Citibank oh Citibank, Betapa Buruknya Layanan Sistem Pengaturan Dokumen dan Pengirimanmu

Surat ini melengkapi surat saya sebelumnya (yang saya sadarlah surat saya sebelumnya tidak akan ditanggapi Citibank maupun Ready Credit Citibank 5082-4603-1002-xxxx).

Sorenya setelah saya muat surat pertama (15 Oktober), saya akhirnya menerima dokumen PIN tersebut (yang saya pikir berarti sudah berakhir semua kelelahan saya menelepon CS, buat pulsa Rp20 ribuan setiap telepon, maupun membuat keluh kesah tertulis di media). Yang mana 30 menit kemudian CSnya menghubungi saya kembali mengkonfirmasi apakah benar sudah diterima. Dan normal sesuai kenyataan saya jawab baik-baik bahwa sudah saya terima dokumen PIN itu (masih dengan keyakinan drama ini sudah berakhir).

Tidak disangka malamnya begitu pulang kantor saya coba di ATM (Mandiri) seperti biasa, ternyata diinfo “PIN salah, transaksi gagal”…Weleeeeehhh…apa lagi ini ya…saya cuma bisa bersabar semoga memang masih error sistem. Dan besok bisa saya coba lagi atau call lagi ke CS (again…)

16 Oktober pagi, supaya tidak bete sendirian, saya hubungi dulu CS Citibank kembali. Dan seolah-olah disampaikan Mandiri mungkin masih bermasalah untuk giro, disarankan saya untuk mencoba lagi tapi di ATM lain yang sudah dipastikan tidak bermasalah dengan Ready Credit Citibank. Disebutkan ada 6 bank. Kebetulan sekali di kantor saya ada 3 ATM yang dimaksud, saya langsung coba saran dari CS tersebut di siang hari.

Dan hebatnya, di ATM pertama saya coba gagal dengan info sama seperti ATM Mandiri kemarin. Masih berpikir positif masih ada 2 ATM bank alternatif, saya coba kembali yang kedua, masih sama, dan akhirnya hampir hopeless, ATM bank ke-3, yang ternyata “GATOT” a.k.a Gagal Total…:-(

Dengan rasa sangat kecewa (again), saya buat pulsa telepon dan menelepon kembali CSnya. Dan CS yang menerima (yang memang kemungkinan besar tidak punya update apapun mengenai data nasabah kecuali nomor komplain yang merupakan record CS), menginfokan bahwa tidak ada masalah dengan kartu maupun PIN saya. Dan itikad baik CS (yang tidak tahu apa-apa tersebut) untuk mempercepat solusi masalah saya ini, langsung menyarankan kartu dan PIN diganti saja dengan otomatis kartu baru dan PIN baru akan dikirimkan kembali (means saya harus menunggu kembali). Karena memang saya cuma bisa mengandalkan informasi apapun dari CS, ya saya menerima masukan tersebut dan terblokirlah kartu baru saya ini beserta PIN-nya. Dan again hanya bisa pasrah menunggu kiriman kartu baru dan PIN baru tersebut (1 atau 2 bulan bahkan 1 tahun kali ya?).

Betapa kecewanya saya, yang ternyata karena CS terakhir itu tidak bisa melihat data progress apapun di layar recordnya, dan kartu saya sudah langsung terblokir. Tidak sampai 10 menit dari telepon saya tutup, saya menerima DOKUMEN PIN ke-2 (WHAT?????). Jadi ternyata kenapa PIN yang 2 hari sebelumnya saya terima tidak bisa, karena memang CITIBANK cerdas ini mengirimkan PIN baru lagi ke saya yang tidak ada satu CS pun yang bisa mentrack info ini.

Sekarang tinggal saya lihat realisasi pengiriman kartu dan PIN BARU ini (pasrah dan lelah untuk menelepon CS yang toh tidak bisa memberikan solusi).

Terima kasih Citibank atas “sangat bagusnya” layanan record pencetakan dokumen dan distribusi yang dijalankan demi kepuasan nasabah seperti saya (mungkin kalau saya nasabah prioritas beda cerita ya?).

Margaretha Ester Nainggolan
Mega Kuningan, Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: