Surat Pembaca

Pengalaman Terlilit Pinjol

Saya terjerat hutang puluhan pinjam online ilegal dan legal, selama ini gali lubang tutup lubang. Berawal ketika saya harus mengganti kerusakan barang teman saya, karena tidak cukup saya mencoba pinjol. Pertama 1 aplikasi, lalu lama-lama banyak aplikasi lain karena saya harus membayar cicilan lain sebelum ada kejadian ini. Bahkan saya sudah mencoba semua aplikasi.

Penagihan yang setiap hari membuat saya semakin stress. Karena setiap hari saya selalu harus mencari untuk bayar pinjaman hari ini dan besoknya, dan begitu seterusnya, ditambah lagi proses penagihan yang sangat kejam serta penuh ancaman.

Keluarga tidak tahu jika saya terlilit pinjol, karena kondisi keuangan keluarga yang sedang tidak baik juga. Saya sudah meminjam ke beberapa teman, untuk membayar tagihan/perpanjang, tapi lagi-lagi tidak bisa menutupi. Sampai akhirnya sekarang sudah tidak ada lagi pinjol yang bisa saya gunakan. Bahkan teman-teman juga sudah tidak bisa bantu.

Saya mencoba mengajukan KTA ke bank, tapi prosesnya lama dan belum tentu approved. Apa yang harus saya lakukan lagi? Karena saya benar-benar merasa putus asa dengan semua yang terjadi saat ini, hingga ingin mengakhiri hidup saya :((

Mohon bantuan dan pencerahannya teman-teman sekalian.

Lailla
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Jika tidak punya penghasilan jgn sekali-kali instal aplikasi pinjol. Cukupkan lah dirimu dgn apa yg ada padamu. klo sudah terjerat hutang pinjol, seharusnya anda bertobat dan tidak pinjam lagi di pinjol (gali lobang tutup lobang). Serahkan semua masalahmu ke pada Tuhan, maka Ia akan memberikan jalan keluar. Dan yg terahkir jgn simpan sendiri masalahmu, jujur dan ceritakan ke keluargamu maka mereka akan membantumu, jika mrk tidak bs membantu melunasi setidaknya mereka membantumu dalam doa.

  • Saya mau membagikan pengalaman pinjol saya. Semoga bermanfaat.
    Saya mulai pinjam ke APK pinjol sekitar akhir tahun 2018, dan pada juli 2019 total Pinjol yg saya apply sekitar 78 pinjol ilegal dan legal dengan total tagihan yang udah gabisa saya itung lagi.
    Awalnya memang buat gali lobang tutup lobang, karna ketika pinjam ke 1 pinjol, untuk nutupin tagihan saya harus pinjam ke 2 pinjol, dan buat nutupin 2 pinjol saya harus pinjam ke 3-4 pinjol baru, begitu seterusnya sampe total 78 pinjol.
    Pinjol baru yang saya apply pasti acc saya karna riwayat bayar saya yang bagus.
    Iyalah bagus..saya harus apply banyak pinjol buat gali lobang tutup lobang.
    Sampai dengan juli 2019, saya udah menyerah dan gatau harus gimana lagi, saya mulai galbay beberapa aplikasi. Sampai saya kehabisan pinjol buat di apply karna emang udah saya apply semua, semua nama pinjol saya tau.
    Benar benar mimpi buruk, DC mulai menteror saya, dan mulailah data saya tersebar ke semua kontak saya ( Saya punya sekitar 300 kontak di HP ) bisa teman teman bayangkan bagaimana kalutnya saya.
    Keluarga, teman, rekan kerja di teror abis abisan sama DC. Banyak sekali grup yang dibuat oleh DC pinjol yang isinya kontak kontak saya, puluhan grup DC. Keluarga sampai menyarankan buat menjual aset buat bantu saya bayar pinjaman, trus saya berfikir semalaman apa yang saya harus lakukan.
    Dan apa yang saya lakukan adalah :

