • galbay smua kontak di hp ttp dihub kak,krn mreka sdh ambil data itu sejak awal pengajuan.
      misal galbay siapkan mental aja..kasih klarifikasi kalau data disalahgunakan,minta maaf.sdh.hp di reset ke pengaturan pabrik.ganti no.
      tutup akun medsos sementara.

  • saya,, uku, easy cash , ada kami, tunai kita,, kredit pintr, danafix, katupat, idompet,kredit pribadi,hi juta, kredit uang ksp, bunga dahlia, rp pinjaman, rp cepat ksp, cair cepat, 360 kredi, fintek syariah, dana now,, pinjaman cepat (beranak 3 apk)

Penulis
Lailla Iddana