Surat Pembaca

Debt Collector Bank Mega Menelpon Nomor Referensi

Saya pemegang kartu kredit Bank Mega 4890 8700 5723 ****. Pada bulan Februari kemarin saya telah membuat surat tentang keringanan cicilan kartu kredit Bank Mega dan debt collector Bank Mega mencaci maki saya dan menghina nama ibu kandung saya.

Belum ada permintaan maaf dari DC yang melakukan caci maki tersebut. Pada tanggal 21 April 2017 pukul 17.01 WIB DC Bank Mega kembali menelepon saya untuk menagih hutang saya. Saya sudah menjelaskan untuk saat ini belum ada dana walaupun membayar minimum sekalipun dikarenakan musibah yang keluarga saya alami. Lalu DC tersebut mulai bicara kasar dan mengancam akan menelepon nomor referensi.

Tak lama orang referensi yang merupakan bibi saya menelepon saya dan bilang kalau Bank Mega menelepon dan menagih hutang saya kepadanya. Bukankah ini sudah melanggar ketentuan BI? Dari hasil pencarian saya, berikut adalah etika Debt Collector yang diatur oleh BI (sumber: http://finance.detik.com/read/2012/01/16/180358/1817046/5/diancam-debt-collector-adukan-ke-bi):

  • Debt Collector tidak diperkenankan menagih ke pihak yang bukan yang mempunyai hutang, seperti kantor atau keluarga.
  • Debt Collector tidak diperkenankan menagih di atas jam 8 malam.
  • Debt Collector dilarang menggunakan ancaman dan kekerasan, tekanan fisik maupun verbal.

Sekian agar kita mengetahui apa batasan bagi Debt Collector. Saya meminta kepada Bank Mega agar menindaklanjuti pelanggaran yang DC anda lakukan!!

Saya juga sudah bergabung pada sebuah grup di medsos yang berjumlah ratusan orang yang senasib seperti saya dan akan bersama sama mengumpulkan bukti melawan kedzaliman ini dengan melaporkan pelanggaran-pelanggaran tersebut ke YLKI, BI, OJK dan sebuah petisi kepada Bapak Presiden.

Marina Bellatry
Palembang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Waduhhh sungguh keterlaluan, ga nyangka Bank sekelas Mega ternyata Mamagement penagihan nya amburadul. Kalau benar seperti itu, Premanisme itu nama nya

  • aq ngga sudi belanja di carefur,ngga sudi main di wahana trance studio,ngga sudi makan es basin rob,ngga sudiii pakai kk nya
    untung sudah saya balikkan ke bank nya
    daripada di teror seperti ini paling paling Ibu kristiana ndakmanis minta maaf,permasalahan selesai
    iiih bikin dendam kesumat

  • tidak pakai lama lagi,bisnis lintah darat dengan pengerahan preman akan tumbang
    milyaran rupiah hilang lenyap

  • Masih banyak korban yang di injak injak harga dirinya, dilecehkan, diancam ancam , dihina nama ibu kandungnya,diteror referensinya, jangan kendor oleh permintaan maaf saja, itu cuma sesaat, saat perlawanan kita kendor , DC pasti berulah lagi

  • lama-lama Bank Mega jika masih mempertahankan cara kerja seperti ini, pasti banyak nasabah yang statusnya lancar pun, akan berpikir menutup kartunya, balik lagi Mega yang di rugikan.

  • intinya mega ga kan kasih keringanan kl kita masih berdiam diri dan ketakutan, mega malah seneng, ayolah kl kolektornya datang, videoin aja, trus ancam balik, slama ini kan kita yg di ancam trus, skg gantian aja , biar tau rasaa

  • Yang mau apply,memperpanjang KK ,ingatlah institusi ini paling jago dalam melecehkan dan menghina hina kliennya
    Semua komentar disini adalah bukti
    Dan kami telah bersatu untuk menumbangkan gaya premanisme mereka

    • Malam pak alex. Boleh saya join digroup WAnya? Apakah sdh terbentuk? Sama2 kita bergabung krena sy juga sdh dirugikam oleh bank mega dalam hal in. Annual fee yg harusnya tdk ad tuk seumur hidup ternyta ditagihkan ditagihan bulan juni 2017.

  • Boleh join grup-nya tidak ya? Barusan saja hari sabtu,6-mei-2017 jam12.48 DC Bank Mega menghubungi saya untuk menagih, dan saya merasa caranya tidak beretika, sy bilang tdk bisa bayar hari ini, akan sy bayar hari senin, lalu DC Bank Mega atas nama Muhammad Aldi mulai mengeluarkan kata-kata tidak sopan, "Kalo gak punya duit, minta dong sama ibu lo, ngojek kek, apa kek, jangan liburan aja kerjaannya, lalu sy bilang, ibu bapak sy sudah almarhum, kenapa anda bawa-bawa ibu saya,, dan singkat cerita, si Muhammad Aldi berkeras akan menghubungi emergency contact untuk meminta di handle pembayaran CC Mega Carefour sy, dan dia bilang, klo ke emergency contact, minimal akan dia tagih 50% alias 2.500.000,, ya Allah segitunya amat yaa

  • Boleh saya gabung grup nya bu.?
    Saya tadi sore 21 juli 2017 di telpon oleh seorang DC. DC tersebut menghina saya, berkata kasar, menghina ibu saya, mengancam akan meneror saya, merendahkan harga diri saya.
    Padahal saya bukan org yg seharusnya di tagih, nama dan nomor telpon saya dicantumkan sebagai nomor referensi oleh orang yang ingin ditagih DC tersebut. Dan saya tidak kenal dekat dengan orang tersebut.

Penulis
Bella