Surat Pembaca

Tokopedia Membela Pembeli yang Kasar dan Tidak Menghargai Penjual

Kurang lebih kami, berjualan di tokopedia lebih dari 7 tahun, tetapi akhir-akhir ini menghadapi pembeli yang unik sampai ketemu pembeli yang berkata kasar menjurus mengatai-ngatai dengan nama hewan. Mencoba melaporkan ke tokopedia tetapi tidak ada tindakan tegas kepada pembeli.

Pembeli memberikan ulasan dan rating yang tidak sesuai, saya counter dan saya laporkan tetapi lagi-lagi tidak ada tindakan tegas. Parahnya, malah penjual disuruh ngemis-ngemis ke pembeli sendiri untuk merubah hal tersebut.

Sampai pada akhirnya karena sudah kelewatan menyamakan manusia dengan binatang, saya counter di ulasan yang dia tulis dengan tujuan agar penjual atau pembeli mengerti kenapa ada ulasan yang tidak sesuai tersebut. Ternyata tokopedia berpihak terhadap pembeli dan memoderasi toko saya selama 7 hari karena counter di ulasan tersebut.

penghinaan dari pembeli

Luar biasa keberpihakan tokopedia terhadap ketidakadilan seperti itu. Selama 7 tahun berjualan tidak pernah ada masalah, kali ini ketemu pembeli yang super unik. dan meng-counter malah dimoderasi. Katanya untuk edukasi, edukasi kok langsung menghukum? Sedangkan pembeli gak ada tindakan tegasnya.

Semoga rekan-rekan seller berhati-hati untuk berjualan di tokopedia, dan usahakan jangan hanya punya 1 toko di e-commerce, buka juga di toko yang lain. Semoga ada keadilan untuk UKM kecil seperti yang kami alami ini.

Terima kasih.

Adam Muhammad
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Penjualnya licik amat dah, klo masih itung² buat kasi gift mending ga usah dulu, jgn hanya karna demi laris manis lalu tipu² pake bahasa, basi ah, goblok penjualnya?.

  • Tokopedia emang terkenal pro pembeli tapi kurang pro penjual. Sebagai konsumen saya jelas senang karena pihak Tokopedia selalu mengakomodasi setiap keluhan saya dengan cepat dan memuaskan. Dan saya tidak pernah menjadi penjual, jadi mungkin pandangan saya agak bias.

    Tapi satu pelajaran yang saya dapat dari thread ini adalah: Kalau ada penjual yang mengiming-imingi imbalan untuk review bintang 5, itu adalah RED FLAG yang sangat besar. Penjualnya sendiri tau kalo barang yang dia jual itu kualitasnya gak bagus dan gak layak dikasih bintang 5. Kalo seller ramah, informatif, dan akomodatif, dengan kualitas barang yang baik juga, rating bintang 5 itu akan datang dengan sendirinya, gak perlu iming-iming kayak gitu.

    • Barangnya ga komplit boiii ditokopedia.. sellernya pada kabur banyak diintimidasi sama pembeli.. mana ga ada S&K perlindungan untuk penjual lagi... lu dekem ditokped ya ga dapet barang murah"... rata" tokped dropshopir dari shopee boooiii.. ??????

  • Anda tidak memberikan nama toko Anda di tokopedia sehingga saya hanya murni bisa melihat dari tiga screenshot itu. Kalau dari screenshot, Anda yang bersalah.

    Katanya akan diberi hadiah dompet setelah diberi bintang lima dan ulasan yang baik. Tidak ada tuh dijelaskan dari awal bahwa hadiah harus menunggu kalau pembeli order barang lain lagi?

    Anda berkata kalau tidak bagaimana kirimnya?

    Loh loh. Saya pernah kok menerima barang dari penjual, yg dikirim di luar sistem toped. Lewat JNE atau si cepat.

    By the way, saya juga memohon agar para penjual berhenti menyalahgunakan sistem penilaian ini. Banyak sekali penjual yg memberi deskripsi, garansi hangus, barang tidak dapat ditukar atau dikembalikan apabila tidak memberi bintang lima? Lah, apa-apaan tuh? Saya tidak akan pernah membeli dari toko begituan.

  • Rating itu hak pembeli, kalau kasih bonus ya kasih aja, kalau gak ya gak usah, segala mau kasih bonus tapi ada syarat pembelian berikutnya, gak usah sok elit, bahas zaman kaskus dll, memalukan.
    Saya juga punya toko online sejak 2018, barang elektronik tiruan dari cina, kalau rusak, ada bukti unbxingnya ya reture, barang gak perfome yg diharapkan pembeli, pembeli kasih rate 2 bintng 1 bntang ya terima aja, di deskripsi jujur aja saya tulis bukan barang ori, kualitas sesuai harga, tapi tetep ada yg beli, ada yg puas ada yg gak, ya gpp namanya pembeli macem2, ya kali hadset JBL harga 80 rb minta sma kualitasnya sama JBL ori harga 900rb ! Rata2 pembeli menghina dg bilang kualitas sesuai harga.

