Surat Pembaca

‘Terima Kasih’ Shopee Express, Seller Banjir Komplain dan Bintang 1

Yth Shopee dan Media Konsumen,

Saya seller Shopee dengan akun a_m_d_ tekn_k, sangat kecewa dengan kebijakan baru Shopee yang memaksa seller menggunakan jasa kirim Shopee Express.

Saya paham itu 100% wewenang Shopee sebagai pemilik marketplace untuk memakai jasa kirim milik Shopee, tetapi apakah seller sudah tidak memiliki hak lagi untuk memilih jasa kirim yang relevan dengan masing-masing kondisi seller? Mengingat kami selaku seller juga dikenakan biaya total sekitar 7%. Dan apakah menurut Shopee, jasa kirim tersebut sudah siap kebanjiran paket dari aturan baru Shopee ??

Fakta Shopee Express:

  1. Kekurangan armada kurir untuk pick up.
  2. Jumlah counter Shop-ex / drop point sangat sedikit, dengan jam kerja terbatas hanya sampai jam 5.
  3. Proses perpindahan barang dari drop point ke gudang Shop-ex dlm 1 kota saja membutuhkan waktu 2 hari, dengan alasan seller tidak print resi sehingga mereka harus labelling. Saya biasa memakai jasa kirim lain, ratusan paket dalam sehari tanpa print resi, proses selesai di hari yang sama.
  4. Proses kirim ke customer pun lama.

Aturan baru ini sangat membebani kami sebagai seller karena pengiriman menjadi sangat terlambat, bahkan saya meminta extend time ke CS Shop-ex karna barang masih nyangkut di drop point / gudang shop-ex. Kami pun kebanjiran komplain, pembatalan order, bahkan bintang 1 dari customer, yang tentunya mempengaruhi rating toko kami sebagai Star Seller Plus Shopee.

Mohon jika Shopee ingin mewajibkan Seller memakai jasa kirim Shop-ex, Shopee harus memastikan terlebih dahulu kesiapan dan Service dari Shop-ex apakah itu akan memudahkan atau MEMBEBANI seller dan buyer.

Terima kasih.

Lily Irawan
Semarang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • beginilah kalau anak2 muda belum mateng mimpin start up, business acumen lemah dan tolol2... gk heran shopee nyungsep

    • Yang tua mimpin BUMN aja rugi terus kok. Apalagi yang muda. Coba tanya pemerintah sana orang-orang tua bisa kerja apa. Gak heran utang meroket.

  • Ini paketan ku ada 2 di seller yg berbeda, sdh 2 hari blm dipick up sama kurir nya. Gw diamkan aja, males chat ke seller sbb ujung2nya pst mengarah ke shopee expr. Paket mau datang ke rumah gw 6 bulan lagi gw biarin, yg rugi jg seller sbb dana gak masuk ke rekening nya

  • Mungkin untuk sementara di deskripsi produk bisa dituliskan rekomendasi kurir pilihan Kakak. Setau saya buyer bisa ganti kurir dan alamat 1x setelah Check Out. Mudah-mudahan pembelinya bijak selalu baca deskripsi.