    1. Saya uninstal semua aplikasi pinjol yg ada di HP saya, dan saya restore HP saya.
    2. Saya buang simcard saya dan ganti dengan nomor yang baru.
    3. Saya berfikir data saya sudah tersebar, dan saya udah gak punya muka didepan keluarga, teman, atau rekan kerja di kantor. Terus kenapa saya harus bayar, apa gunanya toh semua sekeliling saya udah tau saya berhutang ke banyak pinjol. Dengan membayar pun gak bikin nama baik saya pulih, atau orang orang berhenti ngomongin saya.
    4. Jangan pernah menjual aset ato meminjam uang kepada saudara teman ato siapapun buat bayar hutang pinjol, dan itu adalah keputusan terbaik yang saya bikin pada saat itu. Karena dengan menjual ato meminjam hanya memperburuk keadaan, bayangkan data udh tersebar dan malu, trus kita juga jadi gak punya apa apa karna semua aset dijual ato kita masih harus pinjam uang ke orang sekitar kita? Kita bayar pun toh orang orang gak bakalan tau, mereka tetap taunya saya punya banyak hutang online.
    5. Malu, depresi, stress sampe kepikiran bunuh diri itu ada, saya gabisa tidur, gabisa makan, pergi dan pulang kerja dapat tatapan yang gak enak dari orang orang sekitar saya.
    6. Tiap hari selama 3 bulan pertama saya galbay dan data pribadi tersebar, puluhan DC terus mengancam orang orang yang ada di kontak saya sampai semua orang dimaki maki dan di WA SMS TLP dengan kata kata kasar.
    7. Sudah gak bisa diungkapkan lagi dengan kata kata keadaan saya pada waktu itu, dan 6 bulan dari galbay teror DC sudah mulai berkurang meskipun masih banyak.
    8. Dan sekarang sudah 2 tahun sejak mimpi buruk mengerikan itu, semuanya berhenti, gak ada lagi DC yang menteror orang orang sekitar saya.
    9. Jangan takut dengan ancaman DC yang bilang akan datang ke rumah, saya jamin dari 78 pinjol itu gak ada satu pun DC yang datengin saya ke rumah atau tempat kerja ( padahal saya udah siapin banyak argument kkkkk )
    10. Terima resiko, rasa malu yang didapat itu adalah resiko nya, jangan berharap kita bikin langkah besar tanpa ada resiko nya. Malu itu pasti, saya udah gak punya muka ketemu orang orang. Saya bahkan hampir keluar kerja saking malunya, tapi saya berfikir enak aja saya udah berdarah darah gini trus saya juga harus nganggur??
    11. Ditinggalkan banyak teman itu pasti, tapi temen yang setia ke saya juga banyak. Gak rugi saya kehilangan orang orang yang illfeel ke saya, biarin aja toh yang ngerasain perut lapar saya bukan mereka ko.
    12. Resiko nama saya di blacklist di semua platform pinjaman perbankan OJK, dan mungkin seumur hidup saya tidak akan bisa terlibat dengan kegiatan perbankan itu harga yang harus saya bayar, atau mungkin suatu hari saya bisa melunasi semua pinjaman akan sangat lebih baik, siapa yang tau kan.
    13. Intinya teman teman jangan sampai kaya saya, sebutuh apapun jangan pernah pinjam ke pinjol. Karna dasarnya uang riba itu gak bakalan berkah, dan saya sekarang hanya bisa pasrah tawakal dan berserah kalau saya harus membayar dosa riba saya, saya ikhlas terima apapun itu kehendak alloh untuk membersihkan dosa riba saya, karena saya memang berdosa.

    Sekian teman teman, semoga bermanfaat dan berusaha lah jadi pribadi yang lebih baik.

    • Ampun suhu,,, pinjol sampai 78,,saya 20 aja masih kalah telak,,,, betulmemang yang anda sampaikan,,, kitabisa lebih tau siapa temen kita sebenarnya,,, jos.. Smgakedepannya bisa lebih sukses jalanin hidup,,

      • Saya juga mengalami seperti itu pada saat ini saya terjerumus kepinjol yg awalny cmn 1 karna gali lobang tutup lobang buat mengangsur akhirnya sekarang jd 5 aplikasi binggung jadinya klw dh sampai waktuny bayar..dan kerjaan suami kemaren" jarang ada dan alhamdulillah sdh mulai lancar tp gaji suami cukup buat hari" kita dan byr kontrakan dulu untuk saat ini.. dan saya sdh ngak takut bngt dan ngak mau lagi nmbh pinjol kapok dan stres rasany dan ngak tenang disetiap saat..

    • Minta sharing dong kak.
      Saya masih permula di pinjol.
      Cuma saya sudah pinjam di 3 pinjol legal.
      Kredivo, kredit pintar,
      Kasus nya sama dgn kakak.
      Gali lobang tutup lobang.
      Saya rencana gak mau lagi bayar krna sudah kehabisan uang.
      Cuma saya takut nanti dia bakalan kerumah buat tagih.

