Jebakan Aplikasi Pinjol Ilegal “Pinjaman Teman”

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen. Berikut saya jelaskan kronologi sewaktu saya meng-upload dan mengisi data di aplikasi pinjol Pinjaman Teman. Setelah saya meng-install aplikasi pinjol tersebut, saya disuruh mengisi data dan sudah ada tertera limitnya Rp800.000. Namun tidak dirinci berapa bunga serta jangka waktu tenor pinjamannya, juga berapa jumlah yang akan saya terima.

Kemudian tiba-tiba saja sudah ada notifikasi SMS dari Pinjaman Teman, bahwa uang masuk ke rekening bank saya (tanpa persetujuan dari saya) dengan nominal Rp489.500. Padahal saya mau meminjam Rp800.000. Pinjaman tersebut harus dibayar dalam tempo 7 hari dan dikirim dari PT. Odeo Teknologi Indonesia.

Lalu saya konfirmasikan ke PT. Odeo Teknologi Indonesia, ternyata perusahaan tersebut tidak mengenal dan tidak ada kerja sama dengan yang namanya pinjol Pinjaman Teman. Setelah jalan 4 hari, sebelum jatuh tempo saya sudah melunasi pembayaran pinjaman saya Rp788.000 karena ada voucher Rp12.000. Saya membayar atas arahan dari CS Pinjaman teman melalui email yang tertera di platform Pinjaman Teman. Sebelumnya saya coba membayar melalui aplikasi, tapi tidak bisa karena nomor VA-nya selalu berubah-ubah. Biasanya nomor VA itu berlaku 12 jam atau 24 jam.

Setelah saya kirim email ke aplikasi Pinjaman Teman, lalu saya disuruh menghubungi nomor WhatsApp yang tertera di email dan terjadilah percakapan melalui WA antara saya dengan CS Pinjaman Teman. Saya disuruh kirim pembayaran melalui nomor VA yang baru dikirim atas perintah CS. Pinjaman Teman.

Modus penipuan

Setelah sukses melakukan pembayaran, ternyata di platform Pinjaman Teman belum berubah. Saya WA ke nomor HP CS Pinjaman Teman, katanya masih tahap proses. Saya tunggu juga sampat 2 jam, tetap tidak berubah. Saya chat kembali, rupanya nomor WA-nya gak aktif lagi. Di situ saya mulai curiga bahwa pinjol Pinjaman Teman ini ilegal dan rupanya tidak terdaftar di OJK.

Ketika mau masuk masa jatuh tempo pembayaran, saya dapat WA untuk segera melunasi pinjamannya. Saya kaget, saya bilang saya sudah membayar melalui CS Pinjaman Teman, tapi kata mereka saya sama sekali belum melakukan pembayaran. Saya terus diteror dan diancam. Hampir setiap jam dan setiap hari, saya ditelepon terus.

Lalu saya kirimkan screenshot bukti pembayaran itu, tapi mereka tidak mengaku dan tidak menerimanya, karena itu bukan dari CS Pinjaman Teman. Lucunya saya dapat nomor WA dari CS Pinjaman Teman dan dibalas oleh email CS Pinjaman Teman dan yang menyuruh juga CS-nya Pinjaman Teman, tapi mereka tidak mengakuinya. Aneh, padahal infonya kirim melalui email yang tertera di platform Pinjaman Teman dan disuruh hubungi CS-nya.

Dengan pengakuan mereka, lalu saya membuat laporan ke kepolisian atas kasus penipuan dari aplikasi pinjol Pinjaman Teman. Walaupun saya sudah membuat laporan ke kepolisian, mereka tetap meneror dan mengancam saya.

Kepada para pembaca, harap waspada dengan penipuan pinjol Pinjaman Teman ini. Karena di aplikasi ini ada tersedia aplikasi lainnya dan sudah banyak masyarakat terjebak. Sebelum men-download lebih baik baca dulu ulasan di platform-nya karena pinjol ini illegal dan tidak terdaftar di OJK.

Zulhendry
Bengkalis, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Lebih bagus lagi, jangan pernah pake / minjem dari pinjol...
    Itu CS pinjaman teman yg kasih nomor WA itu dan nomor WA itu bukan misalnya no. resmi di site pinjaman teman ? kayaknya cs nya mmg niat nipu.
    Kalo ga terdaftar di ojk, ga usah bayar bos..

    • Gimana ceritanya yaa,lu dapat pinjaman 489,500 tapi lu bayar 788,000...
      Lu kalo ngarang kok bego sihh..

