Surat Pembaca

DC Pinjol yang Tidak Henti Menagih

Ini bukan pengalaman saya, mungkin pengalaman beberapa orang yang alami selama krisis COVID-19. Banyak karyawan dan buruh mengalami kesulitan ekonomi. Buruh yang dirumahkan gak digaji, bahkan ada yang di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Sementara itu tagihan pinjol terus berjalan.

Debt collector KTA (Kredit Tanpa Agunan) online (pinjol)masih saja menekan dengan tagihan hampir setiap hari. Bicara kasar bahkan mengancam akan mempermalukan kami jika kami tidak membayar. Bapak-bapak dan ibu-ibu terhormat bagaimana mereka bisa membayar kalau untuk makan sehari – hari saja mereka susah?

AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) sudah himbau penyedia KTA online(fintech) untuk berikan keringanan cicilan pinjaman online kepada masyarakat terdampak COVID-19.

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sudah keluarkan himbauan untuk restrukturisasi dan penangguhan kredit bagi nasabah kecil sektor UMKM dan non-UMKM. Juga POJK No. 11/POJK.03/2020 tentang stimulus dampak COVID-19 untuk Perbankan.

Tapi belum ada untuk Fintech. Padahal menurut data OJK Februari 2020, ada lebih dari 20 juta orang meminjam uang melalui Fintech. Peraturan dan himbauan tersebut belum efektif. Masih banyak debt collector dari pihak Fintech yang tetap menagih dengan cara yang tidak bisa dikatakan beretika.

Itulah sebabnya, melalui media ini kami minta OJK keluarkan kebijakan soal stimulus dampak COVID-19 untuk Fintech juga. Saya juga berharap minta OJK dan AFPI untuk menindak pihak Penyedia KTA online (Fintech) yang masih saja menagih cicilan seperti biasa dan tidak mengindahkan himbauan dan peraturan.

Saya berharap melalui media ini pemerintah bisa lebih adil terhadap masyarakat kecil. Supaya rakyat kecil yang kehilangan pendapatan dan susah untuk makan tidak semakin dibebani dengan tagihan pinjaman online.

Salam.

Adhie
Jakarta Barat 11550

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • denda keterlambatan perhari bisa sampe 20 ribu.. tp mau gimana lagi belum bisa membayar pokok nya sadis emang..

    • Saya telat sehari denda 50rebu kak, amit2 naudubilah kredit pintar saya mau galbay aja klo aturannya bunga setiap hari makin tmbah tinggi

      • Sya ada jg pinjam 3.000.000 denda 300.000/hari.

        Apa gak pngen mati sja coba klo diperes begini.

        Kasihan anak saya jd korban marah sya krn saking setress nya sya hadapi DC

  • Legal atau ilegal,saya sangat setuju bubarkan saja.mereka tidak mengenal rasa kemanusiaan.hanya kepentingan bisnis mereka.agar mereka tetap untung.

  • Bukan nya saya tidak mau membayar, saya sudah punya etikat baik mau membayar karena adanya musibah covid 19 saya tidak bisa membayar, pasti saya akan membayar..

  • Yg minjem online jg meskipun terdesak kebutuhan ekonominya gak serta merta auto benar. Budaya malas baca orang Indonesia disini baru kerasa dampaknya. Jelas-jelas di syarat & kondisi pinjol manapun menyebutkan akan menggunakan hak dan kewenangan mereka (dalam hal ini, apapun) apabila nasabah dianggap lalai dari perjanjian yg sudah disepakat bersama. Itu dulu kita bisa sepakat ya, terlepas apapun alasannya, nasabah secara sengaja ataupun tidak sudah melanggar kesepakatan.

    Nggak segampang itu minta keringanan disaat ekonomi lg lesu gini. Sebelum pandemi aja jutaan orang yg sudah gagal bayar dan terjerat bunga mencekik, apalagi saat pandemi gini.

    Akhirnya setelah bikin 1 lubang dan gak tau cara nutupnya, buka lubang lain utk nutupin yg sebelumnya. Gitu aja terus, tanpa ada pelajaran yg bisa diambil dari tiap pinjaman yg dilakukan.

