Surat Pembaca

Penagihan Rupiah Cepat Baru Telat 2 Hari Sudah Mengancam Sebar Data

Saya meminjam di aplikasi Rupiah Cepat. Tapi kenapa baru telat 2 hari dari jatuh tempo sudah diancam sebar data?? Kok masih ada aplikasi yang mengancam seperti ini? Sudah tenornya pendek cuma 7 hari dan kenapa aplikasi ini bisa mengambil semua kontak di hp saya?

 

Harusnya kalau mau sesuai SOP kan menghubungi kontak darurat gak usah ke semua kontak, kenapa ini diancam ke semua kontak? Sadis sekali cara penagihannya. Bayangkan kalau wanita bisa kejadian lagi seperti kasus yang sudah-sudah. Ini katanya sudah berizin OJK?? Bagaimana ini apk kok kaya preman?

Tolong diperbaiki sistem penagihannya.

Terima kasih.

Andi
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Rupiah Cepat atas Surat Sdr/i Andi

Yth. Bapak Andi, Mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda. Kami telah menerima pengaduan Anda, namun kami belum dapat melakukan investigasi lanjutan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • 90hr, baru boleh nagih tapi tidak dengan kontak darurat atau ke semua kontak.
    Kurang dari itu ya pelanggaran.
    Kalau ke semua kontak, berarti data phonebook anda mereka curi.
    Kick balik ke ranah pidana & perdata.

    • Hallo kak.kmrn saya pinjam di dompet new . yang di alihnkn ke aplikasi Esya dana.banyk rupiah .pinjaman nasional.bkn nya"dibantu mlh terjebak tenor pendek bungga sangat tinggi.karena Bru saya klik. dana sudah masuk tnpa pemberitahuan bungga dan tenor.bru hari ke 5 sudah di teror di ancam.dengan kata " ********* dan akan menyebarkan data ke kontak saya.
      karena saya udah GK kuat saya lapor ke hotline pinjol metro jaya.setelah bbrp saat saya cek aplikasi sudah menghilang.apa saya harus mbayar at mengabaikan

      • iya kak, tenang aja lapor.dlu aja kalau bsa sekalian ditindak kalau memang sudah d sebar..
        nilai hutang tidak sepadan dengan harga diri itu yang kita kejar

          • saya percaya sama pengaduan pak andi karena saya sendiri mengalaminya ketika akun rc dibobol orang tdk bertanggungjawab & kemudian penagihan dilakukan sampai ke kontak hp dari kontak darurat saya (bukan kontak hp saya lho!) dengan menyebar foto saya pegang ktp yg wkt itu dibuat untuk kepentingan laporan pembobolan akun

        • Alangkah baiknya diusahakan tidak menghutang supaya hidup lebih tentram tidak dikejar kejar hutang

          • Iya pinjem nya pdhl cuma seberapa itu pun ditipu sama temen , belum ada uang bayarnya
            Tapi ditagih terus diancam smpe smpe mau dilukain dll
            Pdhl yg make bukan saya juga ?

        • Sekarang apk pinjol legal banyak berasa kyk macam illegal,dan parahnya udah banyak bgt yang lapor ,ojk ga banyak tindakan apa2..makanya skr DC ga takut diancam lapor ojk,ga ditindak apa2 juga..demi ngejar omset,DC pinjol legal halalkan segala cara..

        • Mereka g ngenalin diri kan, itu biasanya wa bayangan mereka, buat neror, DC itu target mereka gede, apalagi yg bucket kecil telat 1 sampai 6 hari targetny kadang milyaran tiap bulan, jd g heran mereka ngelakuin berbagai cara biar bs target dan yg d kejar emang yang wa ny atau telfn aktif apalagi kalau sampai bls wa mereka bakal d teror terus,, jd klu dapat wa kyk gitu abaikan saja langsung blokir, mereka jg g nyetok kartu banyak kok, paling banyak 5 tiap hari, jd blokir aja,atau klu niat iseng minta bantuan ke 5 temen anda untuk report no wa mereka supaya kartu meeka di blokir permanen ma wa, klu pinjolny terdaftar d OJK g akan bisa akses kontak hp anda jd tenang aja

      • Krn surat baoak ini saya download aplikasinya dan coba ajukan pinjaman 800k. Pengen liat cara nagihnya seperti yg dikatakn atau tidak. Dan benar saja, tepat tanggal jatuh tempo langsung di berondong sms/chat ancaman. Dan sok²an cantumin hukum pidana serta ngancem sebarin data klo gk di bayar sebelum jam 12. Sumpah aplikasi ponjol paling gk beradab nih.. padahal uang yg gw pinjam juga gk gw apa²in. Tobat sama nih aolikasi satu langsung gw lunasi. Teus uninstal.
        Sayang gk bisa upload foto di komentar buat bukti ancamannya.

    • Semua pinjol itu ada semi ilegal dan legal yg mana yg ada bank nya ..dr awal sdh pasti kerekam ..inget kata pemerintah klo sdh ancam tdk usah bayar..dia pakai Boot kok laporkan ke aparat bawa bukti n lapor kan k e swi n cyber polri.suruh mereka vc ga berani pasti

      • betull
        ada 1 pinjol yang sudah saya LP kan dan di proses karena sudah mengancam dan menyebar dan sekarang dari pihak pinjolnya lagi mediasi
        cuma saya tetap mau proses aja sampai sidang..

