Surat Pembaca

Perlakuan DC Pinjol yang Meneror, Melecehkan dan Menyebarkan Data Pribadi

DC pinjol Doku Kas dan Pinjaman Yuk penagihannya tidak sopan. Apakah pinjol yang resmi seperti itu?? Tolong dituntut sekalian saja orang-orang yang memeras masyarakat kecil.

Saya kali ini tidak bisa bayar, karena bunganya yang sangat tinggi dan tenornya terlalu pendek. Di aplikasi janjinya pinjaman Rp1.700.000 dengan tenor 91 hari, tapi yang cair hanya Rp900.000, itu pun tenornya hanya 7 hari. Apakah ini termasuk penipuan??

Berikut daftar pinjaman saya di aplikasi pinjol (semua tenornya 7 hari):

  • Doku Kas, pinjam Rp1.700.000, cair Rp900.000
  • Pinjaman Yuk, , pinjam Rp1.700.000, cair Rp900.000
  • Tunai Lite, pinjam Rp1.200.000, cair 650.000
  • Tunai Go, pinjam Rp850.000
  • Dana Pratama, pinjam Rp1.200.000, cair Rp850.000
  • Gudang Uang, pinjam Rp1.000.000, cair Rp600.000

Mereka bilang saya meminjam Rp1.200.000, tapi mereka menyebarkan ke orang-orang bahwa saya meminjam Rp5.000.000. Saya tidak terima kalau seperti ini. Kalau bisa tutup saja semua aplikasi pinjol. Gak usah ada pinjol ilegal maupun legal, semua sama saja. Sangat merugikan masyarakat kecil!

Putri Asdianti
Kab. Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Anda telah menerima uang rentenir online (bersih) senilai 4.750.000,- Anda telah menggunakan uang rentenir online untuk keperluan Anda. Utang tetap utang dan utang akan dibawa mati jika tidak diselesaikan. Bagaimana tanggungjawab Anda?

    Terserah Anda mau bayar atau tidak -- karena uang rentenir online (mungkin) ilegal -- tapi anda telah menggunakan uang mereka sebesar 4.750.000,-. Itu bukan hibah bukan? Utang tetap utang dan jika tidak dibayar, akan dibawa mati. Anda bukan korban tapi mengorbankan diri dalam jeratan rentenir online.

    Sekedar mengingatkan, jika anda tidak segera bayar, utang Anda bisa setinggi gunung Himalaya, bisa jadi ratusan juta. Anda akan bangkrut!

  • Udah utang pinjol malah suruh tutup pinjol kan aneh. Sampai berjibun lagi. Semua pinjol mah sama saja

  • Ngak usah di bayar mbak.pinjol yang mbak sebut itu ngak ada satupun yang ojk itu juga semua nya ada kaitan dalam satu aplikasi.saya bukan penguna pinjol karena sering dengar dan ketemu sama keluhan yang kayak begini makanya saya sudah lihat semua pinjol yang mbak sebut itu.
    Memang modus mereka satu yang mbak pinjam 3.4sampai 5 pinjaman yang akan mencairkan uang nya kerekening mbak.ngak usah di bayar dan kangsung di aduin aja ke ojk atau ke polisi biar aparat yang bertindak.

  • trik dari temen sih
    gk usah d bayar, berharap saja aplikasi nya di tutup
    biar aplikasi nya ganti nama( karena emng aplikasi pinjol ilegal itu tdak bertahan lama,sering ganti nama pula)
    kalo sudah ganti nama
    kamu rada aman,,
    klo temen d teror, bilang aja
    saya gk pinjam di aplikasi itu kok,,
    wah data saya d salah gunakan,
    ( dengan ending mengeluh)

  • kirain pinter, nyatanya malah memperlihatkan kebodohan sendiri.
    sebelum pencairan biasanya ada konfirmasi jumlah pinjaman, jangka waktu dan biaya bunga kok.

    • Kalau ilegal mah mana ada. Begitu klik langsung tuh baru keluar angkanya dan gak bisa cancel

    • Ngga usah menghakimi orang pakai bilang "pinter" sarkasme begitu nyatanya kamu sendiri ga tahu klo pinjol ilegal memang tidak isi begitu... Mereka memang menjebak.

  • ini ilegal kan? GAMPANG. Tinggal wa sodara dan teman2 anda bahwa anda terkena tipu pinjol ilegal. Udah selesai. malu? cuma sebentar aja, lagian kan anda udah kasih tau kalau anda tertipu kan. urusan bayar? GAK USAH DIBAYAR. selesai masalah.

  • Ide gila nih, gimana kalau seluruh Indonesia ramai² pinjam pinjol semua dan kompakan jangan pada bayar biar bangkrut trus tutup tuh pinjol, sukur² smpe yg punya pinjol jd stress krn bangkrut ???

  • Data disebar hutang lunas gak usah dibayar. Secara hukum juga udah ilegal. Alamat kantor gak jelas. Badan hukum gak ada. Kalo sampai datang dcnya ke rumah ajak aja ke kantor polisi di BAP sekalian dengan pasal pencemaran nama baik. Pinjol ilegal itu cuma ingin memeras. Secara legal dia gak bisa melakukan tuntutan hukum kepada kita. Yang jadi andalan mereka ya data kita di hp. Ya kalo gak dibayar data disebar... apa boleh buat anggap aja hutang lunas. Makanya sebelum terjerumus kondisikan dulu kontak hp kita dan data data penting di hp kita. Kalo mau pinjol ilegal diberantas ya caranya kompak gagal bayar biar kapok.

  • Yant saya bingung pas pertama mau pinjem pasti ada info
    pinjeman nominal misal 2jt
    cair 1.5jt
    tenor 7 hari
    kembali 2.3 juta
    itu pasti ada di awal pas minjem (karena sy pernah iseng liat aplikasi pinjol bgitu)
    kenapa masih diterusin gitu minjemnya. Padahal udah tau itu tenornya sebentar+ bunganya gede. itu aja sih.

    • nah bener khn, nyatanya ngerasa ga tau apa2, makanya saya kirain pinter bisa isi data di banyak aplikasi langsung, nyatanya bodong.

      kayak orang lempar batu ke dalam sungai yg penuh kotoran, eh airnya kecipratan ke diri sendiri.

      • iya bener. si dcnya sih salah banget nagihnya cuma balik lg ga bisa nyalahin tenornya sebentar, bunganya gede, toh pas pertama setuju2 aja buat minjem

  • Menurut saya, pinjol emg salah, tapi anda juga salah. Udah tau pinjol gitu tetep aja ngutang Ampe bnyak, trs baru ngadu suruh ttup wkwkkw.. kenapa harus pinjaman online sedangkan masih bnyak banget tempat cari pinjaman yg lebih aman dan justru real bukan di online. Gak usah alasan bnyak kebutuhan, semua orang kesusahan karena pandemi, tapi masalah kebutuhan bisa atau GK di cukupin itu tergantung pribadi yg mengelola, kalo emg orang suka ngutang, masalah apapun lari cari pinjaman. kenyataannya bnyak di likungan masyakarat yg suka ngutang susah byar. Lebih meninggikan gaya hidup daripada kebutuhan primer .