Surat Pembaca

Jebakan Aplikasi Pinjol “Ringan Pinjam”

Pada hari Sabtu tanggal 10 September 2022 pukul 10.00 WIB, saya dengan tidak sengaja telah men-download aplikasi pinjol Ringan Pinjam. Di mana aplikasi tersebut selalu muncul ketika saya sedang membuka aplikasi Youtube. Dengan tidak sengaja aplikasi Ringan Pinjam tersebut ter-download dan tersimpan di hp Samsung A10 saya.

Karena rasa penasaran, saya membuka aplikasi Ringan Pinjam tersebut, hanya ingin tahu saja. Setelah saya membuka aplikasi tersebut, ada beberapa langkah yang harus diisi. Saya diminta memasukkan nama lengkap, nama ibu kandung, NIK, nomor telepon, foto diri. Langkah tersebut telah saya ikuti.

Setelah saya mengikuti langkah yang ada di aplikasi tersebut, saya melihat ada pengajuan pinjaman uang. Akan tetapi saya tidak mengajukannya dan kemudian meninggalkan aplikasi tersebut, tanpa melakukan pengajuan apa pun atau tidak memilih pilihan apa pun yang ada di dalam aplikasi Ringan Pinjam tersebut.

Setelah kurang lebih 30 menit kemudian, ada pemberitahuan dari aplikasi tersebut, bahwa pinjaman berhasil dan dana telah masuk ke rekening BRI saya. Dengan rasa kaget, saya langsung mengecek BRImo saya dan ternyata benar ada dana masuk sebesar Rp1.152.000 dengan kode referensi 220979KC5MBS notes. Uang tersebut masuk pada tanggal 10/9/2022 | 10:39:53 WIB.

Setelah saya mendapati hal tersebut, saya kembali membuka aplikasi Ringan Pinjam untuk melakukan pengecekan. Setelah saya membuka aplikasi Ringan Pinjam tersebut, saya melihat sudah ada pemberitahuan pembayaran sebesar Rp1.800.000 jatuh tempo pada tgl.16/9/2022 dari SOBAT SAKU/DOMPET SUPER.

Karena saya tidak pernah melakukan pengajuan peminjaman, saya membuka riwayat pengajuan di aplikasi Ringan Pinjam. Di dalam riwayat pengajuan, di situ ada pengajuan 2 kali, yaitu dengan nominal Rp3 juta dan Rp2 juta.

Aplikasi ringan pinjam yang merugikan

Karena saya tidak pernah melakukan pengajuan peminjaman apa pun di aplikasi tersebut, saya mengikuti langkah untuk menghubungi CS di aplikasi tersebut ke nomor +66 80 934 6288 untuk klarifikasi dan mau mengembalikan dana yang masuk ke rekening saya. Akan tetapi nomor tersebut tidak bisa tersambung, baik melalui telepon maupun WhatsApp.

Saya tidak pernah melakukan pinjaman di aplikasi tersebut, tapi diminta harus membayar pinjaman dengan nominal Rp1.800.000. Karena ada unsur tindakan penipuan secara online, akhirnya saya mengambil langkah untuk melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib untuk melindungi data-data saya baik kontak, foto dan file yang ada di hp saya, dari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Wiwit Anis Miawati
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Banyak yang bilang kalo gak niat pinjem ngapain ngisi data dan foto segala itu bahasa dc yang dablek orang ngisi data, ngambil foto emang niatnya mau minjem tapi orang minjem itu juga dikasih informasi dulu sebelum duit masuk berapa tempo dan bunganya kalo dia keberatan sudah pasti gak jadi minjem, kalo dia setuju baru dia klik setuju bukan baru ngisi data klik pinjam duit langsung masuk kerekening lalu tempo serta bunga baru diberitahukan setelah duit masuk yah itu namanya jelas jelas NIPU..... Nalar dipakai dulu sebelum ngasih argumen jadi kelihatan kan kedoknya

    • Saat ini saya sudah diancam berkali2 dan fotho saya n KTP saya disebarluaskan sama orang2 terdekat saya sampai2 saya tidak punya nomer temen saya juga dia dpt kiriman fotho n pinjaman atas nama saya... Jadi saya bingung harus gimana skrg... Tolong segera berantas pinjol kayak ini... Saya sudah irang susah malah mau dibikin susah terus... Tolong smua narasumber berikan saya solusi...

    • Mba Dhita.. mau tanya kasus aq sama mba sama.. tiba tiba aq ditf 1.040.000 , aq jg bingung padahal aq ngga ngajuin pinjaman..
      Banyak dc yg tlp tapi ngga pernah aq angkat..
      Kalo mba Dita trus gmna tindakan kelanjutannya.. ??

