Surat Pembaca

Perbedaan Harga antara Label di Rak dan Kasir Supermarket

Di sini saya sampaikan, bahwa saya adalah pelanggan cukup lama di Irian Supermarket, sebagai pilihan belanja kebutuhan pokok setiap saat. Hanya saja kali ini saya benar-benar kehabisan kesabaran, harus protes gimana.

Setelah harga kebutuhan pokok naik signifikan di awal tahun 2023, saya memutuskan memilih beras dengan harga dan kualitas worth it di label harga tertera, di Irian Supermarket Jl. Menteng Simp. Ar Hakim Medan. Di situ saya menimbang dan memilih harga beras 10 Kg dan pilihan jatuh pada merek Fortune 10 Kg, dengan harga pada label Rp129.000. Selain itu ada beras IR Sunkist dengan harga Rp128.500, yang biasanya harganya Rp110 ribuan.

Namun saat saya mau membayar, tanpa saya perhatikan, tercantum harga Rp135 ribu di kasir. Saya protes karena di label harganya Rp129 ribu. Saya memilih bersama istri saya, jadi tidak mungkin salah harga. Akhirnya karyawan cek harga (yang berjarak sekitar 7 meter dari kasir), sekitar 10 menit. Ini sangat aneh, hanya cek harga bisa lama sekali, dan benar ternyata harganya Rp135 ribu.

Akhirnya saya memutuskan ganti beras. Saya diminta angkat beras yang sudah saya bawa, tanpa ada yang membantu. Keanehan juga terjadi, selain label harga baru diganti, promo-promo seperti beras Ramos tidak ada lagi di sebelah harga beras Fortune Rp129 ribu yang sebelumnya saya lihat. Saya yakin ini hanya permainan mereka, dengan segenap kekompakan karyawan jahil/malas menggantinya.

harga beras yang akhirnya dibeli

Meskipun harganya jadi benar, saya merasa capek sudah melakukan komparasi harga, mengangkat beras ke sana sini (tetapi dipermainkan oleh label), dan karyawan tidak ada satu pun membantu mengangkat atau dari kasir ke lokasi beras ataupun sebaliknya. Tampaknya kompak sekali.

Saya harap owner membaca dan memperhatikan karyawan-karyawan malasnya. Lebih dari 10 tahun berlangganan, sebenarnya sering terjadi, tetapi saya tidak masalah karena paling berbeda Rp5-10 ribu. Namun kondisi resesi seperti ini, saya rasa tidak pantas melakukan trik kotor seperti itu.

Taufiq Nur Bahtiar
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Klo tidak cocok sama harga dan pelayanan ya tinggal pergi cari tmpt lain aj bos... Dan kalaupun harga beda kan cuma sedikit di anggap sedekah aj, namanya manusia ga luput dari salah... Kyknya TS ini manusia tidak pernah salah hahaha