Surat Pembaca

Merasa Tertipu dan Dirugikan Secara Sepihak oleh Doctor Rupiah

Kepada Doctor Rupiah,

Saya sangat kecewa dan merasa dirugikan secara sepihak, nomor pinjaman saya adalah 73405. Awal saya melakukan peminjaman uang melalui website adalah sebesar Rp.2.000.000,- dengan tenor 30 hari. Lalu saat itu juga saya dikirimi sms bahwa pinjaman saya di setujui dan sudah ditransfer. Berikut ini adalah SMS dari Doctor Rupiah:

SMS persetujuan pinjaman Doctor Rupiah

Namun yang terjadi adalah selama tiga hari saya menunggu belum ada transferan dari Doctor Rupiah. Padahal umumnya di tempat penyedia layanan pinjaman uang lainnya akan diterima setelah satu hari kerja. Lalu saya menerima email isi kontrak yang sangat berbeda sekali dari perjanjian awal. Saya merasa dijebak dan sengaja diseret dalam permainan penipuan Doctor Rupiah. Bagaimana bisa mereka mengubah perjanjian pinjaman dalam surat kontrak tanpa persetujuan kedua belah pihak?

Isi surat kontrak itu berupa penjelasan bahwa pinjaman saya adalah Rp.1.500.000 dengan tenor 7 hari, bunga Rp.300.000,- untuk memperpanjang tenor 30 hari kedepan harus membayar Rp.600.000. Itu sangat gila !!! Peraturan jasa model keuangan mana yang mereka gunakan??? Banyak penyedia jasa pinjaman dan tidak seenaknya seperti mereka merubah perjanjian pinjaman apalagi terkesan memaksa menyeret saya untuk berhutang. Saya sangat yakin bisnis rentenir mereka ini tidak diawasi oleh OJK.

Menerima email tersebut saya berusaha menelepon Doctor Rupiah karena tidak menyetujui perjanjian isi kontrak pinjaman tersebut, tapi tidak ada satupun nomor telepon yang bisa dihubungi, bahkan lokasi kantornya pun fiktif. Kemudian saya berinisiatif untuk mengirim email bahwa saya membatalkan pinjaman saya. Orang sampai meminjam uang berarti kan sedang dalam keadaan yang mendesak sekali, bukannya membantu memberi solusi sebagai jasa keuangan, ini malah orang sedang susah malah semakin mereka bikin susah dengan tenor 7 hari dan bunga yang sangat membengkak.

Saya mengirim email tersebut dalam keadaan uang pinjaman belum saya terima dan email saya tidak direspon sama sekali. Pada tanggal 25 April 2017 saya cek rekening saya belum ada transferan dari Doctor Rupiah. Saya pikir sudah dibatalkan dan saya merasa lega. Tapi pukul 12 malam tepat tanggal 26 April 2017 transferan dari Doctor Rupiah masuk ke rekening saya. Lalu pagi-pagi saya langsung transfer balik karena saya merasa ditipu dan diperas dengan oknum Doctor Rupiah.

Lalu saya mengirim email lagi untuk konfirmasi bahwa saya sejak awal menerima email isi surat kontrak tersebut, saya tidak menyetujui pinjaman yang ditawarkan karena tidak sesuai dengan kebutuhan saya yang memerlukan dana Rp.2.000.000,- sementara di email hanya Rp.1.500.000,-. Padahal sejak awal Doctor Rupiah sudah konfirmasi dana Rp.2.000.000 disetujui, lalu kenapa ada perubahan sepihak tanpa persetujuan peminjam terlebih dahulu? Berikut adalah email balasan dari Doctor Rupiah:

Email dari Doctor Rupiah

Isi emailnya sangat lucu dan jelas terlihat sekali tidak profesional dan bermaksud membodohi peminjam. Kalau memang nominal yang saya ajukan bersifat pengajuan dan tidak disetujui team analis lalu kenapa tidak konfirmasi terlebih dahulu kepada saya untuk menanyakan apakah saya bersedia jika pinjaman yang diberikan hanya Rp.1.500.000???

Terhitung dari Bulan April hingga sekarang saya diteror terus melalui telepon dan SMS oleh penagih hutang. Padahal saya sudah jelaskan berkali-kali bahwa saya tidak meminjam uang dari Doctor Rupiah dan dana yang sudah ditransfer sudah saya kembalikan saat itu juga. Bagaimana bisa mereka menagih terus atas uang yang tidak pernah saya gunakan??? Saya sangat terganggu sekali saat oknum Doctor Rupiah ini menelpon saya dengan cara tidak sopan, nyerocos terus tanpa mau mendengarkan penjelasan saya.

Ketika saya ancam untuk membawa ke jalur hukum, Doctor Rupiah ini menantang balik saya, lalu tanpa sopan santun langsung menutup telepon. Terlihat sekali Doctor Rupiah ini bisnis usaha abal-abal, berkedok peminjaman padahal mencoba menipu customer!

Dan sekarang saya terus menerus dikirimi SMS untuk membayar pinjaman sebesar Rp. 3.900.000,-.

SMS tagihan dari Doctor Rupiah

Saya merasa nama saya tercemar, seolah saya ini penghutang yang tidak melunasi pinjamannya sampai harus dikejar-kejar oleh debt collector dan denda yang semakin tidak masuk akal. Doctor Rupiah tolong donk pergunakan kuping kalian untuk mendengar penjelasan yang selalu saya ulang-ulang bahwa uang pinjaman sudah saya transfer balik tanpa sempat menggunakannya. Anda sudah mendengar hal itu dan menerima email beserta bukti resi pengembalian dana. Saya yakin kalian sudah tahu bahwa uangnya telah saya kembalikan tanpa hitungan hari, tapi kenapa kalian tetap memaksa saya untuk membayar hutang yang tidak pernah saya gunakan?

Tolonglah berhenti meneror saya melalui telepon dan SMS. Kalau mau cari uang jangan gunakan cara-cara pemerasan seperti itu. Padahal dulu pernah ada kasus yang sama dengan peminjam Doctor Rupiah (saya baca dari curhatan orang-orang tentang Doctor Rupiah di website) bahwa ia menolak pinjaman karena uang yang ditrasfer tidak sesuai dengan pinjaman awal, lalu CS Doctor Rupiah menyarankan untuk ditransfer balik saja. Lalu kenapa dalam kasus saya seperti dipersulit dengan mengatakan tidak dapat dibatalkan? Home Credit saja jika uang pinjaman sudah ditransfer balik, kalau mau dibatalkan masih bisa.

Hal ini sudah saya laporkan ke OJK. Jika melalui cara ini tidak membuat kalian berhenti menjerat saya ke dalam penipuan kalian, terpaksa saya harus repot-repot lapor ke jalur hukum. Seharusnya saya tidak perlu repot-repot mengurusi masalah yang seharusnya tidak perlu ada, tapi saya tidak bisa tinggal diam lagi atas segala teror yang dilakukan oleh Doctor Rupiah. Sekali saya tegaskan bahwa Saya tidak memiliki beban hutang apapun dan tidak ada kewajiban membayar hutang dan denda mengada-ngada yang dikatakan oleh Doctor Rupiah. Saya harap kalian dapat membersihkan nama saya.

Terima kasih.

Celia
Bogor

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya juga mengalami hal demikian, dan kejadian pinjaman ini sudah ada kurang lebih 1 tahun lamanya, padahal saya sudah melunasi lengkap dengan bunganya tanpa melewati masa jatuh tempo. Mendadak saja di awal tahun 2018 ada telp masuk dengan nomor ponsel dan mengatas namakan dr rupiah dan menagih pelunasan pinjaman. Berkali kali dijelaskan pun percuma, mereka nampak tidak peduli dan sampai detik ini selalu saja mereka meneror dengan SMS bahwa dalam waktu 3 hari tidak dibayar maka mereka akan mengirimkan depcol ke kantor dan kerumah.

    Yang jadi pertanyaan bagi diri saya kalo memang masih ada kekurangan kenapa setelah setahun mereka menghubungi , lalu kemana saja mereka selama 12 bulan lalu. Dan saya juga cek BI checking saya juga tidak termasuk ke daftar blacklist BI, jika saya punya hutang terhadap suatu lembaga yang tergabung dalam OJK seharusnya saya masuk blacklist BI checking bila ada tunggakan.

    • Saya sangat takut pak, Kita laporin aja sama sama kak. Saya minjam 1.500.000 saya mau transfer balik lagi ke dokter rupiah tdk bisa bisa. Saya tlvn ke kantor nya tdk bisa juga hanya nada musik doang yg masuk, saya email juga tdk ada respon sama sekali dari dokter rupiah nya.
      Mohon kerjasamanya untuk membuat grup. Ini alamat email saya wahyutriani06@gmail.com

  • Misi mas mbak. Saya barusan pengajuan. Dan dapat sms di setujui tp harus balas "yes". Dan saya tidak membalas. Klo saya tidak membalas apakah cancel? Dan akan aman aman saja?

  • tolong solusinya saya juga takut .. kita buat group dan laporin sama sama aja ..

    • Iya kita laporin aja sama sama kak. Saya minjam uang kedokter rupiah 1.500.000 saya transfer balik juga tdk bisa saya tlvn kekantor nya cuma nada musik doang.saya email tdk ada direspon sama dokter rupiahnya.
      Kita bikin grup aja, ini alamat email saya wahyutriani06@gmail.com
      Mohon email ke saya ya kak.

  • Saya juga sama khasusnya seperti ibu, uang dari dr. Rupiah cair ke atm saya. Saya mau bayar kembalikkan lagi ke dr. Rupiah tdk bisa bisa pakai rek permata. Saya tlvn ke dr.rupiahnya juga tdk bisa hanya nada musik saja, saya email dr.rupiahnya juga tdk ada respon sama sekali. Jadi saya bingung mau bayar kemana karna bunganya makin lama makin besar.
    Mohon bantuannya email ke saya ini alamat email saya wahyutriani06@gmail.com
    Saya sangat sangat bingung bagaimana cara trasfer ke dr.Rupiahnya .??? oh ya lapor ke ojk gimana ya bu??

      • @saya aja : Belum, saya belum bayar2 mba sdh jatuh tempo, krna saya mencoba untuk transfer berulang ulang kali ke docter rupiah tdk bisa sampai saat ini.
        Saya juga sangat sangat takut bunganya membengkak. Mohon email ke saya ya mba wahyutriani06@gmail.com
        Untuk kerjasamanya terimakasih

  • ada kah di sini yg msh blm bayar dan nunggak berbulan2? saya takut sekali

  • apa ada yang sudah melunasi dan dapat email dan sms confirmasi bahwa sudah lunas dari dr rupiah tapi tetep di teror ga ?

  • Gabung K Grup WA ja kita Brantas Drrupiah
    Ini ke nomer ini 089517733481 kl yg mau gabung sok mangga kita cari jln solusi Nya Bersama

  • Saya juga dapet sms kalau peminjaman di approve,tp dananya blm masuk.trs pengajuan 1,5jt di sms-nya 1jt. Aneh!!!
    Trs gmn mananggulangi masalah ini.. bakal ditlp” trs kan??

Penulis
Celiandra