Kecewa Laptop Acer untuk Permasalahan yang Tidak Selesai Sampai Sekarang

Dear Acer Indonesia,

Saya membeli laptop Acer Nitro 5 AN515-44 Ryzen 5 sekitar 2 minggu lalu di sebuah toko di Pekanbaru dengan kondisi baru dan buka segel. Kemudian di hari kedua saya notice terdapat screen bleeding di pojok kanan atas yang cukup mengganggu ketika latar belakang berwarna hitam, sedang menonton, dsb. Akhirnya saya bawa ke ASCS cabang Pekanbaru dan di sana diberitahu akan diganti LCD-nya.

Sehari sesudahnya saya diinfokan sudah siap, tetapi LCD baru yang dipasang ternyata masih ada screen bleeding juga dan saya diminta datang ke ASCS untuk mengecek. Akhirnya setelah saya cek saya menyetujui bahwa tidak apa apa dengan LCD yang baru ini, sehingga saya putuskan ok diganti saja dengan yang ini. Saya diminta sore datang untuk mengambil unitnya.

Sesudah saya sampai di rumah saya kembali ditelepon dikatakan unit saya tiba-tiba sesudah dites layarnya menjadi blank, yang menurut info dari teknisinya antara LCDnya (lagi) atau mainboard-nya.

Tanggal 25 Mei 2021 saya mendapatkan info dari ASCS bahwa LCD sudah dipesan dan sedang dalam perjalanan, tetapi mainboard belum ada pengiriman, kemungkinan karena unit saya adalah unit baru dan tidak bisa dipastikan kapan baru tersedia.

Update per tanggal 5 Juni 2021.

ASCS Pekanbaru menelepon saya dan mengatakan LCD dari Jakarta sudah dipasang dan dicek semua ternyata masih sama ada screen bleeding dan dikatakan itu hal wajar, jadi memang itu masih normal. Ok saya juga tidak mau meributkan lagi kalau memang itu dianggap wajar. Saya diberitahu juga bahwa mainboard yang dikirim dari Jakarta sudah sampai di ASCS, tetapi terdapat perbedaan yaitu tipe yang dikirim intel I5 10300, sedangkan tipe milik saya adalah Ryzen 5. Alasan yang didapat dari Jakarta adalah mainboard saya di-upgrade.

Di sini saya sangat kecewa karena Acer berniat melakukan pembodohan kepada saya. Saya mempunyai preferensi mengapa memilih tipe Ryzen 5. Dari jumlah core, multicore speed, kemampuan olah grafik, dll jelas lebih bagus Ryzen 5. Kalau mau upgrade misal ke intel I7 itu barulah upgrade.

Ini unit baru saya pakai 2 hari lho! Saya disuruh menunggu berapa lama lagi? Sedangkan infonya kalau mau tetap menunggu barangnya masih di Taiwan. Ini sekelas Acer lho. Apakah stok mainboard  saja harus menunggu dari Taiwan? Kalau spare part saja tidak ready lebih baik tidak usah jual. Ditambah alasan yang katanya mainboard saya di-upgrade itu sangat sangat mengecewakan!

Saya meminta penggantian unit atau refund saja juga tidak apa-apa. Saya mau ganti merk sebelah saja. Sangat kecewa dengan merk Acer. QC buruk, stock spare part tidak ready. Mohon pihak Acer merespon segera. Case id: 3687706Y.

Sufendy
Pekanbaru, Riau


Update (18 Juni 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas respon dan penyelesaian masalah oleh Acer Indonesia sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Acer Indonesia:
[Total:42    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Kecewa Laptop Acer untuk Permasalahan yang Tidak Selesai Sampai Sekarang

  • 6 Juni 2021 - (08:53 WIB)
    Permalink

    Katanya sih ACER itu singkatan dari Agak CEpat Rusak. Tapi kalo baru 2 hari dah rusak sih mungkin harus ganti singkatan jadi Amat CEpat Rusak. 🤭

    Pengalaman dua kali punya laptop Acer, memang masalahnya di layar. Yg pertama, brightnessnya terus bertambah pudar setelah beberapa lama. Yg kedua timbul garis2 yg lama2 makin bertambah. Padahal yg lainnya sih oke.

    6
    1
    • 6 Juni 2021 - (09:36 WIB)
      Permalink

      Pala kau cepat rusak…. Aku pakai Acer 2x ga ada kendala apa2 tuh lancar2 aja….

      Kalau ga suka Acer ga usah ngejudge kek gitu. Cari aja brand lain kek Asus,Dell,HP, Lenovo atau apalah. Pilihan banyak.

      Jangan sampai termakan black campaign.

