Surat Pembaca

Akun kena Banned, Freelancer di Fastwork Tidak Dibayar

Saya adalah salah satu freelancer yang merasa sangat dirugikan oleh Fastwork, yang menurut pengakuannya adalah platform freelance no 1 di Asia Tenggara. Pihak Fastwork memblokir akun saya secara sepihak dengan alasan melakukan kecurangan.

Saya membuka jasa di Fastwork dan beberapa platform serupa lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Awalnya saya tidak fokus mengambil pekerjaan di Fastwork karena masih sepi. Tapi, tiba-tiba banyak sms dan email masuk dari Fastwork yang merupakan notifikasi bahwa saya mendapatkan pesan dari klien. Jumlahnya pun cukup banyak sehingga saya merespon satu persatu pesan yang masuk dan membuatkan penawaran untuk pelanggan.

Setelah melihat halaman beranda Fastwork, ternyata sedang ada promo jasa gratis dari Fastwork, nilainya pun mengejutkan, yaitu Rp2.000.000 dan terus menurun. Tapi, syarat yang tertera hanya untuk pengguna baru. Hal ini membuat banyak pihak memanfaatkan promo tersebut dengan membuat akun baru.

Ternyata itu yang membuat banyak yang menghubungi saya. Saya pun memproses semua pesanan yang statusnya sudah dibayar sesuai aturan di Fastwork.

Tapi, setelah beberapa hari berlangsung, saya pun curiga karena tidak ada respon dari beberapa pelanggan yang sudah bayar. Saya pun menghubungi tim Fastwork dan katanya mereka di-banned. Hal itu pun membuat saya khawatir.

Beberapa hari kemudian, muncul lagi promo HOKI dari Fastwork. Promo ini pun menggunakan mekanisme yang sama dengan promo sebelumnya, hanya berbeda di nilainya. Saya pun kebanjiran pesanan karena promo ini. Saya pun akhirnya kewalahan membalas semua pesan yang masuk dan mempersingkat proses langsung ke penawaran karena semua sudah dijelaskan di halaman produk.

Hari ini, saya terkejut ketika membuka akun Fastwork saya. Saya mendapatkan notifikasi kalau akun saya di-banned. Saya pun panik karena uang yang belum ditransfer oleh Fastwork sekitar Rp6.700.000 dan modal yang saya sudah keluarkan cukup banyak. Hal ini dikarenakan Fastwork hanya mencairkan pembayaran di hari Selasa minggu ke 2 dan 4. Jadi, mau tidak mau saya harus keluar modal untuk menyelesaikan semua orderan yang masuk.

Tapi, uang saya semuanya hangus karena di-banned oleh Fastwork. Saya sangat dirugikan oleh tindakan ini. Terutama apabila saya dibilang melakukan kecurangan. Karena setelah saya berdiskusi di grup freelancer yang kena banned Fastwork, ternyata ada salah satu orang yang melakukan order fiktif dan melakukan order di freelancer lain yang juga terkena banned. Sedangkan, kami sudah menyelesaikan tugas kami. Tugas yang membutuhkan modal, tenaga dan waktu. Fastwork sangat tidak menghargai kerja keras kami bahkan menfitnah kami melakukan kecurangan tanpa memberikan bukti. Jika tidak dapat dibuktikan, maka Fastwork telah melakukan fitnah kepada kami yang sudah membantu membesarkan nama Fastwork di Indonesia.

Fastwork juga seharusnya memperbaiki sistem dan mekanisme promo supaya tidak ada pihak yang dirugikan termasuk pihak Fastwork sendiri. Ingat, kita harus mengeluarkan dana, tenaga dan waktu untuk menyelesaikan pesanan dari Fastwork, dan itu tidak gratis!

Marco Lau Santosa
0858833206**
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Wah saya sih sudah setahun lalu kena banned. Semenjak itu saya tidak lagi jadi freelance di Fastwork semenjak tahu sistemnya seperti itu. Dari pengalaman saya sih yah saya enggak bisa apa2. Komplain ke CS pun juga tidak ada solusinya. Coba saja ditanyakan ke bapak dan ibu di atas tuh yang membela Fastwork. Siapa tahu mereka bisa membantu hehe...

  • emang begitu kambingnya si fastwork
    saya juga kejadian biasanya modus client dengan repeat order tapi accountnya berbeda
    sekarang males pakai fastwork

    waktu awal csnya wa suruh balas pesan dengan cepat kalau bisa 1 menit pesan sudah di balas dsb giliran kaya begini kaga ada jawaban pasti ,kapok pakai fastwork

  • Wah, sya baru aja 1 hai lalu kenal fastwork dan bikin akun. baru pasang iklan jasa nya juga. Memang sih ada freelancer yang baik2 aja g ada masalah, tapi klo kasus nya kaya ente sih sakit hati juga. Dan saya juga agak takut pas baca aturan nya kalo pencari freelancer bisa "menggugat" freelancer jika hasil nya tidak sesuai. ngeri sih

  • Wah ternyata saya tidak sendirian, tahun 2019 saya jadi freelancer di sana yg waktu itu baru buka dan mereka lagi gencar promosi, dan sebagai freelancer seneng dong dapat orderan banyak,

    saya waktu itu terima orderan Facebook dan Google Ads, selang beberapa hari terima orderan tiba-tiba akun di blokir dengan alasan 'curang'.

    Saya minta pembuktian dari pihak mereka untuk tunjukkan ip dan user agent yang mereka deteksi sebagai kecurangan, tapi mereka tidak bisa membuktikan.

    bahkan saya tunjukkan ada log percakapan dengan klien dan bukti iklan sudah terpasang dan jalan 3 harian di Facebook dan Google ads, tetap mereka mengelak dengan kata kata "terindikasi kecurangan"

    bahaya bener jadi freelancer disana.. untung klien bisa mengerti dan bilang gpp kalau tidak diteruskan iklannya. tapi tetap saja orderan iklan sudah terlanjur berjalan dan tentu saja saya yang jadi rugi jutaan karena harus membayarkan tagihan yang sudah berjalan di facebook dan google ads beberapa hari itu.

  • Gw jg pernah kebanned tp ga permanen.. grgr gw buat akun baru trs chat ke toko gw sendiri soalnya sepi ? mulai 2018.. sampe sekarang alhamdulillah aman sampe penghasilan kl dihitung ada 50jt an lbh.. pekerjaan ada 4 biji yg aktif.. 2 biji udah bejibun bintangnya ? kl dulu malah enak dibantu cs lewat wa ? kl ada promo gw langsung di chat dll.. udh kek anak emasnya gw serius ? sekarang udh gapernah dichat ?

Penulis
Marco Lau Santosa