Surat Pembaca

6 Tahun Ikut AXA Mandiri, Setor 75 Juta Rupiah, Saldo Cuma 40 Juta Rupiah

Saya dan istri ikut AXA Mandiri mulai tanggal 28 Agustus 2013. Pembayaran per triwulan sebesar Rp3 juta (2 x Rp1,5 juta) secara autodebet. Jadi, dana yang telah di-autodebet mencapai Rp75 juta. Pada awal pembukaan polis, FA-nya menjanjikan bahwa pada tahun ke-6, saldo akan kembali ke posisi 100% dari total dana yang di-autodebet. Artinya pada tanggal 28 Agustus 2019, saldo seharusnya sekitar Rp75 juta (2 x Rp37,5 juta).

Namun nyatanya saldo pada tanggal 28 Agustus 2019 hanya Rp40 juta (Rp20.008.006,40 untuk polis saya dan asumsi Rp20 juta untuk polis punya istri). Setelah 6 tahun ternyata uang saya berkurang sampai Rp35 juta.

AXA Mandiri, ke mana uang saya yang Rp35.000.000?

Syamsi Syahbana
Singkawang, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT AXA Mandiri Financial Services (“AXA Mandiri”) atas Surat Bapak Syamsi Syahbana

Kepada Yth. Pemimpin Redaksi Mediakonsumen.com Di tempat Perihal : Tanggapan PT AXA Mandiri Financial Services (“AXA Mandiri”) Dengan Hormat, Sehubungan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya juga pengguna AXA mandiri. Lebih tepatnya memakai nama ibu saya. Karena awam dan janji manis FA AXA mandiri, yang katanya dana akan kembali 100% di tahun kelima (jika dihitung adalah tahun ini) maka saya yang jauh di rantau ini pun percaya saja.

    Beberapa waktu yang lalu, saya telpon axa mandiri. Untuk menanyakan perihal email Rangkuman Transaksi yang tidak terkirim di bulan maret. Biasanya ringkasan ini dikirim setiap tanggal 10 atau 11 di bulan yang sama. tapi sampai tanggal 21 di bulan maret pun tidak ada email Rangkuman. Yang ada hanya pemberitahuan jatuh tempo pembayaran.

    Saya mengadukan masalah ini baik lewat telpon ataupun chat. Tapi respon sangat mengecewakan. Jangankan email. hanya suruh menunggu-menunggu saja. Tahun ini, saya harus tutup polis. Pelayanan macam apa ini. Hanya kirim data ringkasan bulan maret saja prosedurnya njelimet.

    Kenapa saya minta? karena di bulan Februari data ringkasan ada saldo kisaran 15 juta. Bulan ini (April) jadi 11 juta. Saya hanya minta rincian di bulan maret saja susah. Chat lewat twitter pun juga begitu.

    Jumlah setoran saya 500.000 perbulan dan sudah di tahun kelima, bulan Oktober 2020

  • saya rasa semua yg disini bernasib sama, bahkan byk dluar sana yg blm membaca/ blm tau (masih awam) terkait axa mandiri ini. Coba bayangkan jumlah penduduk indonesia lbh kurang 267,7 juta jiwa, 1% nya saja mengikuti asuransi ini dg premi terendah Rp 350rb (misal) sudah masuk tu premi 936 M /bulan ke axa. Mereka hny mementingkan target, tanpa menghiraukan nasib nasabah ke depan mau rugi kah...atau investasi jeblok kah...Hal seperti ini ga mungkin diselesaikan oleh orang-orang receh, harus @OJK dan pemerintah yang turun tangan. Bpk/ ibu @OJK yang terhormat beserta jajarannya, logis kah analogi yg teman2 jelaskan diatas. Kalau bapak/ibu terhormat masih peduli thd kami yang identiknya 'awam' ini, Mohon dibantu diselesaikan, tetapi kalau kalau bpk/ibu membiarkan begitu saja, kami tidak bisa membayangkan teman-teman kami diluar sana yang bs terjerumus jebakan manis asuransi ini. Berat bagi kita berharap uang kembali 100% dari investasi awal, tapi paling tidak selamatkan teman2 yg blm tergiur dg asuransi ini.

  • Kog banyak juga yang tertipu ya. saya juga mengalami hal yang sama saya setor sekaligus 50 juta tahun 2014 sekarang tinggal 19 juta. Apakah saya harus langsung menutupnya atau bagaimana ya. Niat mau inves jadi apes.

