Surat Pembaca

Belum Telat Jatuh Tempo Aplikasi Pinjol Sinar Rupiah Sebar Data

Salam sejahtera.

Di sini saya mengeluhkan aplikasi pinjaman Sinar Rupiah yang telah menyebarkan data sebelum jatuh tempo.

Kronologinya, pada tanggal 27 Mei 2023, saya memiliki tanggungan yang harus dibayar pada tanggal tersebut. Sejak pagi, saya sudah dihubungi oleh pihak Sinar Rupiah dan saya selalu merespons dan menjawab bahwa saya akan membayar hari ini.

Pada sore hari sekitar pukul 16.00, tiba-tiba seorang teman kerja mengirimkan tangkapan layar bahwa ada foto yang dikirimkan dari sebuah nomor. Saya segera menghubungi pihak Sinar Rupiah, namun tidak ada respon sama sekali. Setelah itu, saya membayar tagihan saya.

Saya menghubungi kembali Sinar Rupiah melalui WhatsApp dan email. Hari berikutnya, saya menerima telepon dari pihak Sinar Rupiah yang menanyakan keluhan saya.

Kemudian mereka bertanya kepada saya apakah saya memiliki atau pernah meminjam di aplikasi lain. Saya menjawab bahwa ada, dan mereka bertanya apakah ada pinjaman di aplikasi lain yang sudah lunas. Saya menjawab ada, kemudian sekitar 30 menit setelah itu ada dana masuk ke rekening saya sebesar 372.000. Saya bingung dari mana asal uang tersebut. Setelah saya cek, ada pinjaman sebesar 600.000 di aplikasi yang sudah lunas.

Tiba-tiba ada telepon yang menanyakan tentang uang yang masuk ke rekening saya. Mereka mengatakan bahwa Sinar Rupiah dan Fast Kredit adalah satu sistem dan terjadi kesalahan input. Saya diminta untuk mengembalikannya. Setelah itu, saya mengirim kembali uang tersebut ke pihak Sinar Mas melalui nomor BRIVA yang diberikan kepada saya.

Setelah saya cek kembali, pinjaman 600.000 masih aktif. Saya menghubungi kembali Sinar Rupiah dan mendapatkan jawaban bahwa pinjaman harus dibayar terlebih dahulu. Saya curiga bahwa saya telah ditipu.

Terima kasih, semoga mendapat tanggapan dari Sinar Rupiah.

Bakhtiar Rois
Purbalingga, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Aplikasi apaan tuh? Ilegal kah? KL Ilegal seperti itu jgn bayar, apalagi udh sebar data. Terus disuruh bayar pinjaman yg tidak anda lakukan, anda kena tipu, Semoga tidak ada korban² seperti anda lagi.

    • Jangan percaya pada siapapun yg menelvon, mengatas namakan ini, itu, anu, dll.. Bayarlah tagihan melalui apk resmi dari perusahaan tempat anda pinjam...

      • Kak,,klo udah nyebar data sebelum jatuh tempo auto lunas kk, galbay sekalian dia udah buat malu kita, klo aplikasinya telp, wa, sms, masukin daftar blokir, lokasi, kontak, kamera yg di izinin aplikasi tutup smua, klo perlu ganti no, kuatin mental jgn takut, cb nonton youtube di situ banyak motivasi, biar kita kuat, sy jg galbay kk, baru telat sehari sy udah di katain anjing, ngak sy bayar sekalian blok smua, kloperlu ganti kartu....

        • Ya kak .saya ada tagihan d dana Mega baru jatuh tempo.dkatain maling kabur bawa uang .setan. bajingan d ancam mau bawa kepenjara.mau bawa pak RT gimana kak..

          • Jgn di respon kk, langsung di apus aja aplikasinya, no wa, telp, sms langsung di block aja

          • Kalau pinjol ilegal mereka nggak punya DC Lapangan Dan contact data yg asli dibackup dulu ganti data fake/palsu kalau nggak punya data palsu sekali2 pakai jasa joki pinjol biar dikasih data fake/palsu

      • Sebenarnya mau pinjol ilegal atau legal itu semua sama saja, pas di harinya masih belum jatuh tempo cuma baru sore mau bayar tahu²nya sudah sebar data orang. Email atau telp ke OJK tahu²nya percuma saja.

      • Sebaiknya hindari dana dari PINJOL. Sekuat tenaga harus dihindari. Sesuaikan gaya dengan penghasilan, agar tidak terjerumus.

      • Baca ceritanya saja serem ya.... gak ngajuin dana bisa ditransfer uang? Terus suruh balikin? dan ternyata masih belum lunas? Mungkin mereka lgsg memperhitungkan bunganya....

        Serem banget tuh...Apalagi yg pinjam anaPINJOL? Apa gak lebih serem?

