Surat Pembaca

Negosiasi Keringanan Pelunasan Berujung pada Ancaman dari Debt Collector Home Credit Indonesia

Dear bagian Collection Home Credit Indonesia,

perkenalkan saya bernama Lusiana Peni dengan nomor kontrak 3902040771. Saya ada tunggakan cicilan Home Credit.

Lalu kemarin awal Mei 2020, ada kedatangan DC dari HCI yang menagih. Saya langsung bayar cicilan hari itu juga. Beberapa hari kemudian dia menawarkan negosiasi keringanan untuk pelunasan sisa tunggakan saya. Saya tertarik. Akhirnya dia memberikan nominal angka. Saya cukup kaget karena menurut saya angka yang diberikan bukan angka keringanan, secara di aplikasi HCI saja tunggakan saya menunjukkan angka Rp6.432.667 dan beliau menawarkan angka keringanan 6 juta untuk pelunasan semuanya, dengan alasan tunggakan saya menurut catatan di system HCI adalah Rp7.599.167,-.

Negosiasi berlangsung alot, karena data yang dia miliki berbeda dengan data di aplikasi yang saya gunakan, hingga akhirnya emosi kami sama-sama naik. Hingga akhirnya beliau mengeluarkan ancaman “Awas loh nggak lunas”, yang menyiratkan ancaman kepada saya jika saya tidak melunasi tunggakan semuanya akhir bulan ini, beliau akan melakukan sesuatu yang mengancam keselamatan saya. Saya ada bukti WA. Jika diperlukan, bisa saya berikan.

Apakah begini prosedur yang diajarkan oleh HCI untuk melakukan penagihan, bahkan negosiasi kepada nasabah yang memiliki tunggakan? Saya bukan tunggak setahun tidak melakukan pembayaran. Kontrak saya sebelumnya bahkan saya lunasi sebelum jatuh tempo. Bahkan beliau merasa keberatan saat saya minta tunjukkan surat tugas. Lalu jujur surat tugasnya sudah berakhir di tanggal 9 Mei 2020 (terlampir untuk redaksi), tapi beliau masih berani melakukan proses penagihan di tanggal 17 Mei 2020.

Saya berniat melunasi tunggakan di HCI, dan berharap mendapatkan keringanan secara denda dan bunga. Bukan ancaman seperti ini.

Mohon agar pihak HCI dapat menindaklanjuti surat pembaca ini. Terima kasih.

Lusiana Peni
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Lusiana Peni

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Lusiana Peni di MediaKonsumen.com pada 22 Mei 2020 di kolom...
Baca Selengkapnya

Komentar