Pada awalnya saya tertarik untuk menyewakan apartemen bekerja sama dengan Travelio. Dibuatkanlah kontrak selama 1 tahun dengan janji minimal terisi 20% hari dalam 3 bulan. Setelah berjalannya waktu, maintenance dari pihak Travelio sangat buruk. Hal ini bisa dilihat dalam review customer yang pernah menyewa. Dimana kebersihan bekas penyewa yang sudah check out dan pemeliharaan fasilitas apartemen yang buruk, walaupun dalam sebulan pihak Travelio memotong biaya perbaikan berkali-kali.

Akhirnya saya memutuskan SEBELUM kontrak periode baru dimulai, untuk tidak mau bekerja sama lagi dengan pihak Travelio. Namun pihak Travelio menuntut biaya penalti jutaan untuk break kontrak yang belum ada persetujuan/sign dari saya. Penyewaan periode kontrak yang baru, hanya terisi 1 hari dalam beberapa bulan, dan pihak Travelio tetap menuntut biaya penalti jika saya memutuskan kontrak sebelum 6 bulan.

Saat ini biaya maintenance, listrik dan air tetap dibebankan ke saya yang jumlahnya jutaan sebulan. Sedangkan penyewa tidak ada, karena review maintenance yang buruk dari Travelio, disertai tuntutan dari Pihak Travelio melalui Yulv*** Re*** untuk membayar penalti jutaan bila break kontrak. Saya merasa terjebak oleh manajemen Travelio yang sangat tidak profesional.

Moga-moga tidak ada konsumen lain yang terjebak seperti saya.

Steve Putra
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Hal ini telah diselesaikan secara baik antara Bapak Steve Putra dengan Travelio dan telah dilakukan serah terima unit apartment tersebut.
    Terimakasih atas saran dan masukan yang Bapak Steve berikan, kami akan berusaha untuk melayani konsumen lebih baik untuk kedepannya.

  • Saya kebetulan salah satu owner yang bergabung di Travelio Property Management . Baru saja memasukan 1 unit tambahan di M Town. Pertama kali saya bergabung saya menanyakan mengenai garansi tersewa ada tidak di Travelio? Namun dijawab dengan baik oleh team sales travelio. Bahwa Travelio memberikan garansi 3 bulan apabila occupancy tidak mencapai 20 % maka pemilik unit dapat melakukan pengakhiran tanpa dikenakan biaya. Dan yang bisa Travelio garansikan adalah, kami mempunyai pengetahuan dan SDM yang baik untuk mendistribusikan ke channel channel sehingga memaksimalkan pendapatan pemilik unit daripada dititipkan hanya ke 1 agent . Saya pikir pikir benar juga. Saya sudah menitipkan ke agent kurang lebih 1 tahun dan selama dititipkan tersebut , saya juga membayarkan IPL setiap bulannya. Sekarang terus terang saya terbantu sekali , karena bisa disewakan secara harian bulanan dan tahunan, saya ga perlu lagi untuk melakukan pembayran IPL listrik air dari kantong saya sendiri. Unit saya baru tayang seminggu di website Travelio untk yang M Town , tersewa 1 tahun . Dan tenangnya, saya bisa cek melalui applikasi yang disediakan oleh Travelio . Terima Kasih.

  • Untung aja saya cari tau dulu tentang Travelio Realty ini, jadi ga kejebak :(
    Makasih teman-teman yang sudah sharing. Sangat membantu

    Thanks

  • Sangat kecewa sekali dengan Travelio, tanggal 11 maret 2021 lalu saya menyewa apartemen taman Beverly di Surabaya dengan harga 4,5jt sebulan, dengan uang deposit 4jt 950rb, singkat cerita saya checkout di tanggal 5April2021, dan sampe detik hari ini deposit saya belum dikembalikan, malah mereka mengiri
    Kan tagihan listrik dan air selama 20hari sebesar 3,4jt, yang menurut saya terlalu besar, sementara saya tidak sering menempati apartemen nya karna kami liburan, dan selalu memakai listrik dengan hemat, benar benar kecewa,pokoknya, sangat tidak recommended menggunakan travelio!!! Listrik dan air 20hari 3,4juta yang bener aja segitu mahalnya???

