Surat Pembaca

Tokopedia Membela Pembeli yang Kasar dan Tidak Menghargai Penjual

Kurang lebih kami, berjualan di tokopedia lebih dari 7 tahun, tetapi akhir-akhir ini menghadapi pembeli yang unik sampai ketemu pembeli yang berkata kasar menjurus mengatai-ngatai dengan nama hewan. Mencoba melaporkan ke tokopedia tetapi tidak ada tindakan tegas kepada pembeli.

Pembeli memberikan ulasan dan rating yang tidak sesuai, saya counter dan saya laporkan tetapi lagi-lagi tidak ada tindakan tegas. Parahnya, malah penjual disuruh ngemis-ngemis ke pembeli sendiri untuk merubah hal tersebut.

Sampai pada akhirnya karena sudah kelewatan menyamakan manusia dengan binatang, saya counter di ulasan yang dia tulis dengan tujuan agar penjual atau pembeli mengerti kenapa ada ulasan yang tidak sesuai tersebut. Ternyata tokopedia berpihak terhadap pembeli dan memoderasi toko saya selama 7 hari karena counter di ulasan tersebut.

penghinaan dari pembeli

Luar biasa keberpihakan tokopedia terhadap ketidakadilan seperti itu. Selama 7 tahun berjualan tidak pernah ada masalah, kali ini ketemu pembeli yang super unik. dan meng-counter malah dimoderasi. Katanya untuk edukasi, edukasi kok langsung menghukum? Sedangkan pembeli gak ada tindakan tegasnya.

Semoga rekan-rekan seller berhati-hati untuk berjualan di tokopedia, dan usahakan jangan hanya punya 1 toko di e-commerce, buka juga di toko yang lain. Semoga ada keadilan untuk UKM kecil seperti yang kami alami ini.

Terima kasih.

Adam Muhammad
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ini mah penjualnya yang gak kasih keterangan jelas. Saya mendukung pembeli dalam hal ini. Makanya bang kalo nanggepin chat itu dibaca dgn teliti pertanyaannya. Saya juga pembeli sekaligus penjual. Saya suka kesel kalo ada penjual macam ini, gak jawab dgn jelas. Atau bahkan ada yg nanya 2 pertanyaan, hanya pertanyaan terakhir yg dijawab. Sumpah ini ngeselin bgt penjual macam begini. Kalo ngrekrut CS yg pinteran dikit.

  • Kok saya greget ya sama penjual alias yang buat laporan, memberi info itu jangan bias, setengah2, dan sepemahaman anda aja. Jelas2 buyer konfirm ulang mengenai giftnya, dan jawaban Anda tidak ada keterangan pada orderan selanjutnya. Anda terlalu maksa untuk membenarkan rules Anda.

  • Aq juga seller di tokped. Klo mnurutq konsumen ga perlu diiming2 klo Niat kasih ya kasih aja ,itu lah namanya persaingan. Mo kasih mie instant 1 biji pun kalo emg status nya sbagai gift konsumen udh Seneng . yah klo mnrutq ini emg salah seller aja . yahhh mgkin ini emg imbas seller ruwet ktmu konsumen ruwet hahahaha

  • 7 tahun jualan masih aja kayak pemula, masih ngemis rating, kalo penjual pemula sih masih mending ngemis rating biar ada pelanggan

  • Saya pro pembeli... Saya dukung tokopedia dalam hal membela pembeli... Si penjual hanya menggarisbawahi kata kasar si pembeli, padahal janji palsu yg dia berikan yg bikin si pembeli menjadi marah... So... Jangan suka janji2 palsu... Kita mau kasih bintang 5, bukan karena iming2... Tapi emang kualitas produknya yg memengaruhi kita kasih bintang...

  • Penjual nya yg ******.makanya klw jual produk harus kasih keterangan yg jelas..biar gk selisih paham.banyak penjual di deskripsi nya banyak di samarkan.udah kelihatan dari situh aja ngemis ulasan rating.. berarti produk lu Abal" gk berani bersaing secara sehat.

  • GINI COEG.
    RATING ITU DIBERIKAN PEMBELI KARENA KUALITAS BARANG PENJUAL.
    INTINYA ITU.
    SALAHMU, MEMAKSA PENJUAL MEMBERI GIFT KALO KASIH RATING BINTANG 5.
    GIMANA KALO KUALITAS BARANG DAN SERVICE TOKOMU KAYAK TAI? APA JUGA TETEP HARUS MAKSA PEMBELI NGASIH BUNTANG 5 DENGAN IMING2 GIFT?
    GAK RELEVAN COEG. GAK SALAH TOKOMU DIMODERASI TOKOPEDIA GARA2 CARA CURANGMU NGEMIS RATING.

  • Kayaknya sellernya emang alergi selain bintang 5, ku lihat di tokonya bintang 4 dan 3 pun di counter macem2.

    • HAHAHAHA iya gw juga baru menyadari, bintang 4 dan 3 pun juga di counter, kayaknya gampang kena mental kalau gag dikasih bintang 5.

1 7 8 9
Penulis
Adam Muhammad