Pembatalan Pinjaman Pinjol Adakami

Selamat siang, Mediakonsumen. Saya Imadi.

Tanggal 9 Mei 2023, saya DM ke akun resmi Adakami di Instagram menanyakan tentang pinjaman dan tenor. Setelah 3 menit, ada DM balasan dari pihak yang mengaku dari pihak pinjol tersebut, dan kemudian berlanjut melalui telepon.

Saya digiring untuk masuk ke aplikasi, kemudian digiring untuk melakukan pinjaman. Namun, saat itu sipenelpon bilang itu hanya simulasi, bukan hal yang nyata.

Saya percaya hingga akhirnya dana itu masuk. Namun, akhirnya saya bilang, “Kok ini beneran?” Jawaban dari sipenelpon itu adalah kesalahan sistem karena error, dan uang harus ditransfer.

Uang harus ditransfer kembali kepada sipenelpon yang mengaku sebagai staff dari Adakami. Di situlah saya bingung karena sipenelpon memberikan nomor rekening melalui telepon dan tidak mau ditulis, kemudian saya masuk MBANKING. Pas saya memasukkan nomor rekening, ternyata berbeda dengan yang biasanya saya gunakan untuk pembayaran. Di situlah saya merasa ragu.

Tanggal 12 Mei, saya pergi ke kantor Adakami untuk melakukan pengaduan dan pengajuan pembatalan. Kemudian saya diarahkan melalui email. Sampai tanggal 23, belum ada respon, jadi saya pergi kembali untuk menyelesaikannya. Tetap saja, jawaban diberikan melalui email. Pada tanggal 26, ada respon melalui email, tetapi permintaan saya ditolak untuk membayar sesuai yang tertera di aplikasi.

Saya membalas bahwa saya tidak sanggup untuk membayar sebesar 7.5 juta per bulan selama 6 bulan. Saya hanya bisa membayar uang pokoknya saja yang ditransfer sebesar 26.3 juta.

Sampai sekarang, saya berniat mengembalikan uang pokoknya saja, karena saya tidak berniat meminjam.

Imadi Zaman
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

62 komentar untuk “Pembatalan Pinjaman Pinjol Adakami

  • 1 Juni 2023 - (17:36 WIB)
    Permalink

    Apapun yang terjadi, jika ada orang yg menyuruh transfer diluar aplikasi, Itu terindikasi Penipuan, Beruntung bapak curiga. jika tidak, tidur tidak nyenyak. Untuk pengembalian dana, saya harap semoga pihak aplikasi segera membalas, jika mereka nolak bayar pokok, tunggakan saja beberapa bulan pasti mereka Nerima uang pokoknya saja. Kejar terus, Semangat Pak

    48
    2
    • 1 Juni 2023 - (17:48 WIB)
      Permalink

      Saya sudah 2x datang kekantor, tetap harus sesuai Apliasi, Logika ajja pemasukan engak sampe 7.5 jt dipaksa cicil 6 bulan malah minus
      padahal dibalikin engak ada ruginya

      13
      2
      • 1 Juni 2023 - (18:10 WIB)
        Permalink

        7,5 jt x 6 bulan = 45 JT sangat besar sekali buat sekelas pokok utang 26,3 JT dengan tenor 6 bulan. Udh pak, kuatin mental. Tunggak aja beberapa bulan kl tidak ada solusi, utang itu perdata bukan pidana jadi anda tenang aja, uang tersebut jangan dipakai, simpan baik² jgn sampai lupa, ketika hanya disuruh bayar pokoknya baru bayar. Jika anda diteror DC ( disini juga ada) dan data anda disebar, gugat aja pinjol/ DC nya karena sudah menyebarkan data pribadi ( coba search berita orang yg gugat pinjol berakhir cuman bayar 50% dari total pinjaman) tp jgn lupa resiko slik macet, jika anda org yg sering pakai pinjol/CC segera perbaiki pola keuangan anda.

        38
        2
        • 2 Juni 2023 - (17:02 WIB)
          Permalink

          Saya pinjam di aplikasi uatas dan belum jatuh tempo udah mengancam data saya akan di buat open donasi.padahal saya udah membayar tenornya 1 minggu.dan akhirnya saya putuskan tidak membayar sisanya..karena takut udah lunas nanti data saya di salah gunakan.