  • Saya juga pernah dikecewakan oleh Travelio. Saya menyewa 1 unit di Roseville SOHO BSD dengan kondisi lantai penuh debu semua dan sangat kotor banyak sarang laba" di mana-mana. Setelah selesai masa sewa datanglah tagihan air dan listrik sebanyak 650ribu untuk pemakaian saya seorang diri. Karena saya pikir wajar ya okelah.

    1 bulan berikutnya saya membeli unit di Apartemen yang sama karena saya cocok dan suka dengan Lokasi dan Fasilitas yang disediakan. Saya sudah beberapa bulan tinggal disini dengan status owner dan tinggal sendiri, belum pernah sekalipun saya membayar tagihan listrik dan air lebih dari 250ribu rupiah. Selisihnya kemana ya itu sm Travelio??? :)

    Hati2 aja dan lebih baik ke Tenant Relationship Apartemennya langsung, lebih mahal memang tapi servis pasti lebih oke. Deposit juga baliknya cepet dan gada nominal yang gak transparant.

  • Sy hampir saja daftarin apt sy utk kerjasama tp ketika pelayanan kok sy ada feeling gimana gitu dgn perlakuan sales nya ke saya. Trus sy google utk review dan ktmu hlmn ini. Thabka bgt utk bpk steven semoga udh tdk terjebak. Thabka sudah speak up sangat penting informasi seperti ini karena terjebak itu enggak bgt.

  • Dengan banyaknya komplain ke Travelio, ijinkan sy berbagi pengalaman pertama saya menggunakan jasa travelio sbg penyewa. Tgl 3-10 Feb 2022 sy sewa di atria gading serpong melalui Travelio. Awal sy agak ragu krn sewa apartemen terkadang gak sesuai ekspetasi di promosi. Deposit 200rb karena harian. Terus terang sy blm tau deposit sdh kembali blm krn pakai kartu kredit dan blm bisa liat dimana jika sdh dikembalikan. Overall sy puas di atria residence tsb, kamar lumayan bersih. AC dingin, unit jg msh bagus.. Selanjutnya sy extende ke M-Town krn wkt mau extend ternyata unit yg sy tempati di Atria ini sdh dipesan org lain. tgl 10-14 Feb 2022. Meski unit lbh kcl tp semuanya memuaskan spt di Atria.. Semoga suatu saat jika sy punya rejeki dan inves di apartemen bisa dapat kerja sama yg baik dlm menyewakan dgn pihak Travelio krn membaca keluhan investor2 di atas jadi ragu jg..

  • eh masih ada yang aktif ga nih? Saya mau nyari2 apartment dekat2 BINUS alam sutera. tapi baca2 komen kayanya buruk kalau lewat travelio. mungkin ada yang mau menawarkan ke saya apartment nya?

    bisa kontak ke saya di ruizizanimate@gmail.com

    • Tidak profesional , merugikan semua pihak baik penyewa dan yg disewakan, unit rusak parah dimaintain travelio dan tdk ada yg mau tanggung jawab.

      Perpanjangan kontrak tanpa approval dari owner dan masih ngotot jg dari travelio kalau itu sudah diapprove owner padahal jelas2 tt tangan elektronik. Dikontak sangat ribet prosesnya , kunci dan kartu2 ditahan tdk dikembalikan walaupun sudah saya minta berbulan bulan. Be wise to invest and finding a business partnership ... if you have seen these many bad reviews and still proceed with travelio, then you need to prepare the risk and headache later on...

  • setelah baca2 ternyata senasib. saya juga owner unit kerjasama travelio terakhir ini saya cek unit waduh pada rusak dari handle jendela pintu juga dijebol. dikomplain malah nyalahin pintu karena pemakaian kacau banget manajemennya.

  • Jadi korban travelio juga, dan bingung aja knp management apartemen vida view makassar menawarkan kerja sama gratis dengan travelio saat kita membeli unit apartemen yang pada akhirnya merugikan kami sebagai pemilik apartemen, mulai dari awal kontrak, terima kunci smpi nunggu 1bln bru tayang alasanx lagi dibersihkan, disewakan pendapatnya banyak sekali potongan, air juga tidak dibayarkan padahal sewa bulanan, mau lepas kontrak disuruh bayar penalty 1jt 😢 ,. Bingung juga mw bayar penaltyx atau tdk tpi sudh ada dikontrak sudh ttd 😮‍💨