      3
      13
    • 6 Juni 2021 - (10:49 WIB)
      Permalink

      Saya memutuskan beli produk acer karena spesifikasi yg menurut saya lebih oke dibanding kompetitor nya. Coba kita bayangkan beli barang baru dan ada cacat yang dianggap hal wajar oleh mereka. Tidak semua orang aware terhadap cacat ini. Ok lah MISAL kita anggap ini wajar tetapi kenapa bisa merembet sampai ke mainboard padahal usia pemakaian baru 2 hari hehe…yang saya sayangkan masa jeroan/mainboard pengganti juga dikirimkan dengan spek down begitu dan alasannya saya dikasih upgrade. Bagi saya itu mengada ngada. Saya berharap pihak acer merespon masalah ini dengan serius.

      2
      1
    • 9 Juni 2021 - (10:24 WIB)
      Permalink

      gk bs sih generalisasinya sih bang menurut gue, gue sebagai pengguna Acer udh udh hampir 7 tahunan, dari SMA pegang aspire one sampe sekarang masih bagus performanya paling cuman baterinya aja sih udh bocor, dan itu gue udh kasih ke ade gue buat sekolah online, sekarang gue pake swift 3, udh 2 tahun gue pake buat ngedit video dan buat kerjaan, so far masih bagus performannya bang.

      Toh barang itu pasti ada umurnya dan pasti akan rusak jg ujung2nya , mau laptop asus, hp, lenovo dll. yg pnting klo masih bisa claim garansi kenapa gak, klo udh gak garansi, ya memang sudah jd tanggung jawab kita utk ngerawat tuh barang bang.

  • 6 Juni 2021 - (14:22 WIB)
    Permalink

    Semoga cepet beres ka masalahnya. Kalau aku Jadi kaka kayanya mending ganti unit kalau tau Ada masalah pas pertama kali daripada diobrak obrik ganti ini itu, memang ribet Dan lama prosesnya. Punya laptop ACER udah hampir 7 tahun sampai sekarang Masih optimal sih 😌😆

  • 6 Juni 2021 - (16:49 WIB)
    Permalink

    Saya masih menunggu respon dari pihak Acer. Memang saya dari awal sudah minta agar replace unit baru saja ini jatuhnya sudah kemana mana rusaknya. Saya jadi trauma kalau begini.

  • 6 Juni 2021 - (21:20 WIB)
    Permalink

    Semoga cepet dapet solusi ya bang, beli baru ori tapi rasa kw dan mending beli kw sih banyak spare part nya 😅, tapi lebih aman harusnya beli yang sudah di tes, kalau pun rusak dan diberi garansi, pasti berbelit belit, atau memang ga mau rugi kali 🥴

  • 6 Juni 2021 - (21:41 WIB)
    Permalink

    Ya bro makasih atensi nya. Ini barang baru pakai 2 hari , mau dipakai kerja jadi ga bisa. Kalau disuruh menunggu lebih baik ganti unit baru dengan tipe sama saja atau refund juga tidak masalah. Launching unit baru tapi sparepart tidak siap. Secara pribadi saya kapok beli merk ini.

    • 7 Juni 2021 - (07:55 WIB)
      Permalink

      Sy pakai Acer udah 3 laptop kak sejak 2008, unit sllu bagus dan tidak pernah ada msalah sperti ini di Acer Center kota saya, malahan laptop acer saya jd yang terawet dbanding merk lain punya temen2. Mungkin Acer center d tmpat kakak agak yg bermasalah dan tidak tanggap, persoalan unit cacat sy rasa smua merk mungkin bisa trjadi wlau telah mlewati QC.. tpi bagaimana respon cpt tanggap produsen thdp keluhan2 after sale.. 👍🏻

    • 11 September 2021 - (21:49 WIB)
      Permalink

      minta ganti acer nitro 5 yang core i5 gen 11 rtx 3050 gan wkwkw kali aja boleh ama acer nya

  • 7 Juni 2021 - (00:31 WIB)
    Permalink

    Pernah beli laptop asus tipe A442U sebanyak tiga unit utk kantor, semuanya punya penyakit sama suka hang dan lemot, udah bosan bolak balik ke tukang servis komputer, setelah browsing di internet ternyata laptop tsb punya penyakit bawaan di hardisk , masak laptop baru kalah sama merk sebelumnya Acer Aspire yg telah di gunakan sekitar 10 tahun, bahkan pernah jatuh sampe baterai dan cover DVD lepas tapi masih tetap bagus dsampr sekarang, malu punya Asus kayaknya…

