Kategori: Surat Pembaca

Pinjaman di Bank BRI Telah Lunas, tapi Jaminan BPKB Belum Juga Dikembalikan

Beberapa tahun lalu, istri saya (a.n. Evi Tanrianto Syamsuddin), mengajukan pinjaman di Bank BRI Unit Cendrawasih Makassar, dengan jaminan BPKB mobil. Setelah pinjaman disetujui dan berjalan beberapa tahun, akhirnya lunas. Berikut ini bukti pelunasan berupa screenshot dari SMS banking, karena pembayaran pinjaman melalui auto debit dari rekening istri saya:

Pada saat jaminan BPKB kami mau diambil, tepatnya pada bulan Maret 2022, pihak Bank BRI tidak dapat memberikan jawaban yang jelas terkait jaminan BPKB kami, yang selama masa pinjaman disimpan oleh pihak bank.

Beberapa kali kami tanyakan, tetapi jawaban dari pihak Bank BRI Unit Cendrawasih Makassar hanya disuruh menunggu, tanpa ada alasan yang jelas. Kemudian kami diberikan kontak CS dan Kepala Unitnya, tetapi kami hanya mendapatkan jawaban yang sama yaitu kami disuruh menunggu dengan alasan BPKB kami sedang dicari.

Kami sangat kecewa dengan pelayanan Bank BRI yang tidak professional. Selama masa pinjaman kami selalu membayar tepat waktu, tetapi setelah pinjaman kami “LUNAS”, jaminan kami tidak dikembalikan dengan alasan yang tidak jelas.

Farindra Dwi Hermansyah
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Bingung juga dengan kebjikan BRI ini.
    Kadang kebijakan tiap2 unit itu berbeda .
    Sy juga pernah mengalami hal yg sama.
    Angsuran kurang beberapa bulan dan mau sy lunasi, kata CS nya ga bisa kalo mau pelunasan karna masih kurang 6 bulan lebih.
    Padahal kalo di logika itu hak kami sebagai konsumen jika mau pelunasan, toh yg di pakai pelunasan juga uang kita sendiri.
    Setelah drama beberapa jam akhirnya bisa pelunasan dengan syarat kena pinalty dan lain sebagainya.
    Sy pun bersedia membayar nya.
    Setelah membayar sisa angsuran beserta pinalty nya, sy meminta jaminan sy berupa Sertifikat Rumah untuk di kelurkan dan bisa sy bawa pulang.
    Tapi CS nya malah bilang kalo ga bisa di keluarkan saat itu juga.
    Harus menunggu lagi .
    Lah itu jaminan punya kita, bukan punya BRI.
    Sy pun juga sudah melunasi kewajiban sy malah sy percepatan pelunasan.
    Kenapa kok di bikin ribet dan susah mau minta barang kami sendiri.
    Akhirnya sy berdebat dengan kepala unit dan CS nya .
    Dan secara terang2an sy bilang kalo kecewa dengan pelayanan BRI yg merasa paling di butuhkan masyarakat menjadi semena mena dan semaunya sendiri.
    Akhirnya tidak lama kemudian sertifikat di serahkan ke sy.
    Kadang kepala unit sama CS nya itu kurang ajar.
    Yg seharusnya bisa di buat ga bisa dan dibuat rumit.
    KAPOK PAKE BRI.

    • wajarlah om namanya juga plat merah, aku aja proses pindah/take over kredit ada aja masalahnya. mau seperti bca tapi secara pelayanan belum mumpuni layaknya utara dan selatan.

  • Sy sudah beberapa kali minjam melalui BRI, pas pinjaman lunas, besok sy datang dan lapor ke cs, bahwa pinjaman sdh lunas, kemudian di cek, ternyata benar langsung BPKB di kembalikan dan dpt surat keterangan bahwa BPKB tsb sudah tidak lagi di jadikan anggunan di bank BRI, sudah tidak diblokir lagi

  • Kirain saya doang.
    Sudah 2 tahun berlalu saya jaminkan BPKB MOTOR JUFITER MX di BRI KUNINGAN CABANG KECAMATAN CINIRU.
    setelah saya lunas.saya pinta BPKB ga ada dan alasannya berbelit"
    Saking cape nya.dan ga tau harus ngadu kemana.sampe saat ini BPKB saya tidak kembali./ Hilang
    dan saya nyatakan Tidak mau urusan lagi sama BRI.
    Mungkin dengan adanya artikel ini.ada pihak BRI yang mau turun tangan atau bantu masalah ini.

  • Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Saya ingin berbagi pengalaman dan saya berharap mendapatkan saran, masukan dan solusi dari pembaca.
    Tanggal 7 mei 2022 saya pencairan pinjaman kur Rp. 10.000.000 angsuran 12 bulan di Kantor Bank BRI 6255 UNIT GAMPENGREJO KEDIRI. Setelah berjalan 12 bulan dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor roda 2 Alhamdulillah lunas Tanggal 30 Mei 2023. Mengajukan lagi pinjaman kur 15jt dan BPKB masih di Bank karena mau mengajukan pinjaman lagi.
    Setelah itu di suruh memberikan informasi kepada mantri yang bertugas di wilayah saya.
    Mantri saya hubungi setelah saya hubungi Mantrinya minta untuk di japri lagi saat tgl muda, tanggal 3 dan 5 Juni saya japri karena tidak ada respon saya ke Bank BRI untuk meminta informasi apakah pengajuan di terima atau tidak.
    Informasi dari CS Bank yang kalau melihat dari pembayaran angsuran yang pernah nunggak pengajuan tidak di ACC. Karena tidak di ACC saya berniat mengambil jaminan ternyata harus membawa KTP. Karena tidak membawa KTP saya pulang.
    Tgl 12 juni jam 3 sore saya datang lagi membawa ktp dan mengajak suami
    Diblokir sama satpamnya.
    Satpam menginfokan sebentar lagi akan ada rapat dan masih ada 4 antrian di suruh besok saja dan meyakin kan saya jaminannya tidak akan hilang
    Akhirnya saya pulang. Tgl 13 juni hari Selasa saya datang lagi bersama suami jam 11 siang
    Jam setengah 12 giliran saya di proses saya menjelaskan akan mengambil jaminan, ternyata jaminan saya ketlisut saya di kasih pilihan nunggu apa besok?
    Saya milih nunggu karena saya dan suami bekerja kalau sering izin tidak enak sama bos dan rekan kerja.
    Saya di suruh duduk lagi di tempat antrian
    Sampai jam setengah 1 siang menunggu saya tidak sabar karena ada janji
    Saya tanya ke satpam nya ini gimana apa tidak ada temannya yang membantu mencari kok lama sekali,
    Kata satpamnya yang nyariin sedang beli bakso. Haduh kecewa sekali saya padahal saya sudah bilang kalau jam 1 saya ada kerjaan tapi malah tidak di layani dengan baik, Cs nya juga malah melayani yang lain, mengutamakan yang lain, saya juga antri dan itu giliran saya, untuk mendapatkan kepuasan dan pelayanan yang baik, saya sangat kecewa
    Setelah itu csnya manggil saya dia marah-marah ke saya. Minta untuk toleransi dan kerjasama agar sama-sama berjalan karena yang di layani bukan hanya saya. Minta untuk pulang dulu nanti di hubungi secepatnya. Dan mempersalahkan tentang angsuran saya yang nunggak. Saya hanyalah nasabah yang telah memenuhi kewajiban menyelesaikan angsuran tepat 12 bulan
    Dan meminta hak mendapatkan pelayanan yang baik dan mendapatkan jaminan saya kembali
    Saya di suruh ninggalin no hp dan nanti di hubungi secepatnya, saya minta kepastian tapi Cs nya tidak memberikan kepastian kapan saya bisa mengambilnya dan CS nya menginformasikan kalau ngambil tidak perlu bawa KTP. Di sini saya merasa cemas dan curiga.
    Saya pulang ke rumah, 24 jam saya menunggu informasi dari pihak bank dengan khawatir, karena itu dokumen berharga bagi saya tapi nihil. Tanggal 16 Juni 2023 saya japri mantri meminta bantuan untuk menginfokan kepada CS nya menyiapkan dokumen Hari Senin mau saya ambil.
    Dari pengalaman saya tersebut apa yang harus saya lakukan apabila saya tak kunjung mendapatkan dokumen BPKB saya kembali?
    Mohon sarannya🙏🏻

Penulis
Farindra Dwi Hermansyah