Kirim Tanggapan

Panduan Menulis Tanggapan Terhadap Keluhan Konsumen

Jika anda adalah pelaku usaha penyedia produk atau layanan (produsen/penjual) dan mendapat surat keluhan dari pelanggan anda, hargailah mereka. Karena mereka telah meluangkan waktunya dengan menuliskan keluhan untuk menunjukkan kekurangan dari produk atau pelayanan anda. Keluhan mereka adalah masukan sebagai dasar untuk mengambil tindakan korektif dan preventif sehingga produk/layanan anda semakin lebih baik di masa mendatang. Saat produk atau layanan anda lebih baik maka akan ada lebih banyak pelanggan baru dan lama yang akan menggunakan produk dan layanan anda, membuat omset anda semakin meningkat.

Kami juga percaya tindakan dari Produsen yang CEPAT TANGGAP terhadap keluhan pelanggan akan meningkatkan branding perusahaan Anda di mata konsumen dan meningkatkan loyalitas pelanggan anda. Seperti pepatah lama “pembeli puas, pedagang untung”.

Silakan kirim tanggapan perusahaan anda dalam formulir di bawah ini. Berikut ini beberapa panduan dalam menulis tanggapan terhadap keluhan konsumen anda :

  • Isi tanggapan yang yang ideal antara 200 – 500 kata (4 – 10 paragraf).
  • Gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Perhatikan pula ejaan dalam tulisan anda. Jangan menyingkat kata-kata yang tidak perlu atau menulis dengan huruf kapital semua.
  • Jelaskan apa yang sudah anda (atau perusahaan yang anda wakili) telah lakukan dalam menanggapi keluhan konsumen anda.
  • Lengkapi tanggapan anda dengan data dan informasi pendukung (bisa berupa foto apabila perlu) disertai dengan kronologis yang jelas.
  • Isi data perusahaan anda dengan jelas. Data perusahaan yang jelas akan meningkatkan kredibilitas perusahaan anda di mata konsumen.
  • Jika anda ingin menampilkan profil, media sosial dan foto/logo perusahaan pada tanggapan anda, silakan lengkapi profil, biografi singkat dan unggah foto/logo perusahaan pada halaman edit profil.
Tutup

 Bergabunglah Bersama Jutaan Konsumen Indonesia!

Silahkan Login untuk mengirimkan surat, artikel atau tanggapan. Jika belum memiliki akun MediaKonsumen, silahkan buat akun baru melalui tautan di bawah atau login dengan menggunakan akun Facebook/Twitter anda.

*
*
Gunakan akun Facebook, Twitter atau Google untuk Login hanya dengan 1 Klik: