Surat Pembaca

‘Terima Kasih’ Shopee Express, Seller Banjir Komplain dan Bintang 1

Yth Shopee dan Media Konsumen,

Saya seller Shopee dengan akun a_m_d_ tekn_k, sangat kecewa dengan kebijakan baru Shopee yang memaksa seller menggunakan jasa kirim Shopee Express.

Saya paham itu 100% wewenang Shopee sebagai pemilik marketplace untuk memakai jasa kirim milik Shopee, tetapi apakah seller sudah tidak memiliki hak lagi untuk memilih jasa kirim yang relevan dengan masing-masing kondisi seller? Mengingat kami selaku seller juga dikenakan biaya total sekitar 7%. Dan apakah menurut Shopee, jasa kirim tersebut sudah siap kebanjiran paket dari aturan baru Shopee ??

Fakta Shopee Express:

  1. Kekurangan armada kurir untuk pick up.
  2. Jumlah counter Shop-ex / drop point sangat sedikit, dengan jam kerja terbatas hanya sampai jam 5.
  3. Proses perpindahan barang dari drop point ke gudang Shop-ex dlm 1 kota saja membutuhkan waktu 2 hari, dengan alasan seller tidak print resi sehingga mereka harus labelling. Saya biasa memakai jasa kirim lain, ratusan paket dalam sehari tanpa print resi, proses selesai di hari yang sama.
  4. Proses kirim ke customer pun lama.

Aturan baru ini sangat membebani kami sebagai seller karena pengiriman menjadi sangat terlambat, bahkan saya meminta extend time ke CS Shop-ex karna barang masih nyangkut di drop point / gudang shop-ex. Kami pun kebanjiran komplain, pembatalan order, bahkan bintang 1 dari customer, yang tentunya mempengaruhi rating toko kami sebagai Star Seller Plus Shopee.

Mohon jika Shopee ingin mewajibkan Seller memakai jasa kirim Shop-ex, Shopee harus memastikan terlebih dahulu kesiapan dan Service dari Shop-ex apakah itu akan memudahkan atau MEMBEBANI seller dan buyer.

Terima kasih.

Lily Irawan
Semarang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • KALAU DIABAIKAN / DIDEBATIN OLEH CS, BIASANYA MEMANG PERLU MENULIS SURAT PEMBACA DI MEDIA KONSUMEN ATAU DETIK ATAU KOMPAS AGAR MASALAH KONSUMEN DISELESAIKAN DENGAN BAIK OLEH PIHAK MANAJEMEN PERUSAHAAN MANAPUN.

  • Alah bodo amat saya sudah berhenti dari gratis ongkir dan bebas dari Shopee Xpress, nanti kalau sudah bener sudah punya modal buat bikin agen shopee xpress baru lah saya bersedia ikut...

1 4 5 6
Penulis
Lily