Surat Pembaca

Jebakan Aplikasi Pinjol “Ringan Pinjam”

Pada hari Sabtu tanggal 10 September 2022 pukul 10.00 WIB, saya dengan tidak sengaja telah men-download aplikasi pinjol Ringan Pinjam. Di mana aplikasi tersebut selalu muncul ketika saya sedang membuka aplikasi Youtube. Dengan tidak sengaja aplikasi Ringan Pinjam tersebut ter-download dan tersimpan di hp Samsung A10 saya.

Karena rasa penasaran, saya membuka aplikasi Ringan Pinjam tersebut, hanya ingin tahu saja. Setelah saya membuka aplikasi tersebut, ada beberapa langkah yang harus diisi. Saya diminta memasukkan nama lengkap, nama ibu kandung, NIK, nomor telepon, foto diri. Langkah tersebut telah saya ikuti.

Setelah saya mengikuti langkah yang ada di aplikasi tersebut, saya melihat ada pengajuan pinjaman uang. Akan tetapi saya tidak mengajukannya dan kemudian meninggalkan aplikasi tersebut, tanpa melakukan pengajuan apa pun atau tidak memilih pilihan apa pun yang ada di dalam aplikasi Ringan Pinjam tersebut.

Setelah kurang lebih 30 menit kemudian, ada pemberitahuan dari aplikasi tersebut, bahwa pinjaman berhasil dan dana telah masuk ke rekening BRI saya. Dengan rasa kaget, saya langsung mengecek BRImo saya dan ternyata benar ada dana masuk sebesar Rp1.152.000 dengan kode referensi 220979KC5MBS notes. Uang tersebut masuk pada tanggal 10/9/2022 | 10:39:53 WIB.

Setelah saya mendapati hal tersebut, saya kembali membuka aplikasi Ringan Pinjam untuk melakukan pengecekan. Setelah saya membuka aplikasi Ringan Pinjam tersebut, saya melihat sudah ada pemberitahuan pembayaran sebesar Rp1.800.000 jatuh tempo pada tgl.16/9/2022 dari SOBAT SAKU/DOMPET SUPER.

Karena saya tidak pernah melakukan pengajuan peminjaman, saya membuka riwayat pengajuan di aplikasi Ringan Pinjam. Di dalam riwayat pengajuan, di situ ada pengajuan 2 kali, yaitu dengan nominal Rp3 juta dan Rp2 juta.

Aplikasi ringan pinjam yang merugikan

Karena saya tidak pernah melakukan pengajuan peminjaman apa pun di aplikasi tersebut, saya mengikuti langkah untuk menghubungi CS di aplikasi tersebut ke nomor +66 80 934 6288 untuk klarifikasi dan mau mengembalikan dana yang masuk ke rekening saya. Akan tetapi nomor tersebut tidak bisa tersambung, baik melalui telepon maupun WhatsApp.

Saya tidak pernah melakukan pinjaman di aplikasi tersebut, tapi diminta harus membayar pinjaman dengan nominal Rp1.800.000. Karena ada unsur tindakan penipuan secara online, akhirnya saya mengambil langkah untuk melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib untuk melindungi data-data saya baik kontak, foto dan file yang ada di hp saya, dari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Wiwit Anis Miawati
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Update
    Saat ini saya berurusan dg DC, dana yg masuk ke rekening saya tidak sesuai dg tagihan yg harus dibayarkan
    App Ringan Pinjam (Semua Bintang dan Pinjaman Mega)
    Nominal yg saya terima tdk sesuai dg tagihan yg tertera,penagihan tidak sesuai dg tanggal jatoh tempo dan data saya sudah disebarluaskan

  • Mau tanya untuk kontak yg dihubungi yg kontak darurat atau yg ada semua kontak di hp ya? Saya mengalami hari ini langsung cair 2x 1.134.000 dan 1.152.000 dari Kemakmuran dan Dana Cerdik. Mohon infonya

  • Saya juga kena jebakan pinjol tersebut n setelah komplain ke kontak email yg ada ternyata tidak ada jawaban sama sekali sampai saat ini... Saya harus gimana tolong dibantu solusinya.. Kurang 2 hari sudah ditagih n satu hari sebelum jatuh tempo foto data saya sudah disebarluaskan ke saudara2 saya... Tolong saya diberi saran harus ❓