Surat Pembaca

Terkena Dampak COVID-19, Tunaiku Amar Bank Tidak Memberikan Keringanan

Saya adalah salah satu nasabah Tunaiku Amar Bank yang sudah kali melakukan pinjaman sejak tahun 2018. Pinjaman pertama dan kedua saya sudah lunas lalu saya melakukan pinjaman ketiga.

Tetapi, karena ada wabah COVID-19, saya pun sedang mengalami kesulitan ekonomi karena usaha harus tutup untuk mematuhi kebijakan pemerintah. Lalu, karena terkena dampak COVID-19, saya mengirimkan email ke pihak Tunaiku Amar Bank dengan harapan mendapatkan keringanan berupa penundaan pembayaran 2 bulan dan akan langsung dibayarkan 2 bulan di bulan berikutnya.

Permohanan keringanan saya ditolak dan diwajibkan untuk dibayarkan hari itu. Karena saya tidak punya dana untuk bayar hari itu, pihak petugas lapangan Tunaiku Amar Bank akan mengunjungi rumah saya bahkan RT/RW rumah saya. Padahal saya sudah jelaskan masalahnya dan memohon keringanan pembayaran.

Semoga pihak Tunaiku Amar Bank dapat mengerti dan memberikan keringanan penundaan pembayaran yang akan saya langsung bayarkan 2 bulan setelah wabah COVID-19 selesai.

Terima kasih atas bantuan dan pengertian dari pihak Tunaiku Amar Bank.

Marco Lau Santosa
0821111153**/0858833206**
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Skrang gini ja....yg pnting kita udh da sikap koorperatif mnta relaksasi..sbner nya bank amar tau smua sektor lgi pda susah tpi mreka pura2 g mau tau..klo da pnagihan di lpangan yg brsifat ancem atau rese trik ja ke polsek trdekat klo yg rumah nya dket ormas pnggil ja mnta bntuan klo mreka rese nagih nya tpi klo sopan kita layanin. pmrintah elarang smua jsa financial slama pendemi ini g bleh pke dc. tpi klo di lpangan brbeda sluruh rt/rw ikut ebantu bwt dc2 yg rese sma wrga nya. krna skrang tiap2 rt/rw peka klo da tndak kekerasan atau kributan atas wrganya slama da covid ini...skrang ancaman kmiskinan dan klaparan itu yg lbih kita kwatirkan...bwt urusin utang piutang lgi bgini kbyakan di no 3 in dlu bisa mkan bwt kluarga udh sykur bnget...klo kita pnya duit pas2 san trus kita byarin angsuran trus kluarga kita g mkan itu konyol nmanya... "note" !!! bkan brarti kita g mau byar!!! Skrang logika nya yg galbay bkan pluhan nsabah lgi bhkan mngkin udh rtusan nsabah galbay krna kondisi bgini!!...kondisi bgini smua orng no 1 in perut dlu...kita smua wabah ini biar cpet slesai .dan prekonomian normal lgi...

  • saya cek hari ini ada pengumuman di tunaiku dg login lewat web ttg payment holiday selama 3 bulan, jadi cuma bayar bunga saja. tapi waktu ditanya katanya saat ini belum ada kebijakan apa-apa.. kek PHP.

    • PHP saja sepertinya... tetap saja tagihan saya bertambah plus denda dan bunga...

  • Pihak tunaiku kenapa gak mengerti posisi kami karyawan yg dirumahkan efek covid. Kita dirumahkan & tidak digaji sepeserpun oleh perusahaan. Baru aja saya ditagih oleh pihak tunaiku. Kebijakan diberikan oleh org yg terkena covid. Lah masa kita harus jadi org sakitnya dlu gitu (amit2..) orang2 yg di phk & dirumahkan juga berdampak. Sekarang saya mesti disruh melunaskan dalam itungan 2 hri kedepan untuk tagihan bulan ini. Uang dari mana buat bayarnya. Disruh pinjem keluarga lah keluarga saya juga sama dirumahkan sama kantor dan gak punya uang juga.
    Semoga banyak yg report kejadian ini.
    Bener2 gak da solusinya banget.