          • 6 September 2023 - (14:09 WIB)
            Permalink

            Saat ini gmna kelanjutannya? Sy lg ngalamin hal yg sm tp dr merk lain. Niat hanya cek limit & tenor tp malah lngsng pengajuan tanpa ada rincian biaya2 & lngsng msk rekning dr 2 aplikasi pinjol.

      • 1 Juni 2023 - (18:12 WIB)
        Permalink

        Oh iya pak, untuk akses kontak, galeri dll. mohon untuk segera di nonaktifkan dari aplikasi pinjol tersebut untuk mencegah hal² yg tidak diinginkan seperti DC nelpon ke klien/ kantor.

        17
        2
        • 1 Juni 2023 - (18:59 WIB)
          Permalink

          Uang udah saya simpan, bahkan saya sudah DM ke IG dan emailnya kapan saja duit mau diambil saya siap, Soal Slik saya sudah engak pikirin

          18
          1
          • 1 Juni 2023 - (19:21 WIB)
            Permalink

            Oh iya pak, ini yang paling penting, Jika bapak Diajak pelunasan di kantor yg berkaitan, ajak Orang terdekat/rekan untuk ikut. foto juga surat pelunasan yg ditandatangani kedua belah KL perlu org yg anda ajak mendokumentasikannya, buat jaga² voice record juga. Kl anda sendiri yg datang takutnya diintimidasi dan surat pelunasan tidak dikasih ke anda.

            25
            2
          • 1 Juni 2023 - (23:24 WIB)
            Permalink

            Berantas pinjol legal dan ilegal
            Apalagi adakami ini, aplikasi lintah darat dengan bunga lebih parah dari rentenir

            26
            1
        • 2 Juni 2023 - (22:06 WIB)
          Permalink

          Saya galbay aman pak sudah 2,5 tahun tidak ada dc lapangan..padahal udah saya siapin gebukan maling..

          5
          1
          • 3 Juni 2023 - (10:01 WIB)
            Permalink

            Hahhahaa..paten mas..xixixixii

          • 21 Juli 2023 - (16:52 WIB)
            Permalink

            kok bisa sih pak?
            apakah bapak tetap diganggu via telpon dan teror chat?

      • 2 Juni 2023 - (13:29 WIB)
        Permalink

        Pihak adakami sepertinya bekerja sama dengan oknum staffnya alias BIAR DAPET KEUNTUNGAN DOUBLE,, GILA SEKALI,, MENGERIKAN ADAKAMI INI

        • 28 Juli 2023 - (21:35 WIB)
          Permalink

          ADAKAMI itu jangan dipakai, Aplikasi pinjol Lintah Darat dengan DC gak punya adab. mau bagaimanapun mereka yang berhutang yang ngasih mereka makan, tapi ya gitu kelakuan mereka sok kuasa. padahal hidup dari bunga lintah darat. mereka bisa bayar banyak DC karna bunga yang gila2an dan disupport oleh banyak Bank yang sakit selama pandemi. jangan harap OJK mau bantu

      • 18 Juli 2023 - (14:28 WIB)
        Permalink

        Selamat siang semuanya salam kenal, saya punya hutang di adakami saya mengalami keterlambatan 1 hari tetapi saya merasa ditetor karna terus diteleponi dan diancam bakalan di datangi kerumah, padahal awalnya saya tetap menjaga komunikasi dan memohon keringanan serta meminta tempo hari. Tetapi karna terus terusan di teleponi serta dikirimi WA, bukan hanya kepada saya tetapi kontak darurat saya. Saya merasa ketakukan jadi saya memblokir nomor2 tersebut

    • 2 Juni 2023 - (11:07 WIB)
      Permalink

      Jangankan itu, saya niat beli barang di aplikasi shopee, bayar pakai paylatter selama 24bulan, dikarenakan barang ga sesuai, saya ajukan pengembalian barang. Seharusnya kan sudah beres. Tetapi di aplikasi shopee saya dkenakan bunga pinjaman selama 24bulan. Saya sudah email ke shopee, tapi tetap aj jawaban mereka saya harus bayar. Payah kan, barang ga dapet, tapi harus bayar….