      • @Richjulian.. Yg begok tu elu.. Baca dan lihat SS nya baik2 pahami setiap kalimat.. Disana gw minjam 800.000 cuma di transfer 489.500 berarti di potong nya hampir separo dan gw harus membayar 800.000 .. Karena ada pake kupon Rp. 12.000..maka yg harus di bayarkan 788.000...Berarti lIQ elu tuh di bawah standar orang Indonesia makanya elu tu begok... Begok dan dungu jgn di pelihara bro 🤣🤣🤣🤣🤣

        • miris.. ngatain begok tp lu nya dikadalin sm penipu, disuruh transfer mau2 aja, jelas2 diluar aplikasi. begok ngatain begok :D peace

          • Beberapa Minggu lalu ada sodara yang kena aplikasi ini juga. Langsung cair 400 suruh bayar 800 dalam 7 hari.. Mana sodara gatau itu jenis pinjol ilegal. Eh waktu jatuh tempo bingung mau bayar kemana, ke Alfa gabisa, bayar pake VA juga gabisa.. si pinjol juga neror nomer saya... Sodara saya suruh ganti nomer biar ga diteror telpon. Lewat wa saya ancem macem², 2 hari udah ga ngehubungi lagi. Saya buat laporan ke OJK tapi katanya bukan kewenangan mereka, disuruh laporan ke cybercrime, saya kirim laporan lewat Gmail. Sambil saya minta temen² saya buat laporin aplikasi itu lewat playstore. Eh kemarin Saya cek udah hilang aplikasinya.

          • @herwin... Lu ini lah Contoh orang Indonesia yg kampungan dan gak berpendidikan.. Gunakan mata buat melihat.. Dan gunakan otak utk berfikir.. Makanya baca dan pahami kalimat di artikel... Begok lu jgn disimpan🤣🤣🤣🤣

        • Saya juga pernah ngalamin , d pinjaman kilat , sama persis yg kk ceritain, saya isi data pribadi, trus tiba2 uang masuk k rekening 1.100,000 tp saya d suruh bayar 1.600,000 padahal tidak ada verifikasi.. trus tenor cuma 7 HR , belum jatuh tempo udah d ancam , d kata2in kasar, trus data pribadi saya d sebarin ke kontak saya .. malah chatnya udh saya screenshot, buat bukti... Saya d suruh bayar , pas k Alfa nya tidak ada pinjol nama pinjaman kilat, saya mau bayar k VA yg tertera d aplikasi , tidak bisa , trus saya d suruh TF , tp bukan d no VA yg tercantum.. ... Makanya saya sampai sekarang masih kesel ..

        • Kadang lucu sekali di media konsumen yang komentar kasar banyak sekali, apakah mereka dalam kategori cepu atau buzzer bayaran dari pihak tersebut, sudah gitu kata2nya bukan memberikan masukan solusi malah menghina

          • GK usah ditanya pak. Itu ya kacung² pinjol kalau GK DC ya yg kerja disana. Kasian digaji GK seberapa, bos nya makan direstoran terus. Anak buahnya ngatain orang, gaji GK seberapa,dosa iya, kaya GK. Ujung²nya mereka juga yg minjol wkwkwk

      • Nama nya jg ilegal bro coba aja klo ga percaya banyak jenis nya beruang pinjaman teman mereka ngasih limit 800 potongan nya dh hampir setengah di keterangan tenor 3 bulan tapi aslinya bulan pertama cuma 7 hari. Itu pun hrus d bayar hampir full sisanya d bulan berikutnya skitaran 10% dari kita minjem bangke bgt kan

      • Itu dia masalah nya bro..
        Nama juga pinjol ilegal, bunganya hampir 50% dr total tagihan..
        Pinjam 800rb, yg msuk paling 400.an..
        Blm jatuh tempo udh di teror..

      • Pinjol ilegal dan legal ya 11 12...
        Jatuh tempo tgl.10, tgl 5 jg telpon udh rame...
        Berbahagia lah anda anda yg tidak pernah di ACC.
        Gk punya uang emang bikin pusing, tp udah gk punya uang + tagihan = Kelar idup lo

    • Sudahlah jangan sekali2 berhubungan dengan pinjol penuh trick penipuan dan pengancaman sebetulnya ini tugas ojk untuk menertipkan.

    • Sekedar saran , kalo ga mau pusing ya jauhi yg namanya Pinjol , mau yg legal apalagi yg ilegal , kalo udh terlanjur kejebak yg ilegal mending ga usah di bayar , dan kalo mau uji nyali ya pinjam aja Pinjol ilegal sebanyak mungkin dan jangan ada yg dibayar , mereka nagih Gonta ganti nomer , kita juga pinjam Gonta ganti nomer , Draw kan ?

    • Jdikn pelajaran buat loe buat kita semua walau loe nga minjem... Klo males baca nga usah nyampah di sini coeng

      • Sama dengan yang saya alami sekarang saya terjebak dipinjaman teman.dan saya belum bisa bayarnya.karna belum ada uangnya.tp mereka mengancam dengan sangat sadis.sampe strees dibuatnya.

        • Kuatin Mental aja ka... Gak usah stress & jgn dibayar... Anggap aja rezeki nomplok... Klo mereka sebar data laporin aja ke polisi krna sudah ada hukumnya klo pinjol sebar data pribadi terkena kasus UU ITE...

      • Kalo mau galbay , kontak nya hapusin sama foto yg ada d galeri d hapusin , Jangan Ng save no tmn sodara d hp pribadi, Ng save aja no asal2an .. cz kontaknya sudah d retas semua sama pinjol ilegal nya

  • Mengirim keluhan di MK berarti sering baca2 keluhan pinjol ilegal dari pengirim2 sebelumnya kan??Seharusnya paham itu pinjol ilegal.Tenor 7 hari potongan hampir 50% fix itu pinjol ilegal.Seharusnya ga perlu dibayar.Kalau perlu bobol sekalian yg banyak pinjol2 ilegal yg lain asalkan kuat mentalnya.
    Pinjol ilegal ga ada DC,ga bakal ada yg nyamperin ke rumah juga.

    • Terima kasih kepada saudara omet atas komentar yg diberikan.. Sebelumnya baru baru ini saya membaca artikel di MK.. Karena saya sudah terlanjur meminjam sebelum mengenal adanya MK ini.. Saya membuat artikel ini biar para pembaca tahu yg namanya pinjol Pinjaman teman.. Ketika ada iklan disosmed agar jgn tergiur dgn iklan nya..supaya sebelum mendownload lebih baik di baca dulu ulasan yg ada di platform pinjol pinjaman teman..memang ketika saya sebelum meminjam saya tidak membaca ulasan nya terlebih dahulu...Mungkin itu saja yg bisa saya jelaskan.. Terima kasih..salam🙏🙏

      • Padahal di screenshoot ketiga udh ada tulisan biru peringatan jangan membayar melalui org lain, paling aman dari aplikasi. Kok masih nekat pak

        • Terima kasih kepada saudara gema.. Memang ada tulisan disana ..cuma no VA selalu berubah ubah ketika diklik utk pembayaran.. Biasanya kalau mau bayar itu no VA nya akan tetap itu aja dan berlaku 24 jam.. Nah ini karena selalu berubah ubah ..kan di bilang nya kalo ada kendala silahkan hubungi CS nya, ya tentu kita dan semua yg pernah meminjam pasti menghubungi CS utk gimana dan apa kendala nya.. Mungkin itu saja info nya.. Terima kasih🙏🙏

        • ya gimana ya penulisnya terlalu polos. masih aja transaksi di luar aplikasi. atas kebodohannya sendiri, lalu dia mencak2 di mediakonsumen. mau pinjol legal atau ilegal, tetap saja diharamkan utk transaksi diluar aplikasi. hal ini berlaku umum seperti transaksi di shopee/tokped. kalo diluar marketplace ya bukan tanggungjawab penyedia layanan lagi. Jadi ya utang tetep harus dibayar

          • @herwin.. Yah loe nggak nyimak lagi.. Payah juga jelasin sama sama orang Indonesia.. Di situ gw udah bayarin atas perintah CS nya.. Memang dasar pinjol nya aja yg buat kejahatan.. Niat orang mau bayar malah di salah gunakan.. Sekali lagi buka mata, baca dan pahami artikel nya.. Hadeuuh

          • dan lu percaya sama itu CS hahahahha.. padahal transaksi diluar aplikasi. Lu nya yg ga ngerti2 maksud gue. haduhhh baca dan pahami lagi komentar gw bung

    • MARI hancurkan Pinjol mari kasi atittude dan menyadarkan para DC yg dibayar dr uang kita..perusahaan ga bisa bayar sewa DC ..lumayan klo DC 2 di shock therapy 7hari yaa

  • Kalau kronologi diatas. Itu sdh pasti penipuan pinjol ilegal. Lagipula nyatut nama Odeo Teknologi Indonesia yg mana perusahaan ini saya cek barusan adalah resmi teregistrasi di ditjen AHU.

    Kena pasal berlapis ini si pelaku.

    Anda dapat duit gratis. Berterimakasihlah kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rejeki yg diberikan.

    Dah jangan dibayar, mereka itu penjahat negara !!