  • Iya brarti semua disini masalahnya sama. Saya juga disuruh isi survey tapi tetep disuruh bayar. Saya tetep diteror lewat email mau datengin DC kerumah. Malah di emailnya bilang klo DC mau dateng ambil keseluruhan sisa dana tagihan. Krn tiap hari diancam, saya juga jawab itu emailnya. Saya persilahkan DC klo mau dateng, saya bilang saya sudah koordinasi dgn rt rw, satpam & polsek setempat sbg antisipasi sapa tau DC tunaiku kasar. Langsung dbales lagi email saya. Katanya saya disuruh angkat tlp klo ada tim penagihan yg nelpon. Padahal di email nya bilangnya tidak ada keringanan, tidak ada penundaan atau penangguhan pembayaran. Tapi saya disuruh nego. Gunanya apa nego? Jadi saya setuju klo semua disini kita lapor bareng2 biar didengar. Tutup aja tunaiku ini. Reseh banget bank nya.

    • Sama mb seperti saya, ini saya di wa sama kolektor mengancam mau tarik uang kembali datang kerumah, saya balas, ya silahkan kerumah saya sudah lapor rt rw setempat untuk berjaga2 jika ada pemaksaan dan kekerasan. Lalu saya bilang saya akan laporkan anda ke OJK dengan bukti capture WA kalau kolektor amarbank mengancam saya. Dan saya akan datangi kantor pusat amarbank untuk pengaduan diterror kolektor, sata juga ingin minta keringanan langsung ke kantor pusat terkait survey link yang sudah saya isi dengan memberikan bukti surat dari perusahaan jika saya dirumahkan tanpa digaji sepeserpun.
      Yukk kita buat wa grup untuk semua nasabah amar bank. Ini nomor wa saya 08872586306.

      • Krn tiap hari saya diteror terus lewat email, saya juga bales terus itu emailnya. Bolak balik bilang surat tugas utk DC udah ada mau ambil dana. Ya saya bales silahkan datang kpn mau dateng saya sudah siap, ada rt/ rw, satpam yg sudah saya koordinasi. Saya selalu lancar pembayarannya, bahkan bln april kemaren meskipun gaji saya cuma separuh krn kantor udh tutup tgl 18 maret, tetep saya duluin bayar cicilan di tunaiku. Tapi bln mei ini memang saya udah gak dapat gaji sepersen pun.

      • Mba...selama ini pernah didatangi DC g sy bln september ini sdh jatuh tunggakan yg ke dua bln.

  • sama, saya juga minta penangguhan atau restruktur ga ada solusinya, berulang x email, chat atau apapun, padahal di IG mereka memberikan artikel mengenai "melindungi skor kredit" salah satunya dengan hubungi lembaga yg terkait, kita udah menghubungi mereka jawabannya "masih dalam proses review managemen" saya pikir tunaiku di bawah amar bank ini profesional selayaknya bank yg lain, tp jawaban mereka "setiap Bank ada SOP sendiri" tapi mereka kan legal, dibawah naungan OJK. entahlah...knapa mereka mempertahankan tidak adanya keringanan dari pada nasabahnya gagal bayar. minimal kasihlah kebijakan - kebijakan dr sisi nasabah, kita disini bukan sengaja gagal bayar, tapi krna kondisi dan situasi, bisalah di track record masing2 nasabah apakah layak diberi pengurangan atau tidak, telp lah ke HRD nya apakah masih bekerja, sistem penggajiannya bagaimana saat ini. atau bagaimana usahanya berjalan saat ini, semoga saja adalah hasil review managemen amar bank yg dr kapan waktu gak selesai-selesai itu.

  • Saya kira cuma saya aja, ternyata banyak juga ya..
    kirain karena dibawah naungan ojk, akan ada kebijakan ternyata nggak jaminan juga dibawah naungan ojk.

  • Saya kira cuma saya aja, ternyata banyak juga ya..
    kirain karena dibawah naungan ojk, akan ada kebijakan ternyata nggak jaminan juga dibawah naungan ojk.

  • Saya juga salah satu customer TUNAIKU..
    Sampai sekarang pun email pengajuan untuk resrukturisasi pembayaran saya belum ditanggapi oleh pihak Amar Bank.

    Lalu, apakah ada DC dari Tunaiku yang benar-benar datang ke rumah kalian menagih dengan kasar atau sampai mengancam sampai dengan saat ini ..?