      • 3 Juni 2023 - (10:07 WIB)
        Permalink

        Wuiss, memang ngeri shopee tuh ya mas bro..dibalik kepopuleran nya terdapat Kekotoran aplikasi yg Sadis..klo menurut aku mas bro blokir aja tuh aplikasi Shopee nya, Nonaktifkan semua yg berhubungan ke Shopee, abis itu DELETE aplikasi nya dari Hp..
        Aku sendiri pun udh lama ku HARAMKAN SHOPEE di Hp aku mas bro.✌😁🤭

    • 1 Juni 2023 - (21:21 WIB)
      Permalink

      Berawal dari iseng – jadi mangsa penipu – ditelponin penipu – HAMPIR rugi 26.3 JT plus 45 JT, diteror DC, Blacklist/slik bermasalah, – buang2 waktu dan bensin ke kantor mereka, juga buang2 waktu orang disana .. semua itu bisa dihindari apabila dari awal tidak ISENG wkwkwk

      10
      8
  • 1 Juni 2023 - (17:46 WIB)
    Permalink

    Untung kamu pintar dengan tidak men TF ke rekening orang ga jelas itu
    Kalo Ampe di TF wah nanti bahaya duit hilang,tagihan berjalan, diteror DC,dan bikin jelek slik kalo ga dibayar!!

    12
    • 3 Juni 2023 - (12:34 WIB)
      Permalink

      Mending cari LBH atau konsultan buat ngembaliin dana,,,

      Nombok Bayar 1-2jt tenang…
      Klo memang ada indikasi kongkalikong, dari pihak adakami sm pihak penipu. (Direct message) kan private klo nggk dibocorkan cust service asli ya nggk mungkin. Jadi pakai LBH yg lebih paham sm nggk gampang di intimidasi..

      Tp klo mental kuat ya tunggu aja DC nya tp ya siap malu sm tetangga. tapi jangan mau klo diminta angsuran 7,5jt (bulanan).
      Biarin nunggak 2-3bulan.. tunggu sampai mereka hanya minta pokok Hutang. Dengan surat resmi bukan omongan Dc semata…

      Yg ke 3 Galbay aja jika nggk ada titik temu… Nggk ada solusi dr pihak aplikasi juga…
      26 juta buat ngontrak dulu setahun lebih dari cukup…

      Dc hanya akan cari dari alamat klo datang beberapa kali nggk ada. Dianggap galbay. SLIK jadi jelek..

      Teman saya juga begitu hampir sama, cuma beda nya cuma 8 jt.
      Merasa dijebak. Yasudah di galbay pindah ngontrak ke kecamatan lain 6 bulan.didatengin sm DC tp karna tetangga bilang sudah pindah yasudah. Nggk dateng lagi.

      Setelah 6 bulan dia balik kerumah. Udah 1 th an mungkin nggk ada DC datang lagi..

      Tetangga juga cuek soalnya nggk mau tau urusan orang.

  • 1 Juni 2023 - (18:21 WIB)
    Permalink

    Jangan percaya suruh ngembali in.. Dia penipu.. Dia ngejar terus karna dapat mangsa.. Kamu kembalikan dana.. Di aplikasi masih tetap aja ada tagihan… Jangan panik.tetap tenang

      • 3 Juni 2023 - (07:14 WIB)
        Permalink

        Jangan tanya sesuatu yang sensitif di IG.
        Fix itu nanti akun fake akan me-DM Anda,
        dan sudah bisa dipastikan itu penipu.
        Saya tdk tahu itu akun fake ada hubungannya dgn pihak aplikasi atau tidak, yang pasti fake akun tsb adalah penipu yang sedang mencari mangsa.

        Seperti pengalaman saya ketika menanyakan tentang update status pembayaran angsuran Pinjol yg tdk sinkron dgn aplikasi. Langsung saja akun2 fake menghubungi dan modusnya sama mengaku pihak/staff pinjol dan berusaha meyakinkan dengan menunjukan kartu identitas pegawai.

        Alhamdulillah, saya masih dilindungi Allah dari kejahatan mereka.

        Anda harus bersyukur, anda tidak terjebak oleh penipu tsb dgn tdk mentrasfer uang yg 26,3jt.

        Adapun permasalahan Anda dengan pihak pinjol, sy berpendapat secara system transaksi pengajuan anda adalah sah.
        Akun anda sama seperti dibajak, hanya saja Anda sendiri yg digunakan oleh penipu sebagai alat pembajakannya/tipu muslihat.
        Dan itu akan dianggap sebagai kelalaian Anda oleh pihak pinjol.

        Pihak pinjol akan bersikukuh, pengajuan tsb sah dan Anda hrs mengakui serta melunasi pinjaman tsb.
        Kecuali Anda bisa membuktikan bahwa akun yg DM kepada anda adalah benar2 staff pinjol tsb.

