Pinjaman di Bank BRI Telah Lunas, tapi Jaminan BPKB Belum Juga Dikembalikan

Beberapa tahun lalu, istri saya (a.n. Evi Tanrianto Syamsuddin), mengajukan pinjaman di Bank BRI Unit Cendrawasih Makassar, dengan jaminan BPKB mobil. Setelah pinjaman disetujui dan berjalan beberapa tahun, akhirnya lunas. Berikut ini bukti pelunasan berupa screenshot dari SMS banking, karena pembayaran pinjaman melalui auto debit dari rekening istri saya:

Pada saat jaminan BPKB kami mau diambil, tepatnya pada bulan Maret 2022, pihak Bank BRI tidak dapat memberikan jawaban yang jelas terkait jaminan BPKB kami, yang selama masa pinjaman disimpan oleh pihak bank.

Beberapa kali kami tanyakan, tetapi jawaban dari pihak Bank BRI Unit Cendrawasih Makassar hanya disuruh menunggu, tanpa ada alasan yang jelas. Kemudian kami diberikan kontak CS dan Kepala Unitnya, tetapi kami hanya mendapatkan jawaban yang sama yaitu kami disuruh menunggu dengan alasan BPKB kami sedang dicari.

Kami sangat kecewa dengan pelayanan Bank BRI yang tidak professional. Selama masa pinjaman kami selalu membayar tepat waktu, tetapi setelah pinjaman kami “LUNAS”, jaminan kami tidak dikembalikan dengan alasan yang tidak jelas.

Farindra Dwi Hermansyah
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BRI:
[Total:29    Rata-Rata: 2.1/5]

6 komentar untuk “Pinjaman di Bank BRI Telah Lunas, tapi Jaminan BPKB Belum Juga Dikembalikan

  • 20 Mei 2022 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Bingung juga dengan kebjikan BRI ini.
    Kadang kebijakan tiap2 unit itu berbeda .
    Sy juga pernah mengalami hal yg sama.
    Angsuran kurang beberapa bulan dan mau sy lunasi, kata CS nya ga bisa kalo mau pelunasan karna masih kurang 6 bulan lebih.
    Padahal kalo di logika itu hak kami sebagai konsumen jika mau pelunasan, toh yg di pakai pelunasan juga uang kita sendiri.
    Setelah drama beberapa jam akhirnya bisa pelunasan dengan syarat kena pinalty dan lain sebagainya.
    Sy pun bersedia membayar nya.
    Setelah membayar sisa angsuran beserta pinalty nya, sy meminta jaminan sy berupa Sertifikat Rumah untuk di kelurkan dan bisa sy bawa pulang.
    Tapi CS nya malah bilang kalo ga bisa di keluarkan saat itu juga.
    Harus menunggu lagi .
    Lah itu jaminan punya kita, bukan punya BRI.
    Sy pun juga sudah melunasi kewajiban sy malah sy percepatan pelunasan.
    Kenapa kok di bikin ribet dan susah mau minta barang kami sendiri.
    Akhirnya sy berdebat dengan kepala unit dan CS nya .
    Dan secara terang2an sy bilang kalo kecewa dengan pelayanan BRI yg merasa paling di butuhkan masyarakat menjadi semena mena dan semaunya sendiri.
    Akhirnya tidak lama kemudian sertifikat di serahkan ke sy.
    Kadang kepala unit sama CS nya itu kurang ajar.
    Yg seharusnya bisa di buat ga bisa dan dibuat rumit.
    KAPOK PAKE BRI.

    • 4 Juni 2022 - (19:59 WIB)
      Permalink

      wajarlah om namanya juga plat merah, aku aja proses pindah/take over kredit ada aja masalahnya. mau seperti bca tapi secara pelayanan belum mumpuni layaknya utara dan selatan.

  • 20 Mei 2022 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Sy sudah beberapa kali minjam melalui BRI, pas pinjaman lunas, besok sy datang dan lapor ke cs, bahwa pinjaman sdh lunas, kemudian di cek, ternyata benar langsung BPKB di kembalikan dan dpt surat keterangan bahwa BPKB tsb sudah tidak lagi di jadikan anggunan di bank BRI, sudah tidak diblokir lagi

  • 20 Mei 2022 - (22:44 WIB)
    Permalink

    Kirain saya doang.
    Sudah 2 tahun berlalu saya jaminkan BPKB MOTOR JUFITER MX di BRI KUNINGAN CABANG KECAMATAN CINIRU.
    setelah saya lunas.saya pinta BPKB ga ada dan alasannya berbelit”
    Saking cape nya.dan ga tau harus ngadu kemana.sampe saat ini BPKB saya tidak kembali./ Hilang
    dan saya nyatakan Tidak mau urusan lagi sama BRI.
    Mungkin dengan adanya artikel ini.ada pihak BRI yang mau turun tangan atau bantu masalah ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Pinjaman di Bank BRI Telah Lunas, tapi Jaminan BPKB Belum Juga Dikemba…

oleh Farindra Dwi Hermansyah dibaca dalam: 1 menit
6