Surat Pembaca

Kecewa Laptop Acer untuk Permasalahan yang Tidak Selesai Sampai Sekarang

Dear Acer Indonesia,

Saya membeli laptop Acer Nitro 5 AN515-44 Ryzen 5 sekitar 2 minggu lalu di sebuah toko di Pekanbaru dengan kondisi baru dan buka segel. Kemudian di hari kedua saya notice terdapat screen bleeding di pojok kanan atas yang cukup mengganggu ketika latar belakang berwarna hitam, sedang menonton, dsb. Akhirnya saya bawa ke ASCS cabang Pekanbaru dan di sana diberitahu akan diganti LCD-nya.

Sehari sesudahnya saya diinfokan sudah siap, tetapi LCD baru yang dipasang ternyata masih ada screen bleeding juga dan saya diminta datang ke ASCS untuk mengecek. Akhirnya setelah saya cek saya menyetujui bahwa tidak apa apa dengan LCD yang baru ini, sehingga saya putuskan ok diganti saja dengan yang ini. Saya diminta sore datang untuk mengambil unitnya.

Sesudah saya sampai di rumah saya kembali ditelepon dikatakan unit saya tiba-tiba sesudah dites layarnya menjadi blank, yang menurut info dari teknisinya antara LCDnya (lagi) atau mainboard-nya.

Tanggal 25 Mei 2021 saya mendapatkan info dari ASCS bahwa LCD sudah dipesan dan sedang dalam perjalanan, tetapi mainboard belum ada pengiriman, kemungkinan karena unit saya adalah unit baru dan tidak bisa dipastikan kapan baru tersedia.

Update per tanggal 5 Juni 2021.

ASCS Pekanbaru menelepon saya dan mengatakan LCD dari Jakarta sudah dipasang dan dicek semua ternyata masih sama ada screen bleeding dan dikatakan itu hal wajar, jadi memang itu masih normal. Ok saya juga tidak mau meributkan lagi kalau memang itu dianggap wajar. Saya diberitahu juga bahwa mainboard yang dikirim dari Jakarta sudah sampai di ASCS, tetapi terdapat perbedaan yaitu tipe yang dikirim intel I5 10300, sedangkan tipe milik saya adalah Ryzen 5. Alasan yang didapat dari Jakarta adalah mainboard saya di-upgrade.

Di sini saya sangat kecewa karena Acer berniat melakukan pembodohan kepada saya. Saya mempunyai preferensi mengapa memilih tipe Ryzen 5. Dari jumlah core, multicore speed, kemampuan olah grafik, dll jelas lebih bagus Ryzen 5. Kalau mau upgrade misal ke intel I7 itu barulah upgrade.

Ini unit baru saya pakai 2 hari lho! Saya disuruh menunggu berapa lama lagi? Sedangkan infonya kalau mau tetap menunggu barangnya masih di Taiwan. Ini sekelas Acer lho. Apakah stok mainboard  saja harus menunggu dari Taiwan? Kalau spare part saja tidak ready lebih baik tidak usah jual. Ditambah alasan yang katanya mainboard saya di-upgrade itu sangat sangat mengecewakan!

Saya meminta penggantian unit atau refund saja juga tidak apa-apa. Saya mau ganti merk sebelah saja. Sangat kecewa dengan merk Acer. QC buruk, stock spare part tidak ready. Mohon pihak Acer merespon segera. Case id: 3687706Y.

Sufendy
Pekanbaru, Riau


Update (18 Juni 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas respon dan penyelesaian masalah oleh Acer Indonesia sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kaku amat kebijakannya, itu sih ngerugiin pelanggan namanya. Ngga deh pakai acer.

  • Sebagai konsumen apabila kita membeli barang baru yang usia pemakaian baru 2 hari, dan lalu ada kerusakan yang bahkan sparepart nya tidak jelas kapan ready nya apakah tidak wajar kalau kita mengajukan komplain? Sebagai konsumen kita jg berhak mendapatkan kualitas produk yg baik. Ini kebetulan terjadi pada saya. Kalau ini terjadi pada anda dengan merk apapun apakah anda akan melakukan hal yang sama? Disini saya hanya menuntut hak saya sebagai konsumen. Simpel nya beli barang tapi ada kerusakan dan belum tau kapan part nya masuk. Part nya harus order dulu dari taiwan alias tidak ready. Informasi itu saya dapatkan dari pihak Acer sendiri. Saya memilih Acer karena spesifikasinya yg oke dibanding kompetitornya.

  • ada yang bilang normal ada yang engga laptop gacha jadinya awowkwkwk sempet mau ambil nitro 5 rtx 3060 liat orang makai baru 2 minggu kok ada problem https://www.youtube.com/watch?v=S6JBlGmtxLQ langsung ga jadi wkwk, akhirnya ngambil rog g513qe , emang acer murah tapi ya beruntung2 an aja lah kata temen gw klo mau beli acer sholat malam dulu doa nya di banyakin wkwkw