Surat Pembaca

KPR Bank BTN Sudah Lunas, tapi Sertifikat Belum Juga Ada

Dear Bank BTN team,
CC: Sinar Griya Utama (sebagai developer)

Hari ini 12 Juli 2022, saya ingin dan memohon dengan sangat, agar saya dapat mengetahui setidaknya sudah sampai mana status pengurusan sertifikat rumah saya. Karena saya sudah melunasi KPR tersebut pada bulan Agustus 2021.

Saya sudah coba datang ke Bank BTN cabang Kranji Bekasi untuk menanyakan statusnya. Namun dari pihak bank juga tidak bisa memastikan kapan sertifikat ada. Saya diinformasikan agar dapat menghubungi atau konfirmasi secara berkala langsung dengan developer, yaitu PT. Sinar Griya Utama, yang beralamat di jalan Boulevard Hijau Harapan Indah. Saya bingung, kenapa klien/customer harus bolak balik untuk konfirmasi sendiri ke developer? Sedangkan saya melakukan perjanjian akad KPR dengan Bank BTN.

Okelah saya tidak masalah mengenai hal tersebut. Akhirnya saya rutin beberapa minggu atau bulan sekali datang ke developer tersebut guna mempertanyakan status sertifikat rumah saya. Namun infonya untuk sertifikat sedang diproses dan sampai kapan tidak bisa meng-estimasikannya. Sampai 11 bulan lamanya saya mem-follow up, status ini tak kunjung ada kejelasan.

Setelah sering capeknya saya bolak balik untuk konfirmasi hal tersebut, saya akhirnya mendapatkan kontak pejabat notaris yang mengurus sertifikat saya. Saya juga sudah bertemu langsung dengan staf dan notarisnya langsung. Namun hampir 1 bulan tidak ada kejelasan sampai saat surat ini saya tulis 12 Juli 2022, beliau tidak bisa memberikan informasi sudah sampai mana. Hanya selalu dapat jawaban “Dicek dulu”.

Please, saya melunasi rumah ini dengan uang yang tidak sedikit, menghabiskan banyak waktu dan uang transport untuk mem-follow up masalah ini. Bahkan banyak waktu cuti pekerjaan saya yang terbuang sia-sia untuk hal ini.

Mohon bantuan sekiranya dari Bank BTN selaku kreditur, agar dapat membatu saya mengenai status sertifikat rumah saya. Terima kasih.

Salam.

Achmad Sofyan Ridwan
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mohon untuk bank BTN segera bertindak, sudah banyak konsumen seperti ini termasuk saya, mau sampai kapan hal ini terjadi terus hanya untuk mementingkan laba kecil, tapi menghancurkan reputasi yg akan dibangun, terima kasih

    • BTN itu Tdk profesional saya pun juga korbannya udah 1 thn lebih saya bayar lunas di BTN Ciputat sampai saat ini sertifikat saya blm dapat ,banyak permainan di dalam nya antara developer
      Perumahan Ning's Residence Kali suren dengan Pihak BTN , makanya saya anjurkan jgn pilih bank yg bermasalah utk pengurusan KPR masih banyak Bank yg lebih baik dan profesional ,

  • Begini ya bossque saya kasih paham nih. Antum kpr sama btn itu fasilitasi buat pembiayaan rumahnya. Kalo antum punya cash pasti ngga kpr kan ya? Terus sertipikat gimane, sertipikat yg nerbitin BPN alias kantor pertanahan domisili rumah kpr antum. Nah tau sendiri kan kantor pertanahan tuh gimane lambretta lamborghini kalo nerbitin sertipikat, dah gitu banyak mafia tanah lagi!

    Tapi kan ana bayar ke btn pokoknya sertipikat di BTN, eh kagak begitu malih! BTN ngga punya kuasa nerbitin sertipikat, sama kaya antum leasing motor, emang yg nerbitin BPKB leasing, ya kagaklah polisi kan?

    Mumpung menteri BPN udah ganti bukan si djalil lagi, geber noh sertipikat ke BPN. Menteri yg sekarang ex angkatan, lebih care dari yg kmaren, ada hotline khusus soal sertipikat, hard komplain aja pasti dibantu. Sampe sini paham ya? Semoga cepet kelar sertpikat tanah antum..

    • Maaf antum ngomong apa sih saya kurang mengerti,bedanya sertifikat saya dan sebelah rumah saya apa yah,kenapa sebelah rumah saya udah ada tapi sya belum.. bisa bantu jelaskan? Kalau sertifikat belum jadi lantas BTN berani membeli properti untuk kreditur dari developer jaminan nya apa?