  • Saya merasakan hal yang sama, saya ingat betul marketing bilang pada saat jatuh tempo uang akan sama dengan yang disetor dan cenderung meningkat. Namun kenyataannya saat ini bahkan dengan adanya covid hancur lebur, uang yang saya setor 48 juta sekarang tinggal 18 juta. Apakah masalah seperti ini bisa dilaporkan OJK atau hanya akan menjadi penyesalan salah investasi??? Bahkan per siang ini nomor axa mandiri 021 1500803 tidak bisa dihubungi.

  • Sya juga mengalami hal yg sama...setoransy 50jt per tahun...selama 9 tahun dana hanya ada 298jt pdhl diawal mereka menjanjikan ditahun ke 10 dana sdh mencapai 800an jt...dan saat iniberalasan saham turun krn pandemi..jd sy harus bgmn yaa...mohon masukan apakah tetap menutp polis saja klaim dana segitu...mari kita sm2 melapor ojk..sangat merugikan sekali

    • Menurut saya...bablaskan sampai 15 Tahun pak..
      potongannya terlalu besar. . .
      450 Jt hanya dapat 300 Juta. . .
      rugi kalau sudah 9 tahun...

  • Saya juga merasakan hal yang sama, tolong, ada tidak pihak2 yang terkait perihal AXA ini. Saya ikut dari tahun 2014, tapi sampai hari ini tidak membuahkan hasil sama sekali. Malah merugi sampai setengah harga dari nilai investasi. Padahal investasi ini saya harapkan untuk biaya sekolah. Ketika saya bertanya kepada FA, jawaban yang mereka berikan tidak pernah ada kepastian. Mereka hanya mengatakan itu akan menjadi tanggung jawab "Manager Investasi". Saya ini orang awam asuransi, saya hanya percaya dengan penjelasan yang dulu FA pernah jelaskan ketika mereka menawarkan asuransi. Lalu kami yang sudah merasa dirugikan seperi ini harus berbuat apa dan melapor kemana? Haruskah semuanya menjadi sia-sia seperti ini? Tolong pihak AXA bisa merespon dengan baik apa yang menjadi keluhan kami, sama halnya seperti dulu ketika FA menawarkan dengan baik dan manis akan berkembangnya nilai investasi ini. Jangan habis manis sepah dibuang! Karena uang yang saya tabungkan juga saya dapatkan dengan susah payah. Hasilnya sama sekali tidak sesuai dengan nilai di dalam ilustrasi sekalipun di titik terendah. Tolong pihak AXA, kami membutuhkan pertanggung jawabannya!

  • gw dah balik modal tahun ke 5, balik modal penuh ya, ini gw rencana mau asuransi aja ga mau investasi, atut..

  • Saran saya minta penjelasan secara detail disaat memulai asuransi apapun perusahaannya, karena secara jujur saya juga merasa sangat dikecewakan oleh pihak AXA Mandiri.
    Perjanjian awal itu saya hanya disarankan minimal 5tahun dan BULSHIT karena nominal asuransi paling kecil itu ternyata harus 7tahun. dan yang terjadi bilamana ingin di kalaim dibawah 6thun malah dikenakan penalti yang nasabah tidak tahu nominalnya.

    SEMOGA orang-orang yang bekerja di AXA kehidupan masa tuanya lebih susah daripada perjuangan nasabahnya.

  • Bulan septenber ini sebenarnya jatuh tempo asuransi 5 tahunan saya. Saya mencari2 info ttg cara pencairan dana. Saya yg awam ini ternyata mendapati info yg kurang menyenangkan. Saya sempat akan menutup setelah 2 tahun mengikuti, ternyata jumlah preminya sangat kecil. Setahun yg lalu saya mencari info ke Bank Mand**, disitu ada teller baik hati yg menjelaskan bahwa kalau ikut axa sll ambil manfaat ketika sakit, premi langsung keluar dwngan kosaran 1-3 juta. Nah Alhamdulillah saya n anak saya tdk pernah sakit. Hal ini tdk pernah disampaikan oleh marketing saat pembukaan polis. Saya harus mempersiapkan hati jika premi yg akan saya ambil tidak sesuai perhitungan saya sbg orang awam.

  • Suami saya juga ikut axa mandiri jiwa
    Dl ketika buka jg FA blg 5thn balik 100% tp ketika mau cairin cm 11jt kata FA nggu 10thn baru balik pokok kata nya krn hrg saham turun
    Saya baca2 di google trnyta byk kasus rata2 jwbannya FA ke user saham turun
    saya rasa itu ud kata senjata mereka menghadapi user
    Jd kami gak mau ambil resiko lagi jd menyegerakan pencairan tp ini kami lg cb proses ke ojk dl doain ya teman2 smga kami menang krn proses nya lumayan panjang krn prosedur yg hrus kita ikuti