      • a hehe ganti nope…klo dta s sebar sy cuekin n bikin sw klo daata d slh gunkn…kuatin mental n cuek…mrka jebak ko dri awal

  • Assalamualaikum, saya juga terjebak "Ringan Pinjam" 16 September lalu. Memang niat awal mau cari pinjaman, tapi setelah isi data di aplikasi tersebut, dana cair tanpa persetujuan dan tidak tanggung -tanggung langsung dapat TF Rp1.152.000 dan harus bayar Rp 2.100.000 per pencair dana ; "Dana Sayur", "Semua Bintang," dan "Dompet Puas,".

    Gila rasanya, mau mengembalikan dana yang diterima, takut kena tipu lagi.

    Tolong, kasih solusi.

    • Saya korbannya yg merasa di rugikan juga saya cair 1.152.000 1x ditambah 1.134.000 2x, biasanya sebelum pencairan masukin pin untuk pencairan kan?? (Di app ini langsung cair dong tanpa masukin pin untuk pencairan) dan biasa ad pilihan untuk batas waktu dan simulasi perhitungan nya dan pilihan untuk cicilan perbulan nya kan? ( Nah di sini gak ad ) saya bingung setelah uang tiba2 cair ke rekening saya, saya sudah ngechat langsung cs tapi gak ad tanggapan sama sekali...
      Saya ngisi data emng perlu uang tapi langkah2 dari app ini ngejebak banget.. justru setlah uang cair baru bisa lihat bunga nya, berapa jatuh tempo nya kapn,
      Bukan harus nya pinjol ini ngebantu kita kan, ini malah bikin makin susah ...
      Klo di itung2 dana yg harus di bayarkan beserta bunga nya sekitar 5.500.000 dalam waktu 7 hari..
      Sakit banget asli..

      • Di komentar dan balasan sebelumnya sdudah ada jawabannya yaa...silahkan di baca dan di pelajari dan jika bekenan sialhkan di ikuti..

    • Langkah terbaik buat laporan atau pengaduan ke pihak berwajib…sampaikan semuanya dan bukti² screnshot wa dan sms di print untuk di jadikan bukti…dan uangnya yg di tf di rekening juga harus ttp ada untuk di jadikan barang bukti.

  • @Ayun
    Sy cuek aja hehe ganti nope...klo dta s sebar sy cuekin n bikin sw klo daata d slh gunkn...kuatin mental n cuek...mrka jebak ko dri awal

    • Jd cuekin ja ya mba.. sampe adequ di wa jg loh mba.. berarti harus kuat mental ya mba dit,,
      Trus kalo uang yang udah ditf ke kita dikemanain mba dit.. ??

  • Abaikan saja anggap aja dpt BLT BBM, Mahfud MD pun pernah dalam Chanel yt pinjol ilegal tdk usah dibayar...

  • Saya juga sama… dalam aplikasi ini ada banyak aplikasi2 lainnya… salah satunya aplikasi dana juta… 2 hari sblm jatuh tempo kita sdh diteror habis2an lewat wa.. besoknya 1 hari sblm jatuh tempo data saya sdh disebar… saya lapor ke OJK cm jawabnya ojk tdk bisa melakukan apa2 karena itu aplikasi ilegal.. saya disuruh melapor ke email waspadainvestasi tp emailnya gak bisa masuk…. Semoga aja aplikasi2 ini segera di blokir dan dihapus dr playstore dll

    • @mas Hendra,, iya mas aq email ke OJK jg cuma bilang diluar wewenang OJK dan tidak ada pengawasan dari pihak nya... Malah kita disuruh teliti kalo cari yg legal.

  • Saya sekarang lagi diancam untuk penyebaran informasi pribadi saya
    Ini no dc nya 089757812**
    Karna saya Cair 3X dengan beda2 orang jadi saya harus berurusan lagi dengan 2 orang lain nya juga.. ???

    • Langkah terbaik buat laporan atau pengaduan ke pihak berwajib...sampaikan semuanya dan bukti² screnshot wa dan sms di print untuk di jadikan bukti...dan uangnya yg di tf di rekening juga harus ttp ada untuk di jadikan barang bukti.

      • update
        Saya sudah berhasil mengembalikan 1 dana sebesar 1.152.000, karna saya memiliki bukti komplain ke cs ( Komplai nya tentang cara pengembalian dana ) saat pencairan pertama walaupun cs gak bales, dan bukti tf walaupun tf an nya di tolak, App nya Teman Dana.

        Skrng saya masih beurusan dengan 2 DC lagi.
        App Simpan Uang dan Uang Bagus.