  • Apakah anda betulan penjual di tokped dan apakah betul terjadi hal tsb? Karena dari kronologi chating,anda yang bersalah.anda bilang akan memberikan free gift setelah memberi rating bintang 5 dan ulasan.tetapi setelah pembeli bilang sudah memberi rating bintang 5 dan ulasan anda bilang free gift nya setelah order.klo anda bingung gimana cara kirimnya klo gak order lagi,kenapa anda bilang bonusnya dikirim setelah cust kasih bintang 5 dan kasih ulasan.terus mengenai bonus harusnya anda bertanggung jawab dg ucapan anda,kan bisa dikirim tanpa cust order lagi.dikirim via kurir diluar marketpalce.saya rasa kejadian tersebut bila benar terjadi anda benar2 licik atau mau mengakal-akali.atau anda sengaja ingin artikel anda dikomentari?

    • Kalo ada seller kayak gini, Fix ratingnya palsu. Harus dihindari. Penjual juga harus cerdas, Ya. Kalau dari Rating saja memaksakan dan berujung menipu calon pembeli lain, apakah Kalina masih berharap tokonya amanah?
      Dilihat dari mana pun ini toko penipuan rating. Menjebak pembeli. Jadi was was belanja di Tokopedia kalau ada penipuan Rating kayak Begini. Tolong ya Tokopedia, saya Tidka berharap ada free gift dsb. Saya hanya berharap bisa membeli di seller yang amanah. Mendapat barang yang sesuai karena saya butuh barang itu. Jadi pengen komplain ke Tokopedia juga. Tolong ditindak tegas praktik KECURANGAN DALAM RATING SEPERTI INI. SAMA SAJA PENIPUAN.

      • dimana menipunya ??
        Jual beli selesai, rating hak pembeli, gift hak penjual mau dikasih kapan setelah selesai memberi rating 5.. kapan mau dikirim hak penjual juga.. pembeli kek pengemis aja sampe ngemis" gift ?? katanya pembeli adalah raja.. ?? mana ? kok ngemis gift... kalau gw yang jadi pembeli maka gw ga mikir itu gift, kalau pun seller serius ngasih ya maybe next time in the next order.. why not.. ga masalah buat gw nunggu belanja selanjutnya.. kalau dipembelian selanjutnya ga ngasih baru itu disebut unsur PENIPUAN.. cantik" lho kamu kakakku... sayangnya kamu... ah syudahlah ???

  • Baca dari ss nya aja udah keliatan, penjual yang salah kok minta dibela ? Yang bilang kasar duluan sama janji omong kosong ga jelas juga penjual duluan terus mau bilang seolah" penjual jadi korban ? Kok lucu ya, udah ngemis" rating, mau ngasih gift away yang ga seberapa buat dompet aja padahal tinggal dikasih aja itung" sedekah dan rezeki bakal nambah lagi juga. Baca yang bener" lagi ss nya jangan kebawa emosi. Penjual harus instropeksi, wajar tokped ngasih sanksi. Kalau embel" 7 tahun dagang di tokped emang lu paling merasa berjasa untuk tokped ? Lu bukan karyawan perusahaan boss yang pake embel" udah serasa lama. Coba apa nama tokonya yang udah dagang ribuan ? Saya mau silaturahmi dagang apa c boss ini.

    • Ikutan dong. Mau gw obrak abrik dagangan penjual bodoh begini (atau penjual penipu?) Hehe..

      • Justru komentarmu bisa mengobrak abrik jalan hidupmu ????...
        karena sudah ada unsur PIDANA UUD ITE.. menuduh penipu tanpa bukti tanpa dasar yang pasti dijamin gulung tikar kelar hidup lu kalau seller bikin laporan atas komentar lu ??

  • Jualan 7 tahun (sejak Mar 2015), tapi rating toko masih bintang silver 5 (3873 point). Lama jualan tidak menunjukkan kedewasaan dalam pengalaman dan bersikap. Tokopedia tidak akan sembarangan moderasi toko kalau tidak didasari alasan kuat. Penjual ini kebakaran jenggot karena tokonya dimoderasi sehingga membuat surat di mediakonsumen, dengan sekedar alasan sepihak, bahkan tidak berani menunjukkan response ulasan kepada pembeli. Tipe penjual yang harus dihindari.

  • Wah wah wah, jadi selama ini RATING BINTANG 5 DI TOKO ANDA ITU PALSU??? CUMA KARENA PEMBELI DIIMING-IMINGI FREE GIFT? TERNYATA RATING BAGUSNYA PALSU. PENIPUAN DONK. PEMBELI tertarik beli KARENA ULASAN DAN RATING BAGUS. KALO PENJUALNYA begini smaa sjaa menipu pembeli dari awal. PENIPU INI PENJUALNYA. KALO NIAT MAU NGASIH FREE GIFT YA TENTUKAN SAJA BATAS PEMBELIAN. BELI MINIMAL SEKIAN. DARI SUDUT PANDANG MANAPUN INI PENIPUAN RATING. BODOAMAT SAMA FREE GIFT. TAPI KASIHAN CALON PEMBELI LAIN TERTIPU RATING PALSU WOY!

  • Penjual bodoh (atau penipu?) Ketemu ama pembeli yg keras kepala... klop sudah.

Penulis
Adam Muhammad