          • santai saja. klw anda ada pinjol dan mereka nagih tidak sesuai SOP yg berlaku sesuai ojk dan aturan NKRI.
            .
            laporkan ke pihak yg berwajib.
            .

        • Boleh tau cara reportnya gmn kak ?
          Itu aplikasi adakami itu penagihanya parah jg sampai2 saya di blg suruh ngemis2 sekeluarga,tp alhamdulillah sdh saya lunasin tp sepertinya apk tsb hrs di report agar yg lain hati2 apabila pinjam di apk tsb

          • Sama kak sy pernah pinjem di adakami ,baru telat sehari udaj ngancam sebar data trs nagih nya juga gak ada etika pake kata2 kasar udah kaya setan .sy heran itu adakami yg katanya ojk kok nagih nya seperti itu

        • Hormat saya buat anda. Begini nih yg benar. Lawan mereka secara hukum, bukan tiap hari teriak2 sama ojk. Update terus pak perkembangan, supaya korban2 lain berani mengikuti langkah bpk menempuh jalur hukum.

    • Sayq udah terlambat 2 minggu di rupiah cepat. Emang niat galbay. Gak mau gali lobang tutup lobang. Usaha lagi sepi, makanya duit gak ke kumpul.
      Nelpon bolak balek udh pasti, kondar juga. Selama ini masih sesuai dengan prosedur.
      Saya kuat2kan hati aja, toh bukan niat gak bayar. Klo ngedemgerin mrk malah panik dan gak bisa tenang.
      Banyak2 liat yutub soal galbay, banyak sharingan di sana. Biar hati makin kuat.
      Utang tetap harus di bayar. Intiny saya begitu. Bukan tipikal yg sama sekali gak mau bayar. Soalnya ada baca udh galbay di 9 aplikasi dg total 65jt kurun waktu 2 bulan di aplikasi legal msih aman2.

      • Betul pak. Hutang wajib dibayar, tapi kalau memang sedang terpuruk dan tdk mampu, sementara tunda pembayaran. Jgn memaksakan diri anda jatuh kedalam jurang penderitaan yg lbh dlm. Soal deci mah gampang, obat hadapi deci gampang, tinggal buat laporan polisi, Lawan secara hukum.

    • Saya juga baru dikerjain nih.. saya gak mau respon tapi diisengin baru kemarin dikirim sedot WC SM ambulance.. kita malah kasian SM Abang sedot WC n ambulance nya katanya 1 Minggu ini dapat telp fiktif kaya gini?
      Padahal saya gak pernah lakukan peminjaman tapi ditagih trus dan gak tau dari mana.

    • Rupiah Cepat ya? Parah banget emang DCnya saya baru saja mengalami beberapa hari yang lalu, kalo TS sudah japo 2 hari kasusnya, la kalo saya belum lewat jatuh tempo saya sudah di teror padahal posisi sedang bekerja, ancam sebar data lah, skiptrace media sosial lah, parah dan ganggu banget, sok ngatur pula .fintech paling parah.

  • pada saat proses install app, app akan minta ijin untuk meng-akses phone book anda. anda seharusnya udah tau itu.

  • Nunggu data disebar dulu sama mereka baru saya langsung buka LP
    kalau baru pengancaman via WA ga bisa di LP

    • betul jika mengancam via WA kita gak tahu siapa yg ngancam. karna penagihnya mrngubakan banyak akun WA.
      .
      1 DC BISA PAKAI 15 AKUN WA BAHKAN LEBIH

    • Loh loh pak kok seakan akan memang niat ngak bayar pak, kalau begitu lebih baik jangan hutang pak

  • Ancaman seperti itu bagi saya tidak seberapa, bahkan saya sempat diancam mau di bunuh, disantet, rumah dibakar dan ktp saya mau di buat pinjol baru ke aplikasi lain dengan nominal ratusan juta. Dan ini semua adalah ancaman dari aplikasi yg sama. Rucep.

  • Gw juga punya tagihan di rucep bang... telat baru 3 hari udah di ancem²...
    Bayarin ga yah? Rucep legal ga sih?

  • Itu hanya GERTAKAN OMONG KOSONG! Pinjol legal tidak berani sebar data! Itu khas teror mereka, sama semua, untuk menjatuhkan mental anda, bilang aja kalau sebar data auto lunas. Paling yg di hubungi hanya kondar 1 dan kondar2 juga kantor, itupun jika anda tidak pernah merespon tagihannya, hubungi kondar (kontak darurat) jika ada telpon/wa dari pinjol minta di abaikan saja.
    Apabila data pribadi disebarkan melalui internet atau media elektronik lainnya maka pelaku dapat dijerat dengan UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 19 Tahun 2016.
    Pelaku penyebaran data pribadi dapat dijerat dengan Pasal 32 dan Pasal 48 UU ITE.

    Tak main-main, ancaman pidana bagi pelaku penyebaran data pribadi adalah paling lama delapan sampai sepuluh tahun penjara dan/atau denda paling banyak Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar
    Copas aja uu itu lalu balas ke mereka jika ancam sebar data. Kuat mental ya bro, hadapi dalam 1-2 minggu ini telp/wa mereka, ntar juga terbiasa, saya di awal galbay juga gitu, ketakutan banger, setelah 1-2 minggu terbiasa, akhirnya saya tidak bayar sama sekali .