Surat Pembaca

‘Terima Kasih’ Shopee Express, Seller Banjir Komplain dan Bintang 1

Yth Shopee dan Media Konsumen,

Saya seller Shopee dengan akun a_m_d_ tekn_k, sangat kecewa dengan kebijakan baru Shopee yang memaksa seller menggunakan jasa kirim Shopee Express.

Saya paham itu 100% wewenang Shopee sebagai pemilik marketplace untuk memakai jasa kirim milik Shopee, tetapi apakah seller sudah tidak memiliki hak lagi untuk memilih jasa kirim yang relevan dengan masing-masing kondisi seller? Mengingat kami selaku seller juga dikenakan biaya total sekitar 7%. Dan apakah menurut Shopee, jasa kirim tersebut sudah siap kebanjiran paket dari aturan baru Shopee ??

Fakta Shopee Express:

  1. Kekurangan armada kurir untuk pick up.
  2. Jumlah counter Shop-ex / drop point sangat sedikit, dengan jam kerja terbatas hanya sampai jam 5.
  3. Proses perpindahan barang dari drop point ke gudang Shop-ex dlm 1 kota saja membutuhkan waktu 2 hari, dengan alasan seller tidak print resi sehingga mereka harus labelling. Saya biasa memakai jasa kirim lain, ratusan paket dalam sehari tanpa print resi, proses selesai di hari yang sama.
  4. Proses kirim ke customer pun lama.

Aturan baru ini sangat membebani kami sebagai seller karena pengiriman menjadi sangat terlambat, bahkan saya meminta extend time ke CS Shop-ex karna barang masih nyangkut di drop point / gudang shop-ex. Kami pun kebanjiran komplain, pembatalan order, bahkan bintang 1 dari customer, yang tentunya mempengaruhi rating toko kami sebagai Star Seller Plus Shopee.

Mohon jika Shopee ingin mewajibkan Seller memakai jasa kirim Shop-ex, Shopee harus memastikan terlebih dahulu kesiapan dan Service dari Shop-ex apakah itu akan memudahkan atau MEMBEBANI seller dan buyer.

Terima kasih.

Lily Irawan
Semarang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Emang shope itu menyesatkan entah shope ex maupun shopee food....knp saya harus bilang menyesatkan karena ongkir shopee food hanya 6000 apakah itu pantas buat driver sedangkan BBM naik tp ongkir malah di turun kan itu namanya aplikasi *******

  • Itu bnr, pengiriman jadi lambat, drop poin bisa menclok kemana" beli dijakarta barat ke tangerang, tp drop point bisa ke cabang bogor ? semua pihak punya hak dan pilihan, tdk bisa memaksakan kehendak sndri skalipun ada shop ex tp ttp sediakan jasa krm yg lain, biar komsumen yg pilih, mau murah atau mahal mau cpt atau lambat.
    Semoga shope bisa lbh bijak ? krna sy pengguna setia shopee harap dipertimbangkan keluhan seller dan konsumen, krna kamilah shopee bisa jd online shop paling bnyk pengguna,y ??

  • Saya sebagai buyer juga pernah merasakan was-was klu belanja di shoppee dan paket di kirim dengan Shop-ex punya dia, barang di tahan sampai tiga hari lebih baru di antar 1 hr sesudah hari estimasi. Saya sempat kesal dan hendak minta kurir bawa lagi barangnya karena sudah telat, dan itu bisa merugikan seller dan Shop-ex juga spt gak peduli

    • Bisa diganti kurirnya, tp waktunya dibatasi paling 10 menitan sejak order dikonfirmasi dan sebelum di proses seller.

  • Padahal kalo ga suka sama sopi, ngapain terus jualan di sopi? Aneh bin ajaib nih para seller. Emang lahan jualan cuma di sopi? Maksain banget. Dijelek²in, tapi masih aja jualan disana, harusnya sih udah malu kalo tetep jualan disana

  • Betul,saya sebagai buyer kecewa pake shopex, 3 minggu di lacak msh di perjalana (luar kota) tmpt saya tinggal, akhirny saya ajukan pengembalian, bbrp kali pake shopex lama datangnya, kalo pake ekspedisi lain bisa cepat knp ini bisa lama...

  • Bagi buyer :

    Jasa kirim shopee bisa diganti sesuai selera. Tapi waktunya sangat terbatas, kl tidak salah hitungan saya max 10 menitan setelah pembayaran berhasil. Masih ada waktu untuk ganti. Cara gantinya tinggal klik pesanan, lihat di jasa kirim, ada tulisan UBAH, tinggal klik itu, pilih jasa kirim yg di inginkan, selesai. Hanya bisa dirubah 1x ya. Tapi jika keburu di proses oleh seller ya tidak bisa diganti lagi. Kl saya sendiri sebagai seller biasanya tak tunggu beberapa waktu baru di proses.

    • emang bener2 ya kelakuan express ini, paket saya udah lewat dari tanggal estimasi, sampe skrg belom sampe2 juga. baru tau ternyata pihaknya maksain seller pake jasa kurir dia, semoga saya dijauhin dari sifat MARUK

  • Itulah kenapa saya sebagai seller tidak mau mengaktifkan fitur gratis ongkir dari shopeeexpress , saya juga sebagai buyer merasa kan lamanya proses pengiriman. Mending pake J&T JNE dan Sicepat aja

  • BIASANYA JIKA MENULIS DI SURAT PEMBACA KOMPAS / MEDIA KONSUMEN , LANGSUNG DISELESAIKAN OLEH PIHAK PERUSAHAAN DENGAN BAIK .

    PALING HANYA 5 MENIT MENULIS SURAT PEMBACA, GRATIS, MUDAH, CEPAT SELESAI LAGI.

Penulis
Lily