        Jika sudah demikian, maka ini akan menjadi sengketa antara pinjol dan Anda.

        Saran saya coba cari pengah yang bisa menghasilkan win win solution, barangkali pihak OJK atau Kepolisian bisa melakukannya.

        Semoga permasalahannya segera selesai. Dan mendapatkan solusi yang terbaik.

    • 1 Juni 2023 - (20:34 WIB)
      Permalink

      Awalnya saya tanya DM IG, Karena iseng ajja dan engak berniat untuk meminjamnya karena saya sendiri memang sedang ada cicilan diADAKAMI sebesar 378rb sisa 2 bulan, Akun resmi sudah menjawabnya tidak bisa tetapi selang 3 menit ada Dm dari IG dengan foto profil Adakami dan mengaku dari pihak adakami bahwa bisa membatunya , yang bikin percayakan sipenelpon sampe menunjukan name tage dan ktp.
      Setelah kejadian ini saya berfirkir kenala iya saya Dm Ig adakami kok bisa ada akun fake juga apakah data saya dikasih keoran ini

      • 2 Juni 2023 - (05:56 WIB)
        Permalink

        @imadi.
        Jangan perxaya pak. Fix itu penipu!
        Langsung datang ke kantornya aja.
        Mau balikin duit, jangan lupa videokan juga sebagai bukti bila mereka ngeles suruh bayar via aplikasi.
        Bpk kirim balik via transfer tercatat saja atasnama fintech tsb..

        Kalau mereka ngotot juga ya laporin ke ojk.

        • 2 Juni 2023 - (12:07 WIB)
          Permalink

          sadis bunganya sangat tidak manusiawi dan itu telah dapat restu oleh ojk, mrk tidak salah, krn sistem sudah dapat izin untuk memiskinkan orang dengan memanfaatkan moment genting pada diri orang.
          kalau gak sadis gak pinjol namanya ,tapi panjul= pinjaman ulur ulur …ntar sok ntar sok wkwkw

      • 2 Juni 2023 - (13:34 WIB)
        Permalink

        pak ITU OKNUM STAFF EMG DARI ADAKAMI JUGA,, BRENGSEK maaf saya kasar memang PINJOL SEJENIS ITU IKLAN DIMANA” TAPI BIADAB BAHKAN OKNUM STAFF NYA PUN PEGANG DATA KITA,, mereka gk mau tau tp anehnya OJK Tidak mau tau masalah ini bahkan tutup mata telinga,, MENGERIKAN!

        • 28 Juli 2023 - (21:46 WIB)
          Permalink

          OJK memang gak akan mau tau, terlalu banyak oknum yang menjegal prosesnya. disamping itu, izin menerbitkan pinjaman dengan bunga 0.4% per hari dari siapa itu? jangan percaya dengan bunganya saja. dibalik bunga itu ada biaya bisa sampai 30% dari biaya pinjaman yang disebut layanan, administrasi atau apalah sejenis itu. Totalnya 0,4% per hari + biaya tambahan, dikalikan setahun bisa lebih dari 2x lipat dari total uang yang dipinjam. lalu apakah terimanya akan sesuai dengan yang dipinjam? jangan lupa ada pemotongan beberapa %. jadi jangan harap pinjam 10jt terima 10jt. bayarnya iya sampai 25jt++

          kalau ada oknum di OKJ mau gak mau masyarakat yang diajarkan pintar. jangan pakai ADAKAMI atau sejenisnya, mending minjem ke teman kalau tidak terlalu besar.

      • 2 Juni 2023 - (18:37 WIB)
        Permalink

        biasanya akun fake itu sengaja follow atau dm orang yg jadi followers / like postingan akun pinjol, apa bapaknya ngfollow akun ada kami? atau ada komen / like postingannya?

        • 2 Juni 2023 - (19:03 WIB)
          Permalink

          Saya tidak Follow, kan Saya DM IG soal menanyakan Pinjaman dan tenor karena saya juga pernah pinjam diAdakami, setelah Akun resmi Adakami bales jeda 3 menit ada Akun Fake Dm saya dengan mengirimkan jawaban yg akan membantu jawaban yg saya tanyakan.