    Saya sudah "main" pinjol sejak 2015, waktu pinjol msh cuma UangTeman sampai sekarang jadi MakanUangTeman dan ribuan apk lain. Saya belajar tiap lakukan pinjol. Saya pelajari sistemnya, pola penagihan, izin aplikasi, minta akses apa saja ke device kita, dll. Dari situ saya byk dapat hal yg akhirnya bikin saya sampai detik ini mgkn punya pinjaman aktif di 230'an+ pinjol legal dan ilegal dan blm ada yg saya bayar.

    Satu hal sederhana yg bisa saya berikan dari pengalaman tsb adalah pinjaman online bukan utk orang yg mentalnya blm kuat dan stabil. Ingat ya, mental, bukan finansial. Karena pinjol hanya soal mindgames dan psywar, that's all.

    Budayakan baca dan pelajari sebelum memutuskan sesuatu, hal sederhana tapi bisa merubah pemikiran dan sudut pandang dalam melakukan sesuatu.

  • Cuekin aja tlp jgn diangkat tp klo di wa y dbales. Emg lg sulit jgn dbayar. Mau ngancem blg aja gini. Anda tuh msh dgaji. Lah saya mkn pun susah. Jgn cm mikirin perut sendiri aja. Gituin aja. Mereka nagih mereka msh dgaji kan. Ga usah tkt sm mereka sm2 mkn nasi. Kalian utang pun jg ga smpe puluhan jt jd ngp tkt. Jg ga rugiin negara kok. Selama ga rugiin negara ga usah tkt. Dan klo py kesempatan kalian kumpulin para korban gugat ke MA biar mereka ditutup jgn lupa sertai smua bukti dan saksi

  • Yup saya setuju...pinjol ini yg ilegal bnar2 udah sangat ngwur
    Telp kantor istri, nelpon rumah
    Meneror terus...
    Kadang saya heran ini human or animal
    Sudah saya bilang...saya ini terdampak covid 19 juga tidak ngerti2 kalo situasi enak siapa yang tidak mau bayar.
    Susah mungkin kl kita bicara ama animal....?

  • Saya juga merasakan apa yang semua rasakan.
    Sebelum ada wabah covid19.
    Saya selalu lancar dalam membayar semua pinjol.
    Tapi sudah mau 2 bulan ini saya mengalami kendala dalam keuangan.sehingga sulit untuk melunasi pinjol.
    Tapi pihak pinjol tidak ada pengertian sama sekali
    Mereka terus terusan menagih.

    • mari kita bersatu para pengguna pinjol,mari kita buat grup dan mari kita berdiskusi bersama untuk menyelesaikan pinjol kita.sy jg memiliki masalah yg sama.

  • Hari gini masih mikirin pinjol 50apk aman kunciya cuma satu mental.kalo lemah ya di tindas.

    • sama kamu dibayarkan tdk?

      saya ada 30 apk krn gali lobang tutup lobang. Dan trnyta rata² mereka itu satu naungan atau kerjasama.

      Smp skrg ada yg blm saya bayarkan.

      Kira² sampai kapan mereka akan berhenti menagih??

  • Semua konta saya d hub bahkan d buatkan grup wa saya sdh mnta perpanjangan mlah d tlp d maki" d anj***" ban***"... Kel rekwn kerja smua d tlp saya msh ingat betul suaranya bahkan saya smpat pengen lari dr kel dan tmn kerja saya ga plng krmh dan ga msk krja krna bnran saya malu ini terjadi baru 3 hari yang lalu.. Pengen akhiri hidup rasanya ?

    • Kalau datang ke tempat krj atw ke rumah bagaiman kak kan sy malu sm teman2 Krj dan tetangga di rmh kak. Itu ko bs KK abaikan pinjol ilegal nya emngnya KK ga di samperin ke rmh kk ? Ksh tips nya kak

  • Yang sudah terlanjur terjerat pinjol ilegal maupun legal , kalo bisa lunasi yang legal , klo tidak ada dana ya pinjamkan dari ilegal, setelah tertutup matikan hp 6 bulan sudah beres , aku sendiri pinjam ilegal 20 apk tapi memang sengaja rentenir rentenir harus di bikinn bangkrut , kontak fake aja ?

Penulis
adhie_adi