Surat Pembaca

Setelah Setahun Gagal Bayar di Tunaiku Amarbank

Sedikit cerita dari saya, setelah 1 tahun gagal bayar di Tunaiku Amarbank, karena saya di-PHK dan sampai saat ini belum bekerja kembali. Baru saja tepatnya kemarin saya mendapat email untuk membayar tagihan yang sudah tertunggak, karena data saya akan dialihkan ke pihak agency (kolektor).

Melalui email tersebut saya berbicara jujur apa adanya, kalau saya hanya sanggup membayar cicilan paling tidak Rp200 ribu/bulan. Akan tetapi saya harus membayar Rp1 juta terlebih dulu agar dapat mencicil sesuai kemampuan saya di bulan depan.

Yang menjadi keberatan saya, bagaimana saya mendapatkan uang Rp1 juta dalam 1 hari? Karena saya hanya diberi waktu 1 hari. Saya minta waktu sampai akhir bulan untuk mencari dananya dahulu, tetapi tim penagihan Tunaiku Amarbank tetap keukeuh harus dibayarkan hari Jum’at. Kalau lewat dari hari tersebut, maka data saya akan diserahkan ke pihak agency (kolektor).

Apakah di sini ada yang sama seperti saya? Saat pandemi yang semakin darurat ini apakah pihak kolektor masih akan ke rumah?

Tolong agar pihak Tunaiku Amarbank bisa memberi sedikit ruang untuk saya mencari dana. Karena saya pun tidak lari. Niat saya akan membayar, karena memang sudah kewajiban saya, tapi di sisi lain untuk saat ini saya tidak punya penghasilan apapun. Lalu kalau nasabah tidak sanggup bayar saat seperti ini, apakah tidak ada keringanan lain dari perusahaan Tunaiku Amarbank?

Terima kasih.

Yuliana
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Tunaiku atas Surat Ibu Yuliana

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Ibu Yuliana sampaikan. Menanggapi surat pembaca yang disampaikan Ibu Yuliana pada tanggal...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya juga sama mba , tapi belum dapat solusi hehe. Saya cuma bilang kalau sudah ada pasti saya bayar semampu nya .
    Toh kalau di paksain yg ada susah sendiri , yg penting kita masih ada itikad baik buat bayar ?

  • Gak perlu dibayar sekalian mbak, saya aja udah coba nyicil . Tiap bulan juga. Janji manisnya amarbank, denda dan bunga di stop. Ehh pas telat bayar cicilan, ternyata berbunga dan berdenda lagi ...... Gila emang lintah darat

  • Bagaimana kelanjutannya mbak? Saya baru telat 3 hari sudah di telp dan WA setiap hari . Padahal saya sudah bilang saya kena ppkm dan dirumahkan, syaa juga covid kmrin di awal sampai pertengahan juli. Saya blg akhir bulan agustus akan dibayarkan.
    Tapi dc yg wa saya tidak mau tau

    • Halo mas skrg gimana mas ? Apa ada update dr cicilan 200/bhlan di apk amar nya ?

  • Saya juga punya kasus sama, saya sdh email, sudah telp untuk keringanan mencicil, yg ada di kasih restruktur dimana hutangnya malah membengkak, malah jadi sulit bayar.
    Logikanya kita minta keringanan cicilan untuk perbulan supaya hutang lunas, malah di beri restruktur yang menambah hutang dan cicilannya lebih besar dari cicilan sebelumnya....ya mana mampu bayar .....kalau di kasih keringanan waktu itu pasti sudah saya cicil sesuai kemampuan keuangan. malah di restruktur lagi ke 2 kali tanpa persetujuan saya, katanya otomatis....bener-bener tidak ada kebijaksanaan sama sekali dari pihak Management Tunaiku. Makanya saya juga ragu mau cicil 200 rb atau 500 rb, takutnya tidak mengurangi data di aplikasi

    • saya sudah setahun nunggak masih belum bisa bayar sisa pinjaman saya 4jt sudah masuk angsuran ke 8 dari 12x cicilan saya sudah nunggak 1thn sekarang saya harus bayar 11jt barusan di wa sama orang tunaiku namanya chintya saya sampai kaget pinjaman 10jt harus bayar 11jt sedangkan saya sudah bayar 8jt kurang dan tinggal bayar ribanya. saya pusing banget gimana cara bayarnya. saya sudah pernah email untuk pengurangan bunga tapi ga ada respon sama sekali.... saya sedih banget gatau harus gimana lagi ngadepinnya? mana sekarang untuk biaya sehari2 saja susah banget ????? saya sudah email ke ojk katanya disuruh lapor ke pihak yg berwajib

  • saya malah udah disebar data dan parahnya lagi disebar data yang bukan ada di hp saya tapi parahnya di hp si kontak darurat. kan parah.

  • Saya juga udah telat 2tahun dan kmrn saya dapet somasi dari tunaiku mau bayar juga lagi gak ada trs gimana ya sempet pusing juga, rencana ya mau nyicil 200rb sbln

  • Saya mantan nsbh amarbank ini,kurleb 2 taun galbay tiba² dihubungin lagi ke nomor yg bahkan gak saya sebar sama sekali . Mereka minta saya bayar bunga yg tertunggak total 4 jutaan,padahal pinjeman awal saya 8juta tok . Beberapa bulan terakhir saya kena autodebet terus hampir tiap hari,intinya total uang yg udah masuk ke mereka hampir 9 juta . Trus buat apa nagih² bunga nya lagi? Saya terang²an nolak wong uang yg masuk kesana udah lebih dari pinjeman pokok

  • Saya juga waktu itu top up antara 1jta / 2jta saya lupa , cicilan pertama saya bru bayar 150rb , selebihnya saya tidak bayar kemungkinan setahun saya galbay , akhir februari 2021 Dc dtg tanpa ada komfrm by Wa dan hanya menitipkan sepotong surat tugas penagihan , berhubung pandemi juga saya tidak mencicilnya karena saya jga lagi melunasi satu persatu tunggakan saya pda waktu itu di bank mega , singkat certa 2mggu yang lalu dtg lah dc cewe dan cowo krmh sekitar tgl 9 nop 2021 dan bertemu suami saya , dia blg total tagihan 4jta sekian dan dc mnta di cicil 2x dengan kisaran 2jt per bulan atau pelunasan di angka 3,5jt dan mereka minta di bayar di akhir bln nov , dan suami mengiyakan , sblm akhir nov si dc wa suami sya terus menanyakan perihal pembayaran , namun suami blm ada ada dananya , suami mengajukan meminta 500rb / bln , namun tak di respon oleh dc karena belum ada pemasukan dan si dc ini akan dtg kermh kembali ..