    1
    1
    • 7 Juni 2021 - (08:45 WIB)
      Permalink

      Aku juga pakai asus A442U sepertinya masalahnya memang di harddisk, A442U pakai harddisk 5400 rpm, ya jelas lemot. Pengalamanku setelah pakai SSD lancar jaya. Terasa lemot setelah laptop hidup hampir 2 hari tanpa mati

  • 7 Juni 2021 - (11:45 WIB)
    Permalink

    Gw sebagai teknisi IT, klo udah urusan sama produk Acer emang bikin geleng2 kepala.
    Jangankan untuk pegang unit,a, baru denger keluhan,a aja udah mundur gw.
    Seharusnya sih klo baru 3×24 jam, itu ganti unit baru, No upgrade, no service2, no ganti2 part.
    Klo ada rekanan gw minta arahan produk laptop dan bertanya produk Acer, ga pernah gw nyaranin untuk ambil unit Acer. Sakit hati cuy, service,a pun minim, ga ada perubahan dari dulu.

  • 7 Juni 2021 - (12:46 WIB)
    Permalink

    Betul bang seharusnya ada lah kompensasi ke konsumen secara produk baru kok jadi merembet kemana mana. Bikin kapok merk ini. Pihak Ascs di kota saya sangat kooperatif mereka juga meminta maaf karena kejadian ini tetapi urusan part, dan kebijakan terhadap konsumen kan itu wewenang dari pusat di jakarta. Hai Acer mana tanggapan mu? Ini unit baru dan harga nya pun diatas 10 jt. Setiap saya komplain cuma diberikan alasan semoga minggu depan part nya tersedia. Waktu saya habis terbuang.

  • 7 Juni 2021 - (17:59 WIB)
    Permalink

    Tadi sore saya sudah dihubungi oleh ibu Diah dari bagian komplain handling dan dikatakan tidak ada kebijakan replace unit karena sudah dari sana nya. Sangat disayangkan karena produk ini baru 2 hari dipakai, sedangkan bila kita beli handphone dan terjadi kecacatan saja sudah pasti langung ganti unit baru. Acer harus memperbaiki kebijakannya kalau tidak bisa bisa banyak konsumen kapok . Solusinya saya tetap harus menunggu part dari Taiwan yang belum bisa dipastikan kapan akan datang

    Unit saya tarik kembali dengan dipasangkan mainboard yang beda spek tersebut(downgrade) sampai part yang baru datang karena laptop tersebut hendak saya gunakan untuk kerja

    Adakah teman teman yg bernasib sama dengan saya?

    Acer saya tunggu janji anda untuk memprioritaskan case saya .

    • 9 Juni 2021 - (10:30 WIB)
      Permalink

      smoga cepat beres ya om keluhannya, mungkin sekedar share pengalaman aku udh lama pake acer, alhamdulliah masih awet sampe sekarang, ya gk menutup kemungkinan org lain ada keluhan seperti om jg, tp seengaknya dari pihak after sales direspons dan mau bantu om nya, daripada dari brand sebelah yang gak di tanggapin sama sekali.

  • 9 Juni 2021 - (11:24 WIB)
    Permalink

    Sebagai konsumen apabila kita membeli barang baru yang usia pemakaian baru 2 hari, dan lalu ada kerusakan yang bahkan sparepart nya tidak jelas kapan ready nya apakah tidak wajar kalau kita mengajukan komplain? Sebagai konsumen kita jg berhak mendapatkan kualitas produk yg baik. Ini kebetulan terjadi pada saya. Kalau ini terjadi pada anda dengan merk apapun apakah anda akan melakukan hal yang sama? Disini saya hanya menuntut hak saya sebagai konsumen. Simpel nya beli barang tapi ada kerusakan dan belum tau kapan part nya masuk. Part nya harus order dulu dari taiwan alias tidak ready. Informasi itu saya dapatkan dari pihak Acer sendiri. Saya memilih Acer karena spesifikasinya yg oke dibanding kompetitornya.

  • 11 September 2021 - (21:43 WIB)
    Permalink

    ada yang bilang normal ada yang engga laptop gacha jadinya awowkwkwk sempet mau ambil nitro 5 rtx 3060 liat orang makai baru 2 minggu kok ada problem https://www.youtube.com/watch?v=S6JBlGmtxLQ langsung ga jadi wkwk, akhirnya ngambil rog g513qe , emang acer murah tapi ya beruntung2 an aja lah kata temen gw klo mau beli acer sholat malam dulu doa nya di banyakin wkwkw

 Apa Komentar Anda mengenai Acer Indonesia?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Kecewa Laptop Acer untuk Permasalahan yang Tidak Selesai Sampai Sekara…

oleh Sufendy dibaca dalam: 2 menit
22