Surat Pembaca

Penipuan Berbentuk Pinjol

Nama saya Lai Yunie Yanto. Karena satu dan lain hal, saya ada kebutuhan mendadak untuk memakai uang 3 hari lagi dari tanggal sekarang, yaitu tanggal 6 September 2022. Namun apa daya, saya malah mengalami kejadian yang sangat menyeramkan sekali, hanya karena iklan yang sering banget nongol pas buka video di Youtube.

Nama aplikasinya: NICE PINJAMAN. Videonya sering banget nongol dengan aktor pria berkacamata. Tadinya saya pikir aplikasi ini bisa membantu untuk memecahkan masalah saya. Akhirnya saya install aplikasi ini, lalu mengikuti semua prosedurnya sampai selesai.

Pada saat akhir proses, kita diberikan beberapa link untuk peminjaman, yang hanya terlihat limit pinjaman. Lalu saya masukkan jumlah uang yang saya butuhkan, agar saya bisa melihat bunga dan tenor yang bisa saya dapat. Lalu saya klik proses. Namun tiba-tiba sudah ada notifikasi  bahwa pinjaman sudah berhasil, tanpa saya tahu bunga dan pinjaman yang saya dapat berapa.

Sudah ada 3 aplikasi yang tiba-tiba sudah transfer uang ke rekening saya. Prosesnya memang mudah, tetapi penipuannya jelas dan vulgar banget. Saya juga lihat review-nya di Google Play Store pun banyak yang berkomentar seperti saya. Ini aplikasi penipuan.

Pinjaman saya ada 3, masing-masing jumlahnya berkisar 1,5 – 1,6 juta rupiah, tapi jumlah yang saya terima 1 jutaan rupiah. Potongannya Rp500 ribuan. Harus dikembalikan dalam tempo 7 hari dengan nominal 1,5 – 1,6 juta rupiah. Asli ini aplikasi yang menyeramkan sekali, lebih parah dari vampire pengisap darah. Kok bisa sampai lolos dan bisa beroperasi dengan bebas?

Terlampir nomor kontak CS-nya, yang bukan nomor Indonesia dan tidak merespons. Tolong ditindak lanjuti OJK. Saya merasa tertipu dan tidak mau proses ini berkelanjutan. Saya mau kembalikan uangnya saja dan berkeberatan untuk bayar bunga yang mencekik.

Lai Yunie Yanto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Jangan dibayar wkwk rejeki nomplok.. Tapi siap2 semua kontak di hp bakal di teror, bilang aja penipuan,, simple aja..
    Pinjol ilegal gk ada kekuatan hukum..

  • Wah wah... untung saya belum pengajuan, masih mikir2 1000x sebelum klik proses.
    eh bener kejadian ada yang ketipu....

    • Brooo be real aja.. udah berapa kali ada orang ketipu pinjol disini banyak bgt.. lu masih aja minjem pinjol duhhh.. miris.. bloon bgt yg masih pinjem pinjol..wkwkwk

    • Waduh serem banget.... Anda bilang mau langsung dibalikin? Sepertinya gak semudah itu Ferguso.... Karena sudah kadung ditransfer.... Saran saya, biar hidup anda kembali indah dan damai gak diteror DC, kembalikan uang beserta bunganya.... Dan segera uninstall aplikasinya ..dan bilang kemereka utk menghapus data-data anda di server mereka... dan berikan ancaman agar mereka jangan coba-coba menyebar data-data anda ke aplikasi lain....

  • Itu aplikasi dompet excellent cuma ganti casing aja jadi nice pinjeman ane juga sama belum liat tenornya dan belum ngajuin pinjeman sudah di transfer ya ane gak bayar.dc telpon ane ajakin berantam udah gtu gak bls sms dan teror lagi.bangkrutin pinjol ilegal aja cuyy

  • Permisi saya numpang curhat..
    Saya dulu nasabah di DOMPET EXCELLENT yang sekarang berganti nama menjadi NICE PINJAMAN..
    Dan saya sdh beberapa kali mengambil pinjaman dari mereka dan walau bunga dan jangka waktu yang sangat singkat, saya selalu membayar mereka tepat waktu..
    Dan setelah beberapa hari ini saya mencari info mengenai PINJOL LEGAL dan ILEGAL (baik melalui OJK ataupun membaca dari surat teman² di MEDIA KONSUMEN) akhirnya saya tahu bahwa DOMPET EXCELLENT alias NICE PINJAMAN adalah pinjol ilegal.
    Hari ini ada pinjaman saya yang jatuh tempo di aplikasi tersebut. tapi setelah saya memperoleh info mengenai status mereka saya memutuskan untuk melawan, saya tidak akan membayar mereka, tp saya ada sedikit ketakutan mengenai teror yang akan saya terima hari² kedepannya.
    Saya ingin mengetahui pendapat dari teman-teman sekalian, apakah yang saya lakukan ini adalah hal yang benar? Dan bagaimana caranya menghindati teror dari dc mereka?

