Surat Pembaca

Tokopedia Membela Pembeli yang Kasar dan Tidak Menghargai Penjual

Kurang lebih kami, berjualan di tokopedia lebih dari 7 tahun, tetapi akhir-akhir ini menghadapi pembeli yang unik sampai ketemu pembeli yang berkata kasar menjurus mengatai-ngatai dengan nama hewan. Mencoba melaporkan ke tokopedia tetapi tidak ada tindakan tegas kepada pembeli.

Pembeli memberikan ulasan dan rating yang tidak sesuai, saya counter dan saya laporkan tetapi lagi-lagi tidak ada tindakan tegas. Parahnya, malah penjual disuruh ngemis-ngemis ke pembeli sendiri untuk merubah hal tersebut.

Sampai pada akhirnya karena sudah kelewatan menyamakan manusia dengan binatang, saya counter di ulasan yang dia tulis dengan tujuan agar penjual atau pembeli mengerti kenapa ada ulasan yang tidak sesuai tersebut. Ternyata tokopedia berpihak terhadap pembeli dan memoderasi toko saya selama 7 hari karena counter di ulasan tersebut.

penghinaan dari pembeli

Luar biasa keberpihakan tokopedia terhadap ketidakadilan seperti itu. Selama 7 tahun berjualan tidak pernah ada masalah, kali ini ketemu pembeli yang super unik. dan meng-counter malah dimoderasi. Katanya untuk edukasi, edukasi kok langsung menghukum? Sedangkan pembeli gak ada tindakan tegasnya.

Semoga rekan-rekan seller berhati-hati untuk berjualan di tokopedia, dan usahakan jangan hanya punya 1 toko di e-commerce, buka juga di toko yang lain. Semoga ada keadilan untuk UKM kecil seperti yang kami alami ini.

Terima kasih.

Adam Muhammad
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ini sih trik si penjual biar dpt bintang 5 zzzzz

    Lihat aja di ss percakapan. Si pembeli sudah nanya, "sesudah order lagi kak?"

    Lu jawab "sesudah beri ulasan dan rating"

    Jujur aja makanya gak usah gimmick" ngejebak segala.

    Lucu juga nih ts, mempermasalahkan buyer yang kasar, tapi dia gak nyadar diri pakai trick ngejebak buyer gitu.

  • gak perlu baca panjang lebar dah itu kamu udah bohongin pembeli, tulis yg jelas s&k ketentuannya, bilang setelah order ke 2 gitu..
    bilang orang gak mudeg ya wajarlah orang ksel...
    dan paling ksel juga ama orang maksa buat di kasih bintang 5 padahal kualitas barang pas pasan, harusnya toko2 seperti itu di banned aja sekalian.

  • Lucu banget ada maling teriak maling, mau curhat kena bully sejagat... Ya ialah dia curhat ke orang bukan ke hewan toh, kadang² yg bgini nih perlu diberi pelajaran...

    Sory sory ya apalagi smpai menjerumuskan online shop nya, koq bisa sih tokopedia masih bisa kasih kesempatan bahkan moderasinya di cabut...

    Ironis banget, semoga ini jdi pelajaran buat siapapun krna kebenaran itu logika berpikir yg simple, smua yg komen di sini hnya perlu wktu singkat tnpa pikir panjang untk menilai mana yg benar & salah

    Salam

  • Berdasarkan chat yang dilampirkan, seller yang salah,
    Sudah selayaknya mendapatkan bintang satu hukuman karena penjelasan yang sprti menipu.
    Kalau saya pembelinya, ane upload itu SS chat di komentar, biar pada tau semua penjualnya g bener.

  • Penulis sekaligus penjual yang ***********...!!!

    Dari screenshot terlihat pula bahwa penjual bilang gift diberikan setelah ini, setelah memberikan ulasan dan rating.

    Kalau pembeli udah kasi ulasan dan rating 5, ya lu wajib kirim. Biaya ongkir lu kirim pakai uang pribadi.

    Gift SAAMPAAH aja dikasih ke pembeli demi rating bagus, lalu pembeli harus order lagi? Wakakakakak... MISSKIN rating lu penjual.

    Ini bukan miskomunikasi! Tetapi penjual yang MISSKIN rating dan mempersulit pengiriman gift.

    • Yah ini mah sellernya yang dungu, jelasinnya kaya orang males. Gimana gak geram tuh pembeli.

  • Spill dong nama ini seller apa ? Biar gak ketipu juga kyk nasib buyer yg dipost disini. Jualan kok gak amanah. Dilurusin sama yg lain malah ngotot.

  • Tokonya namanya adamsay23 ya? Dari pengecekan sederhana, saya lihat tokonya memiliki reputasi baik. Sabar gan kalau menghadapi pembeli yang rewel dan netizen yang zaman modern ini. Keep moving forward.

    • Wah., wah..
      Sy sebagai konsumen lihat gini jadi mikir juga om mau beli ditempat situ.
      Bukan situ aja sih, tp toko2 yg ada iming2 hadiah sementara SK nya gak transparant ky gitu.
      Emang, minta rating bagus itu juga bagian dari strategi bisnis. Tp alangkah baiknya, rating bagus itu diberikan konsumen krn konsumen puas belanjanya.

      Yang kedua, handle permasalahan situ kurang baik. Situ awalnya yang mancing duluan kan. Bikin kecewa konsumen.

      Sudah benar tuh Toped bikin kebijakan ky gitu, gak melihat dari lamanya toko berdiri dan banyaknya transaksi menyebabkan toko2 bisa semaunya sendiri.

      Semoga situ bisa belajar menjadi lebih baik dan bisa dijadikan pelajaran buat yang lain agar bisa lebih terbuka dalam membuat kebijakan untuk tokonya.

    • Tokopedia tidak berpikir kalau seller sebetulnya juga adalah seorang pembeli yang sangat" potensial yang mana udah ga mikir lagi cari gratis ongkir dibanding pembeli pemula yang mana selalu mencari gratisan ongkir ?

  • Saya kok jadi curiga ini permainan toko sebelah Sh*p**, yang selalu menganggap raja si penjual, ini kek paying victim haha, padahal penjualnya sendiri yang salah, banya yang dislike lagi, malu lah kamu!

    • Lha kenapa jd konspirasi pak, yg nama ny jual beli pasti ada aja yg kayak gini, itu nama toko ny, sempet di spill dgn yg lain. Dia emng penjual biasa, cmn lg kena apes doang dibully ama netizen.

      Mungkin dia panik toko ny di moderasi, takut ditutup dn berpikir gara2 masalah itu doang, akhirnya ngadulah ke MK. Ya dia jg salah knp begitu ama pembeli, tp kesalahan dia sbnrnya gak fatal2 amat kok .

  • Sama2 uniknya,penjual membalas makian dr pembeli.gift juga jebakan,harusnya ketika di tanya anda jawab sedetil2nya biar gak salah paham.

Penulis
Adam Muhammad