Surat Pembaca

Mau Setor Uang di ATM BNI, Malah Terdebit 1,2 Juta Rupiah

Saya Iwan Permana, nasabah Bank BNI Cikini Jakarta, dengan nomor rekening 12792651**. Pada hari Selasa 26 April 2023, saat saya lagi libur lebaran ke rumah mertua,  saya berniat setor uang di ATM BNI SPBU Cihanjuang Cimahi (samping supermarket BORMA), Jawa Barat. Saya sudah pilih setor tunai, tapi kok tiba-tiba mesin seperti menghitung uang, kemudian tempat uang terbuka dan ada uang di dalamnya.

Saya kira itu uang milik bapak yang sebelumnya juga setor. Saya ambil serta kejar bapak tersebut. Si bapak mengaku juga bahwa saat mau setor, tapi ada uang dan diambil sebesar Rp1,2 juta karena rekeningnya terdebit Rp1,2 juta. Saya ngobrol dengan tukang parkir di ATM tersebut, bahwa tadi ada ibu-ibu juga setor sebelum saya. Sehingga saya menyangka itu uang si ibu tersebut. Namun setelah saya tunggu beberapa saat, tidak muncul juga dan akhirnya saya titipkan ke satpam tersebut (ada rekamannya di saya).

Saat malam harinya, saya cek SMS masuk, ternyata ada penarikan uang di rekening BNI saya Rp1,2 juta pada pukul 8.31. Saya kaget, kan saya gak narik uang, justru mau setor.

Pagi harinya tanggal 27 April 2023, saya datangi ATM SPBU Cihanjuang tersebut dengan harapan uang tersebut belum diberikan ke orang lain. Namun saat ketemu, kata tukang parkir tersebut, setengah jam setelah saya pergi (setelah menyerahkan uang ke tukang parkir), ada orang datang dan mengaku melakukan 2 kali penarikan tapi 1 kali tidak keluar uangnya. Sehingga oleh tukang parkir tersebut uang Rp1,2 juta diberikan kepada orang tersebut.

Mohon untuk Pihak BNI memeriksa ATM di SPBU Cihanjuang tersebut. Di mana di ruang 1 (yang hanya ada 1 ATM) mesinnya tidak bisa digunakan, karena mulut mesin untuk kartu seperti terhalang. Sehingga tidak bisa digunakan, padahal tidak ada yang rusak. Dan di ruang 2 (yang ada 2 ATM BNI, satu untuk tarik saja dan 1 lagi untuk setor dan tarik), ternyata mesinnya bermasalah. Kenapa bisa saat dipilih setoran malah uang saya terdebit Rp1,2 juta? Sama kejadiannya dengan bapak sebelum saya, yang akan setor ternyata terdebit Rp1,2 juta (saya dilihatkan BNI Mobile-nya dan ada penarikan Rp1,2 juta saat saya kejar bapak tsb, karena menyangka itu uangnya, yang ternyata uang saya).

Ya, saya harus kehilangan Rp1,2 juta karena hal ini dan tidak bisa menyalahkan ke tukang parkir yang menyerahkan ke orang lain yang mengaku uangnya tidak keluar tersebut. Mudah-mudahan kasus ini hanya terjadi pada saya. Silakan dicek CCTV ATM BNI di publik area di SPBU Cihanjuang tersebut. Saya siap dikonfrontir dengan si abang tukang parkir di ATM SPBU tersebut, sebagai saksi kejadian ini.

Terima kasih.

Iwan Permana
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kalau dari screenshot sms TS, itu sms jam 08:31, yang mana transaksi salah tarik uang di jam yang sama. Artinya notifikasi penarikan uang via sms secara realtime. Mungkin TS tidak menyadari atau tidak cek HP saat ada sms masuk. Seharusnya kalau TS baca sms mungkin tidak akan seperti ini kejadiannya. Hari gini nitip uang jutaan ke orang yang tidak dikenal...ya wasalam deh.

  • waduh sepertinya masalah anda sangat rumit harus minta bantuan interpol dan CIA sepertinya

  • Kalau memang ada uang yang meragukan keluar dari atm, jangan kasi siapapun. Simpan sembari laporkan. Tapi cek saldo dulu.

    Paling mudah dan cepat via dm twitter, kasi nomer atm nya ( ada sticker nomer atm biasanya), alamat atm berada.