      • Pinjol saya easycash, kredit pintar, kredivo
        Mohon bantu sharing kak.
        Gimana solusinya biar say gak bayar.
        Itu nanti bakalan ke rumah gak ya.
        Terus saya juga ada pinjaman di shopee pinjam sama shopeepaylater.
        Itu kalau kita gak bayar di shopee gimana ya.
        Mohon bantunya

    • Kak sharing dong kak, jadi ada dc yg cari no saya di getcontact dan itu dc kelabuim saya ternyata saya keceplosan klo saya baru kerja di tmpt baru. Dia sampe ngehubungin tmpt kerja baru. Sampai hrd saya tau. Saya harus gimana ya kak? Saya udh bilang hrd saya klo itu bukan saya kak. Saya takut di pecat mana baru masuk

  • Ada yang lagi kebingungan. Ikutan sharing, dong. Lagi diteror juga, nih. Baru satu hari, aja. Mana banyak sampai 26 juta :'(

    • Sama banget kak, aku juga ada di 17apk legal semua, mereka sudah mulai neror gak karuan, ngancam2 gak jelas, lebih barbar lagi si 360kredi gila banget sampai neror ke sosmed

  • halo saya terlilit pinjol di dana cepat dan dana now serta money kilat yang saya tanyakan saya mendownload aplikasi bukan di hp saya yang utama yang ada wa nya apakah dia masih bisa menyadap kontak wa saya walaupun di hp yang berbeda ? mohon penverahannya

    untuk yang dana cepat dan dana now saya meminjam menggunakan hp utama saya namun di pengaturan saya tidak mengizinkan akses kontak apakah aman jika ?
    mohon tanggapannya

  • halo saya terlilit pinjol di dana cepat dan dana now serta money kilat yang saya tanyakan saya mendownload aplikasi bukan di hp saya yang utama yang ada wa nya apakah dia masih bisa menyadap kontak wa saya walaupun di hp yang berbeda ? mohon penverahannya

    untuk yang dana cepat dan dana now saya meminjam menggunakan hp utama saya namun di pengaturan saya tidak mengizinkan akses kontak apakah aman jika ?
    mohon tanggapannya

  • Haii semua nya, bagaimana sekarang, apakah masih ada pinjaman online? Sy mau bertanya apakah ada yg pengalaman pinjam di Pinjam Duit?

  • Hallo semuanya.
    Minta tolong bantu sharing ya.
    Saya ada pinjol di easycash, kredit pintar, kredivo, shopee pinjam, shopee paylater
    Itu rencana saya gak mai bayar lagi krna kehabisan dana.
    Gara" gali lobang tutup lobang.
    Saya masih pemula di pinjol.
    Mohon bantunya.
    Kira" Kalau gak bayar di datangi ke rmh gk ya..
    Tkot nanti dia datang ke rmh.
    Saya domisili nya di bangka belitung

  • Boleh sharing kah untuk pinjol mana saja yang menagih ke rumah dan mana saja yang tidak menagih ? Terima Kasih

  • halo semua saya mau berbagi pengalaman saya. Saya hutang di 5 aplikasi dan salah satunya ini baru aja dateng dc kerumah (inisial kp), saya memang domisili jabodetabek. Jadi maksud saya nulis ini tuh cuman mau ngasih tau ke yg lainnya yg tinggal jabodetabek kemungkinan dateng DC tinggi. Untuk daerah selain itu saya bisa pastikan rendah untuk DC datang. Saya kalo diitung" lumayan receh lah pinjolnya ga sampe 5jt malah. Saya perkirakan badai bakalan dateng ke saya kurang lebih 2bulanan dan yakin hilang nantinya soalnya temen saya pengalaman pinjol kredivo 15jt aja udah gada yg neror lagi (walaupun emang tahun 2019an). Jadi intinya tuh hati hati sama pinjol ternama kayak akukula, sopi, kamiada, kredivo. Itu tingkat DC datang sangat tinggi. Ingat buat yg lain badai bakal hilang kok. Oh iya satu lagi, kalo DC datang kalian jangan coba" janji tgl sekian bakal bayar karna kalian bisa kena pasal penipuan jika tidak sesuai omongannya. Lebih baik jawab belum ada uang dll. Sorry kalo ada salah kata tolong koreksi.

Penulis
Lailla Iddana