Surat Pembaca

Cicilan Tagihan Sudah Lunas Tahun 2020, Bank Amar Masih Menagih Tunggakan Pada Tahun 2023

Sore ini saya dihubungi oleh pihak yang mengaku sebagai staff Bank Amar. Beliau meminta saya untuk menutup tunggakan tagihan saya (yang seingat saya sudah lunas pada bulan November 2020). Dan saya betul-betul mengikuti panduan cicilan dari Bank Amar.

Lalu beliau meminta bukti surat lunas kepada saya dari Bank Amar, saya sampaikan bahwa alamat email saya dan nomor hp yang saya daftarkan pada saat memproses pinjaman sudah tidak aktif/tidak digunakan lagi. Lalu beliau meminta saya untuk kooperatif saja dan tetap membayarkan sisa tunggakan hutang.

Yang membuat saya bingung, hutang saya sudah selesai pada tahun 2020 (karena saya ingat betul, sekalipun saat itu sedang pandemi, saya tetap membayar, tidak pernah tidak membayar. Lalu, tiba-tiba pada tahun 2023, saya dihubungi dan diminta untuk membayar sisa tunggakan hutang supaya surat lunas dikeluarkan.

Saya benar-benar bingung, Bank Amar mengatasnamakan berizin OJK namun menagih tagihan yang sudah hampir 3 tahun mau berlalu. Apa ini tidak membuat konsumen bingung, Apa memang staff Bank Amar mau mencari uang makan juga dengan mengerjai customer seperti ini?

Sebetulnya bukan masalah uang 500 ribunya, namun saya rasa siapa pun yang mendapatkan perlakuan seperti ini akan bingung dan bertanya tanya sendiri. Apakah Anda sedang berusaha memanipulasi konsumen?

Lalu juga, sempat staf-nya menyampaikan bahwa saya harus menghubungi call center terlebih dahulu untuk memastikan berapa cicilan saya per bulan.

Saya sudah diberikan kontrak oleh Bank Amar untuk mencicil selama 20 bulan dan sudah ada tabel by system untuk rincian pembayaran per bulannya dan saya mengikuti itu. Tapi setelah saya memenuhi cicilan 20 bulan, tiba-tiba datang tagihan tunggakan. Maksudnya apa ini? Mau memeras?

R. Nadeak
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Tunaiku atas Surat Ibu Rosdayanti Nadeak

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Ibu Rosdayanti Nadeak sampaikan. Menanggapi Surat Pembaca yang disampaikan Ibu Rosdayanti Nadeak...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Hati hati bisa jadi itu modus komplotan penipuan, coba telepon admin resmi nya, sama cek juga BI cheking ada apa enggak tunggakannya di bank amar

  • Penipuan. Bank amar kok minta transfer ke ocbc nisp.. lagian kalo uda 3 tahun pasti kolek 5 sekarang bisa kok intip BI checking sendiri.

  • Lo ngapain di bayar,,,, gak usah di bayar,,,, di bayar juga percuma udah masuk BI cheking

  • Hadeeeeh lebih baik tuh duit buat beli beras,,,buat keluarga Lo,,, gak usah takut sama pinjaman online bisa nya cuma gertak sambel doank,,,rekrut nya juga kolektor anak-anak baru kmren gw mantan dc Sinarmas kasian sama orang gak tahu,,, kalau gak ada uang gak usah bayar jangan di paksain nyiksa diri mendingan duit nya buat keluarga Lo buat kebutuhan yang penting ngapain bayar duit riba bikin subur aja cina

  • 20 aplikasi pinjol jebol Ama gw,, gw gak bayar karena emang kebutuhan gw gak punya duit,,, bagi siapa aja yang di teror jangan gentar itu cuma intimidasi aja,,, suruh sertifikasi nya punya sertifikasi gak dia kalau benar kolektor,,, gw kasihan Ama orang yang gak tahu trus di teror trus banyak yang bunuh diri,,, nh buat yg galbay gak usah takut hutang piutang perdata bro hukum nya ingat,,,,??? Bukan pidanan

  • Jngan mau bayar mbak, palingan itu cuman modus aja. Kalau bisa pastiin lngsung telpn call center/ke kantor, lgian g masuk akal udh 3 tahun yg lalu baru diungkit skrg, pokoknya jngan dibayar, gausa takut ancaman" di blacklist atau aplh itu hnya gertakan aja.

  • Telp ke call center resminya, lalu tanya no pinjaman anda apa betul ada tunggakan. Kalau seandainya ga ada, anda laporkan kebocoran data ke pihak amar bank. Kalau terlanjur sudah transfer, buat surat kepolisian.

    Hati2 sama amar bank, menurut gw bank 1 ini sama parahnya dengan pinjol ilegal, teror kemana2, bahkan bisa sampe teror ke tetangga, RT, klien, dll yang ga tau apa2. Tapi sayang, lagi2 dilindungi sama "Diawasi oleh OJK".