    • Terima kasih kepada saudara Dhan atas dukungan nya.. Memang saya sudah klarifikasi ke PT odeo teknologi Indonesia dan mereka memang tidak tahu adanya transferan atas nama perusahaan mereka.. Tetapi apakah ada yg melibatkan orang dalam dalam hal pentransferan.. Mungkin saudara Dhan sudah membaca dan melihat SS yg saya kirimkan di Media konsumen.. Terima kasih banyak Saudara Dhan atas partisipasinya berkomentar .. Salam🙏🙏

    • Biar perusahaan nya juga dishock therapy jelas2 klo di mbaking terteea dr mana uang itu dikirim tidak masuk logika

      • Susah ada artikel kalau pinjol ilegal gak usah di bayar, saran ku ambil semua pinjol ilegal dan gak usah di bayar... Ganti nomer hp beres.... Yg Ilegal loh ya wkkwkwmwm

  • Selamat siang saya dari *aplikasi PinjamanTeman* mohon segera dibayarkan pinjaman anda *kami bantu anda pelunasan untuk potongan tanpa denda jadi cukup bayar pinjaman pokoknya saja* . Tolong kooperatif nya dan dibls pesan ini kami tunggu sampai jam 2siang

    Selamat pagi, Assalamualaikum Wr. Wb

    *KAMI DARI KOLEKTOR DATA TAGIHAN ANDA SUDAH LEBIH DARI JATUH TEMPO KETERLAMATAN SILAHKAN BAYAR POKOK TAGIHAN ANDA LUNAS OPSI KERINGANAN DIBERIKAN HANYA SAMPAI HARI INI SAJA DENDA KAMI HAPUSKAN 100%*

    *sampai jam 11.00 tidak ada respon data otomatis kami proses untuk penagihan kontak kerabat maupun grup donasi wa untuk tagihan anda*

    TERIMAKSIH,
    SEGERA DIRESPON

    Selamat pagi, Assalamualaikum Wr. Wb

    *KAMI DARI KOLEKTOR DATA TAGIHAN ANDA SUDAH LEBIH DARI JATUH TEMPO KETERLAMATAN SILAHKAN BAYAR POKOK TAGIHAN ANDA LUNAS OPSI KERINGANAN DIBERIKAN HANYA SAMPAI HARI INI SAJA DENDA KAMI HAPUSKAN 100%*

    *sampai jam 11.00 tidak ada respon data otomatis kami proses untuk penagihan kontak kerabat maupun grup donasi wa untuk tagihan anda*

    TERIMAKSIH,
    SEGERA DIRESPON

    Karena anda sudah pengajuan sudah isi data juga
    [24/9 10.05] +62 838-6324-6934: Intinya saja. Mau dibayar jam berapa hutangmu
    [24/9 10.08] +62 838-6324-6934: Karna anda blm bayar makannya ditagih

    saya dari *TIM INVESTIGASI GRUP*
    bayarkan *TAGIHAN POKOK ANDA dan LUNAS*

    *DATA ANDA SUDAH KAMI LIST*, *DALAM 1 JAM KEDEPAN PENAGIHAN KAMI PERLUAS KE KONTAK ANDA*, jika anda masih tidak merespon ataupun memiliki etikad baik untuk *MEMBAYAR TAGIHAN POKOK*

    • @Ayih
      Siapapun anda , mau asli atau pake akun bodong. TS nya mau bayar asal ambil di pengadilan tinggi negeri domisili dia. Duitnya sdh dititipkan di panitera pengadilan. Tinggal ambil... 😑

      • Maaf kak....

        🙏
        Saya sharring...
        Saya juga korban.
        Itu kata kata WA yang masuk ke WA saya

    • Utk yang bernama Ayih yg komen di kolom komentar.. Kalau itu mau mu mari kita selesaikan di pengadilan ataupun di kepolisian karena saya ada bukti pembayaran dan semua sudah saya SS termasuk saya sudah buat laporan di kepolisian setempat.. Karena kalian sudah kena pasal 27 ayat 4 jo. . Pasal 45 ayat 4 undang undang ITE dengan pengancaman

      • Maksud saya...
        Saya juga termasuk korban kak..

        Itu yang saya kirim...
        WA dari debt kolektor yang masuk ke no WA saya.

        🙏🙏
        Sekedar sharring

    • Saya juga korban dari Apk Pinjam Teman ini ,saya sudah membayar nya tetapi saya tetap di tagih,saya sudah mengirim bukti"nya tetapi mereka bilang blm ada pembayaran nyaa ,beda"nmr wa juga yg menagih nya,saya juga di ancam kalo tidak membayar mereka bakal meretas rekening saya dan no"di hp saya,memblokir rekening saya.

    • Sma kya sya ini ksusny abaikn aj gaush dbyr siapin mental aj pling 2 mngguan mreka teror kn ktny smpeyan dh bkin lporn ke polisi nti klo mreka wa krimin aj tuh pto srat lporn plisiny djamin auto mngkem mreka