Surat Pembaca

Pembatalan Pinjaman Pinjol Adakami

Selamat siang, Mediakonsumen. Saya Imadi.

Tanggal 9 Mei 2023, saya DM ke akun resmi Adakami di Instagram menanyakan tentang pinjaman dan tenor. Setelah 3 menit, ada DM balasan dari pihak yang mengaku dari pihak pinjol tersebut, dan kemudian berlanjut melalui telepon.

Saya digiring untuk masuk ke aplikasi, kemudian digiring untuk melakukan pinjaman. Namun, saat itu sipenelpon bilang itu hanya simulasi, bukan hal yang nyata.

Saya percaya hingga akhirnya dana itu masuk. Namun, akhirnya saya bilang, “Kok ini beneran?” Jawaban dari sipenelpon itu adalah kesalahan sistem karena error, dan uang harus ditransfer.

Uang harus ditransfer kembali kepada sipenelpon yang mengaku sebagai staff dari Adakami. Di situlah saya bingung karena sipenelpon memberikan nomor rekening melalui telepon dan tidak mau ditulis, kemudian saya masuk MBANKING. Pas saya memasukkan nomor rekening, ternyata berbeda dengan yang biasanya saya gunakan untuk pembayaran. Di situlah saya merasa ragu.

Tanggal 12 Mei, saya pergi ke kantor Adakami untuk melakukan pengaduan dan pengajuan pembatalan. Kemudian saya diarahkan melalui email. Sampai tanggal 23, belum ada respon, jadi saya pergi kembali untuk menyelesaikannya. Tetap saja, jawaban diberikan melalui email. Pada tanggal 26, ada respon melalui email, tetapi permintaan saya ditolak untuk membayar sesuai yang tertera di aplikasi.

Saya membalas bahwa saya tidak sanggup untuk membayar sebesar 7.5 juta per bulan selama 6 bulan. Saya hanya bisa membayar uang pokoknya saja yang ditransfer sebesar 26.3 juta.

Sampai sekarang, saya berniat mengembalikan uang pokoknya saja, karena saya tidak berniat meminjam.

Imadi Zaman
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Pihak adakami harusnya bertidak cepat, jangan malah membiarkan. TS sebentar lagi akan kena tagihan padahal TS hampir saja jadi korban penipuan.

  • Itu perampokan namanya pak....dipaksa bayar cicilan yg gak masuk akal...untung TS gak sampai terbujuk transfer balik...

    • Ada kami emang gitu minjam 1.7 d suruh balikin total 3jt selama 6 bulan gila coy

      • Pinjol ada kami emang gila sih. Bener2 lintah darat berlisensi dari pemerintah.. udah banyak laporan pengancaman.peneroran. dan pencemaran nama baik di medsos tapi seakan tak peduli. Lebih baik galbay saja biar skalian bangkrut dan ditutup pinjol laknat ini.

  • Kerenn pak, saya salut. dengan bapak untung tidak di trf :( tinggal nunggu respon dari pinjolnya aja

  • Dulu ada yg pernah komplen si adakami, tentang penyebaran data pribadi yang nyebarin foto anak debitur,nasibnya gmn tuh kasus?

  • Salfok sama bunga nya, gila
    26 jutaan jadi 40 jutaan dalam 6 bulan, pernah pinjam di kre****, dipake belanja buat dijual lagi, 26 jutaan tagihan 6 bulan, 5 jutaan / bulan, sebisa mungkin jangan minjam sih,
    Semoga masalah penulis cepat selesai

  • Coba bapak bawa kenalan yang polisi atau TNI gitu ke kantor Adakami, minta ketemu managernya.
    Jangan pernah mau bayar di luar pokok, karena disini bapak sudah di jebak sejak awal.

  • Bentar..... Bentar..... Ini kemungkinan ada "OKNUM" PENIPU di dalam internal ADA****!!! Kok bisa dg mudahnya mencairkan Dana 26jt (26jt lho ini!!!). Limit segitu besar butuh bertahun-tahun baru bisa mencapai nominal sebesar itu! Udah dilaporkan belum itu "OKNUM" yg berusaha menipu??? Itu jelas ada percobaan penipuan!!! Ada sedikit kesalahan yg anda lakukan dg mencoba iseng iseng yg berbuah kesialan. Jelas sekali anda akan banyak dirugikan, dari waktu dan biaya. Bolak-balik ke Kantor butuh Bensin juga... Jangan hanya dikembalikan Pokoknya saja sejumlah uang yg ditransfer ke anda, tapi minta ganti rugi juga.... Anda pasti akan capek sekali ngurusin masalah ini. Bisa juga dilaporkan ke polisi, karena sudah ada indikasi percobaan penipuan!!! Ancam saja pihak ADA**** itu...

    • Pihak yg menelfon atas nama Oka ada Id card & ktp, tetapi yg bersangkutan infonya bukan karyawan Adakami

    • Halo, kak Imadi Zaman. Kami turut prihatin atas kejadian yang Kakak alami. Kami mengingatkan kembali, mohon berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan aplikasi AdaKami.

      Berikut adalah layanan resmi AdaKami;
      • Live chat pada aplikasi AdaKami
      • Pengaduan ke email: hello@cs.adakami.id
      • Contact call CS: 1500077
      • DM ataupun inbox ke social media AdaKami : @adakami.id (telah terverifikasi bercentang biru)
      • Setiap pembayaran kewajiban hanya menggunakan VA resmi AdaKami dengan format pembayaran :
      - Virtual Account BNI terdiri dari 16 digit di awali dengan angka 9884-4908-****-****
      - Virtual Account Alfa terdiri dari 16 digit di awali dengan angka 8888-88**-****-****
      - Tercantum keterangan [ AdaKami - Nama Customer ].
      Selain dari informasi di atas kami pastikan adalah penipuan.

      Mohon hubungi layanan resmi AdaKami untuk informasi lebih lanjut mengenai laporan Kakak. Aplikasi AdaKami akan selalu meningkatkan pelayanannya demi kenyamanan Anda, terima kasih.

      • Saya sudah menghubungi melalui Email & Dm IG, bahkan datang kekantor 2 x hasilnya ditolak harus sesuai Aplikasi sedangkan saya ajja engak ada niat meminjamnya?
        Dalam Case ini yg paling dirugikan waktu buat ngurusin ini,
        Padahal Adakami ruginya apa?
        Tinggal ini mau dibalikin apa engaknya
        Saya engak bakal mau nanti tanggal 9 ada tagihan , karena saya mampumampu membayar cicilanya
        Saya hanya bisa balikkin uang Pokoknya saja.

  • Wah bahaya banget sih ni, sekelas ojk aja bs melegalkan dan ga bs melindungi keuangan kita, trus kita hrs minta perlindungan kmn? Utk semacam pinjol adakami dllnya ini knp bs sampe dilegalkan sm ojk??

  • Biarin aja anda simpan duitnya,,,anda sdh 2x dtngi kantornya gak digubris,gantian biar dia (ADAKAMI) yang datang kerumah anda buat nagih...ngapain anda capek2

  • Yang saya heran, kok mau2nya masuk ke adakami. Adakami mah daftar aja tau2 dikirim duit. Teman saya kena 9 juta. Kudu bayar lebih, lupa tepatnya. Gara2 iseng coba adakami. Ya kebetulan aja kali ya aplikasi sama. Tapi jauh2 deh ama pinjol. Mending personal aja ngutang mah. Paling bagus mah jangan ngutang