  • (INI PENGALAMAN SAYA & ISTRI, SEMOGA BISA OBJEKTIF)
    Saya & istri member PLATINUM Shopee, udah bertahun-tahun saya belanja di Shopee, udah ratusan paket saya pesan, mungkin juga udah mencapai seribuan lebih, baik pakaian (tak terhitung karena kami juga pedagang), Hp (udah belasan kali), elektronik ( paling besar Magic Com, TV tak termasuk), Popok bayi (ratusan kali), mainan (belasan kali), Gelas 2 kali, Mangkuk sekali, mobil aki sekali, Makanan (belasan kali) dll. Dulu di awal-awal online shop, saya seringnya pake JNE & POS Indonesia, karena 2 ekspedisi itu yg cabangnya dekat dg tempat tinggal saya, terus seiring meledaknya online shop, meledak pula ekspedisi, mulai dari J&T, si Cepat , anteraja, ninja express, id express, terakhir Shopee Xpress. Dari semua ekspedisi itu semua pernah saya pake. Alhamdulillah dari ratusan paket hanya 3 paket yg bermasalah, 1. Paket Gelas pecah dg expedisi si Cepat (Masalah terselesaikan dg baik, dapat ganti rugi dari Si Cepat, di sini saya bisa maklum, menurut saya kesalahan ada pada penjual karena perlindungan isi paket kurang maksimal dari 6 gelas tinggal 3 gelas yg utuh, padahal toko berstatus MALL. Saya beli ditoko lain, dg status Star seller, Gelas 18buah dg ekspedisi yg sama, saya terima dg baik tanpa ada satupun yg cuil). Masalah yg ke-2 juga dg Si Cepat, popok bayi dua dus yg di lakban jadi satu bisa hilang satu, katanya tercecer. Sungguh membagongkan. tapi masalah dapat terselesaikan dg baik, beberapa hari kemudian paket yg "katanya" hilang akhirnya saya terima. Masalah yg ketiga adalah pakaian dg jasa kirim JNE, paket hilang dalam perjalanan, untungnya hanya seharga seratusan ribu, untuk yg ini saya males Complain terus menerus, sampai detik ini kasusnya tidak terselesaikan. Sampai sini kalian bisa simpulkan sendiri, dari ratusan paket, hanya 3 paket yg bermasalah, dan semoga tidak pernah terjadi lagi. Dulu di Shopee kita bebas memilih ekspedisi, jika dalam sehari kami pesan belasan paket, maka kami pake semua jasa kirim yg ada, kecuali Shopee express, kenapa? karena Shopee express belum ada cabangnya di kota saya (waktu itu), yg ada pernah pake terus di lempar ke JNE. Dan sekarang sekarang ini memang pilihan jasa kirim sangat terbatas, dari pengalaman saya maksimal hanya ada 3 pilihan ekspedisi (salah satunya PASTIny Shopee express, Sepertinya Seller di WAJIBKAN pake Shopee express ). Bahkan ada beberapa toko yg jasa kirimnya hanya ada Shopee express, meskipun sekarang udah ada cabangnya ditempat saya, tapi kecepatan pengiriman masih kalah dibandingkan jasa kirim yg lain (yg saya sebutkan diatas). Hanya sekali saya pake indah kargo untuk barang yg berukuran besar seperti Mobil aki.
    Belanja saya:
    Shopee: 89%
    Lazada: 4.5%
    Bukalapak: 2%
    Tokopedia:3%
    Blibli:0.5%
    AKULAKU: 1%
    Ekspedisi yg paling sering saya pakai:
    J&T:65%
    Si Cepat:24%
    ID & anteraja: 10%
    Shopee express:1% (sekarang sering pakai Shopee express karena sepertinya ada kewajiban bagi seller mengaktifkan Shopee express, dan juga saat saya lupa merubah jasa kirim dan juga karena tak ada pilihan lain)
    JNE & ninja hanya pernah saya pakai duluuu di awal awal online shop ada. POS Indonesia sekarang udah hilang dari online shop.
    Dari pembelian di beberapa online shop dg berbagai jasa kirim yg berbeda, hanya ada 3x kasus yg saya alami. YG PERLU DI WASPADAI, dari semua Online Shop, pasti ada TOKO2 PENIPU! Jadi berhati -hatilah dalam berbelanja, jangan tergiur dg harga MURAH yg tak masuk akal, yg selisih harganya terlalu jauh dg toko-toko lain. TELITI dulu sebelum Membeli, jangan terburu-buru dan jangan tertipu dg FLASHSALE.
    Terima kasih...
    Semoga bermanfaat!

    • Klw ekpedisi menurt saya si untung2an, klw saya lebih pilih JNE utk smpe ke temot misal 3 hari dn hari ini smoe, tp ekoedisi lain bqeu besoknya bru smpe itu klw dr jkrt, klw dr jawa lebih dr 3 hari..

    • Ya gt lah shopee express.... Mending sicepat atau wahana... Klo shopee expess di sortir katgo bisa ditahan 2-3 hari. Ampe saya komplen n maki2... Mau dikirim tahun brapa barang saya???? Tahun 3000??? Baru deh direspon cepat buru2 dikirim esokan harinya..... Geblek... Kapok pake shopee exp.... Agak males jg skrg bli2 di ahopee... Pake ekpedisi paling lelet sedunia.....

      • Bener kak d sortir d gudang bisa 2 hr…mending kl status sdh berubah “d terima ekspedisi” lha ini status msh d proses oleh seller…ujung2 nya toko kena bintang 1…

        Dear shopee…serius lho ini membunuh seller dan shopee nya juga, dgn senjata armada ekspedisi nya sendiri…hebat aturan baru kamu shopeeeee ???

  • Bener, shopee express emang lelet, berdasarkan pengalaman saya sih,
    Dlu pernah beli hp lewat shopee, lupa ganti jasa kirim, auto pake shpx
    Baru nyampe seminggu wkwkwk
    Pdhal harusnya paling lama 4hri klo pake expedisi lain,
    Semakin banyak jasa ekspedisi bukannya mempercepat malah jadi lambat dan kacau,
    Msh mending dlu cumn ada tki, jne dan pos indonesia

  • Shopee cuma iklan aja, seller banyak yang ga beres tetep aja dibiarin ga ada quality control. Waktu buat akun baru , yang keluar di home screen, seller nya ga beres semua. Jauh banget ama hijau sebelah. Langsung uninstall...

  • gak lagi deh pake shopee express, nunggu 1 tahun kedepan lagi hahahah,, mending sicepat, jnt, jne aja

  • Saya sebagai pembeli sangat rugi waktu...biasanya 2 sampai 3hr skg 10 hr baru nyampe....drpd nunggu lama yaudah offline dl dan pas barang dateng ga kepake jg itu

Penulis
Lily