        • 3 Juni 2023 - (12:20 WIB)
          Permalink

          Itu tu dia iseng nanya,,, mSih punya 2x angsuran bisa enggak ngajuin lagi…(mungkin)
          Pihak resmi bilang nggk bisa,
          Pihak penipu bilang bisa bantu

          Kaya hidupmu nggk pernah iseng aja,

  • 1 Juni 2023 - (20:35 WIB)
    Permalink

    Terus datang datang ke kantor nya kak, sekalian bawa aparat, balikin duit nya dan minta surat pelunasan resmi

  • 1 Juni 2023 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Saya coba adakami sj gak dikasih limit walaupun cm seribu. Itu bs dpt 26 juta brrti orng dalam adakami bagian verifikasi bermain2. Dg harapan dpt menipu orang sprti ini. Untung gak kemakan. Semoga dpt dikabulkan ada kami niatannya.

    2
    1
    • 2 Juni 2023 - (09:33 WIB)
      Permalink

      Memang iya gan, saya juga awalny iseng masang ini apps, trus mw hapus data2 karna kan ga jadi minjem. Malah ktipu akun diambil sama org lain, trus saya coba forgot password dan lainnya, hingga saya dapat kembali mengakses akub adakami. Trnyata setelah saya buka uda ada pinjaman aja dngn nominal gede, lgsg saaya ganti rekeningny ke rekening saya. Aneh bget, tiba2 bisa verified. Saya sudah laporkan ke polsek dan mabes polri divisi cyber tpi laporan gak ditindak lanjuti, padahal modus ini kemungkinan ada bantuan org dalam adakami

      2
      1
  • 1 Juni 2023 - (22:41 WIB)
    Permalink

    Pihak adakami harusnya bertidak cepat, jangan malah membiarkan. TS sebentar lagi akan kena tagihan padahal TS hampir saja jadi korban penipuan.

  • 1 Juni 2023 - (23:25 WIB)
    Permalink

    Itu perampokan namanya pak….dipaksa bayar cicilan yg gak masuk akal…untung TS gak sampai terbujuk transfer balik…

      • 24 Juli 2023 - (12:27 WIB)
        Permalink

        Pinjol ada kami emang gila sih. Bener2 lintah darat berlisensi dari pemerintah.. udah banyak laporan pengancaman.peneroran. dan pencemaran nama baik di medsos tapi seakan tak peduli. Lebih baik galbay saja biar skalian bangkrut dan ditutup pinjol laknat ini.

  • 2 Juni 2023 - (01:04 WIB)
    Permalink

    Kerenn pak, saya salut. dengan bapak untung tidak di trf 🙁 tinggal nunggu respon dari pinjolnya aja

  • 2 Juni 2023 - (04:25 WIB)
    Permalink

    Dulu ada yg pernah komplen si adakami, tentang penyebaran data pribadi yang nyebarin foto anak debitur,nasibnya gmn tuh kasus?

  • 2 Juni 2023 - (07:55 WIB)
    Permalink

    Salfok sama bunga nya, gila
    26 jutaan jadi 40 jutaan dalam 6 bulan, pernah pinjam di kre****, dipake belanja buat dijual lagi, 26 jutaan tagihan 6 bulan, 5 jutaan / bulan, sebisa mungkin jangan minjam sih,
    Semoga masalah penulis cepat selesai

  • 2 Juni 2023 - (08:41 WIB)
    Permalink

    Coba bapak bawa kenalan yang polisi atau TNI gitu ke kantor Adakami, minta ketemu managernya.
    Jangan pernah mau bayar di luar pokok, karena disini bapak sudah di jebak sejak awal.

  • 2 Juni 2023 - (09:12 WIB)
    Permalink

    Bentar….. Bentar….. Ini kemungkinan ada “OKNUM” PENIPU di dalam internal ADA****!!! Kok bisa dg mudahnya mencairkan Dana 26jt (26jt lho ini!!!). Limit segitu besar butuh bertahun-tahun baru bisa mencapai nominal sebesar itu! Udah dilaporkan belum itu “OKNUM” yg berusaha menipu??? Itu jelas ada percobaan penipuan!!! Ada sedikit kesalahan yg anda lakukan dg mencoba iseng iseng yg berbuah kesialan. Jelas sekali anda akan banyak dirugikan, dari waktu dan biaya. Bolak-balik ke Kantor butuh Bensin juga… Jangan hanya dikembalikan Pokoknya saja sejumlah uang yg ditransfer ke anda, tapi minta ganti rugi juga…. Anda pasti akan capek sekali ngurusin masalah ini. Bisa juga dilaporkan ke polisi, karena sudah ada indikasi percobaan penipuan!!! Ancam saja pihak ADA**** itu…

    • 2 Juni 2023 - (10:00 WIB)
      Permalink

      Pihak yg menelfon atas nama Oka ada Id card & ktp, tetapi yg bersangkutan infonya bukan karyawan Adakami

    • 2 Juni 2023 - (11:28 WIB)
      Permalink

      Halo, kak Imadi Zaman. Kami turut prihatin atas kejadian yang Kakak alami. Kami mengingatkan kembali, mohon berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan aplikasi AdaKami.

