Surat Pembaca

Tokopedia Membela Pembeli yang Kasar dan Tidak Menghargai Penjual

Kurang lebih kami, berjualan di tokopedia lebih dari 7 tahun, tetapi akhir-akhir ini menghadapi pembeli yang unik sampai ketemu pembeli yang berkata kasar menjurus mengatai-ngatai dengan nama hewan. Mencoba melaporkan ke tokopedia tetapi tidak ada tindakan tegas kepada pembeli.

Pembeli memberikan ulasan dan rating yang tidak sesuai, saya counter dan saya laporkan tetapi lagi-lagi tidak ada tindakan tegas. Parahnya, malah penjual disuruh ngemis-ngemis ke pembeli sendiri untuk merubah hal tersebut.

Sampai pada akhirnya karena sudah kelewatan menyamakan manusia dengan binatang, saya counter di ulasan yang dia tulis dengan tujuan agar penjual atau pembeli mengerti kenapa ada ulasan yang tidak sesuai tersebut. Ternyata tokopedia berpihak terhadap pembeli dan memoderasi toko saya selama 7 hari karena counter di ulasan tersebut.

penghinaan dari pembeli

Luar biasa keberpihakan tokopedia terhadap ketidakadilan seperti itu. Selama 7 tahun berjualan tidak pernah ada masalah, kali ini ketemu pembeli yang super unik. dan meng-counter malah dimoderasi. Katanya untuk edukasi, edukasi kok langsung menghukum? Sedangkan pembeli gak ada tindakan tegasnya.

Semoga rekan-rekan seller berhati-hati untuk berjualan di tokopedia, dan usahakan jangan hanya punya 1 toko di e-commerce, buka juga di toko yang lain. Semoga ada keadilan untuk UKM kecil seperti yang kami alami ini.

Terima kasih.

Adam Muhammad
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Yah maaf ya bukan mau menyalahkan siapa siapa, cuma maaf dari jawaban anda "kok jadi pusing ya" yang buat customer atau buyer bingung padahal customer butuh kejelasan dari gift prodak sebagai seller harusnya menjelaskan tentang (s&k) jikalau buyer masih bingung harap menjelaskanya dengan baik dengan pemahaman yang lebih mudah.

    Tidak masalah orderanya mau sudah ribuah atau jutaan pasti ada yang bingung perihal prodak entah cuma satu atau dua orang nah disitu tugas seorang seller menjelaskan secara rinci dan mudah di pahami.

    So semangat sebagai selller selalu berbenah diri harus siap dengan kritikan dan harus menerimanya dan memperbaikinya, Jalan hidup tidak selalu rata ??

  • ngomong ribuan ribuan transaksi (sombong bener) yg jutaan transaksi biasa aje..
    klo udh bnyk transaksi harusnya cara anda balas chat yg jelas se jelas jelasnya..

    kadang heran sm org yg nulis artikel disini,. giliran dikomentar negatif bukannya intropeksi tp tetep aj bela diri,. klo nulis artikel disini berarti kita siap terima sudut pandang masing" org,. kira" ap yg salah dan mana yg harus diperbaiki

    • Saller nya baperan, egois, ga Terima kritik. Gimana mau maju usaha nya kalau ga mau Terima kritik pedas? dia baru main pasar lokal aja sombongnya wkwk saya yang jualan nya ekspor ke luar udah lebih dari jutaan barang biasa aja wkwk.

  • Dimana mana namanya HADIAH GRATIS / FREE GIFT merupakan itikad baik dari penjual. Adalah hak penjual untuk menentukan bagaimana cara mendapatkan hadiah tersebut. Kita lihat dimana mana dunia nyata. Orang dikasih mug gratis pasti ada syaratnya... Suruh isi survey lah.. Atau daftar sesuatu. Nothing free in this world. Selller sudah bener. Jangan takut melawan tokopedia. Memang sistem tokopedia sangat merugikan seller. Dan cendrung berpihak ke pembeli. Mereka lupa gaji gedung biaya mereka dibayar dari iklan potongan penjualan seller. Kepuasan pelanggan ok. Tapi adil lah tokopedia kan wasit. Wasit berat sebelah yah susah

    • Pak eko sdh baca artikel sampai screenshotnya belum? Komennya mengeneralisasi buta tanpa memandang bukti trlebih dahulu. Apkh bapak prnah mngalami ktidakadlan dr e-commerce? Mgkn detailny berbeda dr kasus di atas? Jd komenny jgn curcol yg tdk brdasar y pak. Klopun curcol dijelaskan jg rincianny. Ini spy org gk slh phm sama niat bpk aja lho.