        Mulai sekarang, yukkk hindari RIBA biar hidup kita jadi berkah...

    • Betul bgt itu bang tdk usah d bayar,skalian aja galbay kan klo sudah sebar data begitu!sy saksi hidup pernah punya pengalaman pahit sepahit ny dgn aplikasi ilegal ini,data sy pernah d sebar oleh mereka dan kejadian ny sama persis sama abang,smpe2 sy d pecat dr perusahaan tempat sy bekerja gara2 oknum laknat tdk bermoral itu!GALBAY kan aja bang dan lapor k pihak OJK krn ada undang2 hukum ny tdk bole main sebar data sembarangan sprti itu!Semangat bang,mari kita kerja sama untuk hancurin pinjol2 ilegal ini untuk kalian smua yg pernah menjadi korban kelaknatan pinjol ilegal!

      • Bubur sdh menjadi nasi. Mungkin abangnya belum tau Pinjol Ilegal yg gimana. Pinjol ilegal mmg seperti itu, menagih & mengintimidasi nasabah sebelum tanggal Japo mmg biar dibayar sebelum Japo. Intinya, jangan di bayar kalau data sudah disebar, dan brodcast ke teman/keluarga, bilang kalau data nya disalahgunakan orang buat pinjol. Bilang suruh mengabaikan kalau ada org yg mengatasnamakan. Begitu sih.

    • Ga usah dibayar,itu sdh sebar data juga..sekalian aja,,terus pinjam lagi yg bxk..galbay aja..itu udh malu2in..sekalian aja...pemerintah juga blg ilegal ga usah dibayar..

  • Saya googling sebentar barusan dan menemukan beberapa entri mengenai Sinar Rupiah sebagai pinjol ilegal.
    Tidak terdaftar di OJK, mengaku terdaftar di Kementrian Koperasi?, alamat kantor fisik tidak jelas, perilaku penagihan yang tidak wajar jelang jatuh tempo.

    Seperti yang sudah2, mungkin bisa mengikuti saran rekan2 untuk melaporkan pinjol ilegal seperti ini ke pihak berwenang, sudahi interaksi, tidak usah dibayar?

  • turut prihatin, sepertinya tertipu

    harusny perusahaan besar, rekening pengembalian pasti nama PT/perusahaan

  • turut berduka anda sudah ditipu. whatsapp pinjolnya juga no gak jelas.

      • Harus kuat mental kk, ngak usah di bayar kk, besok2 klo minjol lagi jgn pake kontak darurat aktif, jgn saudara, kasih no kantor asal2 an aja, klo udah sebar data kita galbay aja....

      • ******** memang aplikasi pinjol ilegal ini,, galbay kan aja biar tau rasa nyari nafkah dengan cara menipu orang

      • Santai aja bang, klo bisa uninstal aja block smua nomor panggilan yang gak jelas, palingan d teror cmn 3 bulan aja kok, selebihnya bisa tenang

    • Sinar Rupiah apk ilegal. Jadi galbay pun tak jd soal. Ilegal merugikan negara. Intinya bedakan mana ilegal mana legal. Jika ingin bermain di ilegal contack 100% masukan kontak fiktif. Saat dc menagih jgn pernah di respon. Itu permainan kolektor yg transfer k rek 300rb sekian. Klo mau galbay dr awal.

  • saran saya mas, izin pada aplikasi tersebut di nonaktifkan semuanyaa tanpa terkecuali. soalnya mereka bisa akses data2 mas nya, yg meliputi kontak, galeri dan lain2nya. jadi jangan kasih izin ya. terus untuk file seperti kontak dan galeri dan apapun itu, di backup ke email atau dipindah ke laptop. dan email masnya jangan ditautkan ke ponsel, artinya dikeluarkan dari akun yang terdaftar di hp. pake email lain yg gaada file apapun didalamnya, biar aman. nah setelah itu, mas nya up story tentang permasalahan mas itu, bilang bahwasanya data mas nya bocor dll. setelah itu riset data pabrik ya mas, jangan lupaa. pasti data mas disana sudah kehapus, setelah di refresh sama pihak pinjol ilegal tsb. semoga membantu yaaa. atau ngga, mas lapor ke ojk hihi

  • Trus jgn lupa di uninstall aplikasinya pinjolnya biar data kita ngak kebaca....

  • Iya UOB sering gitu juga kak. UOB wkt itu alasan nya blm ter update di system, kan payah. Kl dah bayar blm di update, nunggak dikejar2. Ngga fair emang. Ya masak nagih ngga pakai lihat dulu details pembayaran dan jatuh tempo nya nya :< best luck kak

  • Tidak perlu d bahas lagi,ud jlas2 ilegal dan menghancurkan bgt ini aplikasi,bpk2 polisi dan bpk2 ojk yg terhormat harus nya sudah membumi hanguskan pinjol2 ilegal sprti ini