    • secara aturan benar, anda tidak diwajibkan membayar

      dan saya tahu akan banyak yang menghujat komen ini atau tidak setuju, tapi pertanyaan saya cuma satu

      apakah anda nyaman mengambil uang dari orang jahat/salah?

      kalau iya ya udah, g usah dibayar, kalau anda tidak nyaman, ya bayar saja. orang sini sudah menormalkan tindakan ini, terserah moral anda aja gmn, kalau saya sih prinsip nya mengambil uang itu salah, karena itu bukan uang kita, itu kita pinjam.

      kalau data anda seperti alamat rumah, kontak2 dari HP sudah di mereka ya tidak bisa dihindari teror nya, kalau keterlaluan lapor aja k polisi, tapi kadang itu juga butuh biaya, tidak semua polisi mau bertindak kalau tidak ada uang, jadi percuma anda mengambil uang dari mereka hanya untuk ujungnya bayar polisi. terima saja teror nya dan bilang tidak mau bayar, gitu aja dah, lama2 mereka berhenti sendiri

    • @Marfen
      Kondisikan ke kontak2 anda semu yg di WA di broadcast bahwa yg nengaku2 DC nagih2 utangan tsb adalah seseorang yg berusaha menipu yg dikontak oleh DC.
      Kalau ada data2 yg diupload DC bilang aja itu pemalsuan data.
      Dijamin yg ada dikontak anda itu berbalik menyerang DC .
      Jangan lupa aplikasinya semua yg berhubungan dengan aplikasi pinjol dihapus cepet drpada semua data diambil penjahat pinjol ilegal.

      • Iya ..
        Langkah pertama uninstall applikasinya dulu, soalnya di awal install mereka minta izin akses kontak & lokasi.
        Kalau kontak sudah di akses mereka, langsung info ke orang orang yang sudah dikontak mereka, kalau hp kamu di hack.
        Tiap mereka nelpon atau chat by whatsapp langsung blok aja.
        Tapi selain terror, mereka juga kadang memberi pancingan lagi by sms atau chat whatsapp kalau kamu dapat pinjaman yang sudah di acc dengan memberikan link. Jangan diklik link nya, itu jebakan lagi. Langsung blok aja nomornya.

        • Sdh sy uninstall dr teman jg dpt masukan untuk bersihkan akun email dr histori penelusuran bahakan histori wa (lihat dsettingan akun) bersihkan semuanya sampai tdk bersisa. Saya jg telah menghapus semua kontak dhp dan beralih nomor dan sebeumnya sdh mewanti2 kekuarga, teman dan semua yg mungkin menyimpan kontak saya. Sy sdh tdk berniat mengembalikan krna dar total yg masuk ke rekening saya dan yg saya bayarkan sdh lebih jd sy menganggap itu sdh lunas adapun bunga2 yg bertebaran dmana2 itu tdk sy masukkan hitungan lg.

    • Kl sdh di uninstall semua sih ga akan diambil lagi ya. Kecuali dia menyisipkan aplikasi 'selundupan'. Cek saja sama antivirus mcafee atau avg for android.

  • Kejadian ini seperti yang saya alami, persis. Saya pun ingin kembalikan dananya. Ketika saya dihubungi oleh pihak dompet excellent, saya disuruh mengembalikan dana yg masuk. Dan ketika saya sdh mengembalikan dana tersebut. Malah nom saya yg di blokir. Dan saya ttp di tagih oleh dc. Semua nom kontak saya di hack dan dihubungi. Jd berhati² lah.

  • Hati2 jangan asal balikin bisa2 anda kena tipu sma penipu. Jangan main comot nomor cs dari web. Kalau gak mau balikin karna ilegal tersrah anda. Kita miskinkan pinjol ilegal

  • Terimakasih buat komentar komentarnya. Intinya sih saya mau kembalikan dananya kok. Tidak seberapa lama saya muat kasus ini di media konsumen, langsung ada tanggapan dari "Nice Pinjaman".
    TERIMA KASIG MEDIA KONSUMEN, KEKUATANNYA NYATA.
    Katanya applikasinya error dan ada 30 konsumen yang mengalami kejadian seperti saya. Hanya saja nomor CS nya banyak sekali dan nomor rekening yang dikasih pun ada 2. Dan penagihan dari DC lewat whatsapp pun sudah mulai horror. Dari yang saya niat mengembalikan, tapi dengan cara penagihan kasar seperti ini dan sudah saya infokan di awal, kalau memang sudah terlanjur diproses, jangan ganggu saya sebelum tanggal jatuh temponya, membuat saya berpikir dua kali untuk mengembalikan uang tersebut
    Berikut daftar bank yang diinfokan untuk pembayaran. Makin membingungkan. Saya tidak masalah bayar pengembalian uang berikut bunga, tapi saya benar benar merasa ditipu dan ditambah lagi cara penagihannya yang kasar, dan juga ketidak jelasan pembayaran harus bayar kemana. Karena saya terima transferan dari 3 rekening yang berbeda, saya seakan akan berurusan juga dengan 3 pihak yang berbeda, padahal pengajuan lewat 1 applikasi.
    Data data saya sudah terlanjur dihack mereka, saya hanya bisa membuang applikasi mereka di HP saya untuk langkah terakhir

    *BANK PERMATA*
    727004000259840

    Bank MANDIRI
    A/n Kode PEMBATALAN : JKT-729556
    Nominal : Rp 3.217.000
    No VA : 887841305729556

    • @Lai Yunie Yanto
      Hold dulu pembayarannya, musti jelas dulu perusahaannya atas nama perusahaan apa?
      Kemudian cek lagi di ahu.go.id atas nama perusahaan itu bener apa gadungan?

      Bingung ngembaliin? ada jalan pintas/akhir.. Dana nya serahkan sepenuhnya ke pengadilan tinggi negeri terdekat dengan domisili anda. Nanti diterima oleh panitera pengadilan dan ada tanda terima dan berita acara juga.
      Ini sekedar saran, yah.

      Dijamin tuh DC kocar-kacir

  • Jgn dibayar hp di silent aja trus klo dia tlp angkat aja di ajak ngobrol ngalur ngidul pura2 dungu aja wkkwkkwkkw