      Berikut adalah layanan resmi AdaKami;
      • Live chat pada aplikasi AdaKami
      • Pengaduan ke email: hello@cs.adakami.id
      • Contact call CS: 1500077
      • DM ataupun inbox ke social media AdaKami : @adakami.id (telah terverifikasi bercentang biru)
      • Setiap pembayaran kewajiban hanya menggunakan VA resmi AdaKami dengan format pembayaran :
      – Virtual Account BNI terdiri dari 16 digit di awali dengan angka 9884-4908-****-****
      – Virtual Account Alfa terdiri dari 16 digit di awali dengan angka 8888-88**-****-****
      – Tercantum keterangan [ AdaKami – Nama Customer ].
      Selain dari informasi di atas kami pastikan adalah penipuan.

      Mohon hubungi layanan resmi AdaKami untuk informasi lebih lanjut mengenai laporan Kakak. Aplikasi AdaKami akan selalu meningkatkan pelayanannya demi kenyamanan Anda, terima kasih.

      • 2 Juni 2023 - (15:55 WIB)
        Permalink

        Saya sudah menghubungi melalui Email & Dm IG, bahkan datang kekantor 2 x hasilnya ditolak harus sesuai Aplikasi sedangkan saya ajja engak ada niat meminjamnya?
        Dalam Case ini yg paling dirugikan waktu buat ngurusin ini,
        Padahal Adakami ruginya apa?
        Tinggal ini mau dibalikin apa engaknya
        Saya engak bakal mau nanti tanggal 9 ada tagihan , karena saya mampumampu membayar cicilanya
        Saya hanya bisa balikkin uang Pokoknya saja.

  • 2 Juni 2023 - (15:35 WIB)
    Permalink

    Wah bahaya banget sih ni, sekelas ojk aja bs melegalkan dan ga bs melindungi keuangan kita, trus kita hrs minta perlindungan kmn? Utk semacam pinjol adakami dllnya ini knp bs sampe dilegalkan sm ojk??

  • 2 Juni 2023 - (22:40 WIB)
    Permalink

    Biarin aja anda simpan duitnya,,,anda sdh 2x dtngi kantornya gak digubris,gantian biar dia (ADAKAMI) yang datang kerumah anda buat nagih…ngapain anda capek2

  • 3 Juni 2023 - (05:04 WIB)
    Permalink

    Yang saya heran, kok mau2nya masuk ke adakami. Adakami mah daftar aja tau2 dikirim duit. Teman saya kena 9 juta. Kudu bayar lebih, lupa tepatnya. Gara2 iseng coba adakami. Ya kebetulan aja kali ya aplikasi sama. Tapi jauh2 deh ama pinjol. Mending personal aja ngutang mah. Paling bagus mah jangan ngutang

  • 3 Juni 2023 - (08:27 WIB)
    Permalink

    Kenapa datangnya tidak pada orang yang menganggap bahwa uang itu ngasih, tapi malah pada bapak ini. Pasti sebagian ada yang gigit jari

  • 7 Juni 2023 - (19:13 WIB)
    Permalink

    foto saya disebar dengan tulisan menjual diri dan open BO beserta harganya dan nomor hape saya, dan tag tag teman2 saya di instagram serta facebook. dan yang share itu adalah akun fake awalnya pakai ancaman “abis gua bikin malu lu” . kalo ada yg mau tau ig nya boleh komen nnti tak spill. btw bukan suudzon tp saya baru terlambat di aplikasi adakami. well, kalian bisa paham lah ya sampe sini.

    • 8 Juni 2023 - (08:17 WIB)
      Permalink

      Sudah mulai ditelfonin buat diingatkan pembayaran, saya selalu jawab hanyan bisa bayar pokoknya saja

      Apakah kalau kita diteror foto disebar atau ada ancaman kita Galbay sekalian ajja iya?

 Apa Komentar Anda?

Ada 62 komentar sampai saat ini..

Pembatalan Pinjaman Pinjol Adakami

oleh imadi dibaca dalam: 1 menit
62