Surat Pembaca

Hati-hati Jeratan dan Ancaman Pinjol Rupiah Cepat PT Kufi

Kebutuhan hidup memang tidak dapat dipungkiri oleh setiap manusia, berbagai upaya pun akan dilakukan demi hidup dan menghidupkan baik dirinya dan keluarganya. Kemajuan zaman pada sekarang ini pun berjalan dengan adanya kebutuhan manusia tersebut, oleh karena itulah berbagai macam aplikasi pinjaman online pun bermunculan baik yang berizin atau tidak berizin oleh otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ya, Pinjol Rupiah Cepat PT. Kufi acap kali kita akan temui dengan mudah di medsos ataupun Playstore di hp anda sendiri. Tak hanya itu, berbagai pinjol lain pun bisa bermunculan bahkan ada yang sering kali di-sms oleh operator yang tidak sama sekali kita kenal untuk segera meminjam di aplikasinya.

Dengan berbekal alamat tinggal, nomor kontak darurat, foto diri, e-KTP, dan foto pribadi memegang e-ktp anda dengan mudah mengajukan pinjaman online tersebut sesuai nominal kebutuhan yang anda inginkan. Dalam beberapa menit pun pinjaman Anda akan di-accept oleh aplikasi pinjol yang ada instal baik Playstore dan Google.

Namun, di sini penulis akan menceritakan pengalaman pribadinya terkait pinjaman online Rupiah Cepat PT. Kufi, penulis sendiri termasuk yang berekonomi menengah ke bawah dengan penghasilan tak menentu. Oleh karena itu, pinjaman online menjadi solusi di tengah masalah ekonomi yang sulit.

“Ya, saya meminjam uang untuk kebutuhan sehari-hari dan anak sekolah sebesar Rp800 ribu. Tapi, uang yang saya terima sekitar Rp. 650 ribu, sisanya alih-alih untuk potongan administrasi, saya pun tak menghiraukan hal tersebut, karena sudah mendapat dana talangan oleh pinjol Rupiah Cepat.”

Di tengah perjalanan dan memasuki jatuh tempo yang ada, berbagai macam nomor telepon pun menelpon hp penulis. Namun, tak dihiraukan olehnya. Karena sudah menjadi kebiasaan olehnya, nomor telepon asing tidak akan diangkat olehnya tanpa mengirim sms terlebih dahulu demi keamanan dan privasi.

“Tanggal 17 Desember kemarin saya mendapatkan telepon serta Whatsapp dari operator Rupiah Cepat. Memang awalnya hanya sekedar mengingatkan. Tapi, pada sore harinya operator Rupiah Cepat pun mengancam akan menyebar data saya jika tidak membayarnya pada hari tersebut. Bahkan saya pun dianjurkan untuk meminjam ke tetangga, teman, dan orang lain untuk melunasi hutang tersebut, dengan mengiming-imingi akan di acc kembali pinjaman kedua. Waspadalah dengan tipu dayanya seperti ini, karena akan menambah beban anda tentunya,” bebernya.

Sangat disayangkan, pada tanggal 18 Desember 2019 operator Rupiah Cepat PT. Kufi pun kembali mengirimkan Whatsapp dengan nada ancaman, dan nasabah pun diharuskan menanggung konsekuensinya.

Sedangkan, menurut Pasal 1 angka 28 Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan (“UU Perbankan”), rahasia bank adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya.

Dari definisi tersebut, jelas kiranya bahwa yang diatur adalah rahasia bank terkait nasabah penyimpan. Data nasabah (jika nasabah tersebut adalah nasabah penyimpan) yang berupa nama atau nomor handphone (HP) yang Anda sebutkan, termasuk keterangan mengenai nasabah penyimpan di bank yang wajib dirahasiakan.

Ini sejalan dengan yang diatur dalam Pasal 40 ayat (1) UU Perbankan yang mengatakan bahwa bank wajib merahasiakan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya

Jika anda mengalami hal yang sama seperti diatas laporkan tindakan tersebut ke link https://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan dan https://afpi.or.id/pengaduan.

Indra Gunawan
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sy mengalami hal yg sama.. diancam dgn nada keras. Pdhl pinjaman sy jatuh tempo hari ini tgl 25apri.pinjaman 700rb dana masuk 350rb dgn tenor 7hr.td sy k alfa untuk pmbyran tp alfa sdg ada gangguan system.. sy sdh konfirmasikan ke si candra selaku dc pinjol mudah rupiah.. tp seolah olah gk mau tau ttp hrs d byr max jam 00.00. Klu tdk akan d sebar k no kontak hp sy.. yg akan dpt malu seumur hdp. Bgt kty dia.. dan dia sdh mengcopy no tlf d hp sy.itu kan pencurian data.. sementara sdy ada uu nya bkn

    • Selamat siang sy mau tanya apakah benar rupiah cepat pakai dc ? Dan pinjaman belum di terima sdh harus di bayar ?
      Mungkin rupiah cepat yg bukan asli kayaknya apa lagi pakai joki.

  • Aplikasih rupiah cepat ternyata bener tidak terdaftar di OJK alias ilegal..ini meresah kan masarakat

  • Saya baru pertama kali ini ikut pinjol rupiah cepat. Saya pengajuan 1juta acc 700rb. Jatuh tempo tgl 4/9 tp di tgl 25/8 saya berniat melunasi. Pas masuk aplikasi tdk konek dari saya cek 3 hari sebelum tgl 25/8 berkali2 hub.i cs via email dan ig lgsng d hub.i cs melalui wa. Saya d bantu untuk pembayaran dan akhirnya saya lunasi di tgl 26/8. Tdk selesai disitu saya ternyata masih ad yg menghub.i via wa utk melunasi. Tp katanya tidak ada pelunasan dan saya masih ada tagihan. Sampai ad bbrp cs chat wa saya. Saya ttp kekeh kl saya sdh bayar. Dgn iming2 kl saya bayar saya bs pinjam lagi tp saya tdk mau. Skr tepat tgl 4/9 saya masih d tagih. Apakah ada teman2 disini, kontak di hp kalian yg d hub.i pihak rupiah cepat?

  • Saya juga di suruh minjem kesana kemari.
    Padahal kalau di bank kan masih ada penangguhan waktu sampai 3 bulan,lagian kita kan ngutang,ya pasti di bayar,masa gak ada keringanan sedikit pun.
    Sampai gak ada etikat baik dibilang,saya belum pernah tidak membayar hutang saya, kalau telat,memang saya pernah,tapi kan saya bayar, walaupun ada bunganya...
    Gak paham gimana kinerja mereka, katanya terdaftar OJK,tapi malah kayak rentenir.

  • Hari ini sudah bayar aplikasi rupiah cepat, jam 12 siang, tapi setelah saya bayar masih ada yg nagih bahkan lebih dari 5 orang dan bahasanya pun kurang sopan.