      • Sekarang tokonya di moderasi sepihak tanpa ada pemberitahuan, kan kalau SOP yang baik seller di telepon, di jelaskan apa yang salah, bukan asal moderasi begitu. Kalau dilakukan seperti itu ga bakal muncul di media konsumen. Yang jadi permasalahan sekarang seller ngomong kata tidak menyenangkan. Coba aja kalau misalnya kita ke toko offline, beli barang ga cocok. Berani ga ngomong atau memaki, seller juga harus banyak belajar meredam emosi pakai saja emoji maaf maaf beres

    • Gratis atau free memang hak penjual dan oleh sebab itu ada SK yang berlaku

      Dalam hal ini buyer sudah bertanya untuk konfirmasi dan sudah dijawab seller
      Buyer sudah melakukan apa yang disyaratkan seller
      Lalu muncul syarat lainnya..makanya perlu dijelaskan dideskripsi produk sehingga jelas di awal
      Kalo tidak dijelaskan apa bukan penipuan namanya? Sedangkan buyer sudah bertanya

      Penjual kalo abal2 ya gini gak tau etika berjualan taunya yang penting produknya kejual

      • Nah di bagian deksripsi produk atau catatan penting kan ada. Kalau seller udah tulis tapi sampai kena moderasi yah parah. Kalaupun dia tidak tulis, tidak seharusnya di moderasi tokonya secara sepihak, yang disayangkan disini kan baik seller buyer dan tokopedia tidak ada komunikasi yang baik. Saya tidak memihak siapapun. Tapi tokopedia juga bisa menghubungi seller, dijelaskan bagaimana baiknya, beri peringatan, bukan asal moderasi aja. Mengenai kata as* memang sebenarnya ini sudah kelewatan, tapi meminta tokopedia untuk melakukan sanksi kepada buyer yang kasar juga ada pertimbagan. Sabar sabar aja kalau jualan di MP mendingan buka toko offline cari tempat rame, buka di MP lain jangan berharap di satu tempat.

    • Nawarin FREE gift
      Nothing FREE in this world
      Nawarin FREE gift
      Kan udah bilang nothing FREE in this world
      Gimana sih?
      Situ yg ga mudeng
      Matamu yg ga mudeng!!

    • Yang jadi permasalahan itu sebenarnya bukan di FREE GIFT nya lho pak Eko.

      Tp, yang pertama gak transparant nya toko dalam membuat kebijakan. Dan yang kedua, dalam hal menghandle keluhan konsumen.

      Ok., toko berhak bikin kebijakan. Tp konsumen juga berhak dong mengetahui syarat2nya dengan jelas diawal.

      Disini sudah jelas pak Eko.

    • Betul yg namanya gift adalah itikad baik, cuman yg jadi masalah kan penjual kan bilang stelah pembeli memberi bintang 5 (tuh di ss ada), terus udah dikasih bintang 5, eh malah ditambah "di pembelian selanjutnya", kl mau ga usah pake gift segala, kl tetep c penjual pngen beritikad baik, langsung aja di pembelian selanjutnya, jangan setelah dikasih bintang 5, ko jadi pusing ya

  • saya objektif ya,

    dilihat dari SS nya ya wajarlah kalo pembeli marah2, lah jelas2 ditipu si seller.

    kasus penipuan dan penipunya malah play victim

  • Free Gift tiap pembelian *SK Kasih Rating*5 dan Ulasah Menarik !
    *Tidak tertulis tiap pembelian ke1/2

    *Realnya
    Beli 1 kasih rating 5* ga dapat Gift
    Beli 1 lagi kasih rating 5* dapat Gift (Mungkin)

    *Seharusnya Free Gift tiap pembelian ke 2x

    Percakapan Tanda merah Pembeli dan Penjual
    Pembeli : lah situ yg jawabnya muter2

    Penjual : situ yg ga mudeng (Mulai duluan)

    Pembeli : matamu ga mudeng (Dituduh Penjual)

    *Ga seharusnya menghina pembeli atau memancing amarah pembeli boyy, jualan online pun harus punya adab dan etika, beri keterangan se jelas"nya..!

  • Dalam chat menunjukkan seller salah dan terindikasi untuk melakukan fraud..
    1. Buyer bertanya dan dijawab seller
    2. Buyer melakukan apa yang menjadi jawaban seller
    3. Gimik gak diterima karna ada ketentuan lain yang gak dijelaskan seller ke buyer
    4. Masalah pengiriman itu urusan seller kalo gak mau ribet jangan bikin aturan yang ribet apalagi gak jelas
    5. Harusnya akun seller dibekukan permanen.."namanya juga jualan online" maksudnya gmn? Jualan online biasa nipu?
    6. Seller komplain masalah bahasa etika buyer..sedangkan seller juga gak paham etika sebagai seller..bocil bocil

  • Membaca ss chat antara seller dan buyer, seperi 100 % komentator, fix ini salah seller dan seller seperti ini adalah seller songong.

  • Sebagai pembaca, ini sih gimmick.. penjual bahasanya juga menjebak, mungkin setelah toko di moderasi, post di mk supaya terbaca tkpd dan dibuka moderasinya.. semoga penjual berubah deh. ga perlu gimmick dan maksain kasi rating bagus